Adsense Di Youtube

Langkah-Langkah Menerapkan SEO Untuk Youtube Video

Cara menerapkan SEO untuk Youtube video – Selain blog, Youtube dapat dikatakan sebagai pilihan lain untuk menghasilkan uang dari program Google adsense. Anda yang memiliki channel Youtube dapat menggunakan video anda untuk menghasilkan dollar ke akun adsense anda melalui fitur monetize.

Setelah mengaktifkan fitur monetize pada akun atau channel Youtube anda, maka setiap video yang anda upload akan dapat ditempeli iklan adsense yang akan menjadi sumber penghasilan adsense anda. Sama dengan adsense menggunakan blog. Anda akan mendapatkan komisi untuk setiap klik pada iklan adsense yang diselipkan pada video Youtube anda.

Namun untuk mendapatkan penghasilan yang maksimal dari Youtube adsense( mengikuti program adsense menggunakan channel Youtube), mengupload video dan kemudian memonetize-nya saja tidaklah cukup. Anda perlu menerapkan SEO untuk Youtube video anda, agar dapat lebih optimal di pencarian Youtube.

Dengan posisi video yang baik di pencarian Youtube, maka jumlah view pastinya akan meningkat dan juga potensi video anda untuk menghasilkan dollar melalui klik iklan pada video Youtube anda pun akan meningkat.

Referensi lain : 4 Niche Blog yang Dibayar Mahal Oleh Google Adsense

Pada pembahasan kali ini, klikmania akan memberikan beberapa langkah sederhana yang dapat digunakan untuk optimisasi video Youtube anda. Berikut beberapa langkah tersebut.:

Memaksimalkan SEO Untuk Youtube

SEO untuk Youtube

Lakukan keyword research

Untuk melakukan penerapan SEO untuk Youtube video terhadap mesin pencari, keyword adalah salah satu elemen yang dibutuhkan. Sama layaknya dengan optimisasi blog/artikel, keyword mempermudah video anda untuk ditemukan oleh mesin pencari. Untuk melakukan research keyword, anda dapat menggunakan beberapa situs seperti ubersuggest untuk membantu anda menemukan keyword yang tepat untuk video anda.

Loading...

Rename nama file video anda sebelum diupload

Ketika anda telah menemukan beberapa keyword yang kiranya anda akan pilih proses optimisasi video Youtube anda. Maka selanjutnya anda dapat mempersiapkan file video yang akan anda upload. Namun pada bagian ini, disarankan untuk anda agar me-rename terlebih dahulu nama file video anda sesuai dengan judul video yang anda rencanakan.

Menurut beberapa sumber, melakukan hal tersebut dipercaya akan mempermudah Youtube untuk merambati video yang anda upload. Dikarenakan nama file yang relevan dengan judul yang sebenarnya.

Pada bagian ini, catatan yang anda perhatikan adalah masukan keyword yang telah diriset sebelumnya ke dalam judul video anda. Contohnya, jika keyword yang anda pilih adalah melangsingkan badan, maka judul video anda dapat menjadi. cara melangsingkan badan secara alami dan lainnya.

Namun yang perlu dicamkan adalah anda harus memasukan keyword ke dalam judul video terkait. Setelah anda selesai me-rename nama file video anda, anda dapat menguploadnya ke channel Youtube anda.

Memasukan keyword pada title/ judul video Youtube

Sebenarnya, langkah atau poin SEO untuk Youtube video yang satu ini telah dibahas sebelumnya pada poin kedua. Namun guna membuatnya lebih detail, maka poin tersebut akan dibahas lagi. Untuk memasukan judul video Youtube, disarankan memasukan keyword pada judul video anda.

Hal tersebut dapat dikatakan sebagai salah satu dasar optimisasi video Youtube. Seperti contoh di poin ketiga, anda dapat menyisipkan keyword pada judul video anda. Lihat contoh berikut:

  • Keyword: melangsingkan badan.
  • Judul: cara melangsingkan badan Secara Alami dan Cepat.

Mengisi deskiripsi Video

Banyak pemilik channel Youtube meremehkan fungsi dari deskripsi video Youtube. Banyak dari mereka yang kurang paham tentang optimisasi video Youtube. Hanya menjadikan deskripsi video sebagai tempat menautkan link ke luar Youtube ataupun ke video lainnya.

