Menentukan Niche Blog

Tips Mudah Untuk Menentukan Niche Blog yang Tepat

Menentukan niche blog adalah salah satu langkah atau pertimbangan penting dalam pengembangan suatu blog. Pemilihan niche yang tepat akan sangat mempengaruhi popularitas dari blog anda nantinya dan juga posisi blog anda di SERP Google( hasil pencarian Google). Selain itu, niche juga dapat mempengaruhi penghasilan anda yang mengikuti program adsense.

Jika didefinisikan niche sendiri dapat dikatakan sebagai target pasar dari blog anda. Lebih sederhananya dapat dikatakan bahwa niche merupakan topik atau tema dari blog anda. Dengan mengetahui niche yang akan dipilih untuk blog. Hal tersebut akan membuat konten di dalam blog anda lebih terarah, sehingga dapat mendatangkan traffic kunjungan ke blog anda.

Sebagai contoh, apabila anda memilih kesehatan sebagai niche blog anda. Secara otomatis anda harus menyediakan konten artikel yang membahas mengenai kesehatan untuk mengisi blog anda.

Pertanyaan utamanya, bagaimanakah cara menentukan niche blog ini?. Terkait dengan hal tersebut, berikut ini terdapat beberapa tips menentukan niche blog yang kiranya akan membantu anda. Dalam menentukan niche/ tema yang tepat untuk blog anda.

Menentukan niche blog yang anda pahami dan sukai

 

Langkah atau tips pertama yang disarankan untuk anda agar dapat menemukan niche blog yang tepat adalah memilih niche yang diminati. Cukup banyak blogger yang mengambil jalan sulit untuk mengembangkan blog mereka. Yakni dengan memilih niche yang terbilang berat seperti bisnis, investasi, teknologi dan lainnya.

Hal ini tidak dapat dikatakan salah jika anda benar-benar memahami range topik atau niche yang dipilih. Namun tentu hal ini akan menjadi masalah ketika anda tidak terlalu memahami mengenai hal tersebut.

Saat menentukan niche, anda pastinya harus mengisi blog anda dengan konten artikel yang sejalan dengan niche blog anda. Namun bagaimanakah anda dapat menulis dan menyampaikan isi artikel dengan baik apabila anda tidak terlalu memahami hal yang anda tulis. Meskipun anda hanya melakukan re-writing artikel lain?.

Untuk itu, disarankan untuk anda agar memilih niche blog yang memang benar-benar anda pahami atau minati. Sehingga isi informasi dari blog anda akan lebih berkualitas dan mudah dipahami oleh pengunjung blog anda . Contohnya, jika anda sangat mengenal seluk beluk bisnis online, maka niche bisnis online adalah niche blog terbaik yang dapat anda pilih.

Loading...

Melakukan penyelidikan apakah niche blog anda dapat mendatangkan traffic kunjugan

Jika mendatangkan traffic adalah tujuan utama anda dalam blogging, menyelidiki tingkat popularitas dan persaingan niche blog yang anda pilih sangat disarankan untuk dilakukan. Dengan melakukan riset ini, anda akan mengetahu apakah blog niche atau keyword yang dibidik blog anda memiliki popularitas tinggi alias banyak diminati atau tidak oleh internet users.

Untuk menyelidiki tingkat popularitas dari niche blog yang akan ambil, anda dapat melakukannya dengan menggunakan tools online yang disediakan Google yakni Google adword keywords. Anda juga dapat melakukan riset melalui situs amazon sebagai pilihan anda, terutama untuk blog yang dibangun untuk bisnis online( untuk mengetahui jenis produk yang tengah diminati).

Membuat niche yang lebih spesifik

Menurut beberapa sumber informasi dari blog asing, dalam memilih niche, anda sangat disarankan untuk membuat niche blog anda menjadi lebih spesifik. Umumnya blog dengan niche yang kurang spesifik memiliki angka persaingan yang sangat besar di pencarian Google atau SERP.

Sebagai contohnya, saat anda menuliskan kata wedding dress pada mesin pencari, pastinya hasil pencarian yang ditampilkan untuk wedding dress akan lebih banyak ketimbang anda menuliskan kata chiffon wedding dress atau sebagainya.

Referensi lain : Cara Membuat Artikel SEO Friendly Untuk Optimisasi Blog

Hal inilah yang dimaksud sebelumnya tentang membuat niche anda menjadi lebih spesifik. Wedding dress pada contoh tadi merupakan niche general yang angka persaingannya amat tinggi atau yang dikenal dengan istilah field. Sedangkan chiffon wedding dress tadi adalah niche blog yang spesifik yang dimaksudkan.

Dengan men-spesifikan niche blog anda, anda akan dapat menghindari persaingan yang ketat pada SERP Google.


Loading...

Bagikan

endarjulian

Penulis

Saya adalah penulis artikel online berstandar SEO

Komentar

    Avatar

    ImamLarh

    ( - 13:17)

    Dulu saat pertama kali saya main blog sama sekali tidak tahu apa mengani Blog hnya tau main post” aj dan itu juga Copas, dan saya mempeljrinya terus dn skrng sudh mengerti mengenai blog, terutma dalam mencari Niche Blog yg bagus dan mudh diingat.

    Avatar

    Dulu saya pertama kali terjun didunia blog mana tahu apa itu niche, harus nentuin topik. Akhirnya sampai sekarang topik saya gado-gado, hehehehe
    Tapi tetep saya seriusin, terus menulis sesuai pengalaman yang saya dapatkan. Hehehe
    Termasuk klikmania yang selalu ngingetin tentang pengalaman apa saja yang sudah saya dapatkan.

    Andre Zalukhu

    Andre Zalukhu

    ( - 05:56)

    Blogging itu harus dilengkapi dengan passion kalau mau progress nya secara jangka panjang . Niche apapun kalau memang passion kita di sana, pasti akan mendatangkan pengunjung, dan earning akan mengikuti,
    Nice post, lanjutkan !

      endarjulian

      endarjulian

      ( - 08:21)

      Setuju mas Andre Zalukhu…passion juga adalah bagian penting dalam blogging…..terima kasih atas masukannya,…semoga ke depannya dapat memberikan post yang lebih bermanfaat dan informartif…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *