Memilih Karier dan Pekerjaan

8 Pertanyaan yang Perlu Dijawab Sebelum Memilih Karier dan Pekerjaan

Untuk membantu anda menemukan pekerjaan tepat, berikut saya rangkum delapan pertanyaan yang perlu anda jawab sebelum memilih karier dan pekerjaan.

Saat anda mencari tahu apa yang harus dilakukan dengan hidup anda, maka anda akan terdorong untuk mencari pekerjaan yang memuaskan. Pekerjaan yang memuaskan untuk satu orang belum tentu memuaskan untuk orang lain.

Ada yang ingin memiliki karier di bidang kemanusiaan, ada yang ingin memiliki bisnis besar, ada pula yang ingin kerja kantoran delapan jam setiap hari.

Jadi, seperti apa karier yang memuaskan menurut anda? Jawaban anda tentu tergantung pada kepribadian, minat, dan apa yang penting dalam hidup anda.

Baca jugaMencari Pekerjaan Setelah Lulus Kuliah? Pahamilah Beberapa Hal Penting Berikut ini

1. Apa pekerjaan ini sesuai dengan keyakinan saya?

Jangan memilih karier dan pekerjaan apapun yang bertentangan dengan keyakinan anda.

Faktor keyakinan, norma, dan etika mungkin nampak terlalu idealis. Tapi sebenarnya ini adalah pertanyaan realistis yang penting dipertimbangkan sejak awal.

Menjalani pekerjaan yang tidak sesuai dengan keyakinan, bisa membuat anda kehilangan orang-orang terdekat, seperti keluarga dan teman. Lagi pula, orang yang menentang keyakinannya sendiri bukan orang yang bisa dipercaya.

Loading...

Anda tidak akan bisa bekerja dengan tenang, tidak akan puas pada semua hasil pekerjaan sendiri, dan menjalaninya akan membuat anda tertekan. Sampai akhirnya anda harus memilih antara melepaskan keyakinan atau melepaskan pekerjaan.

2. Apa pekerjaan ini cocok untuk saya?

Saat menilai cocok/tidaknya pekerjaan, pertimbangkanlah bakat dan kepribadian dengan pekerjaan yang akan dipilih. Ini penting, karena kalau anda menggabungkan keahlian dengan bakat, maka anda akan bisa melakukan pekerjaan dengan baik. Anda juga akan lebih semangat saat bekerja.

Memperhitungkan kepribadian dan minat bisa meningkatkan peluang untuk memilih karier dan pekerjaan yang cocok dengan sifat-sifat anda.

Misal, jika anda seorang introvert maka lebih cocok bekerja mandiri, di bidang yang tidak menuntut anda banyak berinteraksi langsung dengan konsumen.

Intinya, untuk tahu pekerjaan itu cocok atau tidak, anda perlu mengenali bakat, kepribadian, dan minat sendiri.

3. Apa saya akan menikmati tugas-tugas dari pekerjaan ini?

Pertanyaan ini berhubungan dengan pertanyaan bakat, kepribadian dan minat. Hal berikut yang perlu anda lakukan adalah mempelajari tugas-tugas untuk setiap karier yang anda pertimbangkan dan pastikan sebagian besar dari mereka adalah hal-hal yang anda sukai.

Anda tidak bisa berharap akan selalu menikmati tugas-tugas yang ada, karena di dunia kerja akan selalu ada hari buruk. Bisa jadi karena hasil kerja yang tidak sesuai dengan harapan, karena masalah dengan rekan kerja, atau karena klien yang bermasalah.

Tapi, anda perlu tahu apakah anda akan menyukai sebagian besar tugas-tugas dari bidang pekerjaan anda? Setidaknya sebagian besar. Tugas-tugas yang anda sukai akan memberi motivasi, energi, dan antusiasme sehingga anda bisa bekerja dengan baik.

4. Apa jadwal kerjanya baik untuk saya?

Setiap profesi memiliki jam kerja sendiri. Kalau anda ingin punya jam kerja ideal dari jam 8 pagi sampai jam 4 sore, maka jangan memilih karier dan pekerjaan sebagai perawat, penulis, atau pilot, karena jam kerja mereka berbeda dengan karyawan kantoran.

Perawat kadang-kadang harus bekerja malam, di hari libur, dan akhir pekan. Penulis memang punya jam kerja fleksibel, tapi sering kali harus lembur untuk menyelesaikan tulisan sebelum deadline. Sedangkan pilot akan sering bepergian, dan harus sering meninggalkan keluarga bahkan di musim liburan.

Pertimbangkan aspek jam kerja dengan baik, karena jam kerja memiliki efek penting terhadap kinerja dan hidup anda. Kalau bisa mengatur jam kerja dengan baik, maka anda juga akan bisa mengatur hidup dengan baik. Jangan hidup untuk bekerja, tapi bekerjalah untuk menjalani hidup.

5. Apa penghasilan dari pekerjaan ini bisa mencukupi saya?

Alasan utama orang bekerja adalah untuk bertahan hidup. Maka wajar kalau jumlah gaji jadi faktor penting dalam memilih pekerjaan.

Kalau pekerjaan yang anda pilih tidak bisa membuat anda makan cukup, membayar tagihan, dan hidup di tempat yang nyaman, sebaiknya cari pekerjaan lain.

Sebelum memutuskan untuk memilih karier dan pekerjaan, pelajari tentang gaji rata-rata yang didapat oleh mereka yang bekerja di dalamnya. Lihatlah apa mereka mampu membayar tagihan dan hidup baik dari gaji yang didapat.

Baca juga5 Jenis Pilihan Pekerjaan Bergaji Besar untuk Kaum Wanita

Tentu, gaya hidup setiap orang berbeda. Ada yang boros, ada yang hemat. Maka anda perlu menghitung biaya hidup anda, sertakan pula jumlah yang ingin anda tabung. Pastikan gaji yang akan anda peroleh bisa memenuhi kebutuhan anda.

6. Apa karier ini bisa membuat saya maju?

Kemajuan karier penting bagi sebagian orang. Tanyakanlah pada diri anda sendiri apakah kemajuan karier penting bagi anda. Kemudian pertimbangkanlah apa pekerjaan yang anda pilih memiliki peluang untuk membuat anda maju.

Pekerjaan yang membuat anda terjebak di tempat sama tanpa ada kemajuan, maka pekerjaan itu akan membuat anda bosan.

BacaWaspadai! 10 Kebiasaan Buruk yang Berbahaya Bagi Karier Anda

7. Apa saya harus migrasi untuk mendapatkan pekerjaan yang saya mau?

Alasan utama manusia berpindah-pindah adalah pekerjaan, penghasilan, penghidupan. Banyak orang desa migrasi ke kota demi penghasilan yang lebih baik, banyak pula orang Indonesia yang migrasi ke luar negeri untuk mendapatkan gaya hidup impian mereka.

Sebelum memilih karier dan pekerjaan, pertimbangkan juga soal lokasi pekerjaan. Karena beberapa profesi terkonsentrasi di daerah tertentu. Contoh, kalau bermimpi jadi astronot, tentu harus migrasi ke Amerika, karena belum ada NASA versi Indonesia.

Jika tidak mau migrasi ke mana pun, lebih baik cari pekerjaan yang tersedia di kota anda, atau cari pekerjaan yang tempat dan jam kerjanya fleksibel, atau buka usaha sendiri di kota tempat anda tinggal.

8. Sesulit apakah mendapat pekerjaan di bidang yang saya suka?

Anda perlu memastikan bahwa anda akan bisa mendapatkan pekerjaan dan tetap bekerja untuk jangka waktu lama. Untuk itu, anda perlu mencari informasi pasar tenaga kerja.

Cari tahu berapa banyak orang yang bekerja dalam pekerjaan yang anda selidiki. Sebesar apa pula persaingan mencari kerja yang akan anda hadapi.

Selain itu, anda perlu mencari tahu tentang prospek pekerjaan di masa depan. Jangan sampai profesi yang anda pilih hanya bertahan sebentar.

Karena ada banyak profesi yang berangsur menghilang digantikan oleh kemajuan teknologi. Contoh: masinis. Sekarang banyak kereta tanpa awak yang dikendalikan secara otomatis. Membuat profesi masinis hampir punah.

Pertimbangkan delapan pertanyaan sebelum memilih karier dan pekerjaan tersebut dengan baik, supaya anda bisa mendapatkan pekerjaan impian yang akan berpengaruh baik pada kehidupan anda.



Loading...


Bagikan

Reha Wijaya

Penulis

Hobi fotografi, tapi sehari-hari menghabiskan waktu di depan komputer.

Komentar

    Robby RAD

    ( - 05:37)

    Tetap semnagat yang cari kerja. Pengalaman pribadi saya 4 bulan bolak balik kantor. Ngantar lamaran, interview, test dan lain lain. Tapi ingat usaha akan berhasil jika menjalani sepenuh hati.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *