Bisnis Online

10 Alasan Mengapa Bisnis Online Sangat Menjanjikan di Tahun 2017

Membuat bisnis bisa dilakukan dengan berbagai macam cara, salah satunya yakni dengan menggeluti bisnis online. Kebanyakan orang masih tidak mengerti, atau bahkan tidak mau tahu tentang apa itu bisnis online. Padahal, jika dipelajari dan digeluti dengan sungguh-sungguh, bisnis online dapat berkembang dan lebih menjanjikan ketimbang bisnis dengan sistem offline.

Bisnis online yang dimaksud dalam artikel ini, yaitu sebuah bisnis yang dikembangkan juga dengan memanfaatkan perkembangan teknologi internet yang ada saat ini. Dalam kata lain, internet dipergunakan sebagai sarana dalam mempromosikan dan menjual suatu barang atau jasa kepada calon pembeli.

Perkembangan teknologi semakin berkembang setiap tahunnya. Bahkan untuk tahun 2017 ini, seluruh kegiatan dan aktivitas dapat dilakukan melalui bantuan internet, tidak terkecuali berbisnis.

Tidak hanya itu, pengguna internetpun semakin bertambah seiring waktu. Untuk tahun ini mungkin jumlahnya bisa bertambah 100kali lipat dibandingkan total jumlah pengguna internet ditahun kemarin. Hal ini lah yang akan memberikan keuntungan tersendiri jika kamu berinisiatif untuk mengembangkan bisnismu melalui media internet.

Tidak hanya keuntungan yang akan kamu dapatkan jika mengembangkan bisnismu menjadi bisnis online. Tetapi kamu juga akan mendapatkan berbagai macam kemudahan dalam mengelola, maupun mengatur strategi perdagangan.

Berikut ini kami telah merangkum 10 Alasan mengapa menjalankan bisnis online sangat menjanjikan!

bisnis online

1# Proses pembuatan yang mudah

Sudah sangat jelas! Bahwa sebuah bisnis online dapat diciptakan dengan waktu yang singkat, serta proses yang sangat mudah. Ketika kamu ingin menciptakan bisnis online, maka hal pertama yang perlu kamu pikirkan hanyalah menentukan platform apa yang akan kamu gunakan sebagai media berbisnis.

Platform yang kami maksudkan disini, yakni media yang nantinya akan kamu pergunakan untuk berpromosi dan menjual barang atau jasa yang kamu tawarkan. Platform atau media tersebut, bisa saja sebuah website toko online, forum jual beli, maupun sosial media seperti Facebook, Twitter, Instagram, dan lain sebagainya.

Kemudahan dalam proses pembuatan seperti ini sudah pasti tidak akan kamu dapatkan jika memilih membuat bisnis secara ofline (Membuka toko fisik). Perlu banyak persiapan dan perijinan untuk membuat bisnis dengan mengandalkan toko fisik.

Walaupun proses pembuatannya sangat mudah dan tidak memerlukan waktu yang lama, tapi kamu perlu ingat bahwa perjuangan sesungguhnya berawal ketika kamu mulai mengiklankan barang atau jasa tersebut. Jadi, proses pembuatan yang mudah tersebut,tidak menjadi alasan kamu bisa bersantai-santai.

2# Murah dalam biaya pembuatan

bisnis online

Tidak kebayang deh, berapa biaya yang perlu kamu keluarkan ketika memutuskan untuk membuat sebuah toko fisik. Belum biaya sewa bangunan, urus ijin usaha, menyediakan stok barang, bahkan menyediakan uang tambahan bila nantinya kamu memutuskan untuk menggunakan jasa kariawan.

Jika kejadiannya seperti itu, bisa-bisa kamu rugi di awal deh! Ya kalau cepat balik modal, kalau ternyata strategi kamu salah dan bisnis tidak berkembang gimana?

Untung saja jika kamu memutuskan untuk mengembangkan bisnismu secara online, maka kamu tidak perlu pusing mengenai biaya awal yang perlu dikeluarkan. Kembali pada poin yang pertama, dimana kamu dapat menciptakn bisnis online tersebut sesuai dengan platform yang kamu inginkan.

Ketika kamu  memilih untuk meggunakan media website toko online, maka kamu hanya memerlukan modal pembelian hosting dan domain website saja. Serta jasa desain website untuk mempercantik tampilan website toko onlinemu (Opsional).

Atau, kalau kamu memilih menggunakan forum jual beli dan sosial media, maka kamu dapat mengeluarkan modal yang lebih minim. Sangat minim bahkan bisa-bisa hanya memerlukan modal untuk membeli koneksi internet saja.

3# Fleksibel dalam waktu

time for money

Inilah yang menjadi keuntungan jika kamu memutuskan untuk menjalankan bisnismu secara online. Jika kamu memilih untuk menggeluti bisnis tidak secara online, maka dipastikan kamu tidak akan memiliki waktu yang banyak. Hal ini tentu saja dikarenakan waktumu akan tersita untuk mengurus dan mengelola hal-hal yang berkaitan dengan bisnismu.

Hal diatas tidak akan berlaku bagi mereka yang memilih untuk menjalankan bisnis mereka secara online. Mereka tidak akan terikat oleh waktu, bahkan jika waktu tersebut dipergunakan untuk mengelola bisnis mereka. Para pelaku bisnis online, biasanya memiliki waktu yang lebih untuk menjalankan aktivitas lain.

Bahkan ketika sedang berbisnis, mereka tetap dapat mengerjakan hal lain. Hal tersebut tidak tanpa alasan, melainkan karena ruang lingkup bisnis online yang sangat fleksibel terhadap waktu. Hal ini memungkinkan mereka dapat berbisnis sembari mengerjakan aktivitas lainnya.

Bayangkan saja, cara bekerja orang yang menggeluti bisnis online hanya memerlukan modal gadget. Jadi, mereka tidak harus berdiam diri di depan di depan komputer dari pagi hingga pagi. Pelaku bisnis online dapat melakukan kegiatan apapun yang mereka suka.

Bahkan tidur-tiduran sambil nonton televisi, asalkan mereka tidak jauh dari yang namanya gadget (Komputer, laptop, android) karena mereka hanya perlu “bekerja” pada saat ada panggilan masuk di perangkat gadget mereka.

Fleksibilitas dalam segi waktu ini sangat menguntungkan. Oleh karenanya, tak jarang pelaku bisnis online banyak berasal dari kalangan sibuk (Pekerja kantoran /Mahasiswa) yang membutuhkan waktu lebih banyak, selain untuk mengurus bisnis mereka.

Jika kamu tertarik untuk menggeluti bisnis online, sepertinya tidak ada lagi yang perlu kamu khawatirkan. Sebab, dilihat dari kelebihannya, kamu dapat berbisnis tanpa kehilangan pekerjaan utama kamu.

4# Tidak perlu keahlian khusus

bisnis online

Banyak orang yang mengurungkan niatnya untuk menjalankan bisnis online, hanya karena mereka takut karena tidak memiliki keahlian khusus.

Mereka mengaku tidak memiliki keahlian khusus di bidang bisnis, pemasaran, bahkan ada juga yang takut menjalankan bisnis online karena tidak memiliki basic di bidang teknologi dan internet. Jika kamu berpikiran seperti itu, maka kamu nyaris saja kehilangan kesempatan emas untuk menjadi orang sukses.

Meskipun kamu tidak memiliki keahlian khusus, namun hal tersebut jangan sampai menyurutkan niatmu untuk mengembangkan bisnis secara online ini.

Pintar internet atau tidak, bukanlah kuci dalam menggeluti bisnis online. Tekat yang bulat adalah kuncinya!

Kalau kamu benar-benar serius ingin menjalankan bisnis online, maka kamu hanya perlu menyiapkan apa yang ingin kamu tawarkan kepada konsumen. Baik itu berupa produk atau bisa juga berupa jasa.

Langkah selanjutnya kamu hanya perlu menyiapkan media (Tokomu di dunia maya), media tersebut bisa berupa website, forum jual beli, atau sosial media. Jika hal tersebut sudah terpenuhi maka selanjutnya kamu hanya perlu gencar dalam mempromosikan produk atau jasa tersebut.

Jika kamu terus takut karena tidak memiliki keahlian dalam bidang bisnis, atau teknologi, maka impian bisnismu akan menjadi impian selamanya. Ayo segera realisasikan mimpimu, agar tidak sekedar menjadi mimpi dan angan-angan belaka!

5# Cakupan bisnis yang semakin luas

bisnis online

“Saya kok takut bisnis online, nanti malah tidak laku” Hal tersebut banyak diungkapkan mereka yang tidak serius!

Jika kamu serius menggeluti bisnis online, sudah dipastikan kalimat tersebut tidak akan pernah terpikirkan. Lagipula kamu memang tidak perlu kawatir tentang hal ini, pasalnya bisnis online menawarkan sebuah kesempatan untuk balik modal 1000Kali alias kesempatan untuk menjadi orang sukses.

Di tahun 2017 ini saja, internet sudah mencatat lebih dari 1Miliar pengguna. Meski tidak ada jumlah pasti berapa pengguna internet saat ini, tapi sudah pasti penggunanya sangat banyak. Pengguna internet didominasi oleh banyak kalangan, baik dari anak-anak, remaja, dewasa, bahkan orang tua sekalipun banyak yang menggunakan internet.

Jumlah tersebut juga berasal dari berbagai macam daerah, negara, dan benua. Ini memang wajar terjadi, karena internet merupakan media yang menghubungkan seluruh manusia di dunia, tanpa terkecuali.

Jika cakupannya adalah seluruh dunia, kenapa kamu harus takut bisnismu tidak berkembang?

Perlu ditekankan sekali lagi, bahwa internet merupakan media yang menghubungkan seluruh manusia di seluruh dunia. Jika sudah seperti itu, maka dipastikan produk atau jasa yang kamu tawarkan secara online, akan berkesempatan dilihat oleh mereka yang menggunakan internet di seluruh dunia.

Jika produk atau jasa yang kau promosikan dapat dilihat oleh seluruh masyarakat dunia, maka bukan tidak mungkin jika mereka akan tertarik untuk menjadi konsumen dari produk atau jasa yang kamu tawarkan.

Kelebihan internet yang satu ini, sudah banyak dilirik oleh perusahaan-perusahaan yang semula menawarkan produk mereka secara offline. Banyak perusahaan kini yang mulai beriklan secara online, hal tersebut tentu saja karena mereka sadar bahwa peluang di internet sangat besar.

Jika perusahaan besar saja sudah melirik kelebihan internet untuk mempromosikan produk dan jasa mereka, maka kamu juga harus jeli dan mulai mengembangkan bisnis onlinemu dan menawarkan produk atau jasa yang kamu miliki secara online dari sekarang!

Jangan takut bersaing dengan perusahaan besar !

Banyaknya perusahaan besar yang mulai beriklan secara online, jangan sampai menjadikan kamu takut untuk memulai bisnismu secara online hanya karena takut bersaing.

Keberadaan perusahaan besar memang dinilai cukup menakutkan, terutama mereka memiliki dana yang lebih banyak untuk beriklan dibandingkan dengan kamu yang baru saja memulai menjalankan bisnis online ini. Akan tetapi, jumlah pengguna internet yang banyak dan terus bertambah sepertinya sangat menguntungkan buat kamu.

Meskipun perusahaan besar memiliki pelanggan online yang tetap, tapi tidak menutup kemungkinan kamu dapat menjaring lebih banyak lagi konsumen online.

Ketimbang kamu takut bersaing dengan mereka, lebih baik kamu jadikan mereka sebagai contoh yang dapat memotivasi kamu. Melihat dan meniru “Ritual” mereka dalam mempromosikan produk atau jasa, sepertinya sangat berguna untuk kemajuan bisnis onlinemu kelak.

6# Bisa dijalankan dengan modal yang sangat minim

bisnis online

Tidak jarang orang takut memulai bisnis, hanya karena mereka tidak memiliki modal dalam memulai bisnis tersebut. Tapi tenang, buat kamu yang ingin dan serius dengan bisnis online, sepertinya bisnis ini dapat dijalankan meskipun dengan modal yang sangat-sangat minim sekalipun.

Pertama-tama kita akan bahas dulu mengenai modal untuk menyediakan produk yang akan dijual. Kalau kamu tidak memiliki modal banyak, kamu dapat mencoba untuk menjadi seorang reseller dengan menjual kembali produk milik orang lain, atau bisa juga menjadi dropshiper sehingga tugas kamu hanya mengiklankan produk milik orang lain dan selebihnya biarkan pemilik barang menyelesaikan tugasnya.

Menjadi dropshipper adalah salah satu yang direkomendasikan untuk pemilik modal minim. Hal tersebut dikarenakan menggeluti bisnis yang satu ini, kamu bahkan tidak perlu mengeluarkan modal sama-sekali, hanya modal koneksi internet saja yang perlu kamu penuhi, selain itu tugas kamu memang sangat mudah yakni hanya perlu memromosikan produk orang lain saja.

Lanjut untuk masalah media promosi, kita semua tahu bahwa membuat website adlaah hal yang tidak murah. Maka dari itu, buat kamu pemilik modal minim, dapat memanfaatkan media sosial saja sebagai media promosi bisnis barang maupun jasa yang kamu miliki.

Jadi kamu dapat membuat sebuah akun di salah-satu media sosial yang menurutmu paling menjanjikan (Banyak digunakan oleh orang Indonesia, dan banyak digunakan di seluruh dunia). Setelah kamu membuat akun di media sosial tersebut, kamu dapat memanfaatkannya sebaga media pengiklan yang gratis, mudah dan tertarget.

Di atas sudah jelas sekali, bahwa minimnya modal tidak bisa menjadi alasan buat kamu yang ingin menjalankan bisnis online. Kalau kamu benar-benar niat, pasti jalan yang kamu tempuh akan sangat mudah dan menyenangkan.

7# Pengguna internet sudah percaya transaksi online

black and white

Ini dia salah-satu alasan penting mengapa bisnis online sangat dianjurkan di tahun 2017 ini. Kalau dulu, pengguna internet rasanya akan ragu ketika mendengar kata “Transaksi online”, bahkan pengguna internet cenderung menghindari hal tersebut.

Hal ini bukan tanpa alasan, sebelum era belanja online berjaya, keamanan di bidang transaksi online rasanya sangat buruk sekali. Kekurangan ini dimanfaatkan oleh banyak oknum untuk menipu dan meraup keuntungan di tengah buruknya sistem jual beli di masa itu.

Dikarenakan buruknya sistem jual beli online pada masa itu, pengguna internet menjadi sangat anti terhadap bisnis online, maupun transaksi online. Mereka berpendapat bahwa semua transaksi yang ada di internet adalah penipuan. Namun, kini hal tersebut rasanya tidak berlaku lagi. Pengguna internet dapat melakukan transaksi dengan aman dan nyaman meskipun mereka tidak bertatap langsung dengan si penawar produk atau jasa di Internet.

Pengguna internetnya sudah semakin percaya dengan perkembangan jual beli yang ada di internet. Banyak orang kini malah lebih memilih bertransaksi online ketimbang offline, alasan mereka memilih transaksi online dikarenakan mudah, dan prosesnya juga cepat.

Hal ini tentu sangat menguntungkan untuk kamu yang mau memulai bisnis online, dengan banyaknya orang yang sudah percaya dengan sistem online, sepertinya kamu tidak perlu bingung lagi mengenai siapa yang akan menjadi pelangganmu di kemudian hari.

Namun penting untung di ingat. Meskipun banyak orang sudah percaya tentang transaksi dari jual beli online, kamu jangan sampai mengecewakan mereka! Karena kalau satu saja pedangan online mengecewakan konsumennya, maka itu akan berimbas bagi pedagang online yang lain.

8# Bisnis online bisa dijalankan kapan saja dan dimana saja

notebook in garden

Selanjutnya yang tidak kalah asyik dari menjalankan bisnis online ini, adalah kamu dapat berbisnis dimana saja, dan kapan saja kamu mau. Karena pada dasarnya bisnis online ini menggunakan media internet, jadi kamu dapat tetap berbisnis selama disekitarmu tersedia perangkat yang dapat mengakses internet.

Hal ini sangat menguntungkan, terutama bagi kamu yang melakukan bisnis ini sebagai pekerjaan sampingan. Kamu dapat mengelola bisnis tersebut dari kantor, kampus, atau bahkan ketika kamu sedang liburan.

Oleh karenanya, kamu wajib memiliki sebuah laptop atau ponsel untuk melakukan promosi iklan, serta sekedar mengecek apakah ada konsumen atau tidak. Dengan kemudahan ini, kamu tidak akan tertekan dengan bisnis barumu dan tetap dapat beraktivitas apapun sambil mengembangkan bisnis.

9# Bisnis online tidak hanya sekedar jual produk dan jasa

team business

Sebelum memulai bisnis online, ada lagi nih yang perlu dan wajib kamu ketahui! Bisnis online itu sangat luas sekali, tidak hanya menjual produk atau jasa saja, apapun bisa dijadikan bisnis di internet. Kebanyakan orang mengira bisnis online hanyalah menjual produk atau jasa seperti yang saya jelaskan pada poin-poin sebelumnya. Padahalnya, kamu tetap dapat berbisnis online, meskipun tidak memiliki produk atau jasa untuk ditawarkan.

YA! Benar sekali.

Kamu masih dapat berbisnis, salah satunya dengan membuat sebuah blog personal dan memuat tulisan berdasarkan ide-idemu di sana, atau kamu juga bisa menjadikan Youtube sebagai media bisnis onlinemu. Hal tersebut dapat dikatakan sebagai bisnis, karena kamu akan memperoleh uang dari kegiatan tersebut. Jika kamu bertanya darimanakah sumber uang yang akan kamu dapatkan, maka IKLAN adalah jawabannya.

Setelah blog, website, atau youtubemu terkenal, kamu akan mendaftarkannya untuk bekerja sama dalam mempublikasikan iklan, dan dari iklan tersebutlah kamu akan mendapatkan uang. Jadi sudah jelas sekali ya, bahwa bisnis online itu sangat luas jangkauannya dan dapat dikerjakan oleh siapa saja dan dari kalangan manapun.

10# Cocok dijalankan oleh siapapun

Tidak seperti bisnis pada umumnya, bisnis online dapat dan sangat cocok dijalankan oleh semua orang dari kalangan manapun.

Keuntungan ini sangat baik jika dimanfaatkan oleh mereka-mereka yang masih berstatus pelajar, mahasiswa, maupun ibu rumah tangga. Bahkan sudah banyak berita-berita mengenai kesuksesan tentang bisnis online yang dijalankan oleh kalangan seperti yang disebutkan tadi.

Jika kamu benar-benar serius untuk mendapatkan uang dari internet, atau mungkin impian kamu adalah menjadi sukses dengan modal terbatas, saya rasa bisnis online adalah pilihan yang terbaik untukmu, terutama di tahun 2017 ini yang memberikan kemudahan di bidang akses internet.

Baca Juga : Ingin Dapat Duit Tambahan? Yuk Coba Ikutan Bisnis Via Online

Di atas merupakan alasan mengapa bisnis online sangat disarankan untuk dijalankan di tahun 2017 ini, dengan begitu banyak kemudahan dan keuntungan yang akan menghampiri kamu, sepertinya kamu jangan sampai kelewatan untuk mecoba salah satu peluang sukses dari internet ini.


Loading...
Baca selengkapnya

Saya suka menulis jika ditemani segelas kopi.

Artikel terkait

One Comment

  1. saya pribadi mengutamakan alasan bahwa bisnis online bisa di lakukan sembari dengan pekerjaan utama, apalagi peluang bahwa bisnis online bisa memberi keuntungan lebih, daripada gaji sebagai karyawan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close