Bisnis Online

Kerja Freelance | Mencari Freelancer di Projects.co.id

Mencari Freelancer, itulah topik yang akan kita bahas pada kesempatan kali ini. Jika pada sebelumnya saya sudah membahas bagaimana cara mendapatkan pekerjaan di Projects.co.id, maka kali ini saya akan membahas bagaimana cara mencari tenaga ahli atau pekerja yang ada di website Projects.co.id.

Untuk teman-teman yang sedang membutuhkan pekerja dalam berbagai hal, silahkan disimak sampai selesai pemaparan yang singkat ini.

Mencari Freelancer di Projects.co.id

Sebelum mencari freelancer yang ada di website Projects.co.id pastikan teman-teman sudah terdaftar di website tersebut. Untuk melakukan pendaftaran bisa melalui link ini.

Dan apabila sudah melakukan proses pendaftaran, silahkan login ke akun teman-teman dan kita sudah siap untuk mencari pekerja.

1. Mencari Freelancer Secara Terbuka

Cara yang satu ini sudah umum dilakukan di website Freelance manapun. Dan mencari pekerja dengan cara terbuka seperti ini akan memudahkan kita untuk memilih orang-orang yang berkompeten dalam mengerjakan projects yang kita buat, karena mereka nantinya bakal menjelaskan keahlian masing-masing dan portofolionya.

Berikut langkah-langkahnya :

  • Masuk ke My Account – My Projects – Create Project.

mencari freelancer

  • Dan apabila sudah, silahkan anda isi kolom-kolom yang sudah disediakan dan apabila semua sudah benar silahkan klik Save and Publish.
  • Projects yang dibuat tadi akan diverifikasi terlebih dahulu oleh pihak Projects.co.id. Dan apabila semua dirasa sudah benar, maka projects anda akan masuk di halaman utama Projects.co.id.

mencari freelancer

  • Setelah projects kita di publish, maka akan ada penawaran masuk. Dan tiap penawaran yang datang dari para pelamar akan diberitahukan via email dan akun kita di website tersebut.
  • Dan apabila ada lamaran yang menarik minat teman-teman, silahkan lakukan chat dengan calon worker tersebut. Namun apabila tidak ada satu pun worker yang memenuhi kriteria, kita tidak usah memberikan tanggapan.
  • Dan apabila projects yang dipublish tadi bertahan 30 hari, namun kita juga tidak memilih worker. Maka secara otomatis projects tadi akan di auto-cancel oleh sistem.

2. Mencari Freelancer Secara Tertutup

Maksud tertutup disini adalah private. Jadi kita mencari worker tertentu yang sudah siap mengerjakan project dari kita tanpa harus melewati proses seleksi.

Berikut langkah-langkahnya :

  • Misalkan anda sedang mencari Freelancers atau eseorang yang bisa membantu anda dalam hal desain, progamming, menulis atau yang lainnya. Silahkan ke halaman utama, kemudian klik All Rangkings dan silahkan mencari worker yang sesuai dengan pekerjaan anda.

mencari freelancer

  • Apabila sudah mantap dengan salah satu worker, maka silahkan klik profilenya. Kemudian silahkan klik Hire Me dan masukkan deskripsi pekerjaan yang harus diselesaikan oleh worker yang bersangkutan. Apabila semua sudah selesai, silahkan klik Create Private Project.

mencari freelancer

  • Apabila semua sudah oke, kita menunggu respon worker yang bersangkutan untuk mengambil projects yang kita buat. Apabila dia mau, maka kita akan diperintahkan melakukan pembayaran ke rekening Projects.co.id dan pekerjaan yang kita berikan akan segera dikerjakan.

Adapun fitur Invite to Bid yang ada dibawah Hire Me berfungsi untuk mengundang seorang worker yang menurut kita berkompeten agar mau memberikan penawaran kepada project yang kita lakukan secara terbuka.

Dan sekedar catatan saja, bahwa worker yang belum memiliki bintang atau rating belum tentu hasil kerjanya buruk. Bisa saja mereka bekerja lebih baik dari worker yang memiliki full bintang, karena di dunia Freelancer itu persaingannya sangat ketat.

Maka apabila teman-teman mencari Freelancer atau menjumpai worker yang belum memiliki reputasi, silahkan tanya-tanya dulu dan apabila cocok silahkan gunakan jasanya.

Intinya tanya-tanya dulu, agar nantinya kita tidak kecewa dengan hasil kerjanya. Mungkin itu saja yang bisa dibahas melalui artikel yang sangat singkat ini, semoga bisa membantu teman-teman yang sedang mencari Freelancer atau pekerja untuk project menulisnya, desainnya dan projects lain-lainnya.


Loading...
Baca selengkapnya

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close