Ulasan Bisnis

8 Cara Mengembangkan Kreativitas Menjadi Peluang Bisnis

Mengembangkan Kreativitas Menjadi Peluang Bisnis – Setiap orang di dunia ini tentu memiliki daya kreativitasnya masing-masing. Dengan kreativitas, kita bisa memiliki semangat dan motivasi yang tiada henti.

Mengembangkan Kreativitas adalah untuk menciptakan sesuatu yang belum pernah ada sebelumnya. Apabila di kembangkan terus menerus, maka kita bisa semakin bertambah skillnya dalam bidang yang sedang digeluti.

Namun sepertinya belum semua orang mampu memaksimalkan daya kreativitas ini. Mungkin daya kreativitasnya tinggi, namun ternyata belum bisa mengeksekusi secara maksimal.

Padahal, jika kita mau melihat dengan lebih jeli, sebenarnya apa saja yang kita pikirkan bisa dikembangkan menjadi bisnis menarik yang bisa mendatangkan profit dan bisa membantu masyarakat.

Dengan adanya sumber daya kreativitas dan kemampuan berpikir kita, maka seharusnya kita bisa memanfaatkan kelebihan ini untuk membuka rencana bisnis.

Apabila Anda termasuk ‘kategori’ orang-orang yang mempunyai kreativitas tinggi, maka Anda harus mengembangkannya saat ini juga.

Mungkin saja, dengan kreativitasmu itu banyak orang-orang yang merasa terbantu dan berterimakasih kepadamu.

Nah, bagaimana cara mengembangkan kreativitas menjadi peluang bisnis? Ikuti saja metode-metode berikut ini…

1. Always Positive Thinking

Pikiran yang positif bisa membangun sesuatu hal yang positif pula, begitu pun dengan pola pikir kita. Mempunyai pikiran positif merupakan pertanda kalau Anda sudah memiliki pemikiran yang baik dalam segala sesuatu.

Dengan pikiran yang positif pula, Anda bisa menciptakan berbagai ‘aura’ positif yang bisa membuat semakin percaya diri. Anda bisa yakin akan suatu hal, bahwa tidak ada yang tidak mungkin.

Jadi, semakin Anda berpikir positif, maka semakin kuat pula keyakinan Anda untuk menciptakan hal baru. Sekiranya hal itu bisa berguna dan baik untuk digunakan masyarakat.

Jika Anda tidak punya pikiran yang positif, maka Anda akan sangat susah dalam berinovasi dan mengembangkan kreativitas yang dimiliki. Keberanian Anda untuk bereksperimen juga akan berkurang dan stuck di situ-situ saja.

Keberanian dalam berkreativitas dan berinovasi adalalah kunci keberhasilan untuk mencapai sesuatu, dan itu hanya bisa berhasil apabila Anda mempunyai pemikiran yang positif.

Misalnya saja, Anda mempunyai keinginan berinovasi untuk memanfaatkan limbah menjadi sesuatu yang lebih bernilai. Anda bisa mengubahnya menjadi kerajinan yang selain memiliki nilai estetika, namun juga bernilai ergonomis.

Akan tetapi apabila Anda tidak memiliki pikiran positif terhadap mimpi Anda, maka sesuatu yang seperti ini tidak akan bisa berjalan baik.

2. Tulis Ide Kreatif Anda pada Secarik Kertas

Cobalah untuk menuliskan secara rinci mengenai ide-ide Anda pada selembar kertas. Ini bisa membantu Anda untuk mengingat inspirasi dan ide-ide gila yang pernah Anda pikirkan.

Saat Anda membayangkan dan ingin menjalankan rencana ide kreatif Anda, maka ingatlah dengan metode-metode yang akan ditempuh. Analisa juga setiap kemungkinan yang ada beserta tantangan dan rintangannya.

Menuliskan secara rinci mengenai ide Anda bisa membantu untuk mencari solusi bila tiba-tiba Anda mengalami kendala. Catatan yang rinci juga bisa kita susun dengan lebih matang dibandingkan hanya memikirkannya di kepala.

Ini juga bisa menjadi peta petunjuk, Anda bisa tahu apa saja yang hendak dilakukan jika ada masalah yang sedang Anda hadapi.

Misalnya saja Anda ingin membuka usaha mie ayam. Setelah Anda catat semua perencanaannya, rupanya ada beberapa kekurangan dalam rencananya. Hambatan juga ternyata tiba-tiba muncul saat Anda sedang merintis bisnis.

Nah, tanpa bertele-tele, Anda sudah tahu apa yang harus dilakukan untuk menyelesaikan persoalan yang terjadi. Dengan membaca catatan saja, pikiran Anda bisa lebih terbantu menemukan berbagai solusi.

Baca jugaMengenal Brainstorming, Teknik Sederhana Untuk Penggalian Ide

3. Jangan Malu Bertanya

Seperti banyak pepatah mengatakan, malu bertanya sesat dijalan. Memang pepatah ini cukup ‘tak terbantahkan’ karena memang begitu adanya. Anda tidak akan tahu hal-hal penting jika Anda malu atau malas bertanya kepada orang lain.

Bertanyalah kepada orang lain mengenai ide-ide Anda, lalu dengarkanlah pendapatnya. Hal ini termasuk sesuatu yang wajar dan amat positif. Dengan bertanya kepada orang lain, Anda bisa mengetahui ide Anda ini bagus atau tidak. Apa saja kekurangannya, apa yang perlu ditingkatkan dan lain sebagainya.

Jadi, semakin sering Anda bertanya maka Anda juga bisa meminimalisir rasa cepat puas dan sombong terhadap ilmu yang sudah pernah dipelajari. Bertanya juga bisa membuat diri menjadi lebih bersemangat untuk terus tumbuh setiap harinya.

Anda juga bisa menemukan berbagai solusi secara tidak langsung di dalam bisnis Anda, ini tentu akan meningkatkan dan mengembangkan kreativitas yang ada di dalam otak Anda.

4. Siapkan Rencana Alternatif

Yakin terhadap rencana yang dibuat sebenarnya boleh-boleh saja, karena memang Anda harus percaya diri terhadap apa yang sudah direncanakan. Namun, untuk meminimalisir semua kemungkinan yang akan terjadi, tidak ada salahnya Anda membuat rencana alternatif.

Dengan rencana alternatif ini, Anda bisa mengantisipasi jika ternyata rencana awal mengalami kegagalan. Selain itu juga, rencana alternatif bisa memberikan penanda untuk mendefinisikan batasan pada rencana awal yang Anda buat.

5. Pastikan Keputusanmu Tepat

Sebelum memberikan awards pada ide Anda, yakinkan terlebih dahulu apakah Anda bisa menjalankannya dengan baik atau tidak. Pikirkan masak-masak beberapa lini yang mungkin rawan akan masalah.

Hasil pertimbangan ini akan sangat memengaruhi kinerja dan keputusan yang akan Anda buat selanjutnya.

Untuk mendapat opsi terbaik pada apa yang akan Anda putuskan, cobalah untuk membandingkan berbagai alternatif yang mungkin bisa Anda terapkan. Minta juga pendapat orang lain, apakah keputusan ini sudah benar? Sudah tepat untuk dijalankan?

Keputusan ini bisa menjadi indikator tertentu untuk menilai, apakah tujuan Anda sudah tercapai atau belum. Dengan begitu, Anda juga akan lebih bertanggung jawab terhadap apa yang dikerjakan untuk selanjutnya dikoreksi dan dievaluasi kembali.

6. Komitmen Pada Diri Sendiri

Membuat komitmen dalam mengembangkan kreativitas terutama dalam hal bisnis ternyata sangatlah penting. Komitmen ini bisa menjadi bukti dan keseriusan Anda dalam suatu hal.

Anda juga bisa terdorong untuk tetap menggeluti apa yang sudah dikerjakan selama ini, tidak berpindah haluan atau melirik peluang lain.

Dengan komitmen yang kuat terhadap perencanaan Anda, Anda bisa memiliki waktu untuk mengembangkan mesin kreatifitas yang ada pada diri Anda.

Selain itu, Anda juga akan selalu siap dan ingat untuk melakukan pembaruan di setiap harinya agar semakin kreatif dan inovatif.

7. Perluas Ilmu dan Wawasan

Ilmu dan wawasan merupakan kunci agar Anda bisa semakin berkembang. Semakin sering Anda menyerap ilmu dari orang lain, maka semakin banyak ilmu yang akan didapat.

Ilmu ini bisa menyempurnakan ide dan gagasan Anda untuk ke depannya, bisa juga Anda aplikasikan pada bisnis yang hendak dirintis.

8. Segeralah Beraksi!

Terakhir, segeralah beraksi. Semua ilmu yang telah Anda pelajari barusan akan menjadi sampah apabila tidak dipraktikkan.

Anda bisa menggali lebih dalam ide-ide kreatif yang timbul dari kepala Anda. Buatlah rancangannya, lalu praktikkan sesegara mungkin.

Baca juga : 5 Peluang Usaha Modal Kecil yang Menjanjikan!

Itulah beberapa penjelasan mengenai cara mengembangkan kreativitas menjadi peluang bisnis. Dengan mengetahui metode pengembangan kreativitas, maka Anda akan lebih mudah dalam menggali berbagai ide yang potensial untuk dijadikan peluang bisnis.


Loading...
Baca selengkapnya

Pengangguran yang doyan ngeblog dan internetan. #JOMBLO_PREMIUM

Artikel terkait

One Comment

  1. Betul, dengan memanfaatkan kreativitas yang kita bisa, kita bisa mengubahnya menjadi peluang bisnis kita

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close