Tutorial Blog

Auto Post Thumbnail : Mengganti Gambar Thumbnail Kosong Secara otomatis

Posting ini sekedar berbagi pengalaman saja, ketika saya mengganti related post thumnail (artikel terkait dengan gambar) sebelumnya dengan bawaan dari theme ini. Ternyata banyak gambar yang tidak bisa muncul atau tidak tampil alias kosong di artikel terkait tersebut.

Hal ini berlaku juga ketika anda mengganti theme wordpress lama dengan yang baru, kemungkinan ukuran dimensi gambar thumbnail pada post berbeda ukuran. Sehingga tidak akan tampil gambar thumbnail dan secara default akan menampilkan gambar kosong bertuliskan “no preview”.

Ini berlaku juga untuk related post yang menggunakan gambar, pada kotak tempat gambar di related post tersebut hanya berisi gambar kosong bertuliskan “No preview” mungkin karena pengaturan dimensi gambar pada related post berlainan.

Nah, kalau akan mengisi dengan gambar thumbnail kan capek, karena harus menyesuaikan dimensi gambar satu-persatu. Seperti gambar dibawah ini.

mengganti gambar thumbnail

Karena saya bukan ahli utak atik kode Html yang berhubungan dengan dimensi dan ukuran gambar thumbnail yang sesuai, tentu saja sedikit galau karena gambar pada thumbnail tidak tampil. Otomatis akan terlihat tidak rapi dan kosong melompong pada kotak gambar thumbnail.

Nah kebetulan pas browsing menemukan plugin yang cukup ampuh untuk mengatasi masalah ini, jadi tidak perlu capek-capek mengganti gambar thumbnail satu persatu.

Auto Post Thumbnail

Plugin ini telah menghapus kegalauan saya, karena gambar thumnail tidak mau tampil. Dan ini beberapa fitur yang tesedia pada Auto Post Thumbnail.

Loading...
  • Otomatis mengganti gambar thumbnail kosong dengan gambar posting – Jika pada posting anda ada beberapa gambar, maka gambar pertama yang akan ditampilkan sebagai thumbnail.
  • Jika sudah tersedia gambar thumbnail, maka plugin ini akan melewati dan terus mencari kotak thumbnail yang kosong secara otomatis.

Proses instalasi dan pengaturan Auto Post Thumbnail

Tidaklah rumit menggunakan plugin ini, setelah instal plugin Auto Post Thumbnail dan aktifkan, langkah selanjutnya adalah membuka pengaturan plugin tersebut dan klik generate.

mengganti gambar thumbnail

  • Proses selanjutnya adalah menunggu proses gambar thumbnail yang akan dikerjakan secara otomatis dengan plugin Auto Post Thumbnail.
  • Tunggu hingga semua proses mencapai 100%
  • Jika sudah selesai, maka bisa di di refresh dan cek halaman posting maupun  related post sudah menampilkan gambar.

Baca juga : Penyebab Dashboard Wp-admin WordPress Lambat

Dengan begitu gambar thumbnail dari posting maupun dari related post yang bergambar sudah bisa ditampilkan secara otomatis dan kegalauan sudah teratasi.



Loading...

Tags
Baca selengkapnya

Menulis dari berbagai pengalaman pribadi dan bisa dipertanggung jawabkan, jika bermanfaat bagi Anda silahkan share.

Artikel terkait

15 Comments

  1. Gagal mas :((
    Blog ane migrasi dari blogger TLD ke WordPress, thumbnail ilang semua. Cara lain ada mas? Apa saya harus upload gambar ulang satu per satu?

  2. setelah klik sana sini,akhirnya nemu juga artikel mas Gani. hehe.. belum ada seminggu pindah pake wordpress puyeng juga mas beres beres, Mulai thumbnail no preview, error 404 not found, tampilan artikel jadi acak acakan, dan masih banyak lagi PR nya. Untung satu masalah bentar lagi terselesaikan berkat klikmania. makasih ya mas. aku tak benerin tampilan thumbnail dulu.. salam 🙂

  3. halo mas gani, sebelumnya saya abis migrasi ke wp seflhosted, saya ngikutin tutorial migrasi di blog ini.
    saya mau tanya, setelah selesai impor pake Blogger Importer Extended, tumbnailnya kenapa jadi acak-acakan ya ada yg besar ada yg kecil, buat ngebenerin biar otomasis ukurannya sama gimana ya? apa pengaruh dari temanya?. makasih

  4. Apa yg saya tanyakan tadi dan sudah menggunakan theme tersebut hasilnya belum maksimal mas. Hanya dua artikel dan popular post di sidebar yg tampil. Apakah hal itu tergantung dengan theme yg saya gunakan mas? Adakah saran theme yg free dulu (karna masih latihan) yg pas dgn plugin dan sudah SEO mas?

    Mohon masukannya…

      1. masih saja belum otomatis mas. Haduh…padahal blog saya yang akan saya migrasi sudah 300an artikel mas, hehe..yg situs ini baru hasil belajar migrasi dari mas dan berhasil..sayangnya masalahnya ya itu tadi, image thumbnail yg tidak muncul di homepages…gmn nih mas?hehe

  5. terimakasih banyak gan… searching di google baru ketemu cara ini yang paling mudah dan 100% workk…!!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *