di gantung adsense

Cara Efektif Mendaftar Adsense Dengan Memperkecil Angka Persaingan (Biar tidak digantung)

Saat ini semakin sulit saja peluang untuk diterima menjadi publisher adsense, kalau masalah mendaftar adsense sih mudah-mudah saja. Tetapi untuk akun adsense yang di setujui sepenuhnya (full approved) menjadi hal yang teramat susah.

Apa kira kira penyebabnya? Sehingga banyak para blogger dari negara Indonesia selalu di buat adem panas dan meriang menunggu keputusan review tahap ke dua adsense, atau istilahnya babak penentuan.

Apa ini mungkin kebijakan google yang terbaru? Atau memang calon pendaftar publisher adsense dari negara Indonesia terlalu banyak? Atau memang pihak google hanya memilih sesuatu yang spesial dari sekian banyak blog? Coba kita telusuri satu persatu, dan sebelumnya anda bisa baca artikel yang di bawah ini juga.

Baca :Proses Persetujuan Akun Adsense Full Approved Mengalami Perubahan Waktu

Sampai saat posting ini saya buat (Pertengahan november 2015) Masih banyak blogger indonesia yang berkeluh kesah karena lamanya waktu menunggu persetujuan akun adsense, bahkan ada di antara mereka yang sampai 2 bulan belum menerima keputusan, apakah di tolak atau di terima. Padahal pihak google tidak pernah membuat hal yang istilahnya “menggantung” seperti ini.

Tetapi di pihak lain ternyata ada kabar gembira juga, bahwa sebagian sobat blogger sudah ada yang diterima sepenuhnya mendaftar adsense, baik jenis akun adsense hosted dan non hosted. Jadi apakah kira kira penyebab utama calon publisher lain di buat terkatung-katung tanpa ada alasan yang jelas dari pihak google?

Prinsip google

Prinsip yang di pegang google untuk saat ini adalah lebih berpihak kepada advertiser (pengiklan). Alasannya jelas, bahwa iklan harus di tayangkan kepada publisher yang memenuhi persyaratan dan ketentuan google adsense, dan tidak ingin merugikan pihak advertiser sebagai penyokong dana.

Loading...

Pihak advertiser juga semakin bertambah dan bervarisi dalam bidang produk yang di tawarkan, dan sepertinya satu dari berbagai produk ingin menyesuaikan produk yang ditawarkan, dan ingin target iklan di lihat oleh orang yang tepat, melalui web atau blog yang tepat pula.

Contohnya, iklan yang berhubungan dengan wisata ingin menampilkan iklan di blog yang membahas tentang wisata saja dan ruang lingkup yang berhubungan dengan itu.

Maka penting sekali bagi para publisher untuk membuat saluran khusus adsense atau sering di sebut custom chanel. Tujuannya adalah untuk langsung dilihat oleh para advertiser, dan dengan mudah memasukkan jenis iklan yang akan di tawarkan, melalui saluran khusus yang sesuai.

Baca :  Membuat Custom Channel Adsense Agar Iklan Lebih Maksimal

Google memilah, google memilih

Dari sekian banyak para calon publisher yang mendaftar adsense, Tim google adsense akan memilah satu persatu blog tersebut berdasarkan niche dan kategori. Setelah terkumpul dan mengadakan seleksi, maka Tim adsense akan memilih dan memutuskan blog mana yang sekiranya memang pantas untuk diterima. Blog yang mempunyai nilai jual dan memberikan manfaat bagi pembaca akan dilirik dan di pertimbangkan.

Tingkat persaingan yang ketat dari berbagai niche blog

Jika anda tau, google itu menyukai lain dari pada yang lain alias unik dan sedikit persaingannya. Jika niche blog yang anda ajukan sudah banyak di muat di internet maka peluang untuk diterima akan kecil. Lain halnya jika blog anda mempunyai karakteristik yang berbeda, mempunyai niche yang belum atau jarang di bahas orang, maka peluang untuk diterima akan semakin besar.

Niche blog yang sudah umum itu akan mangkrak di meja Tim google adsense dan menjadi antrian yang panjang untuk di seleksi kembali, sedangkan niche yang menarik dan memikat Tim adsense akan mendapat nilai plus, jika sesuai ketentuan dan tidak melanggar Tos maka kemungkinan untuk di setujui akan semakin besar, anda tinggal menunggu hasilnya saja dalam waktu dekat.

Cara efektif mendaftar adsense dengan memperkecil angka persaingan

Apa yang di maksud persaingan di sini? Yang saya maksud adalah memperkecil tingkat persaingan dalam pengajuan adsense, dengan mendaftarkan blog dengan niche yang lebih sedikit jumlah saingannya, semakin kecil jumlah persaingan akan semakin berpotensi untuk di terima.

Contoh : Jika sudah banyak blog yang membahas tentang tutorial ini dan itu (tutorial blog, tutorial photoshop, dll) sebaiknya anda jangan ikut ikutan. Cari topik lain yang lebih menarik dan unik di mata google, misalnya artikel yang menceritakan tentang sumber daya alam di daerah anda, atau artikel sejenis yang belum banyak di bahas orang.

Contoh lain yang bisa anda jadikan reverensi

  • Artikel kebudayaan dan eksplorasi di daerah (tampilkan foto originalnya) bahas secara mendetail tentang artikel ini, sumber daya manusia atau sumber daya alam yang berpotensi untuk di kelola.
  • Home industri dan kerajinan yang mempunyai nilai jual. Membahas artikel tentang cara produksi mulai dari bahan mentah hingga proses jadi, hal ini mudah di lakukan oleh penulis. Sebab produk home industri rata rata tidak begitu asing bagi kita.
  • Tempat wisata di daerah anda atau tempat tempat lain di pelosok nusantara. Tampilkan foto hingga 2 buah dalam posting anda. Ingat, foto original akan mempunyai nilai plus di mata google. Tampilkan juga daerah tersebut dengan google map, agar tampak jelas dan menyakinkan.
  • Pertanian dan agrobisnis. Pernah terlintas untuk membuat artikel tentang ini? Indonesia itu kaya akan produk pertanian dan perkebunan. Muat foto yang menarik tentang buah yang jarang ada di pasaran, buat foto itu besar dan jelas di area posting, beri keterangan secara mendetail tentang buah tersebut.

Itu hanya contoh kecil saja untuk memperkecil tingkat persaingan dalam mendaftar adsense, anda bisa menerapkan hal-hal yang sekiranya berpotensi dan mempunyai sebuah nilai untuk di jadikan bahan artikel.

Apakah trik ini di jamin diterima google adsense?

Kembali lagi kepada konten dan blog anda, jika tingkat persaingan sedikit maka peluang kita akan semakin besar. Google juga menyanggupi banyak permintaan dari pihak advertiser yang mempunyai produk iklan yang beragam, seperti yang saya tulis dalam referensi di atas.

Yang jelas, potensi untuk cepat di terima akan semakin besar. Masalah di setujui atau tidak, keputusan tetap ada di tangan google. Yang penting blog kita bersih dan tidak menyalahi dan melanggar ketentuan adsense yang telah diberlakukan.

Baca : Daftar goolge adsense lewat youtube

Dengan memperkecil tingkat persaingan niche blog, kita akan mengalahkan banyak niche blog lain yang berjubel jubel memenuhi daftar antrian. Dan segala yang unik akan tetap di pertimbangkan oleh google untuk mendaptkan akun adsense full approved.

Semoga artikel ini mampu memompa semangat anda yang barangkali di tolak adsense yang kesekian kalinya.


Loading...

Bagikan

ganisebastian

Penulis

Menulis dari berbagai pengalaman pribadi dan bisa dipertanggung jawabkan, jika bermanfaat bagi Anda silahkan share.

Komentar

    Avatar

    Dikky Permana

    ( - 06:51)

    Masalah Visitor gimana mas ? ada patokan / harinya. Biasanya blog nice lebih berat mendatangkan visitor di bandingkan blog gado-gado.

    Avatar

    Klikbaca

    ( - 08:44)

    hmm menarik juga nih. jadi dpet ide buat strategi baru biar diterima mbk adsense.. niche unik itu dia kuncinya hehe

    Avatar

    wildan

    ( - 05:06)

    mas,,mau tanya,,kasus saya tombol earning pada dasbord blogspotnya gk muncul,,itu kenapa ya?email yg di blogspotnya sih udah didaftarin adsense,tapi adsense yutub. apakah email yg udah didaftarin yutub itu bisa di daftarin untuk GA blog mas?mohon pencerahannya mas mas sekalian.,.nuwun

      ganisebastian

      ganisebastian

      ( - 10:49)

      Tombol Earning Adsense belum muncul bisa dikarenakan usia blog belum mencukupi untuk persyratan Adsense. Email yang didaftar youtube bisa juga didaftrakan ke Adsense, nantinya tinggal memasukkan URL blog dan menerapkan kode iklan untuk ditinjau Tim Adsense.

    Avatar

    Belogs

    ( - 23:28)

    wah, bener juga. selama ini saya hanya terpaku pada niche niche yang udah biasa. seperti kesehatan, kecantikan, gadget dan lain lain. kenapa gak berpikir ngambil niche daerah sendiri saja ya? makasi mas. jadi ada ide nih hehe

    Avatar

    Budianto

    ( - 22:20)

    mas gani saya mau tanya kalau blog dengan tema cara pengobatan tradisonal dan manfaat tanaman untuk herbal apakai masih tergolong fresh di google, tolong di intip blog sy, blog itu rencananya untuk mengupgrade GA hosted youtube ke full uprove non hosted. mohon bimbingannya apakah ada yang melanggar aturan blog sy.

      ganisebastian

      ganisebastian

      ( - 05:24)

      Sudah saya beri penjelasannya dibawah gan 😀
      Tips Cara Pengobatan

    Avatar

    Selamat pagi mas gani ? Klau blog sy bertema cara menyembuhkan penyakit dengan cara tradisional dan manfaat tanaman herbal untuk kesehatan. Apakah itu termasuk fresh di google. Sy sdh punya akun GA hosted lewat youtube, rencananya mau sy upgrade ke non hosted..tolong di intip blog sy

      ganisebastian

      ganisebastian

      ( - 01:17)

      Blognya keren, clear dan fast loading. dengan latar background hijau.
      Asalkan tidak melanggar TOS adsense bisa dibuat pengajuan untuk mendaftar.

      Lagipula sudah TLD domain, bisa melalui upgrade atau bisa daftar dengan email baru. Ikuti saja pada tombol earning dashboard blogger jika sudah menyala.

      Dari situ bisa menjadi ukuran tentang berapa umur blog dan kelayakan sebuah blog untuk pengajuan adsense.

      Semoga sukses mendaftar adsense mas @Budianto Sbi 😀

        Avatar

        Budianto

        ( - 22:23)

        iya terima kasih mas gani, m’f sampai kirim komentar 2kali, saya kira komentar saya tampil dibawah sendri, eh ternyata ada diatas…tolongsatu ini saja yang direspon…oh ya apakah tema blog saya ini cara pengobatan tradisonal dan manfaat tanaman untuk herbal apakai masih tergolong fresh di google

          ganisebastian

          ganisebastian

          ( - 05:35)

          Kalau untuk itu bisa riset kata kunci melalui keyword planner mas budi, jadi bisa megetahui tingkat persaingannya.
          Masukkan keyword paling utama dari blog anda. Atau bisa beberapa keyword yang berhubungan.

          Saya rasa persaingan untuk artikel herbal memang lumayan banyak, tapi kalau bisa lebih spesifik dan artikel original mungkin kesempatan diterima akan semakin besar.

    Avatar

    allen

    ( - 05:21)

    mohon bantuanya mas gani yg baik hati…he2

      ganisebastian

      ganisebastian

      ( - 08:07)

      Walaupun jeninya sama-sama akun hosted, tetapi akun adsense hosted youtube sekarang sudah tidak bisa menerapkan kode iklan di blogspot. Ketentuan itu mulai berlaku pertengahan tahun 2013.

      Dan jika ingin menampilkan unit iklan di blogspot, harus menempatkan kode iklan pertama untuk di review pihak adsense.

      Semoga membantu mas/mbak @allen 😀

    Avatar

    allen

    ( - 05:19)

    mas gani saya punya akun ga yang hostd yg saya daftarkan lewat yousuf dan saya tidak tertarik untuk mengupgerd ke non hosted ..prtanyaan saya saya kenapa iklan tetap tidak muncul pada blogcepot saya? padahal sama sama milik gogl..?

    Avatar

    Egi Septiana

    ( - 17:22)

    kalau saya kasus nya gini mas, karena akun google saya yang dipakai buat bikin blog dan memposting video youtube ga di terima-terima, jadi saya bikin akun google adsense baru dengan email yang baru, lalu iklannya di pasangin di blog dan youtube yang akunnya ga di terima. Dan alhamdulillah bisa.
    Jadi email yang diterima adsense bukan merupakan email yang digunakan untuk membuat blog atau memposting video youtube, akun itu hanya digunakan untuk daftar adsense saja.

      ganisebastian

      ganisebastian

      ( - 21:19)

      Betul mas @ Egi Septiana, bisa dengan cara itu. Jadi buat email baru dan nama baru yang belum pernah didftarkan ke adsense. Seperti penjelasan saya ke mas @eko prihanto di atas. Minimala akan mendapatkan jawaban dan tidak digantung terus-menerus.

    Avatar

    Zaenudin

    ( - 07:40)

    salam.Mas Gani, kalau dokumentasi / photonya yg dipasang di blog itu asli tapi kita watermark, apakah menyalahi aturan GA tdk?
    nuhun

      ganisebastian

      ganisebastian

      ( - 20:06)

      Salam juga mas @Zaenudin
      Tidak apa-apa mas, justru bagus kalau di watermark, asalkan gambar milik sendiri 😀

    Avatar

    Wah… kira-kira blog saya persaingannya ketat gak yah…
    Mudah-mudahan tidak digantung terlalu lama oleh Pihak Tim GoogleAdSense…
    BTW Mas Gani… iklannya koq gak tampil… kenapa ?

      ganisebastian

      ganisebastian

      ( - 12:16)

      Ya wes Yakin dan positif ajalah mas dedy 😀 Tapi kebanyakan yang diterima mempunyai niche blog yang memang unik. Sebagai perbandingannya seperti ini.

      Jika punya niche tutorial blog maka akan kalah sama niche yang membahas tentang nelayan yang membudidaya ikan hias,,True story ini.

      Dan perbandinganya bisa 20.lawan 80, lebih menang untuk yang membahas ikan hias itu.

      Iklan lagi di istirahatkan mas dedy, masa ada klik gk wajar dalam 3hari ini, yang mencapai ratusan klik…Biasanya paling mentog juga hanya 15klik saja 😀

      Saya takutnya ada apa apa dengan akun GA, karena di anggap klik yang tidak valid.,
      Belum tau ini kerjaan orang atau memang semacam boot.

        Avatar

        Owh… gitu Mas Gani…
        Ternyata klik iklan ada juga yang aneh yah…
        Bisa jadi kerjaan orang akan tetapi bisa jadi kerjaan robot… hemm…
        Sepertinya setelah menjadi publisher, ada juga kebentur masalah yah…
        Gak selamanya mulus…
        Semoga masalahnya cepet selesai Mas Gani…
        Semoga Google AdSense tetap berpihak kepada blog klikmania.net…
        Amiin…

          ganisebastian

          ganisebastian

          ( - 18:06)

          Amin, maksih mas dedy.
          Iya bener invalid. Gk ada nilai dolarnya…
          semoga cepat di terima adsense juag mas 😀

    Avatar

    Indra S

    ( - 04:27)

    Blog saya malah hampir 2bulan ditimang-timang sm google Mas Gani he 😀 :-D, mungkin niche blog yg sudah pasaran, apalgi daftar menu saji yang belum lengkap, maklum waktu dunia nyata yg terkadang sibuk membuat jeda posting artikelnya… coba Mas Gani terawang dan teropong blog saya. Kira-kira yang perlu direvisi apanya Mas he….

      ganisebastian

      ganisebastian

      ( - 07:41)

      Sudah saya lihat mas indra, sepertinya ada artikel download juga ya? mungkin itu yang menjadi penyebab. Saya sudah sharing cara baru daftar adsense di forum IAPD (Indonesia Adsense publisher Discussion) Mas, barangkali sudah bergabung di sana dan bisa lihat post saya.

        Avatar

        Indra S

        ( - 09:20)

        Oalah ternyata itu tho penyebabnya… pantas masih ditimang-timang sm google he… coba nanti saya rubah menu downloadnya agar tidak terlalu kentara, soalnya kalau untuk menghilangkan 100% menu downloadnya rasanya agak susah juga mas Gani, aplgi berkaitan dengan file2 administrasi. Dn mungkin ke depan akan tambah lg file2 administrasi yg saya bagikan. #trims Mas atas sarannya… coba nnti sy gabung ke forum IAPD. Ini msh di jalan soalnya he…

    Avatar

    ekoprihanto

    ( - 17:46)

    ini kasusnya sama dengan saya …udah 2bulan digantung,,,
    tp saya blum jelas dengan penjelasan mas gani sebastian yang ada di g+ tentang menganti alamat supaya g digantung itu mas

      ganisebastian

      ganisebastian

      ( - 18:31)

      Cara baru yang sudah berhasil di lakukan beberapa rekan di IAPD adalah mendaftar lagi dengan email baru mas @ekoprihanto.

      Ini untuk kasus yang telah lama di gantung tanpa ada kabar sama sekali dari pihak google.

      – Jadi kode unit iklan di lepas, browser cachenya di bersihkan dulu.
      – Setelah itu daftarkan blog dengan menggunakan email baru, nama baru dan alamat baru.

      – Setelah di setujui dan mendapatkan dashboard adsense, kita ikuti review tahap ke 2 seperti biasa, yaitu memasang kode unit iklan dan menunggu hasilnya.

      – Biasanya hanya dalam 3 hari setelah pemasangan unit iklan akan mendapat jawaban dari google (tidak di gantung lagi).

      – Masalah di terima atau di tolak itu tergantung blog sampeyan mas, jika tidak menyalahi aturan (TOS) dan mempunyai niche blog yang unik seperti artikel ini, kemungkinan besar langsung di terima.

    Avatar

    Isrofi Achmad

    ( - 07:58)

    Memang betul banget mas, pertama daftar adsense saya pakai blog yang membahas tutorial tentang blog dan lain sebagainya dan hasilnya saya selalu ditolak, entah karena kebetulan atau gimana saya membuat blog yang isinya kebanyakan tentang daerah tempat saya tinggal dan tentang tumbuh-tumbuhan dan akhirnya lewat blog tersebutlah saya diterima adsense.

      ganisebastian

      ganisebastian

      ( - 08:16)

      Intinya Google maunya minta yang fresh, dan belum banyak yang mempublikasikan.

      Ya alhamdulilah ,, selamat sudah diterima, tinggal mencari penghasilan dolarnya mas @isrofi achmad 😀 😀

    Avatar

    Misjal

    ( - 02:15)

    Betul banget mas. Lain suku lain adat, Lain guru lain pendapat, beda negara beda juga hal untuk di terima adsense, pengalaman teman saya bulan october kemaren mas, pas mau mendaftar umur blognya masih di bilang cukup minim banget mas. Tapi Alhamdulillah dia sudah di terima dalam kurun waktu 3 hari , dia memilih niche memang jarang orang orang publikasi di google, dia memilih niche tentang kampung hlamannya, cuma dua niche yang dia pakai wisata dan kuliner. alhamdulillah di terima mas..

      ganisebastian

      ganisebastian

      ( - 06:56)

      Nah itu…Niche yang sudah umum akan di masukkan ke dalam daftar antrian yang panjang, karena terlalu banyak dan sudah menumpuk. Google membutuhkan sesuatu yang fresh. Semoga mas @misjal cepat menyusul diterima 😀

        Avatar

        Isrofi Achmad

        ( - 08:01)

        Intinya niche yang sudah umum terlalu banyak saingan ya mas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *