Tekno

Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Memilih Powerbank Berkualitas

memilih powerbank berkualitas – Siapa yang tidak kenal Powerbank? Atau kita ubah saja pertanyaannya menjadi siapa yang tidak punya Powerbank? perangkat aksesoris smartphone yang satu ini seolah memang telah menjadi barang wajib ketika membeli smartphone.

Seringnya kehabisan baterai disaat yang tidak tepat, serta tingkat mobilitas yang tinggi dari seseorang sehingga tidak sempat mengisi ulang baterai smartphonenya menjadikan Powerbank sebagai salah satu alternatif untuk mengatasi kehabisan baterai.

Namun, jika kita membeli Powerbank asal-asalan justru akan menimbulkan penyesalan yang berkepanjangan. Oleh karena itu, Klik Mania merangkum beberapa tips penting dalam memilih powerbank berkualitas.

Silakan simak tips-tips di bawah ini.

Kapasitas Powerbank

Tentukan kapasitas Powerbank sesuai dengan kebutuhan baterai smartphone kita. Jika baterai smartphone kita memiliki kapasitas sebesar 2000 mAh, maka direkomendasikan untuk memiliki Powerbank dengan kapasitas sebesar 5000 mAh atau lebih.

Hal tersebut bertujuan agar Powerbank tersebut bisa digunakan hingga beberapa kali pakai. Sebab, jika kapasitasnya nge-pas atau bahkan kurang, justru tidak akan efisien dalam penggunaannya nanti.

Powerbank dengan Reputasi yang Baik

Pilihlah Powerbank dengan merk atau produsen yang kita sudah kenal atau mempunyai reputasi yang baik di setiap produk elektronik yang dibuatnya.

Atau jika kamu belum kenal dengan salah satu brand terbaru dan ragu-ragu untuk membelinya, kamu bisa kepoin Mbah Google.

Kamu bisa menanyakan kepada orang-orang di sekitar kamu mengenai produk tersebut atau bisa cek sendiri review-review dari mereka yang sudah pernah menggunakannya di internet.

Fitur Keamanan

Memilih Powerbank yang Berkualitas

Opsi ini merupakan opsi krusial yang harus kamu perhatikan. Jangan memilih powerbank berkualitas abal-abal yang tidak memiliki fitur keamanan justru akan menimbulkan kerusakan yang fatal terhadap smartphone kamu.

Beberapa fitur keamanan yang harus kamu cek yaitu:

Overcharge Protection, yaitu fitur dimana Powerbank akan melindungi smartphone dari pengisian baterai berlebih sehingga ketika sudah penuh pengisian akan otomatis diberhentikan.

Short Sircuit Protection, yaitu perlindungan terhadap arus pendek yang terjadi selama pengisian baterai, agar terhindar dari kebakaran atau meledak tiba-tiba ketika sedang melakukan proses pengisian ulang.

Temperature Protection, yaitu fitur yang berfungsi untuk menjaga kondisi Powerbank agar tidak terjadi overheat saat melakukan pengisian ulang.

Cek Keaslian Powerbank

Dikutip dari liputan6, cara paling sederhana untuk mengetahui keaslian Powerbank adalah dengan mengguncangnya.

Jika terdapat bunyi sesuatu itu biasanya palsu, karena yang original tidak mungkin menimbulkan bunyi dalam komponen hardwarenya, lebih padat dan tentunya memiliki finishing produk yang baik.

Selain itu, kita bisa mengecek tulisan informasi produk yang berada pada aluminium casing, biasanya produk palsu menggunakan stiker kertas untuk menjelaskan spesifikasi produk.

Garansi Powerbank

Nah, ini juga tidak kalah penting.

Garansi sangat penting untuk melakukan klaim jika sewaktu-waktu terdapat kerusakan atau kecacatan produk terhadap Powerbank  yang kita beli.

Anda harus memilih powerbank berkualitas dengan garansi minimal 1 tahun. Jika ada yang memberikan garansi hanya 1 bulan atau bahkan 1 minggu maka kualitasnya patut dipertanyakan.

Bobot

Banyak mindset yang salah mengenai bobot Powerbank. Kebanyakan dari kita memilih Powerbank dengan bobot seringan mungkin dan memiliki kapasitas yang besar.

Logis kah ada Powerbank yang memiliki bobot ringan tapi kapasitasnya besar?

Perlu diketahui, bahwa Powerbank itu juga memiliki baterai dan terkadang berisi beberapa baterai untuk menunjang kapasitas yang cukup besar dalam menyediakan daya tambahan terhadap smartphone.

Jadi, semakin besar kapasitas baterai yang ditawarkan oleh sebuah Powerbank, maka bobotnya juga akan semakin berat.

Baterai

Ini juga bisa kamu jadikan pertimbangan saat sedang memilih Powerbank yang berkualitas, karena baterai yang digunakan juga menentukan awet atau tidaknya sebuah Powerbank.

Berdasarkan review-review dan artikel yang saya baca, rata-rata mereka merekomendasikan Powerbank dengan baterai keluaran Samsung, Sanyo, Japan Cell, dan lain sebagainya.

Harga

Ini juga nih yang masih menjadi mindset masyarakat Indonesia yang salah. Mayoritas kita lebih memilih suatu barang dengan harga yang lebih murah ketimbang kualitas.

Powerbank yang mahal sudah pasti bagus, tetapi Powerbank yang bagus juga belum tentu mahal. So, harga nggak akan mengecewakan performa kok guys. Lebih baik banyak keluar uang di awal, daripada kita harus kehilangan dua-duanya (Powerbank+smartphone).

Baca juga:

Oke, itu tadi tips-tips dari Klik Mania untuk teman-teman yang ingin memilih Powerbank yang berkualitas  sebagai alternatif saat tidak menemukan colokan. Sekian dari saya, dan.. Semoga bermanfaat.


Loading...
Baca selengkapnya

Penulis amatir yang hanya bisa menggunakan kata-kata sederhananya untuk sekedar berbagi dan menuangkan isi pikiran. Jadi, maaf jika tak ada yang istimewa. Karena yang istimewa cuma KAMU. Kunjungi: Channel Youtube Saya

Artikel terkait

2 Comments

  1. Yup bener sekali. Bisa dishare tuh mbak pengalamannya disini, biar pembaca lain menjadi tahu dan belajar dari pengalaman tersebut 🙂

  2. Selain harga yang biasanya berbanding lurus dengan kualitas, perlu pengetahuan sebelum memutuskan untuk membeli sesuatu.
    Saya termasuk yang beberapa kali “gagal” dalam membeli Charger.
    Tulisan yang bermanfaat bagi kita.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close