Internet

Mengapa WhatsApp Pay Tak Kunjung Meluncur di India?

Facebook, Inc. adalah salah satu perusahaan yang mengandalkan pemasukannya dari iklan. Namun makin ke sini, pihak perusahaan makin sadar bahwasanya iklan tidak bisa diandalkan selamanya untuk keberlangsungan bisnis perusahaan.

Hasilnya, perusahaan pimpinan Mark Zuckerberg itu mulai terjun ke bisnis pembayaran digital dengan mengujicobakan WhatsApp Pay di India. India dipilih sebagai tempat uji coba karena negara tersebut memiliki basis pengguna WhatsApp yang begitu besar.

Baca juga: Facebook Luncurkan WhatsApp Pay di Negara Brasil

Mengapa WhatsApp Pay Tak Kunjung Meluncur di India?

Sebagai tempat uji coba pertama, harusnya pihak Facebook meluncurkan WhatsApp Pay di negara India. Namun, ternyata mereka justru meluncurkan WhatsApp Pay di negara Brasil yang juga merupakan salah satu negara dengan basis terbesar pengguna WhatsApp.

Melansir dari XDA Developers (21/6/2020), alasan utama mengapa Facebook masih belum meluncurkan WhatsApp Pay di India dikarenakan masalah regulasi yang ada di negara tersebut yang sedikit menghambat pihak Facebook.

CCI (Competition Commission of India), telah mengajukan gugatan kepada Facebook bahwasanya mereka telah menyalahi posisi pasar di India dengan menawarkan layanan pembayaran digital di dalam aplikasinya. Menurut CCI, hal yang demikian itu tidak pantas dilakukan oleh Facebook.

Alasannya adalah WhatsApp Pay ditakutkan akan memonopoli pasar, karena mereka akan dominan dari para pesaingnya seperti Google Pay dan PayTM. CCI sendiri saat ini telah memerintahkan divisi investigasinya untuk melakukan penyelidikan lebih luas.

Masih melansir dari XDA Developers, sumber yang tidak ingin disebutkan namanya mengatakan bahwa kasus tersebut masih berada di tahap awal. Meski pihak CCI telah melakukan penyelidikan, hasil final juga belum dikeluarkan. Jika kasus ini masuh berada di tahap awal, maka peluncuran WhatsApp Pay di India pun juga akan semakin melambat.

Sebagai informasi, sebelum mengujicobakan WhatsApp Pay di India, pihak Facebook harus membangun pusat data terlebih dahulu dengan tujuan agar data dapat dilokalisasi di India saja. Saat ini sendiri, semua proses sudah berhasil dilakukan, dan mereka hanya perlu menunggu hasil penyelidikan dari CCI saja.

Baca juga: Brasil Sudah, Pihak Facebook Akan Bawa WhatsApp Pay ke Indonesia?

Terkait WhatsApp Pay ini, nama Indonesia juga disebut-sebut sebagai bidikan selanjutnya berdasarkan laporan Reuters. Dan apa yang disampaikan Reuters memang benar karena pihak Facebook telah menggandeng salah satu perusahaan pembayaran digital yang ada di Indonesia, yakni Gojek.


Loading...
Baca selengkapnya

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close