Optimasi Blog

Tehnik Mengolah dan Menempatkan Kata Kunci Pada Artikel

Menempatkan kata kunci (keyword) di artikel atau di postingan sangat berpengaruh terhadap hasil pencarian di search engine, selain judul artikel itu sendiri, ada hal hal yang paling penting untuk diperhatikan, yaitu tatanan bahasa serta frase kata yang menunjang.

Selama ini mungkin hal ini banyak di abaikan oleh para penulis blog, yaitu tehnik mengolah kata dari kata kunci utama. Kita tahu bahwa google sudah mendukung bahasa Indonesia sepenuhnya, dan banyak kata atau kalimat dalam bahasa kita mempunyai arti yang sama. Persamaan kata itu bisa disebut dengan istilah sinonim.

Menempatkan kata kunci persamaan kata

Tehnik memaksimalkan kata kunci yang akan saya bahas ini mungkin berbeda dengan tehnik SEO pada umumnya, bahkan mungkin tidak ada hubungannya dengan masalah SEO. Karena kita memanfaatkan persamaan kata yang sering dituliskan atau diketikkan orang sewaktu mencari sebuah artikel di kotak pencarian.

Saya berikan contoh seperti dibawah ini.

Menempatkan = menaruh, meletakkan, menetapkan, menerapkan.
Menghasilkan = mendapatkan, memperoleh, mencari.

Hal ini berhubungan dengan kata kunci yang sering diketikkan orang,  dalam praktek memberikan judul untuk artikel, kita pasti akan bingung memilih mana yang akan kita gunakan.

  • Menempatkan kata kunci pada judul artikel.
  • Menaruh kata kunci pada judul artikel.
  • Meletakkan kata kunci pada judul artikel.
  • Menetapkan kata kunci pada judul artikel.
  • Menerapkan kata kunci pada judul artikel

Untuk contoh judul artikel yang ke dua adalah

  • Menghasilkan uang melalui internet
  • Mendapatkan uang melalui internet
  • Memperoleh uang melalui internet
  • Mencari uang melalui internet

Baiklah, sekarang sudah sedikit jelas jika melihat contoh di atas. Mesin pencari google akan memberikan hasil yang lain jika kita mengetikkan kata yang berbeda, padahal kita tau bahwa semua kata tersebut mempunyai arti yang sama. Namun jika artikel anda mempunyai semua kata tersebut, maka artikel anda berada tidak jauh dari hasil pencarian.

Loading...

Tehnik ini sangat bagus diterapkan untuk blog baru, sebab kata kunci utama (short keyword) banyak dikuasai oleh blog yang sudah berumur dan populer. Tingkat relevansi artikel juga sangat mempengaruhi, sebab mesin pencari akan mencocokkan kata kunci yang sesuai ketika seseorang mengetikkan sesuatu di kotak pencarian (search engine)

Penunjang kata kunci utama

Persamaan kata tersebut masih menunjang dalam kata kunci utama, memang tidak semua artikel menggunakan persamaan kata ini, ada istilahnya kata baku. Artinya kata tersebut menjadi kata yang tidak di sinonimkan.

Walaupun mempunyai arti sama seperti kata uang, adalah kata baku nya. Meskipun sering di istilahkan dengan kata duit, fulus, kocek dan lain sebagainya.

Hal ini lebih berpeluang untuk ditemukan di mesin pencari dari pada mengulang ulang kata kunci pada setiap paragraf kalimat. Menegaskan dan membuat jelas kalimat tersebut dengan pengulangan yang melebihi batas justru akan dianggap SPAM oleh google.

Dan jika sudah begitu artikel anda akan perlahan lahan turun dari SERP (search engine result page), karena pada dasarnya google tidak menyukai spammer.

Menentukan kata kunci penunjang pada artikel

Betul sekali, frase kata tersebut adalah kata kunci penunjang untuk kata kunci utama. Kita bisa mengaturnya pada bagian artikel pada postingan blog, agar terbaca pada mesin pencari.

Kita bisa menetapkan dan memilih kata mana yang paling tepat buat judul postingan.

  1. Untuk hasil pencarian yang lebih maksimal, lagi – lagi kita harus berurusan dengan riset kata kunci. Tujuannya adalah mencari persaingan yang lebih sedikit dengan jumlah pencarian yang tinggi.
    Buka Google Keyword Planner , pilih kata kunci mana yang jumlah persainganya sedikit.
  2. Alternatif lain gunakan Google Search Auto Suggestion, fasilitas dari google ini memunculkan saran secara otomatis dibelakang kata kunci yang diketikkan dikotak pencarian serch engine google. Anda bisa memilih salah satunya.
  3. Kata kunci ini dikumpulkan dan diakumulasi oleh google sebagai hasil yang paling banyak (populer) diketikkan oleh orang di hasil pencarian google.

Penempatan kata kunci penunjang pada artikel

Perhatikan contoh gambar dibawah ini.

menempatkan kata kunci

Saya membuat artikel dengan judul seperti diatas, dengan prioritas kata kunci manfaat fetch as google. Ketika orang lain mengetikkan Fungsi fetc as google, artikel ini masih menempati urutan yang tak jauh dari judul atau kata kunci utama. Nah ini yang disebut penunjang kata kunci utama.

Contoh lain bisa anda lihat pada awal kalimat postingan ini.

Hal yang harus diperhatikan

Menempatkan kata kunci yang paling bagus adalah pada 100 kata/ kalimat pada paragraf pertama, jadi sewaktu anda menuliskan pembuka untuk posting itu lho. Untuk selanjutnya bisa diperkuat pada paragraf ke dua, ketiga dan seterusnya. Untuk pengulangan kata kunci sebaiknya paling banyak adalah 3 kali, jika artikel anda tidak ingin dianggap SPAM.

Menempatkan kata kunci penunjang bisa juga diterapkan untuk internal link dan sebagai anchor teks dalam sebuah kalimat. Selain bagus untuk SEO on page, tehnik ini mampu menguatkan SERP pada hasil pencarian. Kata kunci penunjang juga perlu ditempatkan pada akhiran posting, untuk menambah kekuatan dalam hasil pencarian.

Baiklah, ini hanya sebagai pengalaman saja dan memang tidak bisa dipungkiri bahwa pengunjung bebas mengetikkan apa saja yang mereka kehendaki, walaupun kata atau kalimat itu berbeda namun mempunyai arti yang sama. Demikian sekiranya Tehnik Mengolah dan Menempatkan Kata Kunci Pada Artikel, semoga bermanfaat.



Loading...

Baca selengkapnya

ganisebastian

Menulis dari berbagai pengalaman pribadi dan bisa dipertanggung jawabkan, jika bermanfaat bagi Anda silahkan share.

Artikel terkait

16 Comments

  1. terima kasih banyak mas gani artikelnya sanggat membantu kami yang masih baru belajar SEO.
    mas apakah harus membuat artikel kata kunci ? atau bisa dalam satu artikel di masukan banyak kata kunci ?

  2. Itu dia mas, kadang kita mampu membuat kata kunci yang bagus. Namun, tak mampu menerapkan dalam artikel. Artinya, saya sering mengalami gagal dalam menentukan kata kunci dalam artikel, bahkan menurut saya sudah bagus dan pas. Kadang disaat dinilai google bisa jadi spam. Karena tidak muncul di laman google. Kalau mas gani tidak keberatan dalam berbagi ilmu, maka tolong lah buat artikel cara menentukan kata kunci dalam paragram secara keseluruhan sehingga kami sebagai pemula bisa mencontohkan.

  3. misal saya membuat submenu di artikel dengan saya beri bold dan underline, apakah hal tersebut oleh google juga dianggap sebuah keyword?
    thanks sebelumnya

  4. ok banget mas artikelnya, jujur sy banyak belajar dari artikel ini. terimakasih

  5. makasih bang, bermanfaat jadi tau hehe
    semoga bisa lebih berkembang lagi bang

  6. terima kasih bang,,,sangat bermanfaat, jadi tambah wawsan, ternyata penempatan kata kunci berpengaruh juga ya,,,

  7. kalo untuk blog lagu mas keyword apa yang memungkin kan kita masuk page 1 google, aku lihat banyak yang mengunakan judul lagu yang dibolak balik sedangkan artikelnya kosong tapi masuk page 1 google. makasih mas atas pengajarannya salam sukses selalu

  8. Terima kasih telah berbagi ilmu, saya jadi faham tentang cara meletakkan kata kunci yg benar pada blog.

  9. Aduss baru saya faham tuan Gani. Saya biasanya menulis ayat berulang ulang sehingga habia artikel saya dan sebagai contoh ayat saya guna makan malam kemudian saya hitamkan makan malam tersebut dan diulangi sehingga 10 kali dan banyak….so saya dianggap spam la ya. Saya pula ingat SEO friendly…
    Tq atas info tuan gani $

    1. Saat ini google akan menganggap hal tersebut sebagai Spam, jika dilakukan terlalu berulang-ulang.

      Ok..Tuan Aree.. $

    1. Sebenarnya tergantung juga pada panjang artikel..untuk standar keyword density bisa ambil 3.5 %. itu masih aman boss. 😀

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *