Adsense Di Youtube

Panduan Mendapatkan Dan Menggunakan Content ID Youtube

Apa yang di maksud dengan Content ID di youtube? Mungkin ada yang sedikit bertanya, perlukah membuat dan menggunakan Content ID? Saya coba sedikit memberi penjelasan singkatnya.

Jadi fungsi Content ID adalah melindungi video (termasuk audio dan lagu) dan memberikan hak cipta sepenuhnya kepada anda sebagai pemilik video asli. Tujuannya agar orang lain tidak bisa mengaku-ngaku atau menggunakan ulang atau memperbanyak konten video tersebut, dengan syarat khusus.

Apa yang di maksud dengan syarat khusus dalam Content ID?

Ketika kita sudah menggunakan content ID yang disetujui, kita bisa mengontrol hak sepenuhnya terhadap konten video (termasuk audio) yang kita upload di youtube. Pemilik hak cipta dapat memilih untuk mengambil berbagai tindakan atas materi yang cocok dengan konten miliknya:

  • Membisukan audio dan musik yang cocok.
  • Mencekal keseluruhan video sehingga tidak dapat ditonton
  • Memonetisasi video dengan menjalankan iklan pada video tersebut
  • Melacak statistik penayangan video

Lihat cara kerja content ID dari sumber resmi

Nah, menarik bukan? Dengan menggunakan content ID kita mempunyai hak akses penuh terhadap konten video yang kita punya di youtube. Namun begitu, untuk membuat content ID haruslah memenuhi persyaratan dan kebijakan yang ditentukan oleh pihak youtube.

Syarat Untuk mendapatkan dan menggunakan content ID

  1. Pengguna yang telah terverifikasi – Silahkan cek lebih dahulu, apakah akun youtube anda sudah terverifikasi di halaman verifikasi youtube, gunakan nomor ponsel aktif untuk melakukan verifikasi.
  2. Harus mempunyai video full original termasuk audio didalamnya. (keterangan dibawah)
  3. Menggunakan alamat email pribadi. Jangan menggunakan email dari Gmail ataupun dari yahoo mail, karena tidak akan diterima.
    Menggunakan Content ID Youtube
    Harus menggunakan alamat email pribadi

    Pemilik konten harus memiliki hak-hak eksklusif atas bagian substansial dari materi asli yang sering diupload oleh komunitas pengguna YouTube.

  4. Hak eksklusif di atas adalah, anda harus mempunyai izin dari agen atau perusahaan dalam pengajuan konten ini.
  5. Mengaitkan akun youtube dengan website anda. Keterangan lengkap disini.

Apakah untuk menggunakan content ID youtube haruslah sebuah agen atau perusahaan? Tentu saja tidak, Content ID bisa digunakan untuk permohonan secara pribadi, asalkan memenuhi kriteria di atas.

Loading...

Anda juga harus mempunyai website/ blog yang sudah dikaitkan dengan akun youtube anda. Dan setiap video haruslah mempunyai label atau logo (watermark) untuk proses pengajuan content ID.

Jenis video yang tidak diperbolehkan menggunakan content id youtube

  • video kompilasi, dan atau video remix dari hasil karya orang lain yang anda gabung gabungkan.
  • video dari permainan video game,video dari visualisasi software, serta video dari hasil cuplikan musik dan video lain tanpa lisensi musik ataupun video yang berlisensi ( original )
  • rekaman pergelaran seni (seperti video konser musik, pidato, acara,pertunjukan dan lain lain).

Baca sumber resmi

Nah, jika sudah memenuhi persyaratan lengkap diatas, maka kita bisa membuat pengajuan kontent ID. Memang terasa ribet untuk menggunakan content ID Youtube ini. Tetapi hanya ini salah satu cara untuk mendapatkan proteksi secara penuh terhadap konten video yang akan disebarluaskan melalui youtube.

Cara mendaftar youtube content ID

Untuk mendaftar dan mengajukan permohonan content ID, silahkan menuju ke halaman Permohonan Program Verifikasi Konten Youtube.

MENGGUNAKAN CONTENT ID

Isikan semua data secara lengkap yang dibutuhkan. Setelah selesai, kita hanya menunggu persetujuan pengajuan content ID, biasanya anda akan menerima email rangkap yang akan ditujukan pada alamat email pribadi anda dan pada akun gmail.

Nah, demikianlah cara mendaftar dan mendapatkan content ID dari youtube. Contoh nyata : Banyak artis dan penyanyi sekarang menggunakan content ID sebagai sumber mata pencaharian yang bisa di andalkan. Biasanya sudah didaftarkan oleh perusahaan atau agen yang tempat artis tersebut bernaung.

Baca juga : Mengetahui Jenis Pelanggaran Hak Cipta/Lisensi Di Youtube

Jika dahulu banyak lagu dan video dibajak, tetapi sekarang ada proteksi dari content ID. Semakin video tersebut disebarkan, akan semakin banyak penghasilan dari pemilik content ID. Sebab hak monetisasi video akan masuk ke kantong pemilik content ID yang memegang lisensi resmi dari video tersebut.

Tetapi di sebagian negara ada yang menerapkan pencekalan hak tayang, atau membisukan audio. Namun tak jarang juga yang menerapkan penghapusan video agar bisa menambah viewer dari video asli yang sudah di upload ke youtube.



Loading...

Baca selengkapnya

ganisebastian

Menulis dari berbagai pengalaman pribadi dan bisa dipertanggung jawabkan, jika bermanfaat bagi Anda silahkan share.

Artikel terkait

61 Comments

  1. mas untuk di acc oleh pihak youtube tentang prihal content id ini, kira-kira berapa hari ya?

  2. Perkenalkan, Mas saya Admin Website dan sosmed di lembaga pesanteren…
    mau tanya maksud dari ini: rekaman pergelaran seni (seperti video konser musik, pidato, acara,pertunjukan dan lain lain).
    Apabila kita merekamnya dengan hendycamp kemudian di edit bisa ga mas?
    terus biasanya waktu untuk tinjauan atau verifikasi dari tim youtube berapa lama yah stelah daftar?
    mohon pencerahannya, Mas…
    terimakasih.

  3. Mas gani, mau tanya dung, apakah channel kita yang sudah di daftarkan content id nantinya kita diberi fasilitas seperti CMS dimana kita bisa tahu siapa saja yg upload content kita? ada penjelasannya gak mas gani?

  4. Memonetisasi video dengan menjalankan iklan pada video tersebu

    Saya mau tanya itu yg diatas, penghasilan nya bisa dibagi 2 gk ?

    Soal nya saya bikin video lirik lagu,
    Pemberitahuan klaim hak cipta tpi bisa di monetisasi

    Apakah bisa pengajuan hasil bagi rata ?

    Mohon pencerahan ny mas
    Tanks

  5. Maaf om kalau pertanyaan saya nyleneh tapi saya belum tahu, watermark itu apa, Terimakasih

    1. kalo di video, watermark itu tanda logo identitas yang di tampilkan (dicantumkan) di video. tujuannya biar penonton tau identitas pemilik/pembuat/pemroduksi video yg bersangkutan…
      biasanya sih letak watermark nya di sebelah pojok dlm video, atau bisa juga di tengah

  6. Untuk mendapatkan content ID, min berapa video ya?
    saya memiliki kurang lebih 27 Video Music.
    untuk viewer total udah 600rb+
    Video music Original.
    Domain perusahaan juga sudah ada.

  7. kalau membuat video ditambah text txt dan animasi tapi element gambarnya cari dari google bisa dapat content id gak mas ?

  8. Mas mau tanya saya punya akun youtube karaoke, musik nya saya buat sendiri. Apakah saya bisa mengajukan kontent ID youtube?, biasanya berapa harga mengaktifkan kontent id ?

  9. Mas Gani mau tanya.. saya sudah mengajukan contend id di youtube. semua konten saya original tetapi setelah saya submit. muncul pesan kaya gini..

    Permohonan Program Verifikasi Konten

    Terima kasih atas minat Anda pada Program Verifikasi Konten. Setelah meninjau aplikasi Anda dan/atau sebelum histori penghapusan, kami sudah memutuskan bahwa Anda bukan kandidat yang sesuai untuk alat ini.

    Status Aplikasi: Ditolak

    Angka Konfirmasi: 0wphPs-6sAU

    Anda mungkin masih mengajukan pemberitahuan dugaan pelanggaran dengan mengikuti petunjuk ini

    Solusinya gimana mas ?? Terima kasih.

    1. Video memang harus memenuhi persyaratan lengkap seperti yang diutarakan pada artikel diatas. Selain itu juga, video harus original dan sesuai prosedur untuk Content Id.

  10. Mas,. dlm hal diatas kalo editting konten meliputi apa aja mas? dan gimana caranya? ..

  11. Bca status rekan2 youtuber pada kena issue copyright claim, akhirnya sampai juga di artikel ini.
    Awalnya mau bikin ID, secara khawatir koleksi video saya ada yang ‘ngembat’.
    Tapi,setelah baca2 komentar, urung dah niatnya. Wong video saya kebanyakan tutorial hasil screen capture, lha gak bisa tho Mas Gani?
    Btw, terima kasih sudah berbagi informasi yang sangat bermanfaat buat para Youtuber.

  12. bisa dijelaskan lebih rinci cara isian nya mas..dari awal pertanyaan ada beberapa pertanyaan yang sama seperti saya tidak dijawab..seperti untuk isian seperti ini ,, Berikan daftar perwakilan dari karya berhak cipta sesuai kontrol eksklusif Anda: jawabnya bikin bingung..

  13. mau nanya bg gani ,Jika Audionya Musik Dari Hasil Download music free download, tp kalau video original buatan sendiri bg gani, gimana tu bg gani.

  14. bang gani, ane mau tanya nie……
    #pada Poin Content ID
    kalo vidio yang hasil dari buatan sendiri tapi make mp3 yang ada di yusub/free dan digabungkan dengan vidio yang hasil download { Vidio Sesuai niche ].
    #EXAMPLE
    Vidio buatan ane : Bang Toyib dengan { Audio dan Vidio CC } yang ada di site lain maupun siyusup
    mp3 : di Yusup/ Yang free { CC }
    vidio : Hasil download dari site lain/ yusup { CC }

  15. pada kotak ” Berikan daftar perwakilan dari karya berhak cipta sesuai kontrol eksklusif Anda:” harus diisi apa?? berikan contohnya…!! trims

  16. kang, saya mau tanya.. klu saya buat sebuah video music remix,dj,mushup dsb.. yg musiknya saya ambil dari beberapa musik video, itu bisa terkena licency gak? mohon pncerahannya.. terima kasih

  17. berarti kalau youtuber gaming gak bisa dapat contend id mas ????

  18. Ternyata content id digunakan untuk mengontrol kepemilikan video ya bang, namun video rekam game tidak boleh mengajukan. thanks cukup jelas.

  19. Mas mau nanya nih
    kan Video saya isinya Kereta api semua
    itu termasuk dalam Content ID gak?
    soalnya Video Kereta api tuh sifatnya Domain Publik