Artikel Adsense

Fungsi Dan Manfaat Menambahkan Pengguna Baru Di Akun Adsense (Multi User)

Sebenarnya fitur menambahkan pengguna baru dalam 1 akun adsense ini sudah ada sejak lama, hanya beberapa sobat yang belum tahu bisa menjadi panduan barangkali fitur dari google adsense ini dapat berguna. Ada beberapa syarat khusus untuk menambahkan email atau pengguna lain dalam satu akun adsense, di antaranya email tersebut tidak pernah digunakan untuk mendaftar ke google adsense sebelumnya. Yang akan kita bahas disini adalah manfaat menambahkan pengguna baru dalam 1 akun adsense, dan inilah beberapa penjelasannya.

Apa manfaat menambahkan pengguna baru di akun adsense?

Pihak google adsense memberikan fitur khusus ini agar dapat berbagi akun dengan orang lain, seperti mitra kerja, teman atau keluarga. Tujuannya adalah untuk membantu mengelola satu akun adsense dan menjalankannya. Dengan kata lain, hanya dengan satu akun adsense saja pengguna lain dapat mengaksesnya secara bersama sama dan memasang kode unit iklan di blognya masing masing walaupun sebenarnya tidak mempunyai akun adsense.

Syarat untuk menambahkan pengguna baru

Agar bisa ditambahkan sebagai pengguna baru, seseorang harus mempunyai email (gmail) yang belum pernah terkait dengan akun adsense manapun, baik yang aktif maupun tidak aktif. Dan bukan merupakan email yang sebelumnya pernah di banned oleh pihak adsense. Dan setiap email atau pengguna baru yang ditambahkan mempunyai hak akses yang hanya bisa di tentukan oleh pemegang akun adsense.

Pengguna standar

  • Dapat melihat, mengedit, dan mengelola setiap bagian dari akun.
  • Tidak dapat melihat daftar pengguna yang memiliki akses ke sebuah akun.
  • Tidak dapat melihat laman “User management”, yang menampilkan pengguna yang memiliki akses ke akun.
  • Tidak dapat memberikan akses akun atau mengubah tingkat akses pengguna lain.

Administrator

  • Dapat melihat, mengedit, dan mengelola setiap bagian dari akun.
  • Dapat melihat daftar pengguna yang memiliki akses ke akun.
  • Dapat memberikan akses akun atau mengubah tingkat akses pengguna lain.

Lihat sumber resmi

Untuk dapat di tambahkan sebagai pengguna baru, anda harus benar benar mempercayai pengguna tersebut. Tujuannya adalah tidak untuk disalah gunakan dan menggunakan akun adsense sebagaimana mestinya. Satu hal yang lebih penting harus tetap berpedoman kepada kebijakan dari google adsense.

Setiap pengguna baru mempunyai dashboard adsense masing masing

Berapa banyak bisa menambahkan pengguna baru dalam 1 akun adsense?

Menurut pihak dari google adsense tidak ada batasan untuk menambahkan pengguna baru, dengan kata lain bisa ditambahkan sebanyak yang anda mau, baik itu sebagai pengguna standar maupun sebagai administrator. Dan setiap pengguna baru mempunyai dashboard adsense masing masing untuk mengambil unit iklan yang bisa langsung di pasang di blog mereka.

Lihat sumber resmi

Inilah keuntungan yang bisa kita dapatkan, jadi kita bisa sharing pendapatan dalam 1 akun adsense saja. Dan bisa langsung mengakses dan memonitor penghasilan melalui dashboard adsense masing masing.

Cara menambahkan pengguna baru dalam 1 akun adsense

  • Login ke Adsense, pada menu Home pilih Account settings (pojok kanan atas)
  • Pada tab sebelah kiri pilih Akses dan otorisasi lalu pilih User management.
  • Masukkan alamat email yang akan ditambahkan, kemudian tekan invite.
  • Contohnya lihat gambar di bawah ini.
menambahkan pengguna baru
Menambahkan pengguna baru adsense

Selanjutnya pengguna baru tersebut harus mengkonfirmasi melalui email yang dikirimkan sebagai undangan (invite), setelah email di konfirmasi, silahkan login ke adsense melalui email baru tersebut. Selamat …email baru sudah di tambahkan sebagai pengguna baru, dan sudah bisa langsung mengakses dasboard adsense.

Lantas bagaimana mengetahui penghasilan masing masing blog?

Tentunya anda akan bertanya tanya, bagaimana mengetahui laporan penghasilan masing masing blog dalam 1 akun adsense tersebut. Caranya mudah, pertama-tama anda harus memasukkan URL blog yang akan di monetize untuk mendapatkan akses otoritas dan penghasilan, selanjutnya adalah memasukkan alamat blog ke dalam saluran URL (URL Channels) dalam dasboard adsense. Dengan begitu kita bisa melihat laporan penghasilan masing masing. lihat gambar di bawah.

menambahkan pengguna baru
URL Channels

Bagaimana sistem pembayaran yang diterapkan?

Seperti yang kita tau, akun adsense tidak bisa dipindah tangankan atau di transfer ke pihak lain. Tetapi pihak adsense memperbolehkan mengubah informasi bank atau penerima pembayaran baru. Dengan kata lain, penghasilan adsense bisa diterima oleh pengguna lain baik melalui Wester union ataupun melalui transfer bank. Jadi silahkan menetapkan penerima pembayaran baru untuk menerima gaji adsense.

menambahkan pengguna baru
Pembayaran adsense yang berbeda nama

Jika anda masih ragu tentang hal itu, bisa lihat gambar di atas ini, atau berkunjung langsung ke forum Indonesia Adsense Publisher Discussion, tentang pembayaran adsense yang diterima oleh nama yang berbeda. Atau bisa langsung ke link sumber resmi dari google adsense dibawah ini.

Demikian cara menambahkan pengguna baru di 1 akun google adsense, semoga menambah wawasan anda sebagai publisher google adsense. Bila ada yang ingin berdiskusi mengenai masalah ini, jangan segan-segan untuk melayangkan komentar. Semoga bermanfaat.


Loading...
Baca selengkapnya

Menulis dari berbagai pengalaman pribadi dan bisa dipertanggung jawabkan, jika bermanfaat bagi Anda silahkan share.

Artikel terkait

42 Comments

  1. Halo mas sy baru beli akun adsense yg sdh pernah po n skrang sdh jadi my admin n profil sy edit dg nma sndiri tapi masalahnya saat mo manambahkan norek baru sllu error.kesalahannya di mn ya

  2. Halo mas Gani, akun saya US lama atas nama Bapak Saya..

    Mau tanya, maaf saya masih belum paham. Kalau mau ngatur supaya penerimanya atas Nama Saya, yang harus diganti itu Nama Pembayaran aja ya mas? (Nama sesuai rekening bank dan No reknya yang ada di Pembayaran > Mengelola Metode Pembayaran)

    Sebelumnya pembayaran cair melalui WU atas nama bapak saya.

    Mohon infonya. Thanks

    1. Halo mas, nama penerima pembayaran bisa ganti dengan nama dan nomor rekening sendiri tanpa merubah nama profil (nama bapak Anda). Nantinya ada notifikasi email apabila perubahan sudah diterapkan.

  3. Bolehkah sering gonta-ganti nama pembayaran, misalkan bulan ini saya memakai western union, kemudian bulan depan saya ganti ke wire transfer, kemudian bulan depan saya ganti lagi ke WU, (gonta-ganti tergantung kebutuhan), kemudian ganti lagi pakai wire transfer tapi beda bank, dst

    1. Untuk Akun Adsense lama, ada pilihan menggunakan pembayaran dengan Western Union dan wire transfer. Kita bisa tetapkan satu diantaranya sebagai pembayaran utama.

      Kita bisa menggganti bentuk pembayaran baik dengan WU atau Wire transfer, bahkan dengan nama yang berbeda. Sebaiknya dilakukan sebelum tanggal 15 pada saat pembayaran sudah mencapai ambang batas minimal, agar pembayaran tidak ditangguhkan untuk bulan berikutnya.

      Untuk Adsense terbaru (IDR), mengganti rekening bank diwajibkan kembali melakukan verifikasi 3 digit PIN rekening yang dikirimkan ke saldo rekening dalam waktu maksimal 10 hari.

  4. jujur aja, buat berbagi akun adsense mrupakan hal yg menakutkan buat saya pribadi, kenapa ? karena blum tentu partner yg di kasi hak pakai bisa menjaga dgn baik. kalau udah kjadian banned yg punya akun yg kasihan,,,

  5. Mas,
    Saya punya 2 akun, semuanya pakai WU.
    1 akun nama orang lain, 1 a/n sendiri.
    Saya ingin akun yg a/n orang lain dirubah pembayarannya shg pakai nama saya. Apa bisa?
    Tks.

  6. Hallo kak mau tanya nih..
    Di akun adsense saya waktu daftar terlanjur di Taiwan nah bagaimana cara nya bisa dapat bPin apa memang dak bisa kak
    Thanks jawabannya

  7. Hallo kak?
    Kenapa saya tidak bisa verifikasi akun undangan adsense.
    Pas mau di verifikasi jawabannya…

    Jawaban :
    Alamat email tidak cocok dengan undangan
    Alamat email ini tidak cocok dengan alamat email yang tercantum dalam undangan. Jika Anda ingin menggunakan alamat email yang berbeda untuk mengakses AdSense, mintalah kepada administrator untuk membuat undangan baru dengan alamat email yang diinginkan.
    Klik di sini untuk mencoba lagi.

    Ini gimana cara mengatasinya kak?
    Thx

    1. Tapi alamat email sudah benar kak….
      Kok bisa tidak cocok

  8. pertanyaan gan:
    – kalau misal alamat dan nama pembayaran ke nama yang pernah di banned, itu masih bisa gak, walaupun account adsense nya bersih / murni, alamat dan nama beda, dan tidak ada sangkut paut sebelumnya dengan yang di banned

  9. mas mau naya nih untuk URL channels khan ada 500 ya paling banayak berarti klw seumpamanya saya masukan url blog saya yang belum di daftar kan adsense bisa di masukan ke adsense tersebut ya mas lalau fungsi URL channels ter sebut untu menambah penapatan kita atau gimna mas.. hehehe mf ya mas pertaanya mendasar soalnya saya baru maen adsense trus saya blom tau fungsi & manfaat URL channels di adsense mohon pencerahanya ya mas ..

  10. Mas gani, rencananya saya mw buat akun adsense yg baru dengan email kedua yang sy punya, tp sy terlanjur menggunakan email kedua sy itu sebagai pengguna baru (yg standar) di akun adsense (dari email pertama). Lantas, jika sdh begini apa masih bisa buat adsense baru dari email kedua saya itu?, mohon bntuannya..

    1. Sebaiknya menggunakan nama dan email baru, nanti pasti akan muncul peringatan bahwa akun ini sudah terkait dengan Adsense blaa..blaa.

      1. Tapi kalo email kedua itu dihapus sebagai pengguna baru, apa tidak akan muncul peringatan seperti itu ketika akan didaftarkan (adsense).

        1. pastinya akan ada peringatan karena sebelumnya sudah digunakan untuk mengaitkan akun adsense walaupun sebagai user.

  11. sebelumnya saya ucapkan terima kasih atas ilmunya gan atas pertanyaan yang pertama, ada lagi nih gan? ” saya punya akun adsense yang ud prnah PO tapi akun youtubenya ud disabled karena mungkin ada pelangaran, pertama penghasilan masih jalan karena videonya masih aktif, beberapa minggu kemarin saya cek ternyata channel saya sebagian besar hilang cuma ada 2 channel yg masih aktif itupun iklannya hilang akhirnya penghasilan saya sekarang berhenti di angka 26,79 $, pertanyaannya 1. bisakah saya buat email baru dan menjadikannya sebagai anggota multi user ke adsense yang kondisinya seperti diatas,sayang banget kalo harus diberhentikan. 2.sebaiknya akun baru dijadikan pengguna standar atau user? 3. apakah bisa/amankah channel (video) dari akun email baru tersebut kita sebarin atau promosikan dengan akun medsos dari email adsense yang pertama (yg sekarang akun youtubenya disabled) demikianlah borongan pertanyaan saya mas gani, mohon maaf bila kebayakan,thanks ditunggu ilmu ajaibnya, sukses selalu buat mas gani dan semua pengunjung blog ini

    1. Halo mas Mulyadi, langung saja ya 😀
      1. Selma akun Adsense tidak bermasalah, kita bisa menambahkan pengguna baru dengan email baru (yang belum pernah didaftarkan ke Adsense)
      2. Email baru bisa langsung di invite, bisa dijadikan admin atau user tidak menjadi masalah kalau email yang pegang kita sendiri.
      3. tidak masalah untuk masalah promosi mas, bisa pakai email apa saja. yang penting video yidak melanggar ketentuan Adsense dan komunitas youtube.
      Ok mas, sma-sama..salam sukses selalu, biar earning cepat bertambah lagi dan bisa dicairkan 😀

  12. halo gan, kalo kita buat email baru sendiri dan menjadikan sebagai multi user di akun adsense kita sendiri ( data email berbeda) apa bisa diterima

  13. Tanya lagi mas
    Di bagian transfer kawat, saya harus pilih yang mana? bank perantara atau FFC/FBO?

      1. itu opsional atau wajib mas? kalo lewat bank mandiri langsung bisa gak?
        Mohon maaf sebelumnya kalau saya banyak tanya mas T_T

  14. Mas, saya kan daftar adsense menggunakan nama adik saya, Saya (sebagai kakaknya) apakah diperbolehkan untuk mengambil pembayaran dari adsense?

      1. Saya sudah menerima verifikasi PIN mas, tapi bisakah saya mengambilnya melalui Western Union?
        kalau bisa, mohon dijelaskan langkah-langkahnya
        Maaf saya masih newbie mas

          1. Akun Adsense dari tahun berapa ya mas?
            Saya buat akun adsense ini pas tahun 2015

  15. Kalau untuk YouTube cara lihat penghasilan masing2nya dimana gan?

    Terus cara ubah nama dan alamat pembayaran di Google adsense gimana? Mohon buat tutorialnya gan 🙂

    1. Maksudnya gini gan.. Saat mau daftar multi usernya saya kan pilih bekerja sama dgn saudara saya yg nama dan alamatnya berbeda dgn saya..

      Multi usernya untuk akun YouTube ya.. 🙂 (Google adsensenya udah verifikasi PIN dgn nama dan alamat saya)

      Nah, supaya saya bisa mengubah nama dan alamat pembayarannya ke saudara saya apa yg harus saya lakukan? Nama saya Anton sedangkan saudara saya Santoso.. Apakah aman jika langsung ubah di Google adsense di bagian edit nama dan alamat pembayarannya?

      Mohon dijawab ya gan 🙂

    2. Silahkan Login ke Akun Adsense Anda. Pada Menu Home, klik View report, lalu Klik Product, Klik Hosted Adsense for Content. Nah disitu akan tercantum masing-masing channel, silahkan pilih yang mana.

      Total finalized earning akan dijumlahkan setiap bulan antara tanggal 12-15.

      Untuk mengganti alamat pembayaran bisa lihat artikel dibawah ini:
      Mengubah Nama Pembayaran Adsense

      1. Mantap gan.. Satu pertanyaan lagi.. Akun Google adsensenya kan udah verifikasi PIN.. Nah, saat ubah nama dan alamat pembayarannya nya apakah akan dikirimin pin untuk verifikasi lagi?? 🙂

          1. Tidak mas, verifikasi alamat hanya berlaku satu kali saja,
            Nanti akan ada verifikasi nomor rekening apabila pembayaran diambil melalui bank.

  16. di user managemen apa email yang diundang di centang atau dibiarkan aja…?

  17. berarti email youtub yang udah di tolak oleh yutube tidak bisa di gunakan ya mas untk memonetes…akun penguna baru>>?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close