mempercepat loading blog

(Lebih) Mempercepat Loading Blog WordPress dengan Plugin Autoptimize

Saya menemukan tutorial mempercepat loading blog wordpress ini dari seorang blooger India, dia berhasil memadukan penggunaan plugin W3 Total Cache dengan plugin Autoptimize. Alhasil bisa menambah kecepatan loading wordpress tanpa mengalami error.

Perlu di catat jika fungsi 2 plugin ini adalah meningkatkan kecepatan loading blog, tapi apabila kita salah melakukan setting, maka yang terjadi adalah sangat fatal. Karena sebagian fungsi CSS dan Javasrcript tidak bisa bekerja secara baik dan benar.

Jadi dengan kata lain, mempercepat loading blog itu bukan tanpa resiko. Apabila ingin mempraktekkan tutorial ini alangkah baiknya backup terlebih dahulu seluruh seting theme anda. Saya sendiri (pertama kali) tidak berani mencoba secara langsung mempraktekkan penggunaan plugin Autoptimize pada theme ini. Saya mencobanya langsung pada theme blog saya yang lain. Tapi jangan khawatir, penggunaan plugin ini sudah saya test dan hasilnya work 100 persen tanpa mengalami error.

Cara kerja plugin Autoptimize ini adalah menggabungkan beberapa script pendukung dalam struktur theme wordpress, seperti CSS dan java script. Kemudian difungsikan pemanggilan dalam satu tahapan saja, kode untuk memanggil script pendukung tersebut akan dibuat inline (satu baris) juga dengan source code HTML blog. Sehingga mampu mempercepat loading blog dan lebih maksimal.

Baca dulu

  • Dengan menggunakan plugin Autoptimize ini pemakaian space hosting yang akan jadi lebih banyak. Karena ada space yang digunakan untuk menyimpan berkas teroptimasi dari Autoptimize.
  • Hal ini bisa di atasi dengan cara manual, cara ini saya terangkan nanti dibawah.
  • Tidak perlu melakukan perubahan setting plugin W3 Total cache, jika anda sebelumnya sudah melakukan pengaturan secara maksimal.

Mempercepat loading blog dengan plugin Autoptimize

  • Pertama kali anda harus mengunduh plugin Autoptimize versi update terbaru.
  • Instal dan aktifkan plugin.
  • Pada dashboard wordpress masuk ke settings > Autoptimize
  • Lakukan pengaturan seperti gambar di bawah ini.
mempercepat loading blog
Setting plugin Autoptimize

Note

Perhatikan untuk setingan “javaScript option”, anda perlu menguji terlebih dahulu sebelum menggunakannya secara permanen, penambahan kode java script dikemudian hari mengharuskan seting ulang dari plugin ini.

Checklist kotak java script dan simpan, lihat perubahan pada template. Jika tidak mengalami error berati tidak ada masalah. Untuk pengaturan lanjutan opsi java script bisa anda perhatikan gambar dibawah ini.

Loading...
mempercepat loading blog
Opsi pengaturan lanjutan javascript
  • Checklist pada gambar yang dilingkari tanda merah lalu simpan, lakukan pengujian terhadap theme anda.
  • Jika mengalami error bisa dihilangkan tanda centangnya dan gunakan opsi yang terakhir yang diberi tanda panah merah, kemudian simpan dan lihat hasilnya.
  • Jika semua opsi mengalami error, berarti theme anda pada bagian javascript tidak bisa di modifikasi. Sebaiknya tidak menggunakan opsi ini sama sekali. Hilangkan semua tanda centang dan simpan.

Kebetulan Theme yang saya pergunakan support dengan setingan ini, tetapi tidak semua theme mempuyai struckture java script yang sama. Jadi kita perlu melakukan pengujian terlebih dahulu sebelum menggunakan secara permanen.

Pengaruh penggunaan plugin ini dapat mempercepat loading blog wordpress secara signifikan, anda bisa merasakan perubahan yang cukup drastis setelah menggunakannya.

Mengatasi space hosting yang bertambah karena plugin Autoptimize

Karena penggunaan plugin ini membutuhkan ruang penyimpanan ekstra untuk menyimpan berkas teroptimasi, maka space hosting akan otomatis bertambah. Kita bisa mengatasi secara manual setiap 3 atau 4 hari dengan melakukan clear cache pada

  • Pengaturan di plugin W3 Total cache > Empty only the disk cache.
  • Pengaturan plugin Autoptimize kita hanya menekan tombol save change and clear cache tanpa merubah setting.

Demikian cara menambah atau lebih mempercepat loading blog wordpress dengan menggunakan plugin Autoptimize. Walaupun ada banyak faktor untuk masalah kecepatan blog wordpress, diantaranya adalah penyedia hosting yang kita gunakan, dan paket hosting yang kita pakai juga sangat mempengaruhi. Semoga bermanfaat.



Loading...

Bagikan

ganisebastian

Penulis

Menulis dari berbagai pengalaman pribadi dan bisa dipertanggung jawabkan, jika bermanfaat bagi Anda silahkan share.

Komentar

    Avatar

    Maulana Malik

    ( - 10:04)

    Gan cara setting nya ini gimana ? maklum newbie
    Pengaturan di plugin W3 Total cache > Empty only the disk cache.

    Avatar

    mantaaap pluginnya….terima kasih penjelasannya

    Avatar

    roman

    ( - 20:22)

    Min saya mau tanyak untuk plugin tersebut untuk iklan adsense aman ndak? Terima kasih sebelumnya

    Avatar

    Hmm kalo saya sih buat mempercepat loading blog dengan mengoptimasi .htaccess doang, alhamdulillah hasilnya lumayan signifikan hehehe. Saya pribadi termasuk orang yg kurang sreg dengan penggunaan plugin, kan toh plugin juga memanipulasi settingan dari .htaccess, daripada ntar malah memperberat kan mending di setting sendiri. :v

      ganisebastian

      ganisebastian

      ( - 14:46)

      Untuk yang belum paham mengenai Edit htaccess akan menemui kesulitan mas jefry :D..Tetapi setidaknya plugin ini memberi perubahan yang cukup signifikan 😀

      Avatar

      Isna

      ( - 18:05)

      Mas Jefry
      Bisa dishare seting htaccess nya
      blog sy lemot sekali

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *