Radiasi Layar Smartphone

Penting!! Inilah 10 Cara Mencegah Paparan Berbahaya Radiasi Layar Smartphone

Dewasa ini smartphone hampir setiap waktunya kita gunakan, baik untuk kebutuhan komunikasi, internet, bahkan hingga hiburan. Tentu saja hal ini akan ada dampak buruknya, tertutama paparan radiasi layar smartphone.

Saat ini, pengguna smartphone kian banyak, tak mengenal tempat, pekerjaan, bahkan hingga usia. Fakta di lapangan menunjukan banyak sekali anak-anak usia dini yang sudah menggunakan smartphone, baik untuk keperluan bermain game atau lainnya.

Salah satu bagian yang bisa merusak kesehatan, baik orang dewasa maupun anak-anak adalah layar smartphone yang mengeluarkan radiasai.

Baca jugaWaspadai Kejahatan Siber yang Semakin Meningkat, Orangtua Wajib Awasi Anak

Fakta membuktikan pada smartphone yang telah diuji dan hasilnya memiliki tingkat radiasi yang tinggi. Salah satu brand ternama seperti Apple juga ikut masuk dalam daftar tersebut.

Guna mencegah hal-hal yang tidak diinginkan, mari kita simak cara mencegah paparan berbahaya radiasi layar smartphone berikut ini.

Cara Mencegah Paparan Berbahaya Radiasi Layar Smartphone

Setidaknya ada 9 cara yang bisa kita lakukan untuk mengatasi hal tersebut.

1. Membatasi Penggunaan Smartphone

Loading...

 

Meskipun dijaman sekarang ini kecanduan smartphone sulit di hilangkan, namun bukan berarti sobat tak bisa membatasi penggunaan smartphone.

Cobalah sobat cari aktivitas lain yang bermanfaat di waktu luang, seperti berolahraga, membuat kerajianan dan lainnya. Dengan adanya aktivitas tersebut pikiran dan tindakan sobat akan terfokus pada kesibukan itu.

Mengurangi penggunaan smartphone tentu merupakan cara paling jitu, sebagai cara mencegah paparan berbahaya radiasi layar smartphone. Oleh karena itu berupayalah semaksimal mungkin untuk dapat melakukannya.

2. Atur Kecerahan Layar Smartphone

Cara mencegah paparan berbahaya radiasai layar smartphone

Kecerahan layar salah satu hal yang tidak boleh disepelekan, dalam upaya mengurangi paparan radiasi layar smartphone.

Selain membuat mata cepat lelah, kondisi cahaya layar yang terlalu cerah tentu juga mengandung radiasi yang meningkat. Oleh karena itu, mengatur kecerahan layar sesuai kondisi adalah salah satu cara efektif untuk mengurangi radiasi tersebut.

Jika sobat hendak menggunakan smartphone dalam waktu yang cukup lama, sebaiknya segera atur kecerahan layar dalam mode baca.

Mode ini memang diatur agar mata tidak cepat mengalami kelelahan saat melihat layar smartphone. Meskipun saat menggunakan mode ini warna yang dihasilkan layar tidak begitu akurat, namun demi kesehatan ini adalah pilihan yang sangat bijak.

3. Gunakan Pelindung Layar

Pelindung layar selain berguna untuk melindungi layar juga bermanfaat untuk mengurangi paparan radiasi layar smartphone pada mata. Oleh karena itu jika sobat belum menggunakannya, segeralah gunakan agar mata tetap terjaga kesehatannya.

Sebaiknya pilih dan gunakanlah anti gores yang tidak terang dan juga tidak gelap.

4. Kedipkan mata sesering mungkin

Cara mencegah paparan berbahaya radiasai layar smartphone

Mengedipkan mata sesering mungkin sangat berguna untuk menjaga kondisi mata agar tetap lembab dan tidak mengalami kekeringan.

Dalam sebuah penelitian menunjukan bahwa saat kita menggunakan smartphone cendrung mengalami penurunan kedipan mata hingga tiga kali lipat.

Wajar saja, hal-hal yang menarik dan aktivitas kita secara keseluruhan dengan smartphone memang acap kali membuat kita terlalu lama membuka mata.

Oleh karena itu, sebagai upaya menjaga kesehatan mata selalu ingatlah mengedipkan mata kita sesering mungkin, baik saat melihat layar smartphone, komputer, maupun televisi.

5. Jangan mengucek Mata Secara Berlebihan

Kotoran seperti debu dan lainnya sering membuat kita ingin mengucek mata, begitupun saat sudah lama menggunakan smartphone.

Untuk mencegah iritasi dan hal-hal yang tidak diinginak sebisa mungkin untuk tidak mengucek mata secara berlebihan.

Saat mata terasa gatal dan lainnya, sebaiknya sobat gunakan saja obat tetes mata yang sesuai.

6. Gunakan Kacamata Anti Radiasi

Cara mencegah paparan berbahaya radiasai layar smartphone

Menggunakan kacamata dulu identik dengan orang-orang yang rabun. Namun saat ini selain untuk itu, kacamata juga sering digunakan untuk menunjang penampilan.

Selain menunjang penampilan, bagi sobat yang sering berinteraksi dengan smartphone atau komputer sebaiknya gunakanlah kacamata anti radiasi.

Penulis sendiri adalah salah satu pengguna kacamata jenis ini, seringnya berinteraksi dengan komputer dan smartphone membuat penulis sadar bahwa kacamata anti radiasi itu sangat penting.

Saat membelinya di toko optik di sebuah mall, penulis pun meminta pihak toko untuk memeriksa kesehatan mata penulis, Alhamdulillah normal.

Namun guna menjaga hal-hal yang tidak diinginkan akibat paparan radiasi layar smartphone, penulis pun akhirnya memutuskan membeli kacamata anti radiasi.

Kacamata anti radiasi memang memiliki lensa yang berbeda dengan kacamata biasa. Saat cermin kacamata biasa disorot menggunakan sinar laser, maka sinar tersebut akan tembus.

Beda dengan kacamata sinar radiasai, saat sinar laser di arahkan pada cerminnya maka sinar tersebut tidak akan tembus.

Inilah bukti bahwa kacamata anti radiasi mampu melindungi mata agar tidak terkena paparan sinar gadget.

7. Gunakan Dalam Jarak Aman

Cara mencegah paparan berbahaya radiasai layar smartphone

Saat sekolah dulu, penulis yakin baik guru maupun orangtua sering mengingatkan agar mengatur jarak pandang saat membaca buku. Sebab jarak pandang yang terlalu dekat sangat tidak baik untuk kesehatan mata.

Dapat kita simpulkan bahwa mengatur jarak aman dalam menggunakan smartphone itu sangat penting sekali. Selain karena paparan radiasinya, juga karena faktor lain yang memang dapat mengganggu kesehatan.

Dalam mengatur jarak aman, sebaiknya usahakan jarak antara mata dan smartphone saat digenggam itu minimal adalah 30 cm.

8. Jangan Lupa Mengistirahatkan Mata

Jangan pernah lagi menyepelekan untuk mengistirahatkan mata ya sobat. Mesin pun jika terus-terus digunakan tanpa henti maka bisa rusak.

Bukankah tubuh yang terasa lelah dan tak bertenaga ketika di istirahatkan dapat merasakan kebugaran kembali ?

Maka dari itu istirahatkanlah mata sesekali agar mata yang lelah pun bisa bugar kembali.

9. Keluarlah untuk melihat pemandangan agar mata fresh dan bugar

Udara yang segar disertai pemandangan indah merupakan suatu cara yang baik untuk menjaga kesehatan mata. Atur lah pandangan antara memandang jarak jauh dan dekat, agar kondisi mata selalu normal.

Selain baik untuk kesehatan mata, hal ini pun tentu baik untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Bahkan lebih dari itu bisa juga untuk menyegarkan pikiran yang pengap karena terus-terusan berada di dalam ruangan, atau terus-terusan memandang gadget.

10. Sering berkonsultasi ke Dokter

Kesehatan memang mahal harganya, jadi jangan abaikan begitu saja. Sebaiknya seringlah konsultasi ke dokter mata demi menjaga dan memastikan kesehatan mata kita.

Hal ini tentu sangat penting terutama bagi sobat yang pekerjaan dan hobinya selalu berinteraksi dengan gadget.

Pada dasarnya cara mencegah radiasi layar smartphone terbaik memang dengan mengurangi penggunaan gadget yang mengeluarkan paparan sinar radiasi, meskipun  dizaman ini hal tersebut dirasa sulit,


Loading...

Bagikan

Penulis

Dede tatang
Dede tatang
خير الناس أنفعهم للناس
Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi manusia lain.

Putra Kamal Larangan Brebes

Me Visit us :
https://www.duniaelektronik.net/
http://www.inspirasi-dttg.blogspot.com
https://www.youtube.com/channel/UCX_QhoTDchMij5Mq0uwbZ9A

Berusaha menebarkan ilmu, kemanfaatan, dan inspirasi melalui tulisan. Semoga bisa menjadi bekal untuk menjalani hari di berbagai alam setelah kematian.


“Jika seorang manusia meninggal dunia, maka terputuslah seluruh amalannya, kecuali dari tiga perkara: sedekah jariyah (yang mengalir pahalanya), ilmu yang dimanfaatkan, dan anak shaleh yang mendo'akan kedua orang tuanya (HR. Muslim).
Dede tatang

Penulis

خير الناس أنفعهم للناس Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi manusia lain.Putra Kamal Larangan BrebesMe Visit us : https://www.duniaelektronik.net/ http://www.inspirasi-dttg.blogspot.com https://www.youtube.com/channel/UCX_QhoTDchMij5Mq0uwbZ9ABerusaha menebarkan ilmu, kemanfaatan, dan inspirasi melalui tulisan. Semoga bisa menjadi bekal untuk menjalani hari di berbagai alam setelah kematian.“Jika seorang manusia meninggal dunia, maka terputuslah seluruh amalannya, kecuali dari tiga perkara: sedekah jariyah (yang mengalir pahalanya), ilmu yang dimanfaatkan, dan anak shaleh yang mendo'akan kedua orang tuanya (HR. Muslim).

Komentar

    Avatar

    Terimakasih untuk infonya sangat membantu.

      Dede tatang

      Dede tatang

      ( - 23:03)

      Alhamdulillah semoga bermanfaat. Jangan lupa pantau terus klikmania untuk senantiasa mendapatkan info bermanfaat lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *