Bisnis Online

Bagaimana Memilih Sosial Media Untuk Bisnis Supaya Tepat Sasaran?

Memilih sosial media untuk bisnis pastinya harus sesuai dengan berbagai faktor. Seperti kita ketahui saat ini sosial media memiliki peranan penting untuk perkembangan sebuah bisnis khususnya untuk pemasaran online.

Kita wajib mengetahui jenis pemasaran seperti apa yang cocok untuk bisnis yang dijalankan. Karena setiap platform sosial media memiliki rasa yang berbeda.

Masalahnya adalah, kita tidak dapat menggunakan semua sosial media untuk pemasaran bisnis. Kecuali jika kita membayar seseorang bekerja khusus untuk melakukan pemasaran melalui sosial media.

Buat pemilik bisnis yang baru merintis, waktu itu sangat berharga dan perlu diatur sebaik mungkin. Sehingga kita perlu menentukan mana platform sosial media untuk bisnis yang paling tepat.

Disini kita akan berfokus pada demografi pelanggan, waktu yang dimiliki, produk yang dijual dan yang terpenting adalah konten yang akan dibuat.

Ketahui Target Pasar

memilih sosial media untuk bisnis

Mengetahui target pasar adalah hal yang sangat penting untuk melakukan sebuah riset pasar. Sehingga jika kita sudah memiliki gambaran mengenai siapa target pasar,  hal ini akan dengan mudah menentukan sosial media yang akan digunakan.

Untuk menentukan target pasar, saat ini banyak tersedia tools untuk mengeceknya, salah satunya sproutsocial. Misalnya jika target pasar kita adalah dari kalangan anak muda, jenis sosial media untuk bisnis yang pas saat ini adalah instagram. Lain halnya jika target pasar berdasarkan jenis kelamin, pintenterest cocok digunakan jika targetnya adalah perempuan.

Loading...

Berapa Lama Waktu Yang Dimiliki

Melakukan update pada setiap sosial media memerlukan waktu yang cukup banyak. Bahkan kita akan kehabisan waktu karena mengelola semua sosial media sendirian.

Lain halnya dengan perusahaan skala besar, mereka pastinya memiliki cukup banyak pegawai yang berfokus hanya di sosial media. Sehingga hal ini dapat lebih efisien untuk sebuah perusahaan.

Yang perlu kita lakukan adalah memilih salah satu sosial media yang tidak memerlukan banyak waktu untuk mengelolanya. Instagram adalah sosial media yang cocok dikelola jika waktu yang menjadi pertimbangan.

Tapi jika waktu yang kita miliki cukup banyak dan memungkinkan untuk mengelola sosial media, facebook dan twitter bisa dijadikan pilihan. Tapi kita perlu membuat sebuah konten melalui blog, yang nantinya akan dibagikan melalui sosial media tersebut.

Jenis Produk Apa Yang Dijual

Jenis produk juga mempengaruhi sosial media apa yang tepat untuk memasarkannya. Jika produk kita untuk kalangan profesional, LinkedIn adalah media yang tepat. Karena disanalah tempat berkumpulnya orang-orang dari kalangan profesional.

Berbeda lagi untuk produk yang akan digunakan oleh anak muda, sosial media yang tepat salah satunya adalah twitter. Dengan twit twit berupa gambar GIF yang berpotensi untuk di retwit.

Konten Seperti Apa Yang Akan Dibuat

Mungkin tidak semua orang suka membuat konten berupa video dengan durasi yang cukup panjang untuk diupload ke YouTube. Sebagai pilihannya bisa membuat konten berupa video pendek atau hanya sekedar gambar di Instagram.

Sehingga kita harus bertanya pada diri sendiri, kira-kira konten seperti apa yang ketika membuatnya tidak ada beban, malah sebaliknya. Kenapa kita harus menyukai apa yang kita kerjakan? Karena pemasaran melalui sosial media harus dilakukan secara konsisten.

Untuk membangun sebuah produk di sosial media memerlukan waktu yang tidak singkat. Bisa jadi dalam beberapa minggu, bulan atau bahkan setahun lebih baru terlihat hasilnya.

Jadi tentukanlah jenis konten apa yang akan dibuat di sosial media dan pastikan kita menyukai proses membuatnya.

Kesimpulan Memilih Sosial Media Untuk Bisnis

Sekarang sudah cukup jelas, terdapat beberapa pertimbangan ketika menentukan jenis sosial media untuk bisnis supaya tepat sasaran. Ketahui siapa pelanggan kita, berapa lama waktu yang kita miliki dalam sehari, produk apa yang akan dijual dan yang utama adalah konten seperti apa yang akan dibuat. Ke empat faktor tersebut setidaknya bisa dijadikan patokan untuk menentukan platform sosial media yang tepat untuk memasarkan produk.

Rerensi : Instagram Marketing : 10 Trik Jualan Laris Manis Di Instagram



Loading...

Tags
Baca selengkapnya

Penulis pemula yang ingin mencoba berbagi sedikit manfaat.

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button