Padahal deskripsi pada video Youtube dapat lebih digunakan untuk memaksimalkan SEO untuk youtube video anda. Masih berhubungan dengan keyword, caranya adalah dengan menjelaskan mengenai isi dari video anda. Seperti synopsis dan kemudian menyisipkan beberap keyword di dalamnya. Contohnya:

  • Keyword: melangsingkan badan
  • Judul video: cara melangsingkan badan dalam satu minggu
  • Deskripsi: Memiliki tubuh langsing tentu adalah impian banyak wanita, bahkan banyak diantara mereka yang rela melakukan diet ketat untuk melangsingkan badan dan mendapatkan tubuh yang ideal. Terdapat banyak cara yang terbilang efektif untuk melangsingkan badan. Namun jika, anda ingin melangsingkan badan dalam waktu cepat, melakukan beberapa langkah yang disajikan video ini adalah salah satu cara efektif untuk mewujudkan mimpi anda untuk memiliki tubuh yang indah.

Jika ingin mengarahkan audience untuk menuju ke video anda yang lainnya ataupun pada blog, anda tetap dapat melampirkan link pada kolom deskripsi video. Setelah melampirkan narasi/ penjelasan mengenai video anda.

Memaksimalkan penggunaan tags

Tags juga merupakan bagian dimana anda mengoptimisasi video anda, dimana dengan mengisi tags tepat , maka video anda akan lebih optimal muncul pada pencarian Youtube. Untuk pengisian tags yang memenuhi poin SEO untuk Youtube, anda dapat memulainya dengan mengisi tags pertama dengan judul dari video anda. Selanjutnya, masukan juga keywords anda sebaga tag video anda.

Referensi lain : Tips Membuat Tag Video Youtube Agar Maksimal Dihasil Pencarian

Setelah anda selesai dengan 2 poin sebelumnya, mulailah mengisi tags terkait dengan video anda( yang berkaitan). Contohnya, jika video anda berkaitan bertema hal lucu atau vine, anda dapat menambahkan beberapa tags tambahan seperti video lucu, video gokil, video paling lucu, video kocak dan lainnya. Namun disarankan untuk anda agar meriset tags tambahan tersebut terlebih dahulu.



Loading...

Tags
Baca selengkapnya

endarjulian

Saya adalah content writer dan juga social media designer.Business : 082177387464 (WhatsApp) Instagram : @endarjulian

Artikel terkait

11 Comments

  1. Sudah di praktekkan dan benar sekali, optimasi kata kunci sangat berpengaruh. Mungkin karena subscriber saya masih sedikit jadi tidak bisa langsung dapat viewers banyak. Ada satu video yang viewnya banyak sekali dan mendapat posisi satu di kata pencarian tersebut. Oh iya, setelah upload video sebaiknya kasih backlink dari sosial media dan blog juga.

  2. mantappp. jangan lupa subscribe channel : SUKA POPULER

  3. Saya bingung buat keyword nya dmna kalo di youtube?
    Apa keyword itu judul videonya?

    1. Kalo dari sepenangkapan saya keyword jadi judul, cuma kalo juduul ditambahi pemanis

  4. sungguh luar biasa sekali artikelnya,terimakasih banyak informasinya sungguguh sangat berguna sekali buat saya, dan juga para pengunjung dan pembacanya..semoga artikel ini mendapatkan rejeki lebih banyak lagi…..
    salam kenal…..

  5. Di youtube perlu Seo juga ternyata, saya gk penah rename file, begitu rekam langsung unggah, cuma kasih di judul saja, apa itu gk seo mas?

    1. Iya Umraici..karena pada dasarnya Youtube adalah search engine kedua terbesar setelah Google…Sehingga optimisasi pun juga dibutuhkan, youtube juga sering digunakan untuk media promosi dan lainnya, yang secara tidak langsung pastinya perlu dioptimisasi……..

      Kalo cuma untuk fun aja, sebenarnya gak apa gak SEO….Tapi kalau anda mau bermain adsense youtube, maka disarankan untuk men-SEO video…..tapi kemungkinan video akan sulit naik popularitasnya……Untuk rename nama video, banyak ahli SEO percaya bahwa youtube juga merayapi konten video anda, umumnya video dengan nama file video yang diunggah yang sesuai judul yang sama akan didahulukan..Selain itu, kualitas video HD juga umumnya akan lebih didahulukan untuk ditampilkan…….

      1. Wah makasih mas, baru tau saya, krna saya biasanya kalau upload video langsung terus tanpa reneme, cuma kasih judul kemudian tulis deskripsi dikit, upload selesai.

    2. jika kita tidak me-rename nama file videonya maka nama FILE aslinya/ File mentahnya itu tidak sesuai dengan judul yang dibuat pada upload video tersebut…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *