Peluang usahaUlasan Bisnis

5 Alasan Mengapa Anda Harus Mempromosikan Produk Usaha Secara Online

Mempromosikan produk usaha secara online, apa yang terlintas dipikiran anda saat mendengan kalimat tersebut?. Mungkin sebagian orang akan bertanya-tanya, atau tidak sedikit juga yang meremehkan dan mengabaikan peluang yang sudah ada di depan mata ini.

Di sini saya akan beranggapan bila anda telah memiliki produk atau jasa yang siap dipasarkan. sehingga pada artikel ini, kita hanya akan membahas tentang asalasan-alasan, serta keuntungan yang akan anda dapatkan dengan memanfaatkan media internet sebagai tempat untuk memromosikan produk atau jasa yang anda tawarkan.

Apakah produk saya akan semakin laris, bila saya mencoba mempromosikan produk usaha melalui internet ???

Tentu saja, selama teknik berpromosi anda benar, maka saya jamin sekali anda akan mendapatkan keuntungan yang sangat besar, bahkan bisa berlipat ganda bila dibandingkan dengan cara berpromosi lama anda  yang mungkin hanya dari mulut-kemulut, atau menyebarkan brosur produk di tempat ramai.

Sampai detik ini saja tercatat sudah ribuat pebisnis yang berani memutuskan untuk memanfaatkan media online untuk “menangkap” konsumen dan meraup keuntungan yang sangat besar. Tentu saja kisah-kisah mereka dapat dijadikan acuan untuk anda dalam meraih kesuksesan melalui media online atau melalui internet.

5 Alasan Mengapa Anda Harus Mempromosikan Produk Usaha Secara Online

5 Alasan Mengapa Anda Harus Mempromosikan Produk Usaha Secara Online

1# Produk atau jasa anda berkesempatan untuk dilihat oleh ribuan orang di dunia

Alasan perama, tentu saja datang dari luang lingkup internet yang sangat luas dan tak terbatas. Terlebih lagi penggunanya yang semakin hari semakin bertambah jumlahnya, pikirkan saja bila anda mempromosikan produk anda melalui internet, wahh . . . tentu saja kesempatan produk atau jasa yang anda tawarkan tersebut sangat berpeluang untuk dilihat orang banyak, keuntungan tentu akan segera menghapiri anda, terlebih dari mereka yang tertarik dan memutuskan untuk membeli dengan produk anda.

2# Internet tidak dibatasi oleh jarak dan juga waktu

Maksud saya begini, pada poin pertama telah dijelaskan bila internet memiliki jaringan atau jangkauan yang luas dan tidak terbatas.Jadi apabila anda berani mencoba menjalankan bisnis anda secara online dengan melakukan promosi atau iklan, maka kemungkinannya sangat besar untuk mendapatkan konsumen atau calon pembeli baru.

Mengapa bisa ??

Loading...

> Internet tidak dibatasi oleh jarak.

Pada saat anda memutuskan untuk berpromosi melalui internet, maka produk yang anda promosikan tersebut akan dapat dilihat oleh banyak orang meskipun mereka berasal dari wilayah, provinsi, pulau, atau bahkan negara yang berbeda dengan anda.

Jadi bila anda mempromosikan produk anda yang aslinya berasal dari Bali, bisa saja anda mendapatkan pembeli dari Sumatra, dari Jawa, atau bahkan dari Malaysia dan Amerika.

Hal ini dikarenakan internet memang tidak dibatasi oleh jarak atau wilayah, sehingga siapapun itu, asalkan mereka adalah pengguna internet, sangat besar kemungkinannya mereka dapat melihat produk anda.

> Internet tidak dibatasi oleh waktu. 

Saya ambil contoh bila anda beriklan melalui saluran televisi, tentu saja  waktu akan menjadi sangat berharga, hal ini terjadi dikarenakan saluran televisi tempat anda beriklan akan menaikkan harga yang sangat tinggi bila anda menginginkan iklan anda tayang pada waktu orang banyak menontoh Tv, atau istilahnya waktu santai, selain itu iklan yang tayangpun diberikan durasi yang juga akan menambah biaya tayang iklan anda.

Sedangkan bila anda memutuskan untuk berpromosi melalui media internet, anda tidak akan memiliki masalah dengan waktu dan juga durasi, jadi anda bebas menayangkan iklan anda tanpa waktu tayang dan tanpa durasi, sehingga orang bisa melihat iklan anda, meskipun saat itu pagi, siang, sore, atau bahkan malam hari.

Untuk urusan harga penayangan iklan, tentu saja lebih murah daripada mengiklankan produk melalui televisi, tetapi bisanya harga bisa anda negosiasikan, terutama bila anda memutuskan untuk beriklan melalui blog atau website yang menawarkan slot iklan mandiri.

3# Beriklan secara online atau melalui internet bisa saja dilakukan tanpa modal

Tanpa modal ???

Gratiskah ??

Benar sekali, mempromosikan produk melalui internet bisa anda dapatkan secara gratis. Asalkan media tempat anda berpromosi memang menawarkan slot iklan yang gratis.

Contoh nyatanya adalah mempromosikan atau mengiklankan produk anda pada situs jual beli seperti Olx, Tokopedia, dan Bukalapak. ketiga situs tersebut merupakan situs “raksasa” yang memang memberikan anda kesempatan untuk beriklan secara cuma-cuma. Meskipun begitu, situs yang telah saya sebutkan tadi adalah “raksasa”, sehingga anda tidak perlu kawatir lagi akan presentase orang yang melihat iklan anda.

Atau bisa juga anda memanfaatkan media sosial sebagai media pengiklanan produk secara gratis lainnya untuk mempromosikan produk usaha secara online, meskipun gratis namun kedua opsi, antara situs jual beli atau sosial media, dapat anda pergunakan salah satunya untuk mendapatkan keuntungan dari larisnya produk usaha anda. Bahkan anda bisa mempergunakan kedua opsi tersebut sekaligus, untuk memperbesar peluang lakunya barang anda, sehingga menambah besar keuntungan yang akan anda dapatkan.

Baca juga : Memanfaatkan Sosial Media Instagram Sebagai Sarana Mempromosikan Produk Secara Online

4# Kemudahan dalam berkomunikasi dengan penyedia tempat beriklan

Pernah tidak, pada saat anda hendak beriklan pada media cetak atau televisi tetapi bingung dimulai dari mana, biasanya si pemilik produk yang masih awam akan kebingungan dalam berkomunikasi dengan tempat penyedia slot iklan tersebut.

Mempromosikan Produk Usaha Secara Online

Hal berbeda bila anda mempromosikan produk usaha secara online, saya ambil contoh saat anda hendak beriklan pada situs blog atau website milik orang yang menyediakan slot iklan. Bila anda benar-benar tertarik untuk memasang iklan, anda tinggal menghubungi si pemilik situs melalui Kontak menu yang pasti telah di sediakan oleh mereka. Dan dalam Kontak menu tersebut anda tinggal mengirimkan email kepada si pemilik situs bahwa anda hendak memasang iklan pada situs mereka, dan anda juga bisa bernegosiasi harga untu biaya pemasangan iklan tersebut.

Sedangkan untuk anda yang memutuskan untuk beriklan melalui penyedia iklan seperti Google Adwords atau sejenisnya, anda tinggal memasukkan data-data yang dibutuhkan dan telah ditentukan oleh Google. Hanya saja bila anda memutuskan untuk mempromosikan produk usaha secara online ini, maka anda tidak bisa bernegosiasi harga, namun jangan kawatir karena harga yang dipatok relatif murah dan terjangkau, serta kesempatan produk yang iklankan semakin tinggi, sehingga kesempatan anda meraih keuntungan tentunya semakin tinggi juga.

5# Syarat beriklan yang tidak terlalu ketat

Faktanya anda dapat beriklan atau mempromosikan produk apa saja di internet, bahkan tidak menutup kemungkinan juga untuk mengiklankan produk yang berbau dewasa sekalipun. Hanya saja bila hendak mengiklankan produk yang seperti ini anda tidak bisa beriklan melalui Google Adsense dan program sejenisnya, jadi mau tidak mau anda harus mencari situs blog atau website yang menyediakan slot iklan mandiri dalam hal ini.

Itulah 5 alasan mengapa anda harus mempromosikan produk usaha secara online, selain kemudahan dan keuntungan dalam beriklan, keuntungan hasil yang akan anda dapatkan juga akan semakin meningkat. Silahkan anda praktekkan agar produk dari usaha yang anda anda jalankan semakin laku dipasaran, dan membuahkan keuntungan yang sangat besar untuk anda.

Image credit : Pixabay, Shutterstock



Loading...

Tags
Baca selengkapnya

Saya suka menulis jika ditemani segelas kopi.

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *