Bisnis OnlinePeluang usaha

Pengin Punya Usaha Sendiri? Ini Nih Tips Membuka Usaha Counter Pulsa

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh. Memiliki bisnis berupa usaha counter pulsa mungkin merupakan bisnis yang sudah mainstream. Mungkin teman-teman semua beranggapan bahwa tak akan menjadi sukses untuk membuat bisnis seperti ini, namun menurut saya tidak demikian.

Dengan menekuni usaha counter pulsa dan fokus dalam mengembangkannya, maka bisnis kamu akan menjadi sebuah bisnis yang mantap, Insya Allah. Nah untuk membuat bisnis seperti ini pun tidak perlu banyak keluar modal. Kecuali kalau usaha counter pulsa kamu disambi ngejual berbagai maca produk yang lain seperti aksesoris handphone, menjual smartphone atau yang lainnya, maka tentunya membutuhkan modal yang berlipat-lipat.

Namun di sini saya hanya bakal ngebahas tentang bisnis atau usaha counter pulsa saja, tidak meleber ke hal-hal yang lain seperti ngejual smartphone atau yang lain.

Baca : 7 Tips Memilih Server Pulsa yang Terpercaya, Terbaik dan Tidak Murahan

Tips Membuka Usaha Counter Pulsa

Tips Membuka Usaha Counter Pulsa

Jujur, ada anggota keluarga penulis yang pernah membuka usaha pengisian pulsa, bahkan penulis sendiri dulunya pernah demikian. Yakni memiliki bisnis pengisian pulsa, maka dari itu penulis akan memberikan berbagai macam tips-tips sehingga teman-teman yang hendak membuka usaha seperti ini bisa sukses, Insya Allah.

Baik langsung saja kita bahas, ini dia tips membuka usaha counter pulsa.

1. Luruskan Niat dan Konsisten/Fokus

Yang pertama adalah dengan meluruskan niat terlebih dahulu dan juga konsisten serta fokus dalam mengembangkan usaha counter pulsa ini. Karena apa? Karena saya kira dala berbagai bisnis mana saja kalau tidak dibarengi dengan yang namanya fokus dan konsisten, kemungkinan bisnis tersebut akan bobrok atau bangkrut.

Misal di minggu ini si A sedang menjalani bisnis es krim, namun suatu hari si A melihat ada orang lain yang sukses dalam usaha counter pulsa. Si A tiba-tiba berubah pikiran dan mengorbankan bisnis es krim tersebut untuk memulai bisnis baru lagi yakni bisnis counter pulsa.

Nah kemudian sudah satu minggu si A menjalani usaha counter pulsa, kemudian si A melihat ada orang lain yang sukses dalam bisnis pengembangan software. Tiba-tiba si A mengorbankan bisnis counter pulsanya tersebut untuk memulai bisnis yang lain yakni pengembangan software.

Menurut kamu tentang si A tersebut gimana? Tentu salah, yang awalnya dia sudah akan sukses dala bisnis es krim, dia berpaling dan menjadi usaha counter pulsa. Kemudian si A juga akan sukses dalam bisnis counter pulsa tiba-tiba tidak jadi karena berpaling dan menjadi seorang software developer, hal tersebut tentunya tidak bagus.

Maka dari itu sebelum dan sesudah kamu merintis suatu bisnis termasuk usaha counter pulsa ini, hendaknya kamu meluruskan niat dan konsisten terlebih dulu dala pengembangan bisnis yang akan kamu rintis.

2. Jangan “Ngebet” Pengin Punya Counter yang Besar

Mungkin sebagian orang beranggapan bahwa memiliki usaha counter pulsa itu harus memiliki ruko atau counter yang besar, dengan begitu banyak orang yang beli pulsa pada dia. Hmm, menurut saya tidak demikian. Saya perhatikan di lingkungan saya yang kebanyakan jualan pulsa, mereka tidak memiliki counter pulsa yang besar. Bahkan dia hanya memajang kertas yang di laminating yang bertuliskan “Disini Jual Pulsa”, eh dia malah dapet orderan pulsa.

Sebaliknya terkadang saya juga melihat ada beberapa orang yang punya usaha counter pulsa besar namun jarang ada pembelinya. Maka dari itu jangan memaksakan diri untuk memiliki atau membuat counter pulsa yang besar, mulailah untuk merintis bisnis ini dari yang kecil-kecil terlebih dulu.

Misal, kamu sudah punya modal untuk beli saldo pulsa, namun kamu belum punya counter yang memadai untuk lapak kamu. Maka coba saja pakai cara yang sudah saya ceritakan sebelumnya, dimana kamu bikin ngeprint kertas yang bertuliskan “Disini Jual Pulsa Elektrik” kemudian di laminating. Selanjutnya ditempel di depan rumah kamu.

Dan lebih bagus lagi kalau ternyata lapak kamu tersebut jarang ada yang ada. Maksudnya di satu desa itu yang ngejual pulsa cuman kamu, maka tentu akan sangat mudah untuk mendapatkan penghasilan yang banyak, Insya Allah.

3. Cobalah Ke Ranah Online

Setelah di rasa tips sebelumnya sudah kamu lakukan dan sekiranya juga sudah lumayan laris, selanjutnya adalah menyebar ke ranah online, alias jualan secara online. Kenapa? Tentunya untuk bisa membuat dagangan kamu lebih terkenal.

Namun ada yang susah ketika kita memiliki usaha counter pulsa namun secara online, yakni masalah nominal pulsa. Kita tau bahwa pulsa ini kan biasanya dijual 5 ribu, 10 ribu, atau yang lain. Nah bayangkan ketika ada yang orang beli pulsa lima ribu di toko online pulsa milik kamu, kemudian gimana caranya? Sedangkan setau saya bank-bank sekarang itu hanya memperbolehkan transfer uang itu minimal 10 ribu.

Untuk menanggulangi hal ini, mungkin kamu harus menetapkan sistem minimal order pulsa, sehingga nanti tidak akan repot dalam transaksi nantinya.

Jadi mungkin kamu bisa menetapkan minimal order adalah 50 ribu rupiah, maka tentu si customer akan transfer lewat rekening bank dengan uang nominal 50 ribu lebih.

Untuk membuat website atau toko onlinenya pun menurut saya mudah, kamu tinggal gunakan berbagai macam CMS seperti WordPress atau Blogger atau platform website yang lainnya.

4. Iklankan!

Tips yang selanjutnya adalah dengan mengiklankan usaha atau bisnis counter pulsa yang kamu miliki. Nah kamu bisa membuat company profile counter pulsa kamu, atau iklankan saja toko online yang kamu punya.

Ada beberapa jasa yang bisa kamu pakai untuk beriklan, yaitu:

  1. Facebook Ads
  2. Google Ads
  3. Twiter Ads
  4. Instagram Ads

Dan yang lainnya. Atau kamu bisa juga menggunakan jasa review dari para pemilik blog yang juga mungkin juga membahas dengan tema yang sama seperti bisnis kamu, yakni smartphone atau juga pulsa.

Penutup

Baiklah, bagaimana menurut kamu? Sudah tertarik untuk memiliki bisnis seperti ini? Mungkin setelah kamu membaca artikel ini kamu sudah mulai tertarik dengan usaha counter pulsa seperti ini.

Oke, demikian informasi yang saya sampaikan ini, semoga artikel ini dapat membantu kamu dalam memulai bisnis berupa counter pulsa. Sekian dan terima kasih. Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.


Loading...
Baca selengkapnya

Hanya seorang muslim biasa.

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close