InternetTekno

Belum 100%, Anda Tetap Bisa Menggunakan Gmail Baru

Menggunakan Gmail Baru – Kabar tentang hadirnya Gmail baru sudah banyak diketahui dan ditunggu-tunggu oleh banyak orang.

Gmail baru memang berbeda dengan Gmail lama, karena di Gmail baru, Google menambahkan beberapa fitur yang fresh dan super keren.

Oleh karena itu, jika kehadiran Gmail baru ini ditunggu-tunggu, maka sangat wajar sekali.

Mengaktifkan Gmail Baru

Jika Anda belum mengaktifkan Gmail yang baru, silakan Anda mengaktifkannya. Dan berikut ini, langkah-langkah untuk mengaktifkan Gmail baru:

1. Klik Setelan, kemudian pilih Coba Gmail baru.

Lihat:

menggunakan gmail baru

2. Gmail akan dimuat ulang. Setelah itu, silakan pilih tampilan Default, Longgar, atau Rapat.

Loading...

3. Sampai di sini, proses pengaktifan Gmail baru sudah berhasil dilakukan.

Gmail baru ini masih dalam tahap percobaan (belum 100%). Jadi, ketika Anda sudah mencobanya, bisa kembali ke Gmail lama dengan cara klik Setelan > Kembali ke Gmail klasik.

Menggunakan Gmail Baru

Setelah Gmail baru aktif, maka langkah selanjutnya adalah mencoba Gmail baru itu sendiri, atau yang lebih tepatnya mencoba beberapa fitur barunya.

1. Kotak masuk yang lebih pintar

Ini adalah tampilan kotak masuk Gmail baru:

Tampilan kotak masuk dari Gmail baru ini lebih memudahkan para pengguna, karena ketika kita ingin menghapus atau mengarsipkan sebuah pesan, hanya tinggal mengarahkan mouse ke arah pesan dan bisa langsung mengambil tindakan.

Tampilan ini berbeda dengan Gmail lama, karena kotak masuk dari Gmail lama mengharuskan pengguna untuk mencentang pesan, kemudian mengambil tindakan di atas jendela atau membuka pesan untuk mengarsipkan dan menghapus pesan.

Jadi, dengan menggunakan Gmail baru ini, kita bisa lebih menghemat waktu.

2. File dilampirkan

Saat menggunakan Gmail lama, ketika ada email baru masuk, kita tidak tahu apakah email baru itu berupa gambar, video, atau pesan biasa saja.

Namun kini, dengan menggunakan Gmail baru, kita bisa mengetahuinya dengan cepat, karena semua file yang diterima akan dilampirkan.

Lihat:

Semua file yang masuk akan diketahui, baik itu yang berbentuk word, PDF, video, atau gambar. Jadi, dengan dilampirkannya file di kotak masuk, kita lebih mudah mengetahui isi pesan yang diterima.

3. Tunda email

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, fitur tunda email adalah salah satu fitur yang ditunggu-tunggu oleh kebanyakan orang dan benar-benar fresh.

Fitur tunda email ini, memungkinkan Anda untuk menunda email dari seseorang dalam jangka waktu tertentu, karena mungkin sibuk atau memang belum ingin membacanya.

Contoh:

Email di atas, dicoba menggunakan fitur tunda. Saat masa percobaan, waktu menunjukkan pukul 08:00 WIB, dan saat itu, waktu penundaan yang dipilih adalah pukul 08:42 WIB.

Hasilnya, saat waktu menunjukkan 08:42 WIB, email kembali masuk dan menempati posisi teratas.

Lihat:

Fitur tunda ini, bisa dipilih kapan saja waktunya, baik itu minggu depan, dua bulan, bahkan satu tahun ke depan. Jadi, fitur ini sangatlah bagus.

4. Fitur Add-On yang lebih menonjol

Jika fitur tunda ditunggu-tunggu dan lebih fresh, maka lain halnya dengan fitur Add-On. Ya, fitur yang satu ini sudah ada sejak lama, sehingga terkesan biasa-biasa saja.

Hanya saja, yang membedakan fitur Add-On lama dengan yang baru adalah dari segi penempatan. Fitur Add-On lama terletak di menu pengaturan, sedangkan fitur Add-On yang baru terletak di bilah kanan (lebih ditonjolkan).

Lihat:

Untuk mulai menggunakan (memasang) Add-On, Anda cukup klik tanda plus (sesuai tanda panah), kemudian pilih Add-On yang ingin digunakan.

Dan yang harus Anda ketahui adalah tidak ada perubahan yang cukup signifikan dari fitur ini, karena Add-On yang disediakan masih berkutat di seputar alat bisnis, produktivitas, pendidikan, hingga komunikasi.

5. Kadaluwarsa dan Nudge

Fitur yang satu ini belum dirilis, namun akan segera hadir dalam waktu dekat. Fitur yang dimaksud adalah fitur kadaluwarsa, di mana fitur kadaluwarsa ini memungkinkan seseorang memberi batas waktu pada email yang dikirim.

Lihat:

Gambar: Google

Selain fitur kadaluwarsa, fitur baru lain yang belum dirilis dan akan segera hadir dalam waktu dekat adalah Nudge. Nudge semacam pengingat dari Google.

Jadi, jika Anda menerima email dan tidak memberikan respons dalam beberapa hari, Google akan segera mengingatkan Anda.

Kurang lebih seperti ini tampilan dari Nudge:

Gambar: MakeUseOf

Itulah beberapa fitur yang ada dan akan ada pada Gmail baru. Dilansir dari berbagai sumber, Google akan terus berinovasi dengan fitur-fitur yang lebih bagus dan bermanfaat bagi orang banyak.

Kesimpulan

Masih ada fitur-fitur lain, seperti kalender yang bisa digunakan untuk mengundang teman-teman, dan fitur-fitur lain, seperti keep, task yang bisa Anda jelajahi lebih dalam.

Google sendiri akan meluncurkan secara resmi Gmail baru dalam ajang Google I/O yang akan berlangsung 8 Mei 2018 di Mountain View, California, Amerika Serikat.

Jadi, Gmail baru yang saat ini sedang Anda gunakan, tak lain dan tak bukan adalah Gmail yang masih dalam tahap penyempurnaan.

Oleh karena itu, bersabar menjadi pilihan utama, sebelum akhirnya menikmati seluruh fitur yang ada pada Gmail baru.



Loading...

Baca selengkapnya

Artikel terkait

One Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *