Ulasan Bisnis

Cara Mendapatkan Modal Usaha Tanpa Meminjam

Modal sering kali menjadi penghalang untuk seseorang membuat sebuah usaha. Hal tersebut menyebabkan banyak orang memilih untuk meminjam modal usaha mereka, padahal ada cara lain yang dapat ditempuh untuk mendapatkan modal usaha tanpa meminjam.

Perlu untuk dicatat, bahwa modal usaha tidak hanya berupa uang, tetapi barang-barang dan keperluan lain juga dapat dikatakan sebagai modal usaha. Hanya saja, yang akan saya bahas dalam artikel ini, yakni mendapatkan modal usaha berupa uang, dan sebisa mungkin didapatkan tanpa meminjam dari orang maupun bank.

Kenapa tidak meminjam saja sih mas, kan bisa lebih cepat dapat dananya ?

Sebenarnya tidak ada salahnya, bila kita meminjam uang untuk dijadikan sebagai modal usaha. Namun, meminjam modal tentunya beresiko fatal di kemudian hari, apalagi bila usaha yang dijalankan tidak sesuai dengan harapan. Selain itu, jika ada cara lain untuk mendapatkan modal usaha tanpa meminjam, mengapa kita harus meminjam.

Meskipun jumlahnya sedikit, tetapi kita tidak akan dibebani oleh hutang di kemudian hari

Jadi, mendapatkan modal usaha tanpa meminjam, ditujukan agar kita tidak perlu menanggung beban di kemudian hari. Terlebih, bila tempat kita meminjam memberlakukan bunga pinjaman yang sangat besar, dan mengharuskan kita untuk memberikan jaminan yang berupa barang berharga.

Kan nanti saat balik modal bisa dibayar lunas hutangnya . . .

Iya kalau usaha anda lancar . .

Jika tidak ? ?

Dalam menjalankan usaha, belum tentu kita mendapatkan usaha berjalan seperti yang diinginkan. Maka dari itu, sebelum membuat usaha, penting untuk memikirkan hal-hal yang berkemungkinan terjadi di kemudian hari.

Loading...

Sering sekali orang terlalu optimis bahwa usahanya akan lancar, sehingga mampu melunasi hutang modal usahanya. Sikap optimis itu memang sangat dianjurkan, dan sangat-sangat penting untuk dimiliki, namun sikap optimis tersebut jangan sampai berlebihan.

Loh . . kok optimis ngga boleh berlebihan mas ?

Ya. .

Memiliki sikap optimis itu boleh, dan sangat dianjurkan. Tetapi, orang yang terlalu optimis biasanya akan “ngawur” dalam melangkah, dan orang yang melangkah sambil ngawur bisa saja tersandung dan akhirnya jatuh.  Sehingga, pikirkan dulu dengan matang-matang sebelum meminjam modal usaha, terlebih bila modal tersebut sangat besar dan menjaminkan barang berharga milik anda.

Maka dari itu, dengan tidak meminjam modal, kita bisa hidup tanpa terbebani oleh hutang meskipun suatu hari nanti usaha tidak berjalan sesuai yang diinginkan.

Baca Juga : 32 Hobi yang Bisa Dijadikan Bisnis Menguntungkan

Cara Mendapatkan Modal Usaha Tanpa Meminjam

Cara Mendapatkan Modal Usaha Tanpa Meminjam

1# Mulai menabung dengan menyisihkan gaji anda

Yap . .

Cara pertama untuk mendapatkan modal usaha tanpa meminjam, yakni dengan cara lawas. Menabung!

Anda yang saat ini masih berstatus pegawai, mulailah menabung dengan menyisihkan gaji yang anda terima. .

Misalkan saja, gaji anda sebesar 5.000.000

Nah, tiap bulan anda sisihkan 2 juta saja ( 2 juta saja, mengingat besarnya kebutuhan hidup selama sebulan)

2.000.000 x 12 bulan = 24.000.000

Sudah lumayan kan untuk membuka usaha . .

Kelihatannya mudah sekali untuk melakukan kegiatan ini, tetapi kenyataannya ya tidak seperti apa yang dilihat. Belum lama menabung, eh di korekin buat beli ini, buat beli itu, mumpung di sini lagi diskon, mumpung di sana lagi diskon, yaa kapan mau banyak tabungannya kalau begini terus.

Menahan godaan belanja memang sangat sulit, tetapi bila niat anda memang sudah serius dari awal, tentu saja anda akan mampu melawan godaan tersebut. Pikirkan saja bahwa uang tersebut untuk masa depan anda dan usaha anda.

Ya . .  nanti kalau usaha sudah berkembang, bolehlah belanja-belanja.

2# Jual barang-barang tidak terpakai anda

Jual barang-barang tidak terpakai anda

Kalau bisa jadi duit, kenapa engga dijual . .

Biasanya sih, anda akan membantah saran untuk menjual barang-barang tersebut dengan alasan “Masih sayang. . “, “Masih mulus.  .”, “Rugi ahh. .”, Masih balabalaba”. Padahal kalau dipikir-pikir, barang tersebut ngga pernah dipakai sama sekali, alias menjadi pajangan.

Ya, mirip seperti yang dikatakan salah-satu situs jual beli dalam iklannya di televisi.

Lebih baik jual saja barang-barang lawas tersebut, keburu harga jualnya anjlok karena terlalu banyak mikir-mikir. Lagipula, barang tersebut dijual bukan untuk senang-senang, tetapi untuk modal membuat usaha.

Jualnya dimana . . ??

Untuk menjualnya bisa anda tawarkan ke teman, keluarga, tetangga, atau bisa juga memanfaatkan situs jual beli yang iklannya banyak banget di televisi.

3# Gadaikan barang berharga anda

Gadaikan barang berharga anda

Ini cocok untuk anda yang tidak mau menjual barang pribadi, dengan alasan masih sayang. Tetapi, apa yang satu ini sama saja dengan meminjam modal, kan ujung-ujungnya musti nebus barang yang digadaikan?

Sebenarnya cukup mirip sih, tetapi ada juga perbedaan yang membuat gadai lebih baik ketimbang meminjam uang di bank. Meskipun barang tersebut harus ditebus dengan uang, tetapi kalau tidak mau ditebus juga tiak masalah, ya kan untung si pengadaiannya karena barang anda nantinya mereka lelang. Jadi, menggadaikan barang dirasa lebih baik, meminjam uang di bank.

4# Mengajak teman bekerja sama dan patungan modal usaha

Bekerja sama saja agar bisa patungan modal usaha

Anda ingin membuat sebuah usaha, namun modal seakan menjadi batas untuk menciptakan mimpi tersebut. Anda sudah memiliki sedikit modal, tetapi modal tersebut tetap saja masih kurang. Solusinya bagaima nih . . ?

Solusinya, carilah teman yang sangat dipercaya untuk membuat usaha bersama-sama. Dengan membuat usaha bersama teman, otomatis kalian dapat berpatungan untuk meringankan modal usaha, terlebih bila usaha tersebut dijalankan oleh 3 orang sekaligus.

Cara ini terbukti sangat ampuh dalam mendapatkan modal usaha tanpa meminjam. Tetapi, ada juga yang perlu diperhatikan sebelum memutuskan untuk melakukan cara ini, yakni pastikan teman atau sahabat yang anda pilih merupakan mereka yang benar-benar dekat, dan dapat saling dipercaya. Karena banyak juga tuh kasusnya, omongan manis di awal, tapi waktu usaha udah jalan doi mau enaknya aja, atau lebih paranya lagi jangan sampai duit buat modal malah dibawa kabur.  Weleh-weleh.

Selain itu, dalam membuat usaha seperti ini jangan melibatkan orang atau teman yang terlalu banyak. Untung sih, modal jadi lebih ringan, tetapi pengelolaan dan pembagian hasil usahanya bakalan ribet dan bikin pusing nantinya.

5# Mencari sponsor melalui website

Mencari sponsor melalui website

Dengan modal internet, bisa berujung modal usaha.

Kira-kira seperti itu kalimat yang tepat untuk menggambarkan cara yang satu ini. Mencari sponsor melalui website atau biasa disebut situs crowdfunding ini sangat membuka peluang mendapatkan modal usaha.

Syarat pertama dan utama, yakni anda memiliki konsep yang bagus untuk dijadikan usaha. Jadi, anda tinggal menawarkan usaha apa yang akan anda jalankan melalui situs crowdfunding, dan mereka yang tertarik dengan konsep usaha anda bisa saja bersedia untuk menjadi sponsor yang menyumbangkan uang mereka kepada anda, tentu saja dengan imbalan sesuai dengan peraturan yang terdapat pada situs tersebut.

Program seperti ini masih dikatakan baru di Indonesia, namun sudah ada sejak lama di luar negri sana. Untuk situs crowdfunding Indonesia, di antaranya ada :

  • Wujudkan
  • Ayo Peduli
  • Kita Bisa

6# Dapatkan modal dari konsumen anda

Dapatkan modal dari konsumen anda

Lah kok bisa . . ?

Bisa dong, selama anda cermat dalam melihat peluang yang ada, bahkan konsumen bisa anda jadikan sebagai tempat mendapatkan modal usaha. Ya. . meskipun tidak semua usaha dapat menggunakan cara ini, karena anda akan meminta uang muka kepada konsumen, sebelum memberikan barang atau jasa kepada mereka.

Cocoknya sih, untuk usaha di bidang jasa. Jadi, uang muka yang misalkan sebesar 50 persen tersebut, akan anda gunakan untuk mencari bahan baku, dan peralatan pendukung. Barulah setelah semuanya beres, anda akan mendapatkan sisa bayarannya setelah konsumen mendapatkan apa yang mereka pesan.

7# Mengikuti seminar dan workshop

Mengikuti seminar dan workshop

Cara yang terakhir ini, anda akan mendapatkan modal usaha dengan aktif mengikuti seminar dan workshop.

Mengapa ikutan kayak begituan . . ?

Mengikuti seminar dan workshop sangat menguntungkan untuk anda, terlebih anda yang masih baru dalam dunia wirausaha. Jadi, dalam mengikuti kegiatan tersebut, anda akan mendapatkan pelatihan-pelatihan yang bisa membantu anda dalam mengembangkan usaha nantinya.

Selain itu, setelah kegiatan pelatihan berakhir, biasanya anda akan diberikan iformasi seputar mendapatkan modal usaha. Atau, berkesempatan untuk bertemu dan berkenalan dengan sesama pelaku wirausaha, yang berkemungkinan tertarik dengan ide anda dan bersedia menjadi sponsor usaha anda.

Baca Juga : 21 Peluang Bisnis Mudah dan Menguntungkan

Tentu sebelum mencari modal, anda perlu memastikan usaha apa yang akan anda jalankan. Terlebih untuk anda yang hendaka mencari modal melalui sponsor dan investor, karena mereka biasanya sangat jeli dalam melihat peluang suksesnya sebuah usaha.

Nah, sekian saja informasi yang dapat saya berikan mengenai cara mendapatkan modal usaha tanpa meminjam. Semoga apa yang saya bagikan ini, dapat berguna untuk anda semua. 🙂



Loading...

Tags
Baca selengkapnya

Saya suka menulis jika ditemani segelas kopi.

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *