Mengganti Halaman Login

Mengganti Halaman Login WordPress (URL Wp-Admin) Cukup 5 Menit Saja

Mengganti Halaman Login Default WordPress sangat penting sebagai tindakan keamanan situs dari serangan bruteforce dari orang iseng ataupun tindakan jahat lainnya.

Intinya halaman login dari Wp-Admin akan disembunyikan dan akan digantikan dengan URL yang hanya pemilik blog yang tau. Dengan mengganti halaman login setidaknya Anda sudah tidak merasa was-was lagi karena akan mengurangi resiko peretasan situs dari dashboard Wp- Admin.

Gambarannya adalah seperti ini :

www.namablog.com/wp-admin adalah URL default situs Anda untuk melakukan login dan mengakses dashboard wordpress. Nah supaya Aman dan hanya Anda sendiri yang tau kita perlu membuat backdoor dengan mengganti halaman login dengan URL lain.

Cara mengganti halaman login ini sangat mudah, tidak membutuhkan pengetahuan khusus mengenai php dan bisa dikerjakan hanya dalam waktu 5 menit saja, maka halaman default Wp-admin sudah berubah sesuai keinginan Anda.

Nantinya halaman URL baru ini hanya Anda sebagai Administrator yang mengetahuinya, maka simpan baik-baik agar Anda sendiri tidak lupa, nggak lucu juga kan bila Anda sendiri tidak bisa login ke dashboard wordpress hanya karena lupa URL-nya.

Cara Mengganti Halaman Login WordPress

Untuk mempermudah hal ini, Anda hanya membutuhkan sebuah plugin yang pengaturannya juga sangat mudah. WPS Hide Login adalah salah satu dari sekian plugin yang paling direkomendasikan, acaranya seperti dibawah ini :

Instal dan Aktifkan  WPS Hide Login

Loading...

Mengganti Halaman Login

Pada dashboard wordpress Anda buka pengaturan > Umum (general) > dan geser sampai ke bagian bawah, setelah itu Anda akan menemukan halaman pengaturan plugin WPS Hide Login, seperti gambar dibawah ini.

Mengganti Halaman Login

Kemuadian silahkan ganti kolom yang bertuliskan “Secret” dengan kombinasi kata yang Anda mau, setelah itu klik simpan untuk melakukan perubahan.

Nah, ketika melakukan login Anda hanya perlu menuliskan URL serta kombinasi kata yang sudah Anda pilih, harap dicatat sendiri dan di ingat-ingat.

Baca juga : Panduan Membuat Halaman Register, Login Dan Profil User Dengan Plugin Ultimate Member

Jika Anda ingin mengembalikan ke halaman login semula, tinggal uninstal saja plugin WPS Hide Login. Sangat mudah sekali bukan.

Semoga bermanfaat.


Loading...

Bagikan

ganisebastian

Penulis

Menulis dari berbagai pengalaman pribadi dan bisa dipertanggung jawabkan, jika bermanfaat bagi Anda silahkan share.

Komentar

    Avatar

    rofiqi

    ( - 05:26)

    kalau lupa alamat url login admin nya, solusi nya gan?
    dlu sudah ane ganti, tapi lupa :Da

      ganisebastian

      ganisebastian

      ( - 09:09)

      Coba konsultasikan dulu dengan pihak Hostingnya. Biasanya mereka suka membantu sampai masalahnya tuntas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *