Tekno

Mengenal Lebih Dekat dengan Apple AirPods

Mengenal Lebih Dekat dengan Apple AirPods – Bersamaan dengan rilisnya iPhone 7 dan iPhone 7 Plus, Apple juga mengenalkan produk terbarunya yaitu earphone tanpa kabel yang diberi nama AirPods. AirPods diciptakan untuk menggantikan fungsi dari EarPods di iPhone 7 dan iPhone 7 Plus. Sebagaimana kita ketahui Apple memang menghilangkan colokan jack audio 3.5 mm di perangkat iPhone terbarunya tersebut.

Untuk lebih mengenal lebih dekat dengan earphone wireless buatan Apple tersebut, mari kita bahas satu per satu dari setiap bagiannya.

Desain Apple AirPods

airpods-1
Image by MakeMac

Desainnya menurut saya tidak jauh berbeda dengan EarPods, earphone standar Apple yang telah digunakan sejak iPhone 5 dirilis. Saking miripnya dengan EarPods, bisa dibilang kalau AirPods adalah EarPods yang dipotong kabelnya. Apple juga mengklaim bahwa AirPods ini bisa digunakan hingga 5 jam nonstop.

Ada yang menarik disini teman-teman, yaitu desain tempatnya yang membuat saya harus mengomentarinya. Itu unyuu bangeeeeeettt.. Hanya kotak kecil berwarna putih mengkilap dan pas banget dengan ukuran AirPods. Kabarnya, tempatnya ini nggak hanya sebagai tempat menyimpan AirPods, tetapi juga layaknya powerbank yang menyediakan daya operasional tambahan hingga 24 jam.

Terintegrasi dengan iOS

airpods-2
Image by Makemac

Apple AirPods dibekali dengan dual optical sensors dan accelerometers yang terkoneksi dengan W1 Chip buatan Apple di bagian internalnya. Sensor tersebut akan mendeteksi apakah AirPods sedang dipasang di telinga atau tidak. Ketika dilepas maka otomatis musik akan dijeda dan ketika kita memasangnya lagi ke telinga maka musik akan dilanjutkan kembali. Wah, keren banget ya..

Yang nggak kalah kerennya lagi disini adalah teknologi sinkronisasinya, untuk menghubungkan AirPods dengan perangkat iOS teman-teman tidak perlu melakukan mengaktifkan bluetooth, WiFi, dan sebagainya. Teman-teman hanya perlu membuka kotak AirPods tersebut dan mendekatkannya ke perangkat iOS, lalu setelah muncul notifikasi di device teman-teman tinggal klik connect untuk menyambungkannya.

Cara Isi Ulang Baterai AirPods

Seperti yang sudah kita bahas tadi, Apple mengatakan bahwa AirPods bisa digunakan hingga 5 jam dalam kondisi 100% penuh. Sedangkan untuk proses pengisian ulang, Apple mengklaim bahwa untuk penggunaan AirPods selama 3 jam saja dibutuhkan waktu 15 menit charging.

Selain itu, kita juga bisa menyimpan daya tambahan di kotaknya. Jadi, fungsinya memang mirip seperti powerbank. Kita nggak perlu susah-susah mencari colokan, cukup letakkan AirPods di kotaknya maka ia akan melakukan re-charging dengan sendirinya.

Loading...

Apakah Kombatibel dengan Semua Perangkat iOS?

airpods-3
Image by Apple

Jawabannya tidak.

Selain diciptakan untuk iPhone 7 dan iPhone 7 Plus, AirPods juga terintegrasi hanya dengan perangkat iOS yang support untuk iOS 10, watchOS 3, dan MacOS Sierra. Yang berarti untuk seri iPhone 4s ke bawah mohon maaf tidak bisa mencicipi teknologi terbaru dari Apple tersebut. Hiks..

Lalu bagaimana dengan perangkat selain iOS, apakah AirPods juga bisa digunakan?

Kamu ingin mencoba AirPods di perangkat Androidmu? Bisa.

Selain pada perangkat iOS, AirPods juga bisa digunakan untuk perangkat selain iOS. Tapi.. Ada tapinya nih.. Kamu tidak akan bisa menggunakan semua fiturnya, karena pada dasarnya AirPods diciptakan untuk terintegrasi dengan perangkat iOS saja. Bedanya jika di perangkat iOS kita dapat dengan mudah terhubung ke AirPods, sementara di perangkat selain iOS harus melalukan pairing bluetooth terlebih dahulu.

Referensi lain:

Harga

Sebenarnya agak berat bagi saya untuk ngomongin yang satu ini. Huft.. Begini.. Saya bisikin deh biar kamu nggak terkejut. Harga Apple AirPods itu.. $159 atau sekitar 2 JUTAAN !!!

Wow banget ya kan.. Saya aja sampe speechless. Dengan ukuran semungil itu aja sudah bisa mengalahkan harga smartphone saat ini.



Loading...

Baca selengkapnya

zakiyfauzi

Penulis amatir yang hanya bisa menggunakan kata-kata sederhananya untuk sekedar berbagi dan menuangkan isi pikiran. Jadi, maaf jika tak ada yang istimewa. Karena yang istimewa cuma KAMU.Kunjungi: Channel Youtube Saya

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button