mengelola blog

Tips Mengelola Blog Ala Blogger Part Time Sampai berhasil

Jujur saja, saya hanya mempunyai waktu terbatas untuk mengelola blog, dalam 1 hari mungkin hanya tersisa waktu 3 sampai 4 jam. Selebihnya adalah waktu untuk kerja dan istirahat. Ya,,saya hanya seorang blogger part time (paruh waktu) yang belum bisa fokus sepenuhnya terhadap blog.

Mungkin itu pula sampai saat ini saya hanya mempunyai blog semata wayang yang masih rutin update, selebihnya adalah blog “mangkrak” tidak terurus. Tapi ya syukur Alhamdulilah walaupun hanya memiliki 1 blog saja sudah ada penghasilan yang mengalir dari google Adsense.

Nah bagaimana jika Anda diposisi saya? Waktu sempit dan terbatas tetapi ingin tetap mendapatkan penghasilan secara rutin dari blog melalui google Adsense? Adakah waktu yang tepat untuk mengelola blog sampai Anda benar-benar merasakan hasilnya?

Ibarat seorang pekerja, Anda hanya seorang diri untuk menyelesaikan tugas dan kalau bukan Anda siapa lagi yang akan mengerjakannya? Pelan tapi pasti, suatu saat blog Anda akan berkembang dan tidak menutup kemungkinan akan menjadi sebuah blog yang besar.

Tips mengelola blog dengan sedikit waktu

Apakah Anda dituntut untuk update artikel setiap hari? Ini hanya perasaan yang selalu menghantui Anda setiap hari, jika waktu untuk mengelola blog sangat terbatas. Maka sebaiknaya rubah pola pikir seperti itu.

  1. Anda akan merasakan stress hebat yang berkepanjangan jika tidak bisa memenuhi syarat tersebut, setidaknya sangat terlihat mudah. Hanya 1 artikel saja kok.. masa saya tidak mampu?
  2. Sebagai blogger part time tentunya Anda memiliki kegiatan yang lebih penting daripada urusan ngeblog, seperti bekerja, sekkolah atau kuliah dan banyak kegiatan lain diluar sana.
  3. Tentunya Anda akan merasakan siksaan yang luar biasa jika terlalu fokus untuk mengejar target posting setiap hari, anda bisa mengatur durasi posting misalnya 2 sampai 3 kali dalam seminggu.
  4. Selebihnya bisa Anda gunakan untuk mengumpulkan bahan posting untuk hari berikutnya. Simpan dalam draft blog Anda agar ide posting tidak lupa.

Disatu sisi kegiatan diluar blog berjalan dan disisi lain pekerjaan mengelola blog tidak ketinggalan, Artikel anda juga tidak akan terlihat seperti dipaksakan.

Baca juga : Apakah Anda Bisa Update Artikel Setiap Hari? (Apa Perlu Dipompa Kayak gini)

Saran Terbaik Dalam Mengelola Blog Untuk Blogger Part Time

mengelola blog

Loading...

Ini sekaligus pengalaman saya yang mungkin bisa berguna bagi anda untuk mengurus blog walaupun hanya paruh waktu saja.

Buat jadwal untuk ngeblog

  • Pastikan anda bisa mengatur waktu sendiri untuk urusan ngeblog sehingga tidak menggangu pekerjaan lain diluar itu, buat jadwal mengelola blog setelah semua kegiatan lain selesai.

Lupakan hal lain setelah anda membuka dashboard blog

  • Pastikan juga tidak terganggu oleh apapun seperti melihat film India, melihat youtube ataupun mengintip akun sosial media Anda, karena ini salah satu yang membuang waktu berharga anda untuk ngeblog.
  • Pastikan Anda langsung membuka halaman “Post baru” untuk langsung menuliskan ide Anda, lupakan hal-hal lain seperti membalas komentar, ataupun melihat statistik pengunjung blog.
  • Terkadang saya juga heran pada seorang blogger yang mengamati satistik blog seperti histats sampai berlama-lama, apa yang dilihat sih? Buang jauh kebiasaan itu karena hanya membunuh waktu Anda.
  • Jika ada waktu lebih Anda bisa menuliskan konsep untuk disimpan dalam draft untuk posting esok hari atau lusa.

Nah, setelah posting selesai dibuat silahkan jika anda mau rileks sejenak seperti membalas komentar ataupun langsung membagikan artikel baru anda di ssosial media.

Dengan begitu, Anda akan terbiasa menjadi seorang blogger part time yang bisa mengelola blog secara konsisten. Blog yang selalu diupdate secara berkala akan menghasilkan trafik secara signifikan, walaupun hanya 2 sampai 3 kali dalam seminggu.

Saya sudah mencobanya…Bagaimana dengan Anda?


Loading...

Bagikan

ganisebastian

Penulis

Menulis dari berbagai pengalaman pribadi dan bisa dipertanggung jawabkan, jika bermanfaat bagi Anda silahkan share.

Komentar

    Avatar

    Randyjo

    ( - 14:30)

    Nomor wa minta mas

    Avatar

    harus panda me manage waktu yang ada .. ini yang susah menurut saya, apalagi bisa konsisten dalam menjalankan nya!

      ganisebastian

      ganisebastian

      ( - 22:03)

      Harus membuat jadwal dan mengatur waktu yang tepat mas 😀

    Avatar

    Aree

    ( - 16:56)

    Iya memang benar tuan gani…kekadang bila buka dashboard mula nak ngok whatups atau fb heheheh…panduan yang berguna $

    Avatar

    Sebelum bisa gajian tiap bulan, sebelumnya PO berapa bulan sekali ya mas 😀

    drakormania

    drakormania

    ( - 01:10)

    yuupp.. u right..1 artikel setiap hari, sesuatu yang agak susah untuk blogger part time seperti saya..hehe..bener banget, godaannya banyak ketika sudah buka dashboard..ada saja yang mo dilihat..misalnya nih..drakor terbaru..profil – profil pemainnya..situs-situs belanje online..

      ganisebastian

      ganisebastian

      ( - 06:20)

      Hehe,,imajinasinya ke jeju sih 😀 trus hobinya belanja, ya udah deh ..hehehe

    Avatar

    Sebagai blogger baru saya banyak belajar dari mas Gani, saya juga ingin seperti mas Gani yang bisa mendapatkan penghasilan rutin setiap bulan dari Google Adsense…

      ganisebastian

      ganisebastian

      ( - 06:31)

      Saya juga baru-baru ini kok mas bisa gajian rutin setiap bulan, tepatnya baru 3 bulan yang lalu. Terimakasih juga buat atensinya selama ini mas Widodo.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *