Mengapa baterai ponsel bisa meledak

Mengapa Baterai Ponsel Bisa Meledak? Ini Penjelasannya

Baru-baru ini pengguna ponsel dihebohkan dengan dirilisnya Galaxy Note 7 keluaran vendor samsung. Tetapi tidak lama kemudian ditarik lagi dari pasaran di seluruh dunia, karena ada beberapa laporan yang menyebutkan bahwa ponsel itu terbakar. Permasalahannya adalah baterai, mengapa baterai ponsel bisa meledak?

Beberapa laporan yang menyebutkan ponsel Galaxy Note 7 meledak saat melakukan pengisian daya atau proses charging. Tentu saja hal ini menimbulkan kekhawatiran bagi pengguna ponsel. Ternyata perangkat seluler yang sudah menjadi kebutuhan mutlak sudah tidak aman lagi.

Beruntung saja, perusahaan samsung asal korea ini bertindak sangat cepat dengan menarik semua peredaran Galaxy Note 7, dan mengganti konsumen yang sudah terlanjur membeli ataupun memesannya. Dan yang menjadi pertanyaan besar adalah, mengapa baterai ponsel bisa meledak?

Bukankah perusahaan samsung adalah raksasa yang saat ini merajai pemasaran serta mendominasi penjualan ponsel cerdas paling laris. Apakah sebelumnya tidak melakukan uji material dengan seksama terhadap produk yang sudah siap diluncurkan.

Mengapa baterai ponsel bisa meledak?

Mengapa baterai ponsel bisa meledak

Beberapa asumsi kuat mengatakan bahwa yang terjadi adalah reaksi kimia yang menyebabkan suhu baterai menjadi naik dan akhirnya meledak. Walaupun hal ini jarang terjadi, tetapi beberapa kesalahan produksi baterai bisa berakibat fatal.

Jenis baterai yang rata-rata digunakan untuk ponsel pintar jaman sekarang adalah baterai lithium ion. Beberapa baterai yang diproduksi dengan kualitas yang buruk memang bisa berpotensi untuk terbakar atau bahkan meledak saat proses charging.

Seperti yang dilansir dari “kompas tekno” bahwa dalam baterai tersebut terdapat arus listrik yang mengalir, dari anoda (kutub negatif) menuju katoda (kutub positif) dan melintasi elektrolit yang ada di antaranya. Aliran ini biasanya selalu lancar, tanpa masalah. Tetapi ketika terjadi masalah di tengahnya, efeknya akan fatal.

Loading...

Hal ini juga dibenarkan oleh Director of The Joint Center for Energy Storage Research di Argonne National Lab, George Crabtree. “Ada beberapa hal berbahaya yang bisa terjadi”.

Salah satunya,  bisa saja terjadi kelebihan daya (overcharge), lalu terjadi panas berlebihan yang selanjutnya memicu reaksi kimia di anoda dan katoda. Ketika suhu semakin tinggi, sekitar 150 derajat celcius, maka baterai akan terbakar. Itulah penjelasan mengapa baterai ponsel bisa meledak.

Referensi lain : Begini Lho Cara Agar WhatsApp Tidak Terhubung ke Facebook

Jarang terjadi

Untuk kasus baterai lithium ion yang terbakar atau meledak sebenarnya sangat jarang terjadi, sebab di dalam baterai terdapat chip yang melindungi sirkuit dan dirancang untuk mengantisipasi panas yang berlebihan.

Dalam kasus Samsung Galaxy Note 7 ini sudah ditangani oleh Tim ahli CEO iFixit, Kyle Wiens, yang telah membongkar dan meneliti komponen dalam ponsel tersebut. Sebanyak 2,5 juta unit Galaxy Note 7 ditarik dari pasaran karena bermasalah pada baterai.

Untuk pemasaran berikutnya akan dilakukan kajian ulang sehingga tidak akan merugikan penggunanya.


Loading...

Bagikan

Penulis

Jesica Putri
Jesica Putri
Global Internet Marketing Network, Share internet marketing untuk perusahaan UMKM, Official Editor di Klik Mania dan Bisanego.com"
Jesica Putri

Penulis

Global Internet Marketing Network, Share internet marketing untuk perusahaan UMKM, Official Editor di Klik Mania dan Bisanego.com"

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *