Ulasan Bisnis

Tips Ampuh Mendapatkan dan Meminimalkan Modal Usaha

Seringkali, anda telah memiliki ide ide cemernalang, namun perealisasiannya harus diundur-undur, karena alasan modal. Padahal, modal bukan lagi menjadi momok menakutkan untuk memulai karir sebagai wirausaha, bila anda mengerti cara meminimalkan modal usaha tersebut.

Untuk pemula, mungkin kata meminimalkan akan diartikan sebagai tidak ada modal sama sekali, pemikiran bila berwirausaha dapat dilakukan tanpa modal, hanya membuat saya tertawa.

Setiap usaha selalu memerlukan modal, dan setiap modal butuh adanya usaha.

Jelas, usaha dan modal merupakan dua hal yang salaing berkaitan satu sama lain, kedua hal ini tidak dapat dipisahakan, karena fungsinuya memang untuk dikolaborasikan.

Namun, untuk anda yang masih takut saat mendengar kata modal, mungkin dengan membuat modal seminimal mungkin dapat dilakukan sebagai cara untuk mewujudkan wirausaha. Sedangkan, meminimalkan yang saya maksud, yakni membuat modal menjadi sangat sedikit dari biasanya, sehingga akan menghemat pengeluaran anda di awal berwirausaha.

Bagaimanakah cara meminimalkan modal usaha ?

Saya akan mengangkat tips mengenai cara mendapatkan serta dan meminimalkan modal, dalam artikel yang saya tulis kali ini. Dan menurut saya, artikel ini dapat membantu banyak orang, karena modal memang merupakan kendala nomor satu bagi mereka yang hendak berwirausaha.

Baca Juga : Investasi Dengan Internet, Apakah Bisa ?

Tips ampuh mendapatkan dan meminimalkan modal usaha

Tips Ampuh Dalam Meminimalkan Modal Usaha

Loading...

1# Meminjam uang, alias berhutang

Sebelum meminjam uang, pastikan dulu bila potensi untuk mendapatkan kesuksesan dari bidang usaha yang anda ingin jalankan memang cukup tinggi.

Dan juga, berikan pemahaman tentang potensi tersebut, kepada mereka yang hendak anda pinjam uangnya. Dengan mengertinya dan yakninnya mreka akan potensi yang besar dalam bidang usaha yang hendak anda geluti, maka ketersediaan mereka meminjamkan uang semakin besar.

Selain itu, yang namanya berhutang tentu anda harus bisa mengembalikannya, maka dari itu, anda perlu merealisasaikan usaha dengan cepat, saat modal sudah diberikan. Sehingga, anda cepat mendapatkan keuntungan, serta mampu membayar hutang sebelum batas akhir pembayaran hutang yang telah anda sepakati bersama.

2# Memulai usaha bersama tim, atau partner

Bila anda tidak punya modal yang cukup untuk merealisasikan usaha sendiri, atau bila anda tidak berani mengambil resiko dari berhutang. Maka, membuat kerjasama dengan membangun wirausaha bersama tim atau partner merupakan jalan terbaik.

Meminimalkan Modal Usaha

Semakin banyak anggota yang berpartisipasi dalam tim, maka semakin banyak juga uang modal yang bisa didapatkan dari melakukan patungan modal.

Sedangkan, tips mencari tim atau partner, yakni carilah mereka yang memiliki kemampuan lebih dalam berbisnis, agar nantinya mereka tidak menjadi beban dari usaha yang dijalankan.

3# Menggunakan rumah sebagai tempat usaha

Kita semua tau, bila menyewa tempat untuk melakukan kegiatan usaha, mahalnya luar biasa. Sehingga banyak orang yang mengurungkan niat untuk menjadi pelaku wirausaha.

Padahal, kalau lebih teliti lagi, sebenarnya anda dapat memanfaatkan rumah, atau kos-kosan anda sebagai tempat menjalankan usaha yang diinginkan.

Teknik menggunakan rumah sebagai tempat berwirausaha, sangat terbukti ampuh dalam mengatasi modal yang banyak terbuang untuk penyewaan tempat. Selain itu, suasana rumah yang nyaman, juga memberikan efek penyemangat dalam melakukan kegiatan wirausaha.

4# Bekerjasama denga Investor

Bekerja sama dengan Investor akan jauh lebih baik ketimbang berhutang. Hal ini, tentu saja didasari oleh sistem kerja Investor yang memanfaatkan bagi hasil, serta mengambil keuntungan saat usaha telah menghasilkan.

Namun, untuk bekerjasama dengan Investor, sepertinya cukup sulit. Anda perlu menyakinkan mereka, bila nantinya usaha yang dijalankan, akan cepat mendapatkan hasil serta keuntungan.

5# Memanfaatkan media gratis

Selanjutnya, anda dapat memanfaatkan media gratis untuk memulai usaha, maupun mempromosikan usaha anda. Media gratis yang direkomendisaikan, salah satunya adalah website. Website merupakan media online yang akhir-akhir ini pamornya naik, seiring maraknya situs jualbeli dan toko online yang memasang iklan secara besar-besaran di media Televisi.

 

Baca Juga : 5 Alasan Anda Harus Mempromosikan Produk Usaha Secara Online

Andapun, dapat memanfaatkan situs jual beli tersebut, untuk melakukan promosi secara gratis, selain itu menggunakan media sosial seperti Facebook, Twitter, dan Instragram juga merupakan pilihan yang tepat untuk dicoba.

Atau, untuk anda yang memiliki keahlian dalam bidang web, saya rasa membuat Website toko online pribadi merupakan cara yang cukup jitu, untuk mempromosikan barang dagangan di media online.

6# Melakukan wirausaha dengan produk atau jasa yang memiliki harga terjangkau

Jika anda ingin meminimalkan modal usaha, mungkin bisa ditempuh dengan cara memasarkan produk atau jasa, yang memiliki harga terjangkau saja, harga produk yang terjangkau, tentu saja membutuhkan modal yang terjangkau juga.

Meminimalkan Modal Usaha

Sehingga, meskipun modal anda sangat ngepas, tetapi anda tetap dapat memulai wirausaha, dan mendapatkan keuntungan. Dan saat keuntungan yang didapatkan telah terkumpul lumayan banyak, maka anda bisa menambah produk atau jasa yang lebih beragam lagi.

Selain itu, perlu diperhatikan, dan jangan sampai lupa untuk melakukan wirausaha berdasarkan minat dan hobi anda, hal ini bertujuan agar usaha, selalu dijalankan dengan penuh semangat.

7# Francise atau waralaba

Teknik meminimalkan modal usaha dengan cara ini, maksdunya yaitu menjalankan kerjasama antara pemilik usaha dan pelaku usaha. Pembagian keuntungannya sendiri akan sesuai dengan perjanjian yang telah dibuat sebelumnya.

Nantinya, pihak pemilik usaha akan memberikan fasilitas usaha dan juga modal, yang akan dijalankan oleh pelaku usaha. Cara ini memungkinkan anda tidak mengeluarkan modal yang banyak. Namun, perlu diperhatikan, agar memilih franchise yang sudah terkenal saja, untuk memperbesar kemungkinan mendapatkan untung.

8# Mengikuti program workshop

Langkah selanjutnya, yakni dengan memanfaatkan program workshop untuk mencari tau berbagai macam sumber modal usaha, yang dapat membantu anda.

Meminimalkan Modal Usaha

Biasanya, dalam workshop menyediakan materi yang cukup berisi, dan sangat mudah dimegerti oleh pesertanya, selain itu, anda dapat memanfaatkan workshop untuk mencari teman baru, yang siapa tau saja, teman baru anda bisa diajak kerja sama, dan saling berbagi hasil dikemudian hari.

9# Jual atau gadai barang anda

Cara ini, merupakan cara yang sangat mudah untuk medapatkan tambahan modal usaha. Anda hanya perlu mencari dan mengumpulkan barang yang memiliki harga jual, atau barang yang dapat digadaikan untuk mendapatkan uang, dan dijadikan sebagai modal dalam berwirausaha.

Sedangkan, jika usaha anda berhasil memberikan hasil yang memuaskan dan sesuai harapan, maka anda dapat menebus barang yang telah anda gadai sebelumnya.

10# Menjadi reseller atau dropshipper mungkin lebih baik untuk anda yang kekurangan modal

Untuk anda yang kekurangan modal, saya rasa menjadi reseller atau dropshipper adalah pilihan terbaik dalam menjalankan usaha dengan modal yang sangat minim. Pasalnya reseller dan dropship memang tidak membutuhkan modal yang sangat banyak.

Meskipun modal yang dibutuhkan tidak banyak,  namun keuntungan akan senantiasa berpihak kepada anda. Jadi, setelah keuntungan dirasa cukup, maka anda dapat mulai menyediakan produk secara mandiri dengan uang yang didapat dari keuntungan menjadi reseller dan dropshipper.

Baca Juga : 10 Jenis Usaha Paling Laris Di Pasaran

Sekian artikel saya mengenai cara mendapatkan modal dan meminimalkan modal usaha. Dalam meminimalkan modal sebenarnya dapat dilakukan dengan banyak cara, namun cara di atas, merupakan cara yang sangat cepat untuk mendapatkan hasil. Dan juga, pastikan gaya hidup anda tidak boros, sehingga anda tidak akan kekurangan modal dikemudian hari.



Loading...

Tags
Baca selengkapnya

Vilandus

Saya suka menulis jika ditemani segelas kopi.

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *