Ulasan Bisnis

Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga dengan Bijak

Masa depan adalah hal yang belum diketahui oleh siapapun, maka dari itu sudah sepantasnya setiap orang harus mempersiapkannya sebaik mungkin dan sebijak mungkin agar tidak mengalami hal yang tidak diinginkan nantinya. Salah satunya adalah dengan cara mengatur keuangan yang bijak sehingga tidak akan menemui kesalahan yang fatal suatu saat nanti.

Karena apabila kita mengambil kesalahan yang fatal mulai dari saat ini juga, maka kita nantinya akan menemui hal sulit dalam hidup dan juga akan menemui ketidak berdayaan.

Karena banyak orang yang masa mudanya tidak bisa memanajemen waktu dengan baik sehingga mereka tidak bisa mendapatkan kedamaian di masa tuanya. Salah satunya adalah buruknya memanajemen ekonomi yang sepele, seperti contohnya mengatur keuangan rumah tangganya.

Nah pada kesempatan kali ini saya ingi membahas mengenai tips dan cara mengatur keuangan dengan bijak dan juga terarah. Untuk mengetahui bagaimanan saja caramengaturnya, silahkan simak pembahasanya dibawah ini.

Mengatur keuangan rumah tangga secara bijak

Mungkin Anda pernah merasakan gajian sedikit, buat bayar ini bayar itu, buat cicilan dan tagihan dimana mana. Ada banyak sekali tanggungan biaya sekolah anak, biaya lain sebagainya tentunya membuat Anda pusing bukan?. Jika ya, maka hal yang harus Anda lakukan adalah belajar mengelolanya dengan sebaik mungkin saat anda mendapatkan pendapatan di hari pertama gajian.

Jadi apabila belum gajian lagi tetapi uang sudah habis, maka ada yang perlu dipertanyakan dalam diri anda, sehingga akan menjadi bisa lebih baik lagi dalam memanjemen keuangan dengan sebaik-baiknya.

1. Selalu catat pemasukan dan pengeluaran

Mengatur Keuangan Rumah Tangga

Mungkin Anda merasa uang anda segera habis, padahal gajian aja belum lama , jika seperti itu cobalah untuk melacak pendapatan Anda seberapa dan pemasukan Anda juga seberapa. Sehingga hal ini akan memudahkan dalam mengelola keuangan tersebut diatas.

Loading...

Jadi saat ada pemasukan alangkah baiknya dicatat dan saat ada pengeluaran juga di catat. Sehingga dapat dengan mudah diketahui mana sajakah pengeluaran terbanyak yang mampu menjadikan diri kita menjadi cepat boros. Saat ada pengeluaran yang bisa menjebol kantong saku anda, maka itu bisa ditekan dengan seminimal mungkin. Sehingga tak akan perlu kewalahan lagi kedepannya.

Namun jika tidak punya banyak waktu soal ini, sekarang bisa menggunakan aplikasi di smartphone yang dapat digunakan untuk melacak biaya pengelualaran dan pemasukan rumah tangga. Bahkan pada beberapa seri HP jadul zaman dulu juga biasanya terdapat aplikasi semacam ini. Sehingga lebih praktis digunakan lagi kedepannya untuk menghitung biaya pemasukan dan pengeluaran bulanan.

Ini adalah soal kepedulian denga keuangan diri Anda sendiri, sehingga Anda akan tahu sendiri tentang seberapa besa kemampuan kita dalam menghasilkan uang dan juga seberapa banyak uang dalam menghabiskannya sebulan.

2. Batasi angpau

Mengatur Keuangan Rumah Tangga

Ya ini memang sering kali menjadi hal yang sangat menyulitkan dan menjadi beban. Walaupun bukan menjadi sesuatu yang wajib, namun karena rasa sosial yang tinggi bisa tercermin dari hal ini.

Misalnya saat Anda lebaran, pasti saat banyak saudara datang dan banyak memiliki anak kecil, Anda habiskan untuk memberikan uang.

Walaupun jumlahnya tidak banyak tapi kalau pun saudaranya banyak maka uang yang dikeluarkan banyak juga kan?

Setidaknya hal itu harus diperhatikan dengan baik, misalnya dengan menyiapkan tabungan khusus untuk berbagi dengan orang lain dan biaya mendadak. Hal ini bisa anda lakukan jauh-jauh hari, misalnya 10 bulan menjelang lebaran anda sudah menyiapkannya. Sehingga tidak akan merasakan berat suatu saat nanti dimana Anda harus banyak berbagi.

Selain itu, saat teman Anda atau orang disekitar tempat anda banyak sekali yang mengirimi undangan pernikahan, ataupun mengirimi undangan khitanan, maka Anda harus punya uang cadangan pula. Dan biasanya lebih banyak lagi pada bulan setelah ramadan dan bulan muharram. Maka dari itu, jauh-jauh hari  seharusnya sudah mempersiapkan hal itu sebaik mungkin.

Bijak memberi angpao

Jadi bijak dalam memberikan angpau juga penting, karena pada hal ini kadang datang tanpa di sangka-sangka. Bisa saja satu dalam satu minggu sudah ada 5 orang yang memberikan undangan kepada anda untuk menghadiri resepsi pernikahan.

Apabila tidak punya uang simpanan khusus untuk hal ini maka anda jebol sakunya, apabila tidak datang rasanya gak enak juga. Masa sama tetangga sendiri tidak bisa memberikan apapun. Tetapi kalau mau datang gak punya uang juga. Kan repot….

3. Batasi penggunaan kartu kredit, dan sebijak mungkin dalam menggunakan

Mengatur Keuangan Rumah Tangga

Kartu kredit memang tak jauh berbeda fungsinya dengan kartu debit, namun cara kerjanya sebenarnya sama. Kalau anda tidak hati-hati dalam menggunakannya maka akan kehilangan banyak uang nanti. Karena bila salah menggunakan akan menjadikan anda konsumtif dalam membelanjakan sesuatu.

Maka dari itu ada yang bilang lebih baik menyimpan uang yang sederhana di bawah kasur daripada di bank, karena kalau di banka semuanya akan mudah habis sehingga kita bisa memiliki sikap boros. Belum lagi untuk potongan ini dan potongan itu sehingga kita cepat terkuras uangnya. Namun ini kembali kepada diri Anda masing masing, kalaupun anda bisa menghemat maka uang anda justru bisa semakin banyak lagi kedepannya.

Bila anda pandai memilih progam kerja kartu kredit yang bagus dan memberi banyak kemudahan, maka anda akan semakin irit dalam pembelanjaannya. Misalnya bisa bayar tagihan dengan diskon tertentu, beli barang dengan harga termurah. Serta menggunakannya untuk bayar barang yang di kredit terlebih dahulu di toko online tanpa ada potongan biaya dan bunga apapun.

Tak hanya itu kartu kredit juga menawarkan berbagai jenis promo, cash back, dan berbagai point yang dapat digunakan sebagai alat pembelian sesuatu.

Jadi dengan memanfaatkan hal seperti ini asalan anda bijak, maka Anda akan mendapatkan banyak keuntungan sebenarnya. Sehingga anda tidak keberatan lagi dalam mengeluarkan banyak uang untuk beli sesuatu barang.

Selain itu memanfaatkan internet banking juga perlu di coba di zaman serba internet ini, karena sekarang kayaknya gak zaman lagi apabila mau transfer aja antre di bank. Selain menhabiskan banyak waktu, buat ongkos bolak balik juga bisa menguras kantong anda. Maka dari itu menggunakan internet banking juga merupakan salah satu cara mengatur keuangan yang bijak.

Baca juga: Contoh peluang bisnis dengan modal minim

4. Mari menabung mulai dari sedikit demi sedikit

Saya tahu mungkin kebutuhan diri anda semakin banyak dan bertambah banyak, namun jangan pernah menjadikan diri anda tidak memiliki simpanan untuk masa tua nanti. Karena bagaiamanapun juga masa tua adalah masa yang bukan berproduktif lagi dalam melakukan apapun. Iya sih kalau Anda punya dana pensiun atau dana simpanan hari tua, bayangkan kalau tidak. Anda justru sangat kerepotan bukan untuk membuat pemasukan suatu saat nanti.

Menyisihkan setidaknya 5% dari penghasilan bulanan sebagai simpanan untuk hari tua nanti adalah salah satu cara mengatur keuangan yang bijak yang dapat Anda lakukan dirumah tangga anda. Misal penghasilan Anda perbulan 5 juta, maka Anda bisa menyisihkan sekitar 50.000 perbulan sebagai simpanan untuk masa tua nanti.

Tapi yang perlu Anda lakukan adalah jangan menggunakan uang itu walaupun sangat butuh uang tersebut. Gunakan saja saat sudah masa tua nanti.

Jadi ini jika Anda simpan di bank, maka Anda gunakan rekening yang berbeda sehingga tidak tercampur dengan tabungan masa kini. Hal ini juga untuk mencegah agar Anda tidak menggunakannya untuk keperluan lainnya. Atau anda juga bisa membuat tabungan deposito agar Anda tidak bisa mengambilnya kecuali dalam kondisi yang sudah ditetapkan waktunya.

Tapi karena bunga dari simpanan tabungan deposito ini besar maka Anda yang merasa agak takut dengan yang namanya riba, Anda bisa meninggalkan cara ini.

Persiapan hari depan

Mengatur Keuangan Rumah Tangga

Sebenarnya simpan dimanapun juga baik. Yang penting Anda merasa aman dengan tempat penyimpanannya itu, sehingga tidak merasa terbebani. Atau Anda juga bisa menggunakan jasa asuransi hari tua untuk memberi jaminan hari tua nanti. Ini lebih baik saat nantinya Anda benar-benar dijamin akan hal ini, sehingga tidak merasa kerepotan lagi dalam mengurus masa depannya nanti.

Jika seseorang memiliki kebiasaan menabung sejak kecil, tentunya sampai dia dewasa juga akan selalu menyisihkan pendapatannya. Karena dengan menyisihkan pendapatan maka bisa menjadi lebih longgar lagi kedepannya.

Saat ada kebutuhan yang tak disangka sangka. Jadi jika anda masih muda atau punya anak kecil , sebaiknya mulai sekarang ajarilah mereka untuk berhemat dan menyisihkan sebagian uangnya untuk di tabung. Ajarkan juga tentang pentingnya menabung bagi masa depan.

5. Buang semua pengeluaran yang tak diperlukan

Mungkin Anda punya impian tapi sebenarnya gak diperlukan, misalnya mengadakan pesta pernikahan yang begitu mewah hingga ratusan juta atau bahkan milyaran rupiah. Lebih baik digunakan dalam hal lain yang bermanfaat dengan cara mengadakan pesta yang sederhana tapi berkesan.

Atau Anda memiliki keinginan untuk perawatan kecantikan wajah yang begitu luar biasa ke luar negeri, biayanya pun mahal banget. Selain menguras tenaga dan uang yang sangat banyak, ini juga akan membuat diri Anda merasa terbebani sendiri. Maka dari itu perawatan dalam negeri yang natural dan tradisional juga tak kalah menarik untuk Anda coba, toh ini akan lebih menghemat uang bukan.

Memang sih bagi anda yang suka hidup glamour terutama Anda para cewek yang suka gatal tangannya setiap ada barang baru pre order di berbagai pusat perbelanjaan. Anda akan merasaka kecewa jika tidak bisa membeli, maka ini akan sangat sukar untuk dhilangkan kecuali dengan keinginan dan hasrat yang luar biasa.

Karena membeli barang yang hanya berdasarkan keinginan saja dan tidak berdasaarkan akan kebutuhan, akan menimbulkan pemborosan yang berkesinambungan.

Maka dari itu sekarang cobalah untuk berhemat dengan cara membuang semua pengeluaran yang tidak diperlukan lagi. Ini adalah tips mengatur keuangan yang patut Anda coba.

Karena semakin banyak pengeluaran yang Anda lakukan, maka akan mendapatkan keinginan untuk membeli lebih. Dan jika terjadi pembelian barang yang kurang berguna terus menerus tanpa ada rencana untuk memperbaikinnya. Maka ini akan semakin memperburuk dan menyudutkan kondisi perekonomian keluarga anda.

