mempertahankan serp google

Mempertahankan SERP Artikel Dari Segala Perubahan Algoritma Google

Cara bertahan di SERP google dalam waktu yang lama. Ini ibarat kompetisi, siapa yang terbaik itulah yang menjadi pemenangnya. Mempertahankan SERP artikel atau postingan di google itu lebih sulit di bandingkan sewaktu kita mendapatkannya. Banyak artikel yang mampu menduduki peringkat halaman utama google dalam waktu yang singkat, tetapi apakah itu jaminan bisa bertahan dalam waktu yang lama?

Ibarat mempertahankan posisi juara dalam perlombaan, pastinya banyak penantang berikutnya untuk berusaha menempati posisi juara bertahan tersebut. Pastinya mereka mempersiapkan segala upaya untuk mendepak posisi juara bertahan.

Sama juga dengan artikel yang menempati posisi halaman 10 besar di google, karena setiap hari jutaan artikel di posting dan memiliki banyak persamaan “kata kunci”. Mempertahankan SERP artikel di google bukanlah perkara mudah.

Apa yang perlu di persiapkan agar artikel mampu bertahan di SERP?

  • Artikel pilar
  • Artikel unik dan original
  • Artikel yang relevan
  • Artikel yang bermanfaat dan mengutamakan pengalaman pengguna.

Algoritma google seringkali berubah, sistem robot canggih ini semakin cerdas dengan perubahan yang lebih baik kedepannya. Konten atau artikel adalah raja dan google mulai merujuk ke arah sana. Persiapkanlah sebuah artikel sebelum di publish, dengan 4 elemen di atas  sebagai bagiannya.

Artikel pilar

Artikel pilar sangatlah penting untuk membuat pondasi agar blog menjadi lebih kuat dan bertahan lama, ciri artikel pilar adalah terstruktur dengan baik dan memiliki lebih dari 750 kata, penggunaan bahasa yang baik dan benar dan memiliki penjelasan secara lengkap mengenai sebuah judul yang di bahas.

Artikel unik dan original

Loading...

Artikel ini adalah ide yang di hasilkan oleh penulis sendiri dan bukan meniru atau mencontoh hasil dari blog lain. Di tampilkan dengan gaya dan ciri khas penulis sehingga mempunyai nilai atau “style” tersendiri.

Artikel yang relevan

Jenis artikel ini mempunyai pembahasan yang mendalam dan di sertai bukti kuat yang menunjang kebenaran artikel tersebut, biasanya di peroleh dari hasil riset penulis dan dilaporkan dalam bentuk artikel. Banyak contoh kasus penulis yang tidak mempunyai dasar serta pengetahuan atau materi judul yang disampaikan, sehingga pembahasannya “ngalor ngidul“.

Artikel yang bermanfaat dan mengutamakan pengalaman pengguna

Seperti saran webmaster, buatlah artikel yang mengutamakan pengalaman pengguna. Kita sebagai penulis haruslah paham, bahwa artikel yang kita sampaikan adalah untuk pembaca, bermanfaat untuk pembaca dan mempunyai nilai untuk pembaca. Dalam hal ini penulis itu ibarat pelayan yang siap melayani informasi yang di butuhkan oleh pembaca.

Baca : Perubahan algoritma google dari waktu ke waktu

Jika ke 4 elemen di atas di sertakan dalam satu artikel, maka artikel tersebut akan mempunyai nilai lebih di mata google. Hal ini berdasarkan pengalaman pengguna dan seberapa besar manfaat artikel tersebut untuk pembaca. Mengapa hal tersebut menjadi acuan untuk mempertahankan SERP artikel di halaman google?

  • Jenis konten seperti ini berpeluang menjadi generator trafik, yaitu artikel yang banyak berpeluang menjadi sumber trafik dari sebuah blog, karena konten kaya dengan kata kunci dari artikel yang variatif.
  • Jenis konten ini biasanya dapat bertahan lama, dan  banyak di cari orang. Tentunya akan menjadi trafik jangka panjang dan menguntungkan pemilik blog
  • Artikel yang memenuhi persyaratan di atas banyak di lirik oleh blog lain, dan berkesempatan memperoleh backlink natural.
  • Artikel jenis ini berpeluang di share pengunjung ke berbagai media sosial dan memeperoleh keutungan tambahan trafik.

Selain itu “backlink” juga masih mendominasi untuk peringkat sebuah blog dan faktor penting dalam mempertahankan SERP artikel, tetapi hanya backlink yang berkualitas yang tetap menjadi penilaian dari google.

Baca :Pengaruh Backlink Untuk SEO

Nah itulah sebenarnya cara mempertahankan SERP artikel dari segala perubahan dan gelombang algortma google yang silih berganti, google itu tidak suka yang “neko neko” dan yang pasti artikel jenis ini yang paling mendapat perhatian, sehingga posisi SERP tidak mudah di tendang oleh blog lain. Semoga bermanfaat.


Loading...

Bagikan

ganisebastian

Penulis

Menulis dari berbagai pengalaman pribadi dan bisa dipertanggung jawabkan, jika bermanfaat bagi Anda silahkan share.

Komentar

    Avatar

    Asep Ramdan

    ( - 08:18)

    Wah makasih nih kang atas ilmunya,, sangat bermanfaat bagi seorang pemula seperti saya. Hhe

    Avatar

    lahia

    ( - 00:31)

    wohh artikel saya sering ilang nih, makasih bang sangat bermanfaat..

    Avatar

    Apoteker Huda

    ( - 00:31)

    Apakah mengedit-edit / revisi postingan berpengaruh terhadap SERP ?

      ganisebastian

      ganisebastian

      ( - 08:10)

      Bisa berpengaruh lebih bagus untuk kekuatan SERP, asalkan update artikelnya lebih lengkap dan relevan.
      DI blog ini juga sering menerapkan update, apabila artikel dirasa belum lengkap dan ada beberapa kekurangan.

    Avatar

    Punkers

    ( - 13:28)

    Om apakah umur domain juga sangat mempengaruhi posisi, Terkadang blog saya ada di google dan terkadang hilang entah kemana..mohon bantuannya om.. ini sangat miris sekali klo blog tiba” ilang dari SERP

      ganisebastian

      ganisebastian

      ( - 05:45)

      Betul, umur domain bisa jadi pengaruh besar. Bersabar saja.. perkuat blog dengan artikel pilar dan berkualitas.

    Avatar

    wsc biolo

    ( - 07:36)

    terimakasih informasinya gan,,

    Avatar

    Zallegiance

    ( - 05:04)

    Alhamdulillah, nemu lagi ilmu bagus buat belajar ngeblog dan memperbaiki artikel saya. Makasih gan sharingnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *