Tekno

Mengetahui Pilihan Jenis-jenis MacBook Apple Sesuai Kebutuhan dan Budget

Jenis-jenis MacBook Apple – MacBook adalah salah satu produk Apple terpopuler yang bisa dijadikan sebagai salah satu laptop idaman yang harus dibeli. Didukung dengan sepsifikasi terbaik, baterai tahan lama, desain mengesankan dan OS premium. Laptop Apple MacBook dipastikan benar-benar memiliki performa handal untuk segala macam keperluan komputasi.

Agar setiap calon konsumen dapat dengan mudah menentukan pilihan laptop Apple yang mana yang harus dibeli yang sesuai kebutuhan dan budget. Apple telah menyediakan beberapa ragam jenis MacBook yang berbeda satu sama lain. Nah, melalui postingan ini Anda akan saya ajak untuk mengetahui dengan detail jenis-jenis MacBook Apple yang tersedia dan dapat dibeli oleh seluruh konsumen terbaik di Indonesia.

Baca : Alasan Mengapa Produk Apple Dijual dengan Harga Mahal

jenis MacBook
Foto Apple.com

Apple New MacBook

New MacBook Apple pertama kali dipasarkan di Indonesia pada tahun 2015 melalui salah satu Apple Premium Reseller di Indonesia, yaitu iBox. Menjadi varian paling baru New MacBook tampil dengan desain yang begitu tipis dan sangat ringan dibandingkan jenis MacBook Apple lainnya.

Dirancang sepenuhnya dengan bahan Aluminium dapat didaur ulang. MacBook Apple terbaru ini memiliki total berat kurang dari satu kilogram, tepatnya hanya seberat 920 Kg. Selain benar-benar ringan, laptop Apple New MacBook juga sangat tipis dengan ketebalan hanya 13.1 mm saja. Bahkan New MacBook 24 persen lebih tipis dari MacBook.

Apple New MacBook tersedia dalam empat pilihan warna terbaik diantaranya adalah warna emas, perak, abu-abu, dan rose warna yang paling baru. New MacBook yang tersedia di Indonesia, ditawarkan dalam dua jenis yang dibedakan berdasarkan kapasitas penyimpanan memori internal. Masing-masing jenis tersebut menentukan harga jual New MacBook Apple. Anda dapat memilih New MacBook (SSD) 256 GB atau model dengan kapasitas flash storage yang berukuran 512 GB.

Harga New MacBook (SSD) 256 GB dijual oleh Apple dengan harga resmi Rp. 18 juta. Sementara New MacBook berkapasitas 512GB adalah model yang paling mahal yang dijual dengan harga Rp 23,7 juta.

Dari segi spesifikasi, prosesor, ram dan fitur konektivitas semua jenis New MacBook tidak jauh berbeda. New MacBook Apple 256 GB dan 512 GB didukung dengan prosesor Intel Core m3, m5, dan m7 dengan kecepatan hingga 1,3 GHz. Sementara jenis RAM yang digunakan adalah RAM 8 GB LPDDR 3 1866 MHz . Apple juga menambahkan konektor USB type-C. USB type-C ini memungkinkan semua konektor seperti port isi ulang dan lain sebagainya masuk dalam satu lubang.

Dari segi layar semua model New MacBook menggunakan layar Retina Display berukuran 12 inci, dengan resolusi 2.304 x 1.440 pixel. Meski ukuran layar cukup kecil, namun dukungan Retina Display, dapat membuat New MacBook mampu memberikan tampilan mengesankan. Menariknya layar Retina Display pada New MacBook benar-benar hemat dalam mengkonsumsi daya. Bahkan 30 persen lebih hemat dari generasi sebelumnya.

Apple MacBook Air

jenis MacBook air
Apple MacBook air via Macworld UK

MacBook Air adalah salah satu jenis MacBook yang benar-benar berbeda bila dibandingkan dengan New MacBook. Apple menyediakan laptop MacBook Air dalam dua pilihan ukuran layar berbeda, yaitu 11 inci dan 13 inci yang terbaru. Layar pada dua jenis MacBook Air ini juga tidak didukung dengan retina display.

Versi 11 Inci

Spesifikasi MacBook Air 11 terbilang sangat baik untuk keperluan komputasi ringan. Apple MacBook Air 11 inci ini didukung dengan prosesor Intel Core i5-4250U dengan kecepatan 1,3 GHz dengan RAM berkapastias 4 GB. Untuk urusan grafis, Apple telah melengkapi MacBook Air 11 inci ini dengan VGA sebesar 1024 MB dan kartu grafis dari Intel HD 5000.

Apple MacBook Air 11 inci didukung dengan OS X Mountain Lion 10.8.4. Laptop Apple ini telah dilengkapi dengan sejumlah fitur konektivitas standar seperti Bluetooth dan WiFi untuk keperluan transfer data maupun akes internet. MacBook Air 11 inci tersedia dalam dua jenis memori internal, pertama pilihan dengan ukuran 128GB SSD, dan yang kedua berkapasitas 256GB SSD.

Versi 13 Inci

MacBook Air versi 13 inci adalah salah satu varian terbaru yang sudah mendapatkan upgrade terbaru. Dirilis secara resmi pertama kali oleh Apple pada 10 Juni 2013, latpop ini datang dengan sepsifikasi yang lebih baik dari versi 11 inci.

Apple MacBook Air 13 inci terbaru ini didukung dengan prosesor Intel Haswell Core i5 dual-core 1,6 GHz (Turbo Boost hingga 2,7 GHz). Sementara RAM yang digunakan adalah RAM 8 GB LPDDR3 1600 MHz dan dukungan kartu grafis intel HD Graphics 1600 MHz.

Tidak hanya dipastikan lebih kencang dari versi 11 inci, Apple MacBook Air 13 inci ini juga dipercaya dapat menyala lebih lama. Karena, Apple telah meningkatkan kapasitas baterai menjadi 7,150 mAh. Menariknya baterai berkualitas Li-Polymer ini dapat diisi dengan cepat. Pengisian dari 0% hingga 100% hanya butuh waktu selama 1 jam 30 menit saja.

Apple menyediakan MacBook Air dalam tiga varian pilihan penyimpanan internal. Mulai dari yang terkecil 128 GB SSD, lalu pilihan menengah 256 GB SSD dan yang teratas sebesar 512 GB SSD.

Apple MacBook Pro

jenis MacBook airMacBook Pro adalah laptop Apple kelas tertinggi yang terbaik. Didukung

dengan spesifikasi berkualitas, MacBook Pro tidak hanya lancar untuk keperluan komputasi ringan, tapi juga handal ketika digunakan untuk keperluan komputasi berat seperti editing foto dan video, mastering audio, desain grafis, hingga bermain game.

Apple MacBook Pro tersedia dalam dua model layar yaitu 13 inci dan 15 inci. Untuk Model 13 inci beberapa seri lama tidak dilengkapi dengan layar Retina Display. Sementara Model 15 inci yang terbaru dipastikan sudah didukung dengan Retina Display.

MacBook Pro 13 Inci

Ini adalah salah satu jenis pertama yang diperkenalkan oleh Apple pada tahun 2009 silam. Apple MacBook Pro 13 inci lama saat itu masih menggunakan internal optik “SuperDrive” dengan dukungan 4GB dan 8GB RAM dan media penyimpanan SATA 500 GB dan 750 GB hard disk drive. Prosesor MacBook Pro 13 inci lama menggunakan prosesor dual core Intel Core i5 2.5GHz.

Sementara untuk model 13 inci terbaru sudah dilengkapi dengan dukungan layar retina display dan mulai diluncurkan pada awal tahun 2015. MacBook Pro 13 ini dengan layar retina tidak lagi menggunakan Super Drive. Tapi sudah didukung dengan Solid State Disk (SSD), yaitu sebuah hard drive terbaru dengan sistem PCIe Express. MacBook Pro 13 inci terbaru dengan retina display juga lebih tipis dan lebih ringan dari model lama.

MacBook Pro 15 Inci

MacBook Pro 15 Inci juga tersedia dalam pilihan layar tanpa dukungan layar retina display. Untuk pilihan tanpa layar retina diluncurkan oleh Apple pada tahun 2011. Sementara versi 15 inci yang sudah didukung oleh layar retina diluncurkan oleh Apple pertama kali pada pertengahan 2012. Laptop MacBook Pro dengan layar Retina sudah didukung dengan prosesor i7 Quad Core 2.0 GHz, 8GB RAM dan 256GB penyimpanan SSD.

MacBook Pro Touch Bar

MacBook Pro dengan Touch Bar dan Touch ID adalah salah satu jenis MacBook paling baru. MacBook Pro Touch Bar diperkenalkan pertama kali oleh Apple dalam sebuah event bertema Hello Again pada Oktober 2016 lalu.

