6 Strategi untuk Memenangkan Persaingan Toko Online

Sengit dalam persaingan toko online? Hal yang paling penting adalah harus memahami strategi dalam memenangkan persaingan tersebut.

Masalah terbesar yang sring terjadi dengan pengusaha toko online yang baru adalah bahwa mereka tidak menghabiskan cukup banyak waktu untuk mencari tahu bagaimana membedakan diri mereka dari persaingan.

Ketika anda baru memulai untuk menjalankan bisnis toko online yang sukses dalam jangka panjang, anda ditakdirkan untuk gagal, kecuali anda dapat menemukan cara untuk lebih menonjol di antara pesaing anda.

Dan satu-satunya cara untuk bertahan adalah dengan membangun brand bisnis yang dipercaya orang.

6 strategi untuk memenangkan persaingan toko online

 memenangkan persaingan toko online

1. Gunakan Konten untuk Menetapkan Identitas Anda

Semua pemilik bisnis toko online yang sukses pasti memahami strategi konten pertama dengan toko mereka.

Dengan kata lain, mereka menggunakan konten menarik untuk memperkenalkan pelanggan ke brand mereka dan kemudian menjualnya ke publik.

Ketika anda datang untuk berjualan secara online, hanya karena anda memiliki produk yang menguntungkan untuk dijual di Bukalapak atau Tokopedia atau toko online anda sendiri, tidak berarti bahwa anda akan dapat mempertahankan profitabilitas dalam jangka panjang.

Loading...

Suatu produk tidak berarti apa-apa kecuali anda bekerja keras untuk membuat Brand anda benar-benar beresonansi dengan pelanggan anda.

2. Dapatkan Mindshare dan teknik psikolog

Mendapatkan mindshare pelanggan anda mulailah dengan memberikan percobaan dalam panduan untuk mendidik pelanggan tentang produk dan layanan anda.

Dalam banyak kasus, anda dapat memanfaatkan alamat email pelanggan dan kemudian mengirimi mereka urutan email otomatis yang memperkenalkan toko online anda.

Kunci untuk membedakan bisnis anda dimulai dengan konten. Pastikan anda meluangkan waktu untuk membantu pelanggan anda dan memperkenalkan toko online anda.

Dan secara psikologis mereka akan merasa berkewajiban untuk membeli dari anda (bahkan jika harga anda sedikit lebih tinggi).

3. Jual Produk Unik

Semua yang ahli dalam berbisnis online sepakat bahwa produk unik sangat disarankan.

Bahkan jika anda menghasilkan keuntungan yang lumayan, menjual produk yang persis sama dengan pesaing anda membuat anda rentan terhadap perang harga hari ini dan mungkin di masa depan.

Akibatnya, anda harus selalu memiliki tujuan jangka panjang untuk menjual barang-barang unik yang tidak dijual orang lain. Dalam persaingan toko online, pastikan anda menjual produk yang sedikit berbeda.

4. Menyediakan Layanan Pelanggan dengan baik

Ketika menyebutkan istilah “layanan pelanggan”di sini, tidak berarti harus selalu bersikap baik kepada pelanggan pada umumnya.

Jenis layanan pelanggan yang dimaksud adalah kecepatan Anda menanggapi semua pertanyaan konsumen, seperti ketersediaan barang, kelengkapan barang bahkan diskripsi barang secara lengkap.

5. Fokus pada satu kategori produk

Aabila anda memutuskan untuk menjual produk-produk non unik secara online, anda masih dapat menetapkan diri anda terpisah dengan apa yang saya sebut strategi “one stop shop”.

Pilih kategori produk tertentu dan cobalah menjadi penjual paling komprehensif di niche itu.

Pelanggan lebih cenderung membeli dari toko yang mengkhususkan pada apa yang mereka cari.

Tetapi ketika anda menggunakan strategi ini, penting bahwa anda tidak menyebar promosi secara terus menerus. Suatu hal yang berlebihan tentu tidak baik, begitu juga dengan bisnis.

Pastikan anda memilih tidak lebih dari beberapa kategori agar lebih fokus dan melakukan pekerjaan terbaik yang dapat anda lakukan dengannya.

Biasanya banyak toko online yang menjual berbagai macam barang acak. Toko yang paling sukses umumnya adalah toko yang memiliki satu kategori barang atau kategori barang yang tersusun rapi.

6. Melakukan cross selling dengan competitor

Dalam mempertahankan pertumbuhan bisnis anda, kerja sama kreatif yang saling menguntungkan bisa menjadi pilihan terbaik.

Hal terpenting dalam persaingan toko online, anda harus bersikap cerdas dan taktis walaupun ini memiliki resiko.

Jika anda memiliki kelebihan yang berbeda, kerjasama dengan kompetitor tentu memiliki kelebihan berbeda juga. Maka dari itu, gabungkan kelebihan itu untuk memenangkan pasar.

Sebelum anda menginvestasikan kerja keras yang diperlukan untuk membuka bisnis di toko online, pastikan anda memiliki proposisi nilai unik untuk bisnis anda serta menemukan cara agar lebih terlihat menonjol dari pesaing anda.


Loading...

Bagikan

Penulis

Syarif Sabirin
Syarif Sabirin
Seorang Article Creator dan Marketing Digital dengan visi mengambil ke langkah berikutnya.

Article Seo Highquality & UX

Profil; https://bit.ly/2tRplRX
Syarif Sabirin

Penulis

Seorang Article Creator dan Marketing Digital dengan visi mengambil ke langkah berikutnya.Article Seo Highquality & UXProfil; https://bit.ly/2tRplRX

Komentar

    Avatar

    Fokus ke satu produk, ngomong ngomong jenis produk yang mempunyai kebutuhan permanen setiap hari itu apa ya ? Kalau bisa yang memiliki pasar yang bagus ?

    Avatar

    Semoga bisa menerapkan pada bisnis saya. Thanks ilmunya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *