Optimasi Blog

Memenangkan Persaingan SERP Di Google Dengan Tips Sederhana Dan Pasti

Agar artikel muncul di halaman pertama google dan memenangkan hasil pencarian dalam persaingan SERP (Search Engine Results Page) di butuhkan strategi SEO yang jitu dan tidak asal asalan. Sebab peringkat blog di tentukan oleh banyak faktor, tidaklah mudah untuk masuk halaman 1 google jika kita tidak mengetahui dasar serta tehnik SEO yang akan kita terapkan.

Bayangkan saja, setiap hari jutaan artikel di unggah dan di publikasikan. Berapa prosentase yang kita dapatkan untuk memenangkan persaingan SERP yang super ketat di mesin pencari. Banyak sekali blog baru yang bermunculan dan bisa menduduki halaman keramat di google, apakah mugkin suatu faktor kebetulan?

Persaingan SERP di tentukan oleh kata kunci serta jumlah rasio pencarian yang tinggi, semakin kata kunci tersebut banyak di cari maka akan semakin tinggi pula tingkat persaingan. Dan siapa yang menampilkan sebuah sajian yang berkualitas, dia yang akan menduduki peringkat tersebut.

Ingat algoritma google sekarang mengedapankan kualitas dan sumber relevansi sebuah artikel, siapapun akan mendapat kesempatan memenangkan persaingan di mesin pencari, termasuk blog baru.

Memenangkan Persaingan SERP Di Google Dengan Tips Sederhana Dan Pasti

Faktor yang mempengaruhi SERP dan peringkat blog seperti banyak nya jumlah backlink, usia domain serta pertimbangan dari segi dan nilai domain authority dan page authority memang belum bisa di pisahkan.

Tetapi apakah blog baru mampu bersaing dengan perbedaan nilai yang sangat berpengaruh kepada kualitas SEO sebuah blog?

Mari lupakan sejenak SEO yang terkadang membuat prinsip seseorang berpikiran lain, sebab SEO yang di pelajari saat ini banyak dan beragam. Tentu akan sangat membingungkan bagi seorang awam dan belum mengenal jauh tentang pelajaran search engine ini.

Mari kita berfokus kepada konten dan kualitas artikel yang akan unggul dan memenangkan dalam hasil pencarian di mesin pencari terutama google.

Loading...

Tips sederhana dan pasti dalam memenangkan persaingan SERP

1. Melihat kompetitor yang ada di search engine

Yang akan anda bahas dan anda tulis mungkin saja sudah banyak yang mempublish, pilih kerangka judul dan kata kunci utama dan tuliskan di kotak pencarian goole. Siapa yang menduduki peringkat 10 besar dengan kata kunci tersebut.

Lihat yang ada di peringakat 1,2 dan 3 Perhatikan kualitas artikelnya, kita akan membuat sesuatu yang lebih dari pemenang SERP tersebut.

Contoh : Memenangkan Persaingan SERP Di Google
Kita bisa ambil memenangkan SERP di google atau Persaingan SERP di google dalam kotak pencarian.

2. Pemilihan judul serta kajian yang relevan untuk artikel

Pilih judul yang menargetkan kata kunci utama sebagai pondasi dalam memperkuat sebuah artikel, setidaknya kita menguasai artikel yang akan di bahas. Tujuannya agar pengembangan serta penjelasannya dapat di perinci secara detail, dan harus mengacu kepada kata kunci tersebut.

Contoh : Memenangkan SERP Di Google atau pilih Persaingan SERP Di Google
Atau bisa menggabungkan keduanya.

3. Riset kata kunci dengan target mendapatkan longtail keywords

Seperti kebanyakan webmaster kita juga perlu melakukan riset kata kunci, gunakan fasilitas gratis google dengan memanfaatkan keyword planner untuk memastikan tinggi rendahnya kata kunci tersebut dalam hasil pencarian. Pilih persaingan yang medium atau low untuk menentukan judul utama.

Contoh : Memenangkan SERP google atau Persaingan SERP google.

Pilih mana yang mempunyai tingkat persaingan yang rendah dengan intensitas pencarian yang tinggi, di sana kita bisa menemukan beberapa long tail keywords untuk mengkombinasi judul utama

Contoh menerapkan long tail keyword:

  • Tips jitu Memenangkan SERP google.
  • Tips jitu Memenangkan SERP google dengan artikel berkualitas.
  • Cara mudah Memenangkan SERP google dalam hasil pencarian.

Untuk lebih jelas baca : Menerapkan Long Tail Keywords Untuk Judul Blog

4. Mengolah dan menempatkan kata kunci pada artikel

Tehnik ini masih berhubungan dengan long tail keyword, akan tetapi kita akan mengolah kata kunci pendukung dari long tail keywords dan menerapkannya pada artikel blog.

Kita mengenal banyak kosakata (kata- kata) dengan arti yang sama, dan setiap karakter bahasa tersebut memungkinkah di tuliskan oleh para netter dalam mencari sebuah artikel. Jenis persamaan kata ini bisa di sebut sinonim.

Artikel ini bisa anda baca : Tehnik Menempatkan Kata Kunci pendukung Pada Artikel

5.  Membuat artikel yang jauh lebih berkualitas dari pemenang hasil SERP

Seperti yang di sebutkan dalam langkah pertama, sekarang saatnya membuat dan menulis artikel tersebut dengan mengembangkan materi serta memberikan penjelasan secara terperinci mengenai sebuah artikel yang sedang di bahas.

Usahakan lebih bagus dan lengkap dari hasil pemenang SERP dengan tingkat relevansi dan keterkaitan artikel sesuai judul utama.

Dan seperti yang kita tau, jika banyak sekali faktor yang mempengaruhi peringkat sebuah blog di mata google, tetapi setidaknya ini sebuah pengalaman dan pelajaran yang saya terapkan saat ini.

Mengacu kepada algoritma google yang memprioritaskan kualitas sebuah artikel, tergantung cara kita membuat artikel tersebut akan lebih berguna atau tidak kepada para pembaca sesuai prosedur dan pedoman mutu webmaster.

Semoga artikel Memenangkan Persaingan SERP Di Google Dengan Tips Sederhana ini memberikan pengalaman membaca dan bermanfaat untuk anda.



Loading...

Baca selengkapnya

Menulis dari berbagai pengalaman pribadi dan bisa dipertanggung jawabkan, jika bermanfaat bagi Anda silahkan share.

Artikel terkait

32 Comments

  1. kalo SERP untuk webiste berita kok keknya susah banget ya mas? atau ada cara tersendiri untuk menangin keywords tertentu yang biasa di pake pada website berita?

  2. Saya sangat setuju dengan poin ke lima yang menekankan kualitas dan kelengkapan dalam artikel

    Saya pernah coba membuat artikel komprehensif dengan tingkat persaingan keyword yang lumayan ketat. Dan hasilnya bisa masuk page one.

    Menurut saya artikel yang komprehensif lebih diprioritaskan oleh Google

  3. Terima kasih infonya bang.

    Saya ada sedikit pertanyaan, kenapa ya kompetitor web saya tidak membuat artikel yang ditargerget kok bisa nongol dihalaman pertama, sedangkan saya yang sudah membuat artikel dengan kata kunci tidak masuk halaman pertama, solusinya bagaiman bang?

    1. Halo mas siregar, bisa saja kompetitor usia domainnya sudah lebih berumur dan artikel sudah terlebih dahulu dipublikasikan, Apabila kita buat artikel yang jauh lebih bagus, besar kemungkinan bisa menggeser posisi pageone. Tentunya juga butuh waktu mas.

  4. halo kang, saya punya blog tentang kutipan/kata mutiara gitu. saya punya satu artikel yang pencarianya cukup banyak, namun persaingan nya sangat sedikit. saya liat beranda google sih gak ada sama sekali yang memakai kata tersebut. tapi artikel saya belum muncul juga sih di page one.. hehe justru yang muncul dengan kata kunci tersebut malah artikel yang keyword beda. apakah karena artikel saya masih baru. atau mugkin karena hal lainnya. kalo masalah kualitas artikel sih mungkin bisa bersaing karena toh, keyword dan yang ngebahasnya pun hanya artikel saya doang. selain itu
    artikel nya bukan copas
    kualitas artikel lumayan sih. soalnya sebelum ditulis udah liat-liat dulu sana-sini, dan udah di usahain seberkualitas mungkin. tapi itu kata saya tau kalo kata pembaca mah.

    hehe mohon pencerahannya kang. mohon maaf curhatnya kepanjangan.

    1. Blog baru memang butuh kerja keras untuk memenangkan persaingan mas, walaupun belum berada di page one, bisa diperkuat dengan menambahkan internal link pada artikel lain yang menuju artikel yang ditargetkan. Memang tidak secara instan, tapi cara itu terbukti efektif untuk memperkuat hasil SERP.

      1. ya mas internal link selalu saya coba sih mas dan hasilnya memang terlihat, walaupun dalam jangka waktu yang tidak terlalu cepat.. hehe terimakasih mas

  5. Google sangat susah dimengerti sekarang.. Trik Trik keyword sudah sangat berat
    terima kasih suhu atas ilmunya

  6. Oh begitu ya, pantas saja halaman blogku jarang mampu bersaing, sebab menulis posting ya sekedar menulis saja.

    Makasih atas infonya 🙂

  7. trimakasih menambah ilmu, Kalau SEO menurut saya hampir sama seperti itu, intinya ada pada artikel bermanfaat ditambah menyisipkan keyword di judul dan paragraf pertama artikel, serta jumlah huruf minimal 300

  8. wah informasi yang sangat padat dan berkualitas mas gani hehe..saya setuju walau backlink sedikit tapi artikel ga asal asalan bisa saja nangkring di page one mantap blog nya mas mohon ijin banyak belajar di sini