Tekno

Mengembalikan Kontak Hilang di Smartphone Android dengan Bantuan Google

Sesuatu hal yang terkadang membuat panik apabila alamat kontak yang tersimpan di smartphone mendadak hilang. Tentu saja kita akan kebingungan untuk menghubungi teman atau kerabat dalam kontak tersebut. Nah, bagaimana cara mengembalikan kontak hilang di smartphone android Anda?

Ini hal sepele, tetapi bisa berakibat serius apabila semua alamat yang penting tersimpan dalam smartphone kesayangan Anda. Nah, untuk mengembalikan kontak hilang, anda perlu melakukan satu hal. Pastikan terlebih dahulu semua kontak ditampilkan dan tak ada yang tersembunyi.

Caranya sebagai berikut :

Buka kontak pada Android Anda.

  1. Tap pada menu pilih pengaturan.
  2. Pilih kontak untuk ditampilkan
  3. Kemudian, pilih semua kontak.

Lihat contoh gambar :

Mengembalikan Kontak Hilang

Dengan memilih “semua kontak” akan menampilkan seluruh kontak yang tersembunyi baik di ponsel, simcard, aplikasi, maupun email. Dengan begitu seluruh kontak yang tersimpan akan muncul pada Contact list atau Daftar kontak.

Mengembalikan kontak hilang dengan Gmail

Bagaimana jika cara diatas sudah dilakukan namun seluruh kontak tidak muncul juga? Jangan khawatir, masih ada cara lainnya. Yaitu dengan mengembalikan kontak dengan akun google melalui Gmail.

Loading...

Sebagai informasi, akun Gmail sebenarnya mempunyai fitur yang dapat menyimpan kontak yang pernah Anda simpan di perangkat Android.

Namun harus ada syaratnya. Anda harus mengaktifkan fitur sinkronisasi di perangkat Android Anda ke akun Gmail. Jika tidak, fitur ini tak akan berfungsi.

Mengembalikan Kontak HilangNah, inilah kelebihan fitur sinkronisasi Android, yang dapat memungkinkan akun Gmail bisa mendapatkan kembali kontak-kontak yang pernah disimpan sebelumnya.

Untuk mengembalikan kontak hilang dengan cara ini, caranya adalah sebagai berikut

 

  • Masuk ke inbox Gmail melalui komputer.
  • Kemudian, pada sisi kiri atas layar, pilih Gmail kemudian pilih menu kontak.

Pada sisi sebelah kiri, temukan menu dropdown kebawah, dan pilih “Pulihkan kontak”.

Setelah itu, Anda akan menemukan pilihan”Pulihkan kontak” dan ingin mengembalikan kontak hilang yang pernah Anda simpan sejak 10 menit lalu, 1 jam lalu, kemarin, 1 minggu lalu, hingga maksimal 30 hari lalu. Lihat pada gambar dibawah ini.

Mengembalikan Kontak Hilang

Maka semua kontak yang pernah tersimpan sebelum waktu di atas masih bisa dipulihkan. Namun perlu berhati-hati, jika Anda menambahkan kontak setelah waktu tersebut, maka kontaknya akan hilang.

Apabila sudah selesai menentukan pilihan, Anda hanya tinggal memilih Resync atau sinkronisasi ulang  ke perangkat smartphone Android Anda.

Referensi lain : Begini Lho Cara Agar WhatsApp Tidak Terhubung ke Facebook

Dengan begitu Anda sudah berhasil mengembalikan kontak hilang dari perangkat Android. Apabila hal ini bermanfaat bagi Anda, silahkan dishare ke teman. Barangkali saja membutuhkan tips Ini.



Loading...

Baca selengkapnya

Global Internet Marketing Network, Share internet marketing untuk perusahaan UMKM, Official Editor di Klik Mania dan Bisanego.com"

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button