Bisnis OnlineDunia Internet

Memulai Bisnis Online CPA, Apa Saja yang Dibutuhkan?

Bicara bisnis online, mungkin sebagian dari anda telah mengenal yang namanya bisnis online CPA. Pada beberapa artikel Klik Mania sebelumnya telah banyak pembahasan yang mengangkat mengenai bisnis online yang satu ini. bagaimana untuk memulai bisnis online CPA ini?

Sedikit menyegarkan atau berbagi untuk anda yang baru dengan dengan istilah bisnis CPA ini, CPA adalah bisnis online yang sistem pembayaran komisi di dalamnya menggunakan model CPA(Cost Per Action).

Singkatnya, anda akan mendapatkan komisi setiap action yang dilakukan oleh audience yang mengakses landing Page yang linknya anda promosikan. Action dalam memulai bisnis online CPA ini dapat berupa mendaftar, mengisi form tertentu dan lainnya.

Bagian menarik sekaligus menggiurkan dari bisnis online CPA ini tidak lain dan tidak bukan tentu ada pada komisi yang ditawarkannya. Jika dibandingkan dengan bisnis CPC (Cost per Click) yang telah terkenal dengan komisinya yang super kecil, bisnis CPA menawarkan komisi yang lebih besar untuk para publishernya.

Contohnya saja, CPA movie dapat memberikan komisi berkisar 150 hingga 200 ribu rupiah untuk tiap action yang dilakukan atau leads yang didapat.  Sehingga sangatlah tidak mengherankan apabila cukup banyak publisher yang ingin merambah bisnis CPA ini.

Namun sebenarnya apa saja yang dibutuhkan untuk terjun dan memulai bisnis online CPA ini. Nah, kali Klik Mania akan berbagi informasi mengenai hal tersebut untuk anda.

CPA Network

Hal pertama yang anda butuhkan untuk memulai bisnis online CPA adalah terdaftar sebagai publisher di suatu CPA Network. Jadi langkah pertama yang harus anda lakukan adalah menemukan CPA Network.

Terdapat banyak CPA Network yang dapar anda jadikan pilihan dengan berbagai niche/ jenis berbeda mulai dari CPA Movie, CPA Alibaba, CPA Dating dan lainnya. Untuk CPA Network dalam negeri, IndoCPA adalah salah satu yang paling populer.

Loading...

Namun anda dapat juga mempertimbangkan beberapa CPA Network luar negeri seperti CPASaw, CPAWay dan lainnya.

Media Marketing

Setelah anda terdaftar di salah satu CPA Network, anda dapat mempromosikan offer link CPA yang anda miliki. Untuk langkah memulai bisnis online CPA yang satu ini tentu anda akan membutuhkan media marketing.

Anda dapat menggunakan beragam media dan metode marketing mulai email marketing, youtube marketing, facebook marketing, twitter marketing dan lainnya. Choice is yours…

  • Email marketing( menggunakan email engine untuk mengirimkan promotion atau subsrcribe email ke pelanggan).
  • Youtube marketing( membuat video promosi yang berkaitan dengan link offer CPA anda dan menguploadnyanya ke channel Youtube anda).
  • Media sosial marketing( menggunakan media sosial seperti facebook, twitter, instagram dan lainnya untuk mempromosikan link CPA).

Baca : Teknik Promosi untuk Mempromosikan Bisnis Online CPA

Tracking tool

Memulai Bisnis Online CPA

Tracking tools sendiri dapat dijelaskan sebagai tools yang menjadi penghubung antara data dari ad network dan CPA network. Untuk memperjelas mengenai hal ini, mari lihat alur kerja dari bisnis online CPA marketing ini lebih dekat berikut ini:

  • Memasang ads/ advertisement/ iklan di ad network.
  • User/ audience melakukan interaction dan ad network akan mendapatkan data.
  • Audience/ use mengakses LP (Landing Page) anda.
  • User meneruskan mengakses ke halaman offer (Saat itu CPA Network akan mendapatkan data).
  • Terjadi konversi (leads di dapat/ user melakukan action tertentu seperti mendaftar), maka CPA Network akan mendapatkan data tersebut.

Dalam aliran yang diuraikan sebelumnya, data yang didapat masih terbagi/ terpisah di 2 tempat yakni CPA Network dan Ad Network, sehingga anda tidak akan mengetahui ads/ iklan mana yang berhasil menghasilkan konversi.

Tanpa informasi mengenai iklan yang berpotensi menghasilkan konversi/ leads, maka anda yang dapat menguntungkan anda.

Hal tersebutlah anda membutuhkan tracking tools yang menghubungkan kedua data tersebut, sehingga anda akan mengetahui iklan/ ads mana yang berpotensi baik menghasilkan leads dan juga Landing Page mana yang bagus atau tidak.

Selanjutnya : Panduan Lengkap Cara untuk Memulai Bisnis CPA



Loading...

Tags
Baca selengkapnya

Saya adalah content writer dan juga social media designer.Business : 082177387464 (WhatsApp) Instagram : @endarjulian

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button