6. Bandingkan antara satu dengan yang lain

Tahukah Anda apa yang disukai oleh mereka para kaum ibu saat mereka berbelanja? Yapz mereka sangat suka untuk menawar apapun. Walaupun itu sudah sangat murah dibandingkan ditempat lain. Itu untuk tempat belanja tradisional, kalau di pusat perbelajaan modern seperti di mall, mart, supermarket, swalayan. Mereka juga membandingkan antara satu barang dengan barang lainnya dengan sangat teliti. Paling beli 200 ribu, tapi bisa sampe sejam lebih. Karena untuk mencari uang selisih 100 rupiah pun mereka mempertaruhkannya.

Yang mereka lakukan dengan membandingkan harga antara yang satu dengan yang lainnya adalah dengan maksud agar mereka tidak terlalu banyak menghabiskan uang pada struk tagihan pembelanjaan nantinya.

Jadi Anda harus bisa mencontoh mereka yang rela mengejar uang 100 rupiah ke tempat yang lebih jauh daripada harus membayar lebih. Karena 100 rupiah kali 10 barang saja sudah 1000 belum lagi dalam sebulan kan 30.000 kita keluarkan hanya untuk membayar selisih saja.

Ini adalah salah satu langkah mengatur keuangan yang perlu Anda lakukan sehingga tidak akan menjadi suatu masalah di akhir bulan nanti saat kondisi sulit. Sehingga sampai saat Anda gajian lagi, uang bulan kemarin masih tersisa padahal sudah di tabung banyak. Maka dari itu, membandingkan anatar satu produk dengan produk lain adalah hal yang dapat Anda lakukan saat melakukan pembelian suatu produk.

7. Bikin suatu target

Apa makudnya bikin suatu target? Maksudnya adalah dengan cara membuat suatu progam tertentu yang bisa Anda batasi dengan target yang dijadikan sebagai tujuan akhir. Setiap Anda melakukan sesuatu akan ada banyak hal yang bisa Anda buat seefektif mungkin.

Jadi Anda nggak akan bisa pergi terlalu jauh dari hal itu. Lalu apa hubungannya dengan mengatur keuangan? Tentu ada, Anda bisa lebih irit dalam melakukan pengeluaran dengan barang barang yang tidak diperlukan.

Salah satu penerapan ini Anda bisa membuat suatu list tentang target uang yang harus ada untuk pembelian sesuatu yang sedang Anda butuhkan. Anda bisa menargetkan hanya yang Anda inginkan dengan cara menganalisa pemasukan yang tepat dan pengeluaran bulanan. Anda akan menjadi lebih bisa menahan diri untuk tidak membeli barang atau produk itu sebelum anda memang memiliki uang sesuai target.

Misalkan anda ingin membeli sepeda motor baru dan penghasilan Anda adalah 6 juta per bulan misalnya. Anda dapat melakukan target dalam 6 bulan dengan uang seharga 18 juta untuk beli motor baru. Anda setidaknya harus menyisihkan setidaknya 50% / bulan dari penghasilan agar Anda bisa mendapatkan motor itu dalam 6 bulan. Atau anda bisa menargetkan dengan cara membuat kerja sampingan dengan target 3 juta perbulan, maka Anda harus capai target itu.

Dengan memiliki target seperti itu, Anda akan mendapatkan penghasilan yang lebih. Dari pada Anda harus kredit atau pinjam ke orang lain, pasti ada biaya lebih yang harus Anda kembalikan suatu saat nanti. Jadi yang harus Anda lakukan mulai dari sekarang adalah menetapkan target itu lalu capai target itu dalam waktu yang telah ditentukan. Apakah Anda bisa melakukan seperti ini? Mencoba adalah hal terbaik yang harus Anda lakukan sekarang juga.

8. Selalu rawat dengan baik

Rawat semuanya dengan baik, termasuk diri anda dan barang yang Anda miliki. Karena dengan merawat akan membuat kita lebih terkontrol dalam keungan kita, daripada ada suatu dadakan yang harus kita bayar saat itu juga.

Misalnya Anda tiba-tiba jatuh sakit akibat kurang suka merawat diri dan juga tidak memperhatikan masalah kebersihan lingkungan. Anda harus bisa mengatur keuangan sebaik mungkin untuk hal ini. Agar Anda tidak kaget saat ada biaya mendadak seperti saat tiba-tiba sakit.

Memang sih apabila kita sakit, itu datang secara tidak disangka sangka, secara mendadak dan tiba tiba kita langsung merasakan sakit. Tapi walaupun sakit adalah takdir yang memang harus menimpa kita suatu saat nanti. Maka yang perlu kita lakukan adalah perawatan secara berkela terhadap kondisi kesehatan tubuh kita. Selalu mengutamakan untuk mencegah daripada mengobati. Biaya pengobatan lebih mahal daripada biaya perawatan bukan?

Periksa kesehatan secara berkala

Mengatur Keuangan Rumah Tangga

Cara mengatur uang untuk hal ini yaitu dengan menjadikan uang yang kita peroleh untuk memeriksakan kondisi kesehatan kita secara berkala ke dokter. Kita tidak akan terbebani dengan kondisi yang tidak menguntungkan suatu saat nanti.

Jadi yang saat ini kalaian lakukan adalah meluangkan waktu dan sedikit biaya untuk perawatan diri kita. Maka dari itu, perawatan yang kita lakukan ini sangat penting demi kenyamanan diri kita suatu saaat nanti.

Selain perawatan tubuh kita, kita juga perlu menjadikan diri kita lebih suka merawat lingkungan dan juga perawatan barang barang yang kita mililki. Kalaupun kita tidak bisa merawat diri kita dan barang barang yang kita punya.Setidaknya menjaga diri kita untuk menjadi lebih baik. Misalnya kita punya AC (air conditioner) maka kita bisa selalu menggunakannya dengan baik, sehingga lebih awet dan tidak akan menguras keuangan kita untuk memperpbaikinya ataupun merawatnya jijka ada kerusakan.

Maka dari itu yang harus Anda lakukan adalah dengan menjunjung prinsip cintai diri kita dan barang kita sendiri, sehingga kita tak akan menadapati ada biaya dadakan yang harus kita lakukan. Bisa juga Anda menggunakan berbagai jenis asuransi kesehatan agar suatu saat Anda tidak akan pernah ada biaya yang mengejutkan suatu saat nanti.

9. Lebih bisa menahan diri sendiri

tips mengatur keuangan yang ke sembilan adalah dengan menjadikan diri kita bisa lebih sabar dan menahan diri dengan berbagai godaan yang bisa menyebabkan pemborosan uang, pengeluaran kita juga akan semakin banyak apabila kita tidak akan bisa mengendalikan diri kita sendiri untuk tidak membelanjakan apapun juga… bagi sebagian orang menahan diri untuk tidak menghabiskan banyak uang itu berat, termasuk anda juga kagak?

kadang ini adalah anncaman bagi ibu ibu yang suka berbelanja ke mall, jalan jalan bawa uang banyak beli ini beli itu karena sedang ada diskon besar besaran, sehingga semuanya ingin di beli. Tapi mulai sekarang cobalah untuk menjadikan diri anda lebih tahan terhadap godaan semacam itu, ingat tanggal tua nanti saat banyak sekali kebutuhan malahan gak ada lagi uang, kan hanya kesulitan nantinya yang akan di dapat.

Selain itu karena sekarang jamannya internet, yang bisa saja menggunakan internet banking, fasilitas pembelian barang dengan kartu kredit di toko online dan sebagainya, maka ini akan menjadikan Anda bisa butuh tenaga ekstra untuk menahan godaan itu semua, apalagi ada promo gila gilaan, diskon, dan juga pre order barang yangn akan menjadikan diri Anda semakin tak terkendalikan. Ini harus Anda pahami dan mengatasinya dengan sebaik baiknya.

Jadi Anda terutama yang tangannya sering gatal rasanya ingin beli apapun saat baru gajian, maka mulai dari sekarang Anda coba untuk bisa menahan diri Anda sendiri, jangan sampai Anda menjadi kecanduan belanja terus menerus, ini bisa menimbulkan banyak masalah di akhir bulan nanti, yang ada hanya utang utang dan utang sehingga seulit membayarnya.

10. Gak usah gengsi

Mengatur Keuangan Rumah Tangga

Ini juga merupakan salah satu hal yang harus diperhatikan saat Anda mencoba memanajemen atau mengatur keuangan Anda sendiri. Karena apabila kita selalu merasa gengsi maka pengeluaran ekonomi bulanan kita juga semakin banyak. Sebenarnya poin ini masih agak berhubungan dengan poin nomor 5 di atas, yaitu agar kita tidak usah membeli barang yang tak di perlukan. Apalagi soal urusan gengsi dengan teman atau tetangga,,,

Gengsi itu tidak akan menyelesaikan masalah, karena saat kita tak punya uang kita harus bisa mengusahakannya sebaik mungkin. Misal tetangga beli mobil baru, nah kita merasa gengsi lalu kita akan membeli mobil itu juga.. padahal kita tak punya uang. Nah ini bisa memperburuk kondisi perekonomian kita sendiri nantinya. Apalagi jika kita lalu hutang dan berhutang kepada orang yang tidak tepat, maka kita yang akan kesulitan sendiri nantinya.

Jangan ikuti arus gengsi dalam lingkungan

Jadi apabila ada orang yang beli barang baru, seharusnya kita ikut senang, jangan malahan kita gengsi dan mencoba menyainginya. Kita malah akan keteteran saat mengikuti orang lain. Belanjakan sesuatu sesuai dengan kemampuan diri kita sendiri saja dan juga sesuai dengan apa yang benar benar dibutuhkan ya… itu lebih baik dan tidak akan merugikan kita sendiri.

Contohnya nih secara singkatnya aja, misal ada seseorang yang beli kulkas/freezer untuk usaha pembutan es, nah kita gengsi dan merasa kita bisa seperti dia, maka dia akan menjadikan diri kita terbebani saat kita membeli kulkas itu. Karena mereka dengan kulkas itu menghasilkan uang, dan kita malahan menghabiskan uang. Karena kita membeli barang itu bukan pada prinsip kebutuhan, sehingga kita akan rugi saat tidak bisa menghasilkan seperti dia.

Biasanya gengsi ini adalah sifat yang sudah melekat sejak lahir, sehingga akan sangat sulit untuk dihilangkan. Nah maka dari itu, jika anda mempunyai perasaan gengsi saat ada orang yang memiliki sesuatu yang baru, maka cobalah sedikit sedikit untuk menghilangkannya mulai dari saat ini.

Karena apabila dibiarkan terus menerus saat pada kondisi kita dewasa, maka itu akan sangat membuat diri kita lebih konsumtif dalam membeli sesuatu hal, ada orang yang punya ini kita ikut beli, ada orang yang beli itu pun kita ikut beli juga. Ini jika kita tidak bisa mengatur keuangan sebaik mungkin, maka uang kita akan habis di sepertiga bulan, dan akan kebingungan selanjutnya.

11. Mengevaluasi diri sendiri

apa maksudnya mengevaluasi diri sendiri? Kenapa ini masuk ke dalam kategori poin dari tips mengatur keuangan?ya benar, dengan kita mampu mengevaluasi diri sendiri, maka itu juga dapat menjadi tips mengatur keuangan tersendiri. Dan hal ini bisa Anda lakukan dengan memulai untuk mengevaluasi seberapa saja kemampuan kita dalam menghasilkan uang, dan juga seberapa besar diri kita dalam membelanjakan uang itu..

Ini sangat penting Anda lakukan, karena sangat membantu anda kedepannya.

Cara mudahnya yaitu Anda bisa membuatnya dengan selalu memberi catatan kepada diri Anda setiap bulan dalam satu tahun, dan lihat seberapa besar perkembanganya itu. Misalnya bulan Agustus kita memiliki pemasukan 2.500.000 dan untuk pengeluaran belanja dan sebagainya menghabiskan 2.000.000.

Hal itu perlu Anda lakukan dengan sebaik baiknya, jangan sampai Anda memiliki sisa sedikit seperti diatas.

Karena sisa ini bisa Anda gunakan untuk asuransi, menabung ataupun investasi, yang mana semua itu buat kebaikan Anda sendiri.

Berusaha meminimalisir pengeluaran

Jadi anda setidaknya harus bisa mendapatkan pemasukan yang lebih besar dan meminimalisir pengeluaran, agar setidaknya 30% dari penghasilan kita, kita jadikan sebagai bahan untuk masa depan. Misal kita memiliki penghasila 2,5 juta saat ini, maka bulan depan kita harus bisa mendapatkan 3 juta.

Nah dari 3 juta itu maksimal 2 juta harus Anda gunakan untuk berbagai keperluan, sehingga Anda akan memiliki 30% sisanya, yaitu 1 juta rupiah. Nah itu untuk digunakan sebagai simpanan masa depan.

Anda bisa mengevaluasi dengan hal yang sesuai dengan rumus yang dibuat oleh mereka para ahli keuangan. Yang mana intinya hal ini bisa Anda gunakan untuk mengevaluasi diri Anda sendiri sebelum Anda mendapatkan masa masa yang sulit. Ini penting untuk Anda lakukan sebagai bahan pertimbangan pembelanjaan bulanan, sehingga tidak membeli barang yang nggak diperlukan.

Semakin sering Anda membuat suatu evaluasi yang lebih baik, mengevaluasi diri anda sendiri apakah sudah baik dalam mengatur keuangan rumah tangga. Sudah membelanjakan sesuatu sesuai kebutuhan, sudah tepat dalam menyisihkan sebagian uangnya untuk masa depan.

Jika Anda merasa keuangan anda saat akhir bulan selalu memburuk, maka yang Anda perlu lebih jauh lagi dalam mengevaluasi, memanajemen dan mengatur keuangan dengan lebih baik lagi di bulan selanjutnya.

12. Berpikir matang

Tips mengatur keuangan yang selanjutnya adalah dengan cara kita harus berpikir matang terlebih dahulu sebelum melakukan sesuatu hal. Ini karena kita akan merasa lebih selektif terhadap apa yang kita kaluarkan. Misalnya kita merasa uang kita baru 10 hari setelah gajian aja sudah habis. Nah ha ini seharusnya kita jadikan suatu pertimbangan lagi kedepannya.

Pada dasarnya setiap orang memiliki hasrat untuk berfoya foya saat sedang memiliki uang yang banyak, termasuk pada saat gajian. Sehingga kadang kali mereka tidak berpikir matang sebelum mereka membelanjakan uang itu untuk hal sebaik mungkin.

Maka dari itulah kita harus berfikir matang terlebih dahulu sebelum membelanjakan apapun yang kita lakukan. Misalnya saja Anda ingin beli barang ini, tapi juga ingin beli barang lainnya juga, sehingga Anda harus benar benar pandai dalam memanfaatkan sesuatu hal dengan sebaik baiknya. Jangan sampai barang yang Anda beli justru membuat Anda tekor keuangan.

13. Selalu mengantisipasi terhadap dengan hal yang kurang diinginkan

Apa sajakah hal yang Anda benci atau paling tidak Anda inginkan?

Saya kira ada banyak hal seperti sakit, masa tua yang kurang menyenangkan,kecelakaan, kekurangan uang, waktu yang mepet.

Nah untuk mengatasi hal itu semua hal yang harus Anda lakukan adalah dengan cara mengatur keuangan sebaik mengkin untuk bekal Anda dalam menghadapi. Masa-masa sulit ynag mungkin saja terjadi pada waktu yang akan datang. Jadi Anda harus bisa menyisihakan sedikit dari penghasilan Anda untuk digunakan sebagai uang cadangan.

Yang mana uang cadangan itu nantinya digunakan sebagai antisipasi saat Anda dalam kondisi yang kurang diinginkan. Jadi sebisa mungkin Anda harus menyisihkakn sedikit uang agar nantinya lebih terjamin lagi.

Memang untuk menghadapi hal-hal yang kurang diinginkan nanti yang bisa saja memakan uang yang besar seperti kecelakaan kerja. Maka yang harus Anda lakukan adalah dengan cara menyiapkan sedini mungkin. Jadi jangan sampai menunda-nunda karena bisa jadi hal yang kurang diinginkan bisa datang kapan saja dan dimana saja bukan?.

14. Kalau perlu berinvestasilah

Mengatur Keuangan Rumah Tangga

Ini adalah cara mengatur keuangan yang perlu Anda perhatikan juga, karena pada dasarnya berinvestasi adalah hal yang dapat membuat usaha Anda bisa mendapatkan hasil yang lebih.

Investasi yang dapat Anda pilih bisa meliputi beberapa hal seperti:

#tanam saham
#investasi emas
#investasi properti
#buat usaha

Dengan berbagai hal diatas, uang yang seharusnya Anda gunakan sebagai alat untuk hal hal lain yang bisa saja akan habis dalam waktu sekejap. Anda bisa menjadikan uang itu memperbanyak diri dalam jangka waktu tertentu.

Maka dari itu kebanyakan orang kaya itu suka berinvestasi, bahkan pada zaman kenabian, mereka juga seringkali berinvestasi, sehingga mereka sangat kaya raya. Mereka juga menganjurkan kepada kita untuk senantiasa melakukan investasi dengan menggunakan sedikit bagian dari uang kita. Dan investasi yang paling menguntungkan sepanjang masa adalah dengan banyak berbagi bersedekah kepada banyak orang.

Kalau punya uang lebih, janganAnda habiskan semuanya ya, tapi Anda harus menyisihkan untukbanyk hal termasuk ya untuk hal investasi ini. Demi masa depan yang lebih baik tentunya hal ini tidak seberapa dengan hasil yang didapatkan nantinya.

15. Tak usah takut membeli barang mahal dan berkualitas

oke, kita sampai ke bagian tips mengatur keuangan yang terakhir, yaitu tentang mengutamakan kualitas daripada kita rugi nantinya,,,

Bagi sebagian orang, mungkin termasuk anda memilih barang berkualitas adalah hal yang dinomor duakan. Kenapa? Ya itu tadi, faktor ekonomi alias keuangan adalah hal yang melatar belakangi itu semua.

Namun perlu Anda tahu, bahwa yang namanya barang itu kualitas harus Anda utamakan, karens jika kita mengepankan soal harga saja, maka yang terjadi adalah kita justru akan menjadikan uang yang keluar lebih banyak lagi kedepannya.

Saya punya pengalaman akan hal ini, saya suka membeli barang yang serba murah, salah satunya adalah HP. Dengan harga yang berkisar antara 700 ribu sampai 1 jutaan jika membeli merk x sudah bisa memiliki HP dengan fitur yang sangat lengkap. Padahal di HP dengan harga 2 hingga 3 jutaan fiturnya pun tak sebagus itu. Akhirnya saya membeli yang murah itu dan akhirnya saya menyesal karena baru beberapa bulan saja sudah rusak.

Nah teman saya yang menggunakan HP merek Y tersebut, sudah hampir 3 tahun kondisinya masih bandel. Bayangkan jika saya dalam waktu 3 tahun tersebut menggunakan hp dengan merk x tersebut, sudah ganti berapa kali bukan? Dan tentunya itu akan menjadikan kita lebih boros uang daripada cuma membeli yang mahal seAnda bukan?

Pilih barang berkualitas dan bergaransi

Selain itu soal barang lainnya yang serasa tidak terlalu awet seperti AC yang kadang sering rusak, lampu, TV dan barang lainnya usahakan agar kalau mau beli pilihlah yang berkualitas terbaik. Agar tidak mudah rusak, dan juga akan lebih irit uang nantinya.

Karena berbagai barang elektronik kadang seringkali cepat rusak, jadi perhatikan juga garansi. Pilih yang lebih lama maka itu lebih baik karena kedepannya akan semakin mudah mengurus tanpa perlu bayar uang lagi sebagai biaya kerusakan.

Maka dari itu, saya menganjurkan kepada Anda agar selalu menggunakan produk yang berkualitas dan bergaransi agar Anda tidak rugi sendiri nantinya.

Demikianlah pembahasan mengenai tips mengatur keungan, semoga hal ini bisa bermanfaat bagi kita semuanya. Dan jika artikel ini bermanfaat buat orang lain, silakan bantu share ya, agar yang lain juga bisa mendapatkan manfaat yang sama.

Terima kasih atas kunjungannya dan sampai jumpa pada artikel selanjutnya ya….



Loading...