Layanan Penyimpanan Cloud

Manfaat Menyimpan Data Menggunakan Layanan Penyimpanan Cloud

Media penyimpanan online atau yang lebih kita kenal dengan Penyimpanan Cloud adalah salah satu alternatif yang bisa dipilih saat kita akan menyimpan dan mencadangkan data-data kita. Apalagi dewasa ini sudah semakin banyak perusahaan yang bergerak di bidang layanan penyimpanan cloud tersebut.

Namun, jika kita amati pengguna layanan penyimpanan cloud ini masih terlalu sedikit. Kebanyakan kita lebih suka menyimpan data atau file menggunakan media penyimpanan offline seperti flashdisk, hardisk ekternal, memory card, dan lain sebagainya.

Padahal, banyak sekali manfaat yang bisa kita dapatkan melalui layanan penyimpanan cloud tersebut. Berikut adalah manfaat menyimpan data menggunakan layanan penyimpanan cloud.

Gratiiiis !!!

Yup, bener sekali. Penyimpanan cloud itu gratis loh guys, nggak perlu mengeluarkan duit sepeser pun.

Coba kalau kamu menggunakan media penyimpanan offline, kamu harus bayar dulu puluhan ribu untuk beli flashdisk dan ratusan ribu untuk beli hardisk eksternal. Sayang kan uangnya? Hanya dengan modal internet dan WiFi gratis saja kamu sudah bisa mendapatkan media penyimpanan cloud hingga 15 GB.

Masih kurang?

Buat saja akun email sebanyak-banyaknya jika kapasitas 15 GB masih terlalu sedikit untuk menyimpan data kamu yang seabrek itu. Buat email bayar gak?

Bisa Diakses Dimana Saja

penyimpanan cloud
Source Image: www.google.com

Salah satu kemudahan yang ditawarkan oleh layanan penyimpanan cloud adalah bisa diakses dimana saja. Kamu tidak perlu lagi repot-repot membawa hard disk eksternal atau perangkat penyimpanan offline lainnya.

Loading...

Selain bisa diakses melalui laptop/PC, kamu juga bisa mengaksesnya menggunakan perangkat yang sedang kamu pegang saat ini, seperti smartphone atau tablet yang telah terkoneksi ke internet. Sehingga, tidak perlu lagi membuka laptop terlebih dahulu ketika ingin mengirim data.

Minim Resiko Kehilangan Data

Pernah ngalamin tiba-tiba data yang di flashdisk hilang dalam sekejap? Atau tiba-tiba memori card nggak bisa kebaca?

Hal tersebut pastinya sangat menjengkelkan bukan?

Permasalahan-permasalahan tersebut bisa kamu minimalisir dengan memanfaatkan layanan penyimpanan cloud. Data-data kamu akan tetap aman dan tersimpan rapi di cloud, sehingga bisa kamu akses kapan saja dan dimana saja.

Menyimpan data di cloud juga bisa menjadi alternatif jika laptop/PC kamu mengalami kerusakan di bagian port USB atau CD ROM.

Data Menjadi Lebih Aman

penyimpanan cloud
Source Image: www.pixabay.com

Karena tidak disimpan secara fisik, maka hanya kita saja yang bisa mengakses data di penyimpanan cloud. Karena, akan dibutuhkan yang namanya username dan password untuk bisa mengakses data-data tersebut. Orang lain tidak akan bisa melihat dan mengaksesnya dengan mudah.

Berbeda dengan media penyimpanan offline, siapa saja bisa mengakses dan menggunakannya. Sebab, media penyimpanan offline tidak dilengkapi dengan fitur-fitur keamanan tersebut. Tinggal colok, maka data-data kita akan bisa diakses dengan mudah.

Mudah Dalam Berbagi

Penyimpanan cloud biasanya mendukung fitur untuk berbagi atau sharing data. Dengan fitur tersebut kamu bisa berbagi data yang disimpan pada penyimpanan cloud dengan pengguna lain atau bahkan diakses pengguna umum yang tidak terdaftar pada penyedia layanan penyimpanan cloud.

Cukup memanfaatkan fitur sharing atau membagikan link, kita bisa berbagi dengan banyak orang. Tentu hal ini lebih efisien dan hemat waktu dibanding dengan menyalin secara manual menggunakan media penyimpanan offline.

Meminimalisir Memori Perangkat Penuh

Jika kamu adalah pengguna smartphone dengan kapasitas memori yang terbatas, tentu pernah mengalami memori perangkat yang penuh. Tentunya ini akan sangat mengganggu aktivitas kamu, misalnya ketika kamu  ingin mengambil gambar pada momen-momen tertentu ternyata malah gagal gara-gara memori perangkat yang penuh.

Dengan memanfaatkan layanan penyimpanan cloud maka akan meminimalisir memori penuh pada perangkat kamu. Selain itu, memanfaatkan layanan cloud secara tidak langsung telah membackup seluruh data-data kamu. Sehingga ketika kehilangan data pun kamu masih punya cadangannya.

Baca juga:

Itulah beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan ketika menyimpan data dengan menggunakan layanan penyimpanan cloud. Pernah menggunakan layanan penyimpanan cloud? bagikan pengalaman kamu dibawah ya. Semoga bermanfaat.



Loading...

Bagikan

Penulis

zakiyfauzi
zakiyfauzi
Penulis amatir yang hanya bisa menggunakan kata-kata sederhananya untuk sekedar berbagi dan menuangkan isi pikiran. Jadi, maaf jika tak ada yang istimewa. Karena yang istimewa cuma KAMU.

Kunjungi: Channel Youtube Saya
zakiyfauzi

Penulis

Penulis amatir yang hanya bisa menggunakan kata-kata sederhananya untuk sekedar berbagi dan menuangkan isi pikiran. Jadi, maaf jika tak ada yang istimewa. Karena yang istimewa cuma KAMU.Kunjungi: Channel Youtube Saya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *