Adsense Di Youtube

Mengganti Akun Adsense Youtube Lama Dengan Akun Adsense Yang Baru

Apa alasan seseorang untuk mengubah atau mengganti akun adsense youtube? Lantas apakah bisa? Nah, pengalaman ini pernah terjadi pada sobat kita yang akun adsense youtube nya terkena banned alias disable, padahal dia mempunyai banyak video di channel tersebut. Dan yang lebih menarik, channel video itu mempunyai jumlah tayangan yang boleh dibilang “wah”. Sayang sekali bukan kalau tidak bisa di uangkan lagi.

Banyak alasan mengapa pihak google adsense melakukan banned terhadap akun adsense, salah satunya adalah aktifitas yang tidak valid dalam iklan yang tayang dalam video tersebut.

Hal ini bisa disebabkan karena lalu lintas tayangan yang tidak sesuai dengan pedoman adsense, misalnya menggunakan traffic exchange (pertukaran trafik) ataupun traffic rotator. Yang secara otomatis menambah jumlah tayang (views) di yotube.

Tapi kasus sobat kita ini adalah aktifitas tidak valid pada iklan yang di klik sendiri oleh pemiliknya. Akun youtube yang sudah dibuat sejak tahun 2010 dan secara tidak sengaja didaftarkan adsense tersebut harus menanggung akibat yang paling buruk. Yaitu di non aktifkan alias di banned. Bisakah kita mengganti akun adsense nya saja?

mengubah akun adsense youtube
Salah satu sobat kita yang kena banned adsense

Untuk akun adsense yang terkena banned, sebenarnya kita bisa mengajukan banding agar bisa di aktifkan kembali. Tetapi kemungkinan itu sangat kecil sekali, karena pihak google adsense memberlakukan ketentuan dan peraturan yang sangat ketat, menyangkut hak yang merugikan pihak advertiser (pengiklan).

Lantas apa yang akan kita lakukan?

Untuk kasus semacam ini sebaiknya kita harus melupakan dan merelakan akun adsense yang terkena banned, lalu mengganti akun adsense yang baru. Tetapi dengan catatan harus menngganti dengan data-data yang baru pula, penjelasannya nanti bisa anda simak dibawah.

Syarat mengganti akun adsense youtube

Loading...

Untuk bisa tetap memonetasi video lama dan menghasilkan uang dari youtube dengan akun google adsense yang baru, penuhilah syarat-syarat di bawah ini terlebih dahulu.

  • Konten video tidak melanggar pedoman komunitas adsense
  • Konten video tidak mengandung unsur yang melanggar hak cipta (termasuk audio dan lagu)
  • Akun youtube sebelumnya bereputasi baik.

Catatan : Akun adsense terkena banned bukan berarti akun youtube nya bereputasi buruk, tetapi karena ada aktifitas yang tidak valid (invalid activity), contohnya seperti penjelasan di atas.

Cara mengganti akun adsense youtube

  • Pada dashboard youtube anda, klik gambar foto profil sebelah kanan atas.
  • Klik kreator studio
  • Pada menu sebelah kiri, pilih saluran
  • Pilih monetisasi
  • Tinjau atau ubah pengasosiasian AdSense, seperti gambar di bawah.
mengganti akun adsense
Seting di dashboard youtube
  • Pilih ubah
  • Setelah itu, buat akun. Seperti gambar dibawah.
mengganti akun adsense
mengubah akun adsense youtube

Pada tahap ini, bisa memilih “Masuk” ataupun “pilih buat akun dan masukkan email baru. Untuk alamat bisa di isi dengan alamat lama, tetapi nama pembayaran harus menggunakan nama baru.

– Setelah selesai mengisi data adsense yang diperlukan, kemudian verifikasi dengan nomor telepon yang baru.
– Selesai, anda sekarang tinggal menunggu persetujuan dari adsense.

Catatan : Jika anda sudah mempunyai akun adsense youtube yang lain, sebaiknya pilih “Masuk”, nanti secara otomatis semua video atau channel tersebut berganti akun adsense.

Jadi untuk lebih mudahnya, anda harus mempunyai akun adsense youtube yang lain, agar tidak perlu menunggu persetujuan lagi dari pihak adsense.

Cara mengganti akun adsense youtube ini sama persis dengan tutorial yang pernah saya bahas beberapa minggu yang lalu, silahkan buka link yang di bawah ini.

Baca : Mengaitkan Youtube Dengan Google Adsense Yang Berbeda Email

Nah, sekarang semua video yang ada di channel yotube bisa di uangkan lagi, asalkan memenuhi persyaratan di atas. Dan satu lagi, konten video tidak melanggar komunitas youtube dan kebijakan program adsense.



Loading...

Baca selengkapnya

ganisebastian

Menulis dari berbagai pengalaman pribadi dan bisa dipertanggung jawabkan, jika bermanfaat bagi Anda silahkan share.

Artikel terkait

324 Comments

  1. Mas ganie, dulu pas saya newbie banget, saya punya akun youtube dan blogger dengan email yang sama, yang youtube udah diadsensekan, dan saya coba adsensekan juga yang diblog(maklum belum ngerti kalau hal ini gak bisa) alhasil ya ditolak kan. Saya bikin blog lagi dengan akun gmail yang berbeda dan akun gmail pertama yang ditolak adsense tadi saya kaitkan dengan akun blog kedua dimana blog kedua ini jadi penulis di blog pertama.

    Saat blog dari akun kedua di daftarkan adsense malah data yang keluar data blog akun pertama dan nggak bisa diganti mas, udah pusing nyari solusi saya tutup aja adsense youtube nya.

    Nah pertanyaan saya, sekarang saya impor konten ke blog dan akun juga baru mas, kalau didaftarkan adsense, boleh nggak nama dan alamatnya menggunakan data akun adsense lama yang sudah dinonaktifkan? Takut gagal lagi ni mas

    1. Untuk pengajuan ke google Adsense, blog harus terverifikasi di webmaster dengan email yang sama (email Adsense + blog). Maka, ilustrasinya sebagai berikut :

      – Apabila email yang digunakan adalah sebagai pengarang, maka rubah dulu menjadi admin. Jadi tidak perlu impor artikel.
      – Hapus property/URL blog dari email lama di webmaster.
      – Pasang property/URL blog dari email baru, di webmaster.
      – Verifikasi kepemilikan dengan menempatkan kode webmaster terlebih dulu.
      – Pasang sitemap webmaster.
      – Tunggu, setidaknya sampai 48 jam.
      – Baru setelah itu di daftarkan ke Adsense (harus dengan nama yang berbeda)

    1. permisi mas, maaf nanya di sini, soalnya baru daftar dan g paham menu halaman diskusi caranya, gini mas, saya punya akun youtube di email a dan lumayan ada penghasilan, kemarin akun adsense email a di banned 30 hari katanya karena aktivitas tidak valid, nah jadinya akun youtube saya pada non aktif iklannya, menunggu 30 hari itu apa bisa saya ganti akun adsense channel youtube a itu ke akun adsense email b yang masih belum verifikasi, sekaligus mempercepat penghasilan 10$ di akun adsense email b itu??, akun adsense email a lagi nunggu pin soalnya…semoga di balas..terima kasih

  2. Hello mas Gani, saya masih baru di adsense youtube, baru mau mulai sudah dinonaktivekan adsencenya alias di tidak diapprove. saya mo tanya mengenai adsense akun baru dengan nama lain (misal istri saya), berarti ini berhubungan dengan nama penerima pembayaran yah? dan metode menerima uangnya dengan apa yah? apakah ditranser ke bank atau dengan paypal? kebetulan saya belum paham mengenai pembuatan paypal, bisa tolong dijelaskan? trims

    1. Untuk penerimaan pembayaran Adsense bisa dengan transfer bank (hampir semua bank di Indonesia bisa)
      Selain itu juga bisa menerimapembayaran Adsense dengan Western Union.
      Betul, nama profil adalah nama penerima pembayaran. Tapi nama penerima pembayaran bisa juga diganti.

  3. Ass. Mas Gani Bisa gak akun adsen pertama diganti akun baru? ceritanya gini mas, blog saya dah ada adsennya dan sekarang masih tampil iklannya alias gak pernah ada pelanggaran, cuman ada yang ngehach akun sampai skarng gak bisa dibuka bahkan di payment ada bank ats nama orang lain, mungkin keteledoran saya lupa suka gak loguot akun dan blogger newbie. Pertanyaan:
    1. Bisa gak akun pertama diganti/dihilangkan diganti sama yang baru
    2. Jika bisa cara menggantinya gimana, buat tutornya soal saya liat di blog lain kurang jelas. Intinya supaya akun yg pertama gk aktif
    3. cara agar akun lebih aman dr tangan jahil

    itulah mungkin yang saya tanyakan, mohon pencerahannya MasGan, trims sukses selalu mas Gan…

  4. min, mohon solusinya,,,,
    ane udah punya google adsene , dan ane pakek adsense untuk youtube, dan ane juga pernah narik penghasilan dari google, jadi ane buat blog, dan ane hubungkan dengan google adnsense youtube ane tadi,

    suatu ketika, google adsense dan youtube ane di banned , kaga bisa buka, padahal ane hampir mencapai ambang pembayaran kedua

    dan sekrang akun youtube ane udah pulih , tapi tidak bisa monitasi lagi

    akun adsense ane , bisa login, tapi di situ akun adsense ane malah jadi underreview,

    solusinya gimana ini gan ?
    kalau memang ngga ada solusi untuk mengaktifkan google adsense lagi, bisa ngga ane narik pembayaran ane yang masi tersisa itu ?

    1. Banned bisa terjadi karena kesalahan user seperti invalid activity atau konten melanggar pedoman Adsense. Under review, maksudnya masih dalam proses peninjauan kembali. Biasanya bisa diaktifkan kembali, hanya perlu sabar menunggu saja.
      Untuk penghasilan yang belum mencapai minimal ambang batas, tetap tidak bisa dicairkan mas.

  5. Gan, mau tanya nih. Saya kan sudah terlanjur daftarin akun adsense saya ke google. Padahal saya sendiri belum umur 18 tahun. Saya ingin ganti akun adsense youtube saya ke akun adsense ortu saya. Kalo seandaikan di ganti kira kira penghasilan di youtube saya yang ada di youtube analystic itu akan ke reset jadi 0$ lagi atau akan tetap berjalan?
    Saya mohon jawabannya. Makasih 😀

  6. gan ini yang goblok saya apa agan?
    akun youtube (yang adsenya di baned) tombol mometosasinya ilang.
    mana bisa ganti?

    1. Baca paragraf 4 dengan jelas !!
      Kasus ini adalah aktifitas tidak valid pada iklan yang di klik sendiri oleh pemiliknya. Bukan kasus BANNED karena video melanggar Copyright.

      Baca juga sub judul 3

      Syarat mengganti akun adsense youtube

      Untuk bisa tetap memonetasi video lama dan menghasilkan uang dari youtube dengan akun google adsense yang baru, penuhilah syarat-syarat di bawah ini terlebih dahulu.

      Konten video tidak melanggar pedoman komunitas adsense
      Konten video tidak mengandung unsur yang melanggar hak cipta (termasuk audio dan lagu)
      Akun youtube sebelumnya bereputasi baik.

  7. salam kenal mas, saya ada pertanyaan… akun adsense saya di banned karena invalid activity, namun youtube saat ini telah update dan saya mencari kata “Tinjau atau ubah pengasosiasian AdSense” sudah tidak ada, pertanyaan saya;
    1. Apakah masih bisa di monetization akun channel YT yg adsense nya di banned karena invalid activity? bagaimana caranya…
    2. Apakah dengan sangat terpaksa menutup akun channel YT, lalu upload ulang video2 yg pernah kita monetization dulu dengan akun YT & GA yang baru…

    Mohon pencerahan nya, trimakasih.

  8. 1.Mas gani saya mempunyai maaalah dengan channel say, setiap saya membuat channel baru dalam satu akun kenapa selalu kena suspend mas padahal video yang saya buat ori buatan saya sendiri sudah ada 8 anak an channel yang kena suspend mas,,
    2.seumpama saya buat channel menggunakan email baru dan si tautkan ke satu adsanse apakah aman atau kah bedampak ke chanel yang lama mas..
    Terima kasih

  9. mas mau tanya dong mas.. kalo adsense youtube kita tinggi CTR nya gimana, di beberapa hari ada CTR sampah 20% lebih dengan nilai Rata2 di bulan ini 17% apakah beresiko terkena suspend mas.. mohon pencerahan nya mas.. karna parno duluan sayah sudah me non aktivkan iklan yang di beberapa video saya,
    terima kasih mas..

    1. sedikit cerita Mas Wandi, saya pun mengalami hal yang serupa, “awalnya saya cuek” karena saya tidak melakukan hal yang melanggar pedoman di pikiran saya, karena tidak mencuri karya pihak manapun, namun suatu ketika di bulan maret 2017 tepat nya, tiba-tiba ada email masuk ke email saya, yg berisi Google AdSense Account Disabled “we have detected invalid activity on your AdSense account and as a result it has been disabled.”
      “pemikiran saya saat ini” mungkin me non aktifkan iklan di beberapa video itu cara aman, bila saya tidak salah CTR di atas 30% dalam 1 bulan akan menerima email di tangguhkan selama beberapa hari ( kalau pada waktu itu saya 90 hari, setelah itu aktif kembali ), berjalan beberapa bulan kemudian setelah itu di susul dengan email yang berisi Google AdSense Account Disabled,- ( anehnya setelah adsense saya aktif saya tiak pernah aktif di youtube dan upload )

  10. Selamat sore, Mas mau tanya apakah ada yang bisa bantu aktifasi kembali akun google adsense saya yang dinonaktifkan karena ada aktifitas tidak valid. tapi saya tidak pernah klik iklan sendiri. nah sekarang akun google adsense saya dinonaktifkan. mungkin ada yang bisa bantu untuk aktifaksi kembali. mohon bantuannya.

  11. Mas Tolong saya. ada masalah darurat terkait Youtube. ini berhubungan dengan masa depan keponakan saya.
    kemarin saya melihat history Youtube keponakan saya, dan ternyata didalam history tersebut terdapat video yang tidak senonoh, yang tidak layak di lihat oleh anak bahkan orang dewasa sekalipun. setelah saya sampaikan kepada ibu nya, mereka mereka tidak terima dan langsung menghapus aplikasi youtube di android anaknya, sehinggga keesokan harinya saya tidak bisa membuktikan apa yang saya lihat. yang ingin saya tanyakan, bisa kah mengembalikan history youtube tersebut jika aplikasinya pernah terhapus sebelumnya. mohon bantuannya, agar saya bisa menjelaskan kepada mereka kesalahan bukan untuk di sembunyikan, melainkan untuk diluruskan.

    1. Itu hanya histori mas, jadi video yang dicari dari hasil pencarian.
      Kemungkinan history – nya masih bisa dilacak apabila cache browsernya belum dihapus. Instal kembali aplikasi youtube kemudian login dengan akun yang pernah digunakan sebelumnya.

      1. ok, terima kasih banyk2 mas, akan saya coba