Internet

Mendekati Kenyataan, Ruangguru Segera Jadi Unicorn Selanjutnya?

Mantan Menkominfo Rudiantara pernah mengatakan jika Indonesia akan segera memiliki unicorn baru setelah sebelumnya hanya memiliki 4 unicorn. Saat itu, Rudiantara memberikan sedikit bocoran jika unicorn baru akan datang dari sektor pendidikan.

Ketika bocoran dari Rudiantara muncul ke permukaan, saat itu semua mata tertuju pada Ruangguru karena valuasinya yang mendekati level unicorn. Namun, prediksi Rudiantara ternyata meleset karena unicorn kelima RI bukan berasal dari sektor pendidikan melainkan dari sektor fintech, yaitu OVO.

Baca juga: Menkominfo Sebut Indonesia Akan Punya Unicorn Baru, Ruangguru Pak?

Ruangguru Sebentar Lagi Bisa Jadi Unicorn

Di awal, prediksi Rudiantara terkait unicorn RI yang berasal dari sektor pendidikan memang boleh meleset. Namun makin ke sini, prediksi Rudiantara semakin mendekati kenyataan setelah Ruangguru baru saja mendapatkan pendanaan seri C.

Dilansir dari Kontan, pendanaan seri C Ruangguru berasal dari perusahaan investasi global General Atlantic dan perusahaan modal ventura CGV Capital, serta beberapa investor lainnya. Jumlah dana yang diterima Ruangguru sendiri sebesar 150 juta dolar AS atau sekitar Rp2,09 triliun.

Pendanaan yang digelontorkan General Atlantic Cs ini menjadi salah satu pendanaan terbesar yang ada di Asia Tenggara. Dengan pendanaan tersebut, langkah Ruangguru untuk naik level menjadi unicorn keenam RI pun juga semakin terbuka lebar.

Perusahaan rintisan RI yang berpeluang menjadi unicorn:

Ruangguru Modalku
Akulaku IDN Times
Warung Pintar Kredivo
Blibli Halodoc

Ruangguru Menjanjikan di Mata Investor

Dalam keterangan tertulisnya, pendiri sekaligus CEO Ruangguru Belva Devara mengungkapkan jika para investor yang datang sudah memahami visi Ruangguru. CEO yang saat ini juga menjabat sebagai Staf Khusus Presiden itu juga berharap kerja sama tersebut dapat mengantarkan Ruangguru mencapai misinya.

Di sisi lain, Sandeep Naik selaku Managing Director dan Pimpinan General Atlantic India dan Asia Tenggara menilai jika layanan Ruangguru saat ini sudah sangat terjangkau dan berkualitas. Sandeep kemudian menambahkan jika model bisnis seperti Ruangguru sangat sesuai dengan pasar Indonesia.

Dengan gelontoran pendanaan seri C sebesar 150 juta dolar AS, maka nilai valuasi Ruangguru sudah pasti bertambah mendekati valuasi unicorn. Namun sayangnya, saat ini belum diketahui berapa total nilai valuasi Ruangguru secara keseluruhan.

Baca juga: Mantan Menkominfo: RI Berpeluang Punya 3 Unicorn di Tahun 2020

Jika Ruangguru benar-benar menjadi unicorn, maka prediksi Rudiantara yang sebelumnya meleset bakal menjadi kenyataan. Selain itu, prediksi Menristek yang mengatakan RI bakal mempunyai 2 unicorn baru di tahun 2020 juga akan semakin mendekati kenyataan.


Loading...

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close