MacBook jenis terbaru ini akhirnya benar-benar tersedia di Indonesia secara resmi pada awal Januari 2017 dan dijual melalui iBox secara cash maupun secara credit. MacBook Pro Touch Bar tersedia dalam dua pilihan dimensi layar yaitu 13 inci dan 15 inci dengan layar retina warna silver dan abu-abu.

Untuk versi 13 inci, Apple menggunakan prosesor intel core i5 2.9 GHz dengan paduan RAM 8 GB LPDDR3 yang dapat ditingkatkan hingga 16 GB. Sementera versi 15 inci sudah menggunakan prosesor quad-core i7 2.6 GHz dengan paduan RAM 16GB LPDDR3. Masing-masing versi tersedia dalam dua pilihan penyimpanan internal yaitu 256 GB SSD dan 512 GB SSD.

MacBook Pro edisi 2016 menjadi satu-satunya komputer Mac portabel yang tidak memiliki banyak port. MacBook Pro Touch Bar hanya didukung dengan dengan port Thunderbolt 3 dengan fungsi ganda yaitu untuk pengisian baterai dan transfer file.

Dan yang paling menarik dari jenis MacBook terbaru ini adalah hadirnya fitur canggih Touch Bar OLED yang menjadi pengganti tombol fungsi dan juga adanya dukungan pemindai sidik jari Touch ID.

Siapa yang Cocok Menggunakan New MacBook

New MacBook dirancang begitu tipis dan ringan. Dengan desain yang benar-benar minimalis New MacBook sangat direkomendasikan untuk digunakan oleh mereka para Pelajar, Mahasiswa, dan Dosen. Apple New MacBook mudah dibawa dan tidak membutuhkan ruang luas sebagai tempat dan penyimpanan.

Dukungan spesifikasi terbaik, dipastikan benar-benar membuat pengguna lebih mudah dalam melakukan segala aktifitas belajar-mengajar, pengarsipan, pengetikan hingga membaca buku elektronik. Layar retina juga benar-benar membuat mata pengguna tetap nyaman selama menatap layar untuk keperluan menonton video, berselancar internet, dan melihat sejumlah koleksi foto terbaik.

Siapa yang Cocok Menggunakan MacBook Air

Datang dengan spesifikasi lebih tinggi dibandingkan dengan New MacBook, MacBook Air juga tetap direkomendasikan untuk kalangan akademisi. Namun tidak menutup kemungkinan MacBook Air juga digunakan untuk berbagai keperluan oleh para karyawan profesional. MacBook Air benar-benar dapat membantu Anda dalam menyelesaikan segala pekerjaan kantor dengan mudah dan cepat.

Siapa yang Cocok Menggunakan MacBook Pro

Ini adalah salah satu model terbaik yang direkomendasikan oleh pengguna komputasi kelas berat. Prosesor terbaik, RAM tinggi, serta layar lebih luas, membuat MacBook pro sangat cocok digunakan oleh Anda yang berprofesi sebagai fotografer, desainer, audio enginer dan video maker. Sementara jika Anda adalah salah satu pebisnis baik offline maupun online Anda dapat menggunakan MacBook Pro Touch Bar sebagai pilihan terbaik.

Penutup

Dengan mengetahui jenis-jenis MacBook secara detail. Maka hal ini dapat dipastikan benar-benar memudahkan Anda dalam menentukan pilihan dengan cepat. Perbedaan spesifikasi dan ukuran layar juga memudahkan Anda mengetahui bagaimana performa dari masing-masing jenis MacBook.

Mengingat harga yang ditawarkan oleh Apple pada masing-masing MacBook tergolong lebih mahal bila dibandingkan laptop biasa di kelasnya. Maka sangat disarankan agar Anda dapat memilih salah satu dari sekian banyak jenis MacBook yang benar-benar mewakili kebutuhan dan budget.

Jangan lupa lakukan pembelian Apple New MacBook, MacBook Air dan MacBook Pro melalui agen resmi Apple. Selain akan mendapatkan potongan harga, atau metode pembelian dapat dilakukan secara kredit.  Pembelian melalui agen resmi Apple juga dapat membuat Anda tidak tertipu dengan produk yang palsu.

Saat ini iBox juga sudah memiliki banyak kantor cabang, terutama di kota-kota besar yang ada di Indonesia. Seperti di Jabodetabek, Bandung, Makasar, Bali, Medan, Surabaya dan beberapa kota lainnya.


Loading...
Baca selengkapnya

Halo, salam kenal dari saya untuk seluruh pembaca Klik Mania.

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close