Bootloop pada Android

Inilah Cara Tepat Untuk Mengatasi Bootloop pada Android

Cara Mengatasi Bootloop pada Android – Hi pembaca yang setia. Bertemu lagi dengan si penulis. Smartphone memang kini sedang digemari oleh banyak pihak. Semakin lama , setiap vendor terus mengusung spesifikasi yang tinggi dan biaya yang murah. Dengan spesifikasi yang tinggi anda akan memiliki fitur yang canggih.

Tetapi secanggih-canggihnya smartphone, kadang sering mengalami masalah /error yang terjadi diluar dugaan. Salah satunya yang akan penulis bahas ini. Kali ini penulis akan membahas tentang mengatasi bootloop pada Android. Pertama-tama apakah anda mengetahui :

Apa itu Bootloop pada Android?

Bootloop pada Android

Bootloop itu adalah salah satu permasalahan pada piranti lunak genggam / Smartphone anda yang ditandai dengan kegagalan untuk masuk ke sistem, atau hanya menampilkan logo Android / Vendor yang berulang-ulang.

Intinya disaat anda mengaktifkan smartphone anda, yang anda temui hanya logo Android / vendor anda yang berhenti dan berulang-ulang. Anda tidak dapat masuk ke menu utama dan menjalankan aplikasi yang anda punyai contohnya saja Perpesanan, BBM, WA, Instagram dan lain sebagainya. Anda tidak perlu risau dan putus asa tentang hal ini.

Penyebab bootloop sendiri sebagian besar disebabkan oleh kegagalan sistem dalam sehingga perangkat android gagal untuk melakukan booting / start-up. Selain itu, bisa diakibatkan karena kesalahan pada saat proses root pada smartphone anda. Baik itu kesalahan merubah font, merubah boot animation, merubah file system Ui dan yang lainnya.

Jadi sebaiknya anda jangan root smartphone anda karena dalam jangka waktu panjang, smartphone anda juga bisa mengalami masalah yang tidak diduga.

Jenis-Jenis Bootloop pada Android

Ada 3 jenis bootloop pada Android yaitu Android Light Bootloop, Android Medium Bootloop, Android Hard Bootloop. Penulis akan menjelaskan satu per satu dari jenis-jenis bootloop yang ada.

Loading...
  • Android Light Bootloop

Yang pertama ini merupakan masalah yang paling ringan dari ketiga jenis tersebut. Biasanya tanda-tanda yang sering muncul yaitu ketika kamu bermain aplikasi yang ada di Android kamu, tiba–tiba Android kamu restart / reboot sendiri. Dan setelah itu, smartphone kamu tidak mau masuk kedalam sistem dan menu utama android malah hanya menampilkan logo ponsel /android anda saja.

Tidak hanya ketika kamu bermain aplikasi, disaat kamu menginstall aplikasi, melihat galeri yang ada di smartphone kamu. Biasanya juga bisa ditandai dengan blank screen

Cara Mengatasi Android Light Bootloop

Restart smartphone anda dan nyalakan kembali. Jika gagal, copot baterai anda dan lalu nyalakan kembali.

  • Android Medium Bootloop

Yang ini bootloop yang kerusakannya tingkat menengah. Biasanya terjadi ketika pengguna smartphone ingin mengotak-atik fitur yang ada pada Android, menginstall script yang tidak jelas. Lalu pengguna ingin masuk ke System Recovery.

Biasanya dilakukan oleh pengguna yang ingin melakukan proses rooting pada Smartphone mereka. Oh ya, System Recovery sendiri merupakan sistem yang paling penting pada perangkat Android anda.

Cara mengatasi Android Medium Bootloop :

Sebelum masuk ke system recovery, sebaiknya backup semua data-data yang penting. Sehingga jika ada data yang hilang, maka kita bisa me-restore / mengembalikan lagi data-data yang hilang tersebut. Biasanya menggunakan bantuan PC /Laptop untuk melakukan hal tersebut.

Hal itu bisa kita lakukan jika sebelumnya juga kita membackup ROM pada masing-masing Smartphone anda. Ketika anda belum pernah sama sekali membackup ROM anda, hal itu juga tidak bisa dilakukan. Hal yang anda tempuh berarti mencari ROM anda yang ada di internet. Karena masing-masing Smartphone memiliki ROM yang berbeda-beda.

  • Android Hard Bootloop

Yang terakhir ini merupakan masalah yang paling parah untuk diatasi. Ditandai dengan smartphone hanya stuck / berhenti pada logo ponsel / Android dan terus melakukan restart berulang-ulang kali. Atau bisa macet total. Itu disebabkan ketika kamu berusaha mengganti ROM yang ada di Android kamu tetapi kamu gagal melakukannya.

Cara mengatasi Android Hard Bootloop :

Ini sebainya dibawa ke Service Center terdekat. Tetapi jika anda mau anda bisa memperbaiki nya sendiri dengan melakukan factory reset. Masing-masing Smartphone memiliki cara yang berbeda-beda dalam melakukan factory reset.

Fungsi dari Factory Reset Sendiri diantaranya :

  1. Memperbaiki Bootloop pada Android
  2. Memperbaiki kerusakan ketika menginput script
  3. Mengatasi bila Anda lupa PIN, Password
  4. Kerusakan-kerusakan software Android lainnya.

Referensi lainnya : Ketahui Penyebab Kinerja Smartphone Android Sangat Lambat

Tips dari penulis sendiri jika anda tidak mau mengalami bootloop yaitu

  1. Jangan melakukan hal-hal aneh pada Android anda jika anda tidak tahu cara melakukannya secara men-detail
  2. Menurut penulis, jangan sekali kali anda melakukan proses rooting pada Android anda. karena efek jangka panjangnya, Smartphone anda mengalami masalah-masalah yang tidak diinginkan
  3. Jangan melakukan proses yang berat pada Android anda
  4. Jangan menginstall script yang tidak jelas dan tidak anda ketahui penggunaanya

Belilah Smartphone dengan spesifikasi yang mumpuni karena anda dapat menikmati fitur-fitur yang canggih tanpa anda harus melakukan proses rooting dan akhir-akhirnya bootlop pada Android kesayangan anda.


Loading...

Bagikan

andryan19

Penulis

Nama saya Andryan Sulistyo dan saya masih duduk di kelas 12. Hobi saya yakni Futsal dan Basket

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *