Tekno

Wajib Baca!!! Cara Jitu Mengecek Keaslian iPhone

Bagaimana cara cek Keaslian iPhone? iPhone merupakan salah satu gadget yang paling diminati saat ini. Bentuknya yang elegan dan premium menjadikan setiap orang yang memegangnya menjadi lebih percaya diri. Selain itu, ia memiliki ciri khas tersendiri dari segi desain yang menjadikannya berbeda dengan perangkat lainnya.

Meskipun begitu, tidak semua iPhone yang dijual itu original gan. Berarti ada yang palsu dong? Yup, bener. Ada beberapa pihak yang memang sengaja meniru, menjiplak, serta menyontek desain iPhone hingga bener-bener mirip.

Langkah-Langkah dalam Mengecek Keaslian iPhone

1. Cek Fisik

Untuk cek keaslian iPhone melalui fisik memang dibutuhkan kejelian, karena banyaknya perangkat supercopy/replika yang didesain sangat mirip dengan iPhone. Oke, cara mengeceknya sangat sederhana, diantaranya:

a. iPhone tidak memiliki tombol back di sebelah tombol home.

b. iPhone tidak memiliki dual SIM.

c. Baterai iPhone termasuk ke dalam kategori Non-Removable, yang artinya nggak bisa dilepas begitu saja seperti kebanyakan baterai smartphone lainnya.

d. iPhone memiliki kualitas layar yang cukup jernih dan tajam.

e. iPhone memiliki tombol fisik silent/mute di dekat volume button.

Loading...

f. Speaker iPhone berada di bawah, tepat di samping port USB/charger.

Selain di bagian fisik, agan juga bisa cek ke bagian menu. Jika terdapat App Store, itu berarti asli. Namun, jika yang ada ternyata Google Play Store, itu berarti bukan iPhone tetapi Android 😀

2. Cek Via iTunes

Keaslian iPhone

Untuk mengecek keaslian iPhone melalui iTunes, laptop/PC agan harus terinstall iTunes terlebih dahulu. Jika belum menginstallnya, silakan download disini. Setelah terinstall iTunes, langkah selanjutnya adalah:

a. Hubungkan iPhone agan ke laptop/PC menggunakan kabel USB.

b. Setelah terhubung biasanya iTunes akan mendeteksi secara otomatis. Jika tidak terbuka otomatis, agan bisa buka iTunes secara manual lalu iTunes akan mendeteksi iPhone kita. Jika iPhone kita asli, maka akan muncul jenis iPhone, ukuran memori internal, serta informasi lainnya. Jika tidak terdeteksi berarti diragukan keasliannya.

3. Cek IMEI

IMEI atau International Mobile Equipment Identity adalah sebuah kode unik yang merupakan identitas dari sebuah perangkat dan tidak mungkin sama antara satu dengan yang lainnya. Nah, untuk mengecek IMEI iPhone ada beberapa cara yang dapat agan lakukan.

Cara 1:

Agan bisa mengecek keaslian iPhone langsung melalui menu Settings. Caranya buka menu Settings > General > About. Disana akan ada banyak informasi mengenai iPhone kita, salah satunya IMEI tersebut.

Cara 2:

Selain dari menu Settings, agan dapat mengeceknya di bagian sim tray ataupun box dari iPhone itu sendiri.

Cara 3:

Cara yang ketiga agan dapat mengeceknya melalui dial pad. Sebenarnya tidak hanya untuk iPhone saja, tetapi berlaku untuk seluruh perangkat seluler. Caranya ketikkan *#06# pada dial pad dan otomatis akan muncul pemberitahuan mengenai IMEI dari iPhone agan.

Cara 4:

Agan juga dapat mengecek IMEI iPhone agan melalui iTunes seperti gambar di atas.

Selain cara di atas, agan juga bisa mengeceknya melalui web resmi apple disini atau melalui situs www.imei.info. Agan cukup mengetikkan IMEI yang sudah diketahui dari beberapa cara tersebut dan akan muncul informasi lengkap mengenai perangkat agan.

Baca Juga:

Tips Mengurangi Kecerahan Layar di iOS Tanpa Night Shift Mode

Akhir Kata

Itulah tadi beberapa tips untuk mengetahui keaslian iPhone. Satu pesan saya, ketika membeli iPhone jangan mudah percaya dengan apa yang dikatakan penjual, apalagi jika diiming-imingi dengan harga yang murah. Jangan malu dan jangan segan untuk memeriksa seluruh komponen-komponen penting agar agan tidak menyesal nantinya.

Semoga Bermanfaat.



Loading...

Baca selengkapnya

zakiyfauzi

Penulis amatir yang hanya bisa menggunakan kata-kata sederhananya untuk sekedar berbagi dan menuangkan isi pikiran. Jadi, maaf jika tak ada yang istimewa. Karena yang istimewa cuma KAMU.Kunjungi: Channel Youtube Saya

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button

Log In