Tekno

Mengatasi Game PC Lag Pada Komputer dengan Spesifikasi Rendah

Game PC Lag – Bermain game PC adalah kegiatan yang menyenangkan apalagi sekarang banyak sekali jenisnya. Selain bermain sendiri kita juga bisa bersaing dengan pemain lainnya. Namun kegembiraan dan keseruan akan menjadi menyebalkan jika tiba-tiba game PC lag.

Dalam keadaan ini bermain game jadi terganggu dan menyebabkan kita kalah.

Nah, untuk mengatasi supaya hal ini tidak terjadi maka Anda bisa ikuti tips mengenai mencegah game PC lag. Tips tersebut akan dibahas di sini.

Cara Mencegah Game PC Lag

Sebuah masalah yang terjadi pada PC semuanya bisa diperbaiki oleh Anda sendiri.

Kebanyakan masalah terjadi karena spesifikasi RAM laptop/ komputer yang kurang besar, dan cara menggunakan perangkat yang kurang baik.

Masalah game PC yang mengalami lag bisa disebabkan oleh berbagai hal. Seperti hardware PC kurang memadai, grafik game kurang stabil, dan sebagainya.

Langsung saja sekarang lihat cara-cara untuk mencegah game PC lag di bawah ini.

1. Atur Grafik Game

Mengatasi Game PC Lag
Image : game-debate.com

Grafik game memiliki banyak pilihan resolusi seperti normal, very high, soft, dan lain sebagainya.

Apabila ukuran grafik game terlalu tinggi maka dapat menyebabkan game menjadi lag. Maka untuk mencegahnya maka setting semua menjadi low atau normal.

Dengan melakukan pengubahan setting tersebut memang akan membuat grafik game jadi tidak bagus lagi.

Bagi beberapa orang mungkin akan merasa kurang suka tapi mau bagaimana lagi, jika memang cara ini bisa membuat game tidak lag.

Apabila setting low sudah terasa lebih lancar Anda bisa meningkatkan lagi kualitasnya menjadi normal atau mid.

Penyettingan seperti ini akan membuat kinerja dari RAM, processor, dan VGA komputer Anda lebih lega.

2. Upgrade Hardware

Beberapa hal yang membuat game PC lag adalah karena hardware dari perangkat yang Anda gunakan spesifikasinya masih rendah.

Banyak game PC yang memiliki resolusi besar sehingga membutuhkan perangkat yang spesifikasinya juga besar.

Mengupgrade hardware memang membutuhkan biaya tapi bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan budget yang Anda miliki.

Tidak perlu membeli VGA, dan prosesor yang tinggi jika game yang Anda mainkan tidak terlalu berat.

BacaPanduan Lengkap Untuk Membeli VGA (Kartu Grafis)

Namun jika harga untuk upgrade hardware sangat mahal lebih baik beli laptop yang memang sesuai dengan spesifikasi yang dibutuhkan.

3. Gunakan Game Booster

Game booster merupakan sebuah aplikasi yang memiliki fungsi untuk membuat lag pada game hilang. Dengan menggunakan aplikasi atau software ini maka PC akan lebih fokus memaksimalkan performa game.

Namun terkadang software ini tidak berguna apabila spesifikasi perangkat yang laptop milik Anda masih terlalu rendah. Akan tetapi tidak ada salahnya untuk dicoba dulu.

4. Ubah Mode Baterai

Baterai laptop Anda memiliki mode yang dapat diubah. Ketika memainkan game berat maka ubah modenya menjadi high performance.

Dengan mode tersebut akan membuat kinerja CPU jadi lebih cepat. Dampak lag dalam sebuah game juga bisa berkurang atau hilang.

Namun menggunakan mode ini memiliki kekurangan, yaitu baterai laptop Anda akan lebih cepat terkuras.

Namun hal ini bukan masalah besar karena Anda bisa sambil charge baterainya.

Cara mengubah mode baterai adalah dengan klik kanan dari ikon baterai. Selanjutnya pilih opsi Power Option lalu pilih Show Additional Plans. Kemudian beri tanda centang pada pilihan High Performance.

5. Matikan Fitur Vsync

Vsync merupakan program milik VGA yang kegunaannya adalah meningkatkan kualitas grafis. Dengan memanfaatkan fitur ini maka kinerja dari RAM, VGA, dan prosesor PC Anda akan menjadi semakin berat.

Jadi langkah untuk mengatasinya adalah dengan mematikan fitur Vsync. Terutama jika PC Anda ada dalam kelas low atau mid. Jika spesifikasi PC Anda besar maka tidak masalah untuk menggunakan fitur ini.

Ada harus menyadari sendiri, apabila terjadi masalah ketika bermain game berarti ada yang salah dengan perangkat Anda.

Ada dua cara yang bisa dilakukan untuk membuat fiturnya mati, yaitu dengan melakukan setting grafik langsung pada game dan melalui control panel VGA.

6. Tutup Aplikasi Tidak Perlu

Semakin banyak aplikasi yang dibuka ketika Anda bermain game maka membuat game PC lag. Maka dari itu Anda harus menutup semua aplikasi yang telah digunakan dan fokuskan pada game saja.

Dengan begitu fokus dari kinerja CPU hanya akan bekerja pada performa game. Cara untuk menghilangkan aplikasi atau software yang bekerja di background adalah membuka Task Manager.

Selanjutnya masuklah tab Proccess. Selanjutnya pilih mana aplikasi akan dihentikan lalu klik End Task.

Matikan beberapa aplikasi saja jangan semuanya karena beberapa diantaranya merupakan proses dari Windows yang jika ditutup akan merusak kinerja.

7. Hindari PC yang Panas

Mengatasi Game PC Lag
Image : videoblocks.com

Apabila terlalu lama bermain game akan membuat PC Anda jadi panas. Hal ini juga dapat menyebabkan adanya gangguan pada game.

Cara untuk menghindari masalah ini adalah dengan menggunakan cooler di bawah laptop atau liquid cooler pada prosessor komputer.

Cara sederhana ini bisa memberikan dampak yang besar bagi kinerja sebuah game.

8. Stabilkan Ping

Ping yang rendah ketika bermain game online akan membuat permainan lancar tanpa lag sama sekali. Dengan ping maka konektivitas dapat membaik sehingga tidak membuat game tersendat ketika dimainkan.

Ping rendah ini dapat disebut juga sebagai ping stabil. Cara untuk mengaturnya adalah dengan memberikan perintah pada command prompth di PC Anda.

Cara memberikan perintahnya adalah sebagai berikut.

  • Tekan CTRL sekaligus dengan tombol R. Selanjutnya ketik CMD.
  • Setelah CMD terbukasekarang masukkan perintah dengan mengetik IPCONFIG setelah itu klik Enter.
  • Sesudah itu nanti akan muncul perintah command otomatis. Sesudah itu tambahkan perintah dengan menuliskan “Ping(IP Anda) -t”. Tulis tanpa tanda kutip lalu untuk alamat IP bisa Anda lihat pada IP Address.
  • Selesai, game online Anda akan lebih lancar dibandingkan sebelumnya.

9. Matikan Fitur Tidak Berguna

Di dalam game PC yang Anda mainkan terdapat banyak sekali fitur tapi tidak semuanya diperlukan oleh Anda. Makanya, agar terhindar dari game PC lag, matikan fitur yang tidak berguna tersebut.

Contohnya adalah fitur efek visual dan animasi. Dengan menonaktifkannya akan membuat performa dan kinerja PC jadi lebih baik.

10. Matikan Auto Update Software

Auto update software yang berjalan pada mesin pencari seperti Google Chrome atau Mozilla Firefox akan mempengaruhi koneksi internet. Internet akan lambat, macet, dan kurang stabil.

Apabila Anda sedang bermain game online maka ada beberapa program yang bisa meng-update sendiri dalam background.

Jika seperti itu maka koneksi internet akan terbagi, jadi game Anda bisa berhenti merespon. Masuk ke menu setting di setiap mesin pencari lalu cari setelan Auto Update dan pilih Disable.

11. Upgrade atau Downgrade Windows

Pada beberapa Windows ada fitur tidak berguna yang sering berjalan, contohnya pada Windows 10.

Di Windows 10 banyak sekali fitur baru yang menyebabkan berkurangnya kinerja dan performa PC Anda. Salah satunya menyebabkan game lag.

Apabila pada driver tidak ada masalah maka bisa saja sistem operasi Anda yang menyebabkan game lag terjadi. Jadi lebih baik downgrade saja ke Windows 7. Sistem operasi ini lebih cocok digunakan pada spesifikasi PC yang biasa.

Nah, demikianlah informasi mengenai cara mengatasi game PC lag. Jadi Anda bisa bermain game online maupun offline dengan nyaman, bahkan menang.

Silahkan coba satu per satu caranya, pasti akan ada yang bisa memecahkan masalah Anda.


Loading...
Baca selengkapnya

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close