Review ProdukTekno

Mengenal Lebih Dalam Canggihnya OnePlus 8 Series Smartphone

OnePlus 8 Series: Fitur, Spesifikasi Lengkap, & Harga

Setelah munculnya berbagai macam spekulasi, rumor, dan bocoran sejak tahun lalu, OnePlus akhirnya telah merilis smartphone yang sangat dinanti-nanti yakni OnePlus 8 Series.

OnePlus 8 Series terdiri dari dua smartphone – vanilla OnePlus 8 dan OnePlus 8 Pro, keduanya telah dirilis secara Global melalui acara Online. Dan pada tanggal 16 April , perusahaan yang dimiliki oleh BBK Electronics tersebut akan membawa kedua perangkat ke negara tirai bambu.

Tanpa basa-basi lagi, langsung saja kita bahas spesifikasi lengkap, fitur, harga, dan ketersediaan OnePlus 8 Series smartphone.

OnePlus 8 Series: Spesifikasi, Fitur, & Harga

Sumber: OnePlus

OnePlus 8 Pro

Sumber: OnePlus

Layar

Kita mulai dari varian Pro, OnePlus 8 Pro hadir dengan Fluid AMOLED display terbaru yang memiliki ukuran terbesar yang pernah OnePlus gunakan yakni 6.78-inchi.

Layar tersebut mampu menampilkan 120 gambar per detiknya a.k.a 120Hz display di resolusi QHD+. Dan untuk meminimalisir input lag, layarnya juga memiliki 240Hz touch sampling rate yang tentunya akan sangat menguntungkan para gamer.

Layar yang digunakan telah dikalibrasi oleh OnePlus untuk menghasilkan akurasi warna terbaik dari semua layar smartphone di pasaran. Layarnya menggunakan 10-bit panel yang pastinya mendukung HDR10+ dan juga HDR Boost.

Fitur ini akan secara otomatis membuat konten 8-bit agar terlihat menjadi lebih baik.

Sumber: OnePlus

Tidak hanya itu, layar OnePlus 8 series smartphone juga dilengkapi fitur MEMC yang akan membuat video 24fps terlihat seperti 120fps, info selengkapnya tentang MEMC bisa dibaca di sini.

OnePlus juga telah memastikan agar fitur tersebut dapat mensimulasi 120Fps dengan baik.

OnePlus tidak lagi menggunakan pop-up camera, melainkan mereka lebih memilih untuk mengadopsi punch-hole display yang diposisikan pada bagian kiri atas.

Sumber: OnePlus

Dan tentunya, OnePlus juga melengkapi layar OnePlus 8 series smartphone dengan in-display fingerprint scanner dan melindunginya dengan 3D Corning Gorilla Glass.

Kamera

Dibagian depan, kedua smartphone sama-sama menggunakan sensor IMX471 terbaru Sony yang memiliki resolusi 16MP.

Sensor tersebut dikombinasikan dengan lensa f/2.45 yang juga di-dukung dengan EIS untuk menghasilkan foto/video yang tajam dan stabil.

Dibagian belakang, varian Pro ini mengusung quad camera setup yang menggunakan dua sensor 48MP, satu sensor 8MP, dan satu sensor 5MP.

Kamera utamanya menggunakan sensor quad bayer 48MP Sony IMX689 terbaru milik Sony yang dilengkapi dengan teknologi omni-directional autofocus di semua pixelnya.

Teknologi tersebut akan membuat kamera untuk fokus dengan lebih cepat.

Sumber: OnePlus

Kamera utamanya juga mampu merekam video 4K @60FPS menggunakan fitur Single Shot 3-HDR yang akan menangkap tiga frames sekaligus dengan exposure (kecerahan) yang berbeda.

Tak kalah lengkap, OnePlus juga melengkapinya dengan kombinasi OIS/EIS untuk memaksimalkan hasil akhir.

Kamera keduanya merupakan lensa ultrawide-angle yang memiliki 120-derajat FOV namun juga berperan sebagai lensa Macro dengan jarak fokus sejauh 3cm. Lensa tersebut di-backing oleh 48MP Sony IMX586 quad bayer sensor.

Sumber: OnePlus

Kamera ketiganya adalah lensa telephoto yang menggunakan sensor 8MP. Lensanya memiliki aperture selebar f/2.44 dan juga didukung oleh OIS.

Kamera telephoto tersebut menawarkan kemampuan zoom dari 3x menggunakan Hybrid Zoom hingga 30x via Digital Zoom.

Sedangkan kamera terakhir adalah color filter yang menggunakan sensor 5MP dan dikombinasikan dengan lensa f/2.4

Performa

OnePlus 8 Series smartphone dipersenjatai oleh Qualcomm Snapdragon 865 chipset yang performanya sudah tidak perlu diragukan lagi.

Namun, tidak cukup sampai disitu saja. OnePlus meningkatkan performa Snapdragon 865 dengan mengkombinasikan-nya dengan UFS 3.0 Storage dan LPDDR5 RAM yang 30% lebih cepat dan 20% lebih efisien dari RAM yang digunakan OnePlus 7 Series.

Versi Pro ini hadir dengan dua varian memori yakni 8GB/128GB dan 12GB/256GB.

Baterai & Fitur Lain

Setelah beberapa tahun mengatakan bahwa teknologi wireless charging masih belum siap untuk di-implementasikan, OnePlus akhirnya telah meng-implementasikan teknologi tersebut untuk smartphone terbarunya.

Sumber: OnePlus

OnePlus 8 Pro hadir dengan Warp Charge 30 Wireless charging yang mampu mengisi daya 8 Pro hingga 30W dan dapat mengisi baterai 4,510mAh yang digunakan dari 0-50% dalam waktu 30 menit saja.

Sumber: OnePlus

Pastinya, smartphone tersebut juga mendukung 30W Warp Charge 30T dan walaupun sama-sama mengisi daya @30W, kecepatan wired fast-chargingnya sedikit lebih cepat.

30W Warp Charge 30T dapat mengisi daya baterai 8 Pro dari 0-50% dalam waktu 23 menit saja.

Tak kalah lengkap, varian Pro ini juga mendukung Reverse wireless charging dan dilengkapi dengan dukungan Dolby Atmos serta haptic feedback untuk para gamer.

Smartphone ini juga menjadi smartphone pertama dari OnePlus yang memiliki IP68 water dan dust resistance rating.

OnePlus 8

Sumber: OnePlus

Layar

Vanilla OnePlus 8 juga menggunakan Fluid AMOLED display namun dengan ukuran, resolusi, dan refresh rate yang lebih rendah yakni 6.55-inchi, Full-HD+, dan 90Hz.

OnePlus 8
Sumber: OnePlus

Akan tetapi, layar yang digunakan tidak sama dengan yang dipakai oleh OnePlus 7T. Layar OnePlus 8 agakmelengkung ke-dua sisinya dan memiliki punch-hole dibagian kiri atas.

OnePlus 8
Sumber: OnePlus

Layarnya juga mendukung HDR10+ dan menawarkan akurasi warna yang sama baiknya dengan versi Pro.

Kamera

Tidak seperti versi Pro, varian ini hadir dengan triple camera setup yang mencakup sensor 48MP, 16MP, dan 2MP.

Kamera utamanya masih menggunakan sensor quad bayer 48MP Sony IMX586, Itu artinya, sensor tersebut tidak mendukung teknologi omni-directional autofocus. Meskipun begitu, kamera utamanya tetap dilengkapi dengan OIS+EIS combo.

Kamera kedua adalah lensa Uultrawide-angle dengan 116-derajat FOV yang di-backing oleh sensor 16MP.

OnePlus 8
Sumber: OnePlus

Sedangkan kamera ketiga merupakan lensa Macro. Walaupun tidak dilengkapi lensa telephoto, kamera utamanya dilengkapi fitur 2x Zoom via crop zoom.

OnePlus 8
Sumber: OnePlus

Dibagian depan, OnePlus 8 juga menggunakan sensor 16MP Sony IMX471 yang dilengkapi dengan EIS.

Performa

Seperti versi Pro, versi vanilla ini juga dipersenjatai oleh Snapdragon 865 lengkap dengan dukungan 5G dan Wi-Fi 6 yang juga hadir dengan dua varian memori – 8GB/128GB dan 12GB/256GB. Tetapi, varian ini menggunakan LPDDR4X RAM yang performanya lebih lambat.

Baterai & Fitur Lain

OnePlus 8 ditenagai dengan baterai yang kapasitasnya sedikit lebih rendah yakni 4,300mAh. Meskipun demikian, kapasitas baterainya termasuk 13% lebih besar dari OnePlus 7T.

Varian ini juga medukung 30W Warp Charge 30T, akan tetapi varian ini tidak dilengkapi dengan fitur wireless charging.

OnePlus 8 Series akan langsung menggunakan Oxygen 10 OS berbasis Android 10.

Harga & Varian

OnePlus 8 tersedia dalam empat varian warna yakni Interstellar Glow (dengan glossy finish), Glacian Green (dengan matte finish), dan Onyx Black (Glossy). Ekslusif untuk Verizon, smartphone ini hadir dengan warna Polar Silver.

Sedangkan OnePlus 8 Pro tersedia dalam tiga varian warna yakni Ultramarine Blue, Glacial Green, dan Onyx Black.

Untuk harga, silahkan lihat tabel dibawah ini:

Harga OnePlus 8 OnePlus 8 Pro
8GB RAM + 128GB Storage $700 (10 juta’an)
$899 (14 juta’an)
12GB RAM + 256GB Storage $800 (12 juta’an)
$999 (15 juta’an)

Kedua smartphone akan dapat dibeli pada tanggal 29 April, 2020 mendatang di US. Dan untuk sekarang, OnePlus masih belum memberikan info ketersediaan untuk kedua perangkat untuk wilayah lainya terutama Asia kecuali Cina yakni pada tanggal 16 April.

Rangkuman Spesifikasi

Spesifikasi OnePlus 8 OnePlus 8 Pro
Prosessor Qualcomm Snapdragon 865
Memori 8GB + 128GB
128GB + 256GB
Layar Fluid AMOLED
6.55-inchi
Full-HD+
90Hz
Fluid AMOLED
6.78-inchi
QHD+
120Hz
240Hz touch-sampling rate
Kamera Kamera Depan:
16MP Sony IMX471
Kamera Belakang:
48MP Sony IMX586, 2x Crop Zoom, OIS+EIS
16MP Ultrawide
2MP Macro
Kamera Belakang:
48MP Sony IMX689, Omni-directional AF, OIS+EIS
48MP Ultrawide Sony IMX586, Macro mode (3cm)
8MP Telephoto, 3x Hybrid Zoom, 30x Digital Zoom, OIS
5MP Color Filter Sensor
Baterai Non Removable 4,300mAh
30W Warp Charge 30T
Non Removable 4,500mAh
30W Warp Charge 30T
30W Warp Charge 30 Wireless Charging
OS Android 10, Oxygen 10 OS

Loading...
Baca selengkapnya

Only a writer and a drop of water in the endless sea :) Business Contact: Sweetestnier@gmail.com

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close