InternetTekno

Tips Menggunakan Smartphone Android untuk Keperluan Bisnis Online

Tips Menggunakan Smartphone Android untuk bisnis – “Ingin menggunakan alat komunikasi sebagai penopang kesuksesan berbisnis” ?, pastikan Anda tidak menunda tindakan tepat itu. Di tahun 2017 ini, Anda mungkin sependapat dengan saya, bahwasannya, smartphone telah menjadi salah satu alat komunikasi tercanggih, yang paling sering digunakan oleh kalangan profesional, salah satunya mungkin Anda, untuk berbisnis. Baik itu bisnis trampil dan kreatif yang konsisten dikerjakan secara offline, maupun bisnis berbasis teknologi website yang kekinian tanpa batas.

Di Indonesia sendiri, jumlah pengguna smartphone canggih dengan sistem operasi Android bisa dikatakan cukup besar. Meski saya belum menyempatkan diri untuk melakukan peninjauan langsung mengenai berapa besar jumlah pengguna Android di Indonesia dalam angka. Tapi, 4 dari dari 6 orang keluarga saya adalah pengguna smartphone Android dari berbagai merek populer.

Selain, pada beberapa kesempatan tetap saya gunakan untuk keperluan komunikasi, berkirim pesan singkat, menerima dan melakukan panggilan telp. Selama memiliki handphone Android, saya juga menggunakannya untuk keperluan bisnis online maupun offline.

Nah, untuk seluruh pembaca setia Klik Mania yang selalu menginspirasi saya. Dalam postingan kali ini, kita akan mengetahui bersama beberapa tips menggunakan smartphone Android untuk keperluan bisnis online.

Jadi pastikan Anda dalam posisi santai dalam membaca seluruh postingan ini dari awal hingga akhir, agar Anda tetap produktif dan profit selama menggenggam smartphone Android canggih kapanpun dan dimanapun Anda berada.

Foto Ilustrasi : Niekverlaan via Pixabay

Tips Menggunakan Smartphone Android untuk Foto Produk Bisnis Anda

Saya percaya bahwa selfie memakai Android juga mungkin dapat membuat Anda populer dan berhasil. Itupun dengan catatan, selfie yang Anda lakukan haruslah benar sesuai dengan tulisan saya sebelumnya baca : (Tips Selfie yang Bagus dan Keren Ala Klik Mania untuk Para Traveler).

Namun, jika Anda adalah pebisnis yang memproduksi beberapa produk berkualitas terbaik. Selain Anda tetap dapat melakukan selfie, maka Anda sangat saya rekomendasikan untuk menggunakan smartphone Android untuk keperluan fotografi produk, kemudian mempromosikannya juga di internet.

Nah, jika ternyata Anda telah meng-onlinekan bisnis yang Anda jalani selama ini melalui media website, market place ataupun toko online. Maka pastikan foto produk Anda berkualitas, mampu menarik mata dan perhatian calon konsumen terbaik Anda.

Menariknya, dengan fitur kamera terbaik yang terpasang pada smartphone Android terbaik yang Anda miliki. Anda tetap dapat dengan mudah untuk memproduksi foto produk berkualitas, tanpa harus memiliki pengalaman yang sama yang dimiliki setiap fotgrafer handal.

menggunakan smartphone

Agar foto produk yang dihasilkan lebih berkualitas dan eyecatching, maka yang perlu diperhatikan adalah detail foto, fokus dan ukuran. Karena sebagian besar smartphone Android saat ini sudah didukung kamera dengan kualitas pixel yang tinggi, maka foto produk yang berkualitas menjadi lebih mudah dan cepat untuk dihasilkan.

Tips :

Agar detail foto yang dihasilkan dapat lebih baik, pastikan Anda memperhatikan pencahayaan yang ada disekitar lokasi foto produk yang akan Ambil. Sementara fokus yang saya maksud di sini adalah, fokus, dimana foto produk tidak blur, dan konsentrasi foto hanya pada obyek produk saja. Langkah ini dapat ditempuh dengan cara menggunakan warna polos sebagai background produk.

Setelah pencahayaan dan background dirasa pas, maka sesi foto produk dapat dilakukan menggunakan smartphone Android terbaik Anda. Selalu gunakan kamera yang memiliki kualitas pixel lebih tinggi. Di Android sendiri, kamera dengan kualitas pixel yang lebih tinggi biasanya diletakan pada body belakang handphone di bagian atas.

Perhatikan posisi tubuh sebelum memulai pemotretan produk, dan pastikan kamera berada kuat dalam genggaman tidak goyang. Hal ini untuk mengantisipasi agar foto produk tidak miring dan blur.

Android sebagai Media Koneksi via Kabel USB

menggunakan smartphone

Berdasarkan pengalaman, terbukti smartphone Android memang banyak membantu saya untuk tetap produktif. Pada saat saya mencoba peruntungan beberapa minggu di pusat kota Bandar Lampung. Saya sempat menyewa sebuah kos nyaman yang sudah dilengkapi dengan fasilitas WiFi gratis. Saat itu dan hingga saat ini, saya bekerja mendistribusikan konten menggunakan PC dan bantuan koneksi yang dihubungkan menggunakan smartphone Android.

Meski ada fasilitas WiFi gratis, sayangnya pihak kos tidak menyediakan kabel LAN. Hal ini cukup memusingkan saya kala itu yang benar-benar ingin menikmati layanan ekstra WiFi gratis yang ditawarkan pemilik kos. Saya sempat berfikir untuk membeli wireless WiFi USB, setelah melakukan browsing ternyata harganya cukup mahal bagi saya, yang notabene masih tinggal di sebuah rumah kos.

Dan akhirnya saya baru sadar bahwa saya memiliki sebuah smartphone Android, lantas mengapa harus repot. Selanjutnya saya aktifkan WiFi yang ada pada perangkat Android saya untuk terhubung ke WiFi kos, lalu saya mengkoneksikan Android yang sudah terhubung ke WiFi tersebut dengan bantuan kabel USB ke PC saya.

Alhasil, komputer saya dapat terhubung ke Internet dengan mudah, sehingga saya dapat mengerjakan beberapa artikel online yang sudah dipesan, dan mendapatkan penghasilan dengan cara memproduksi konten informatif yang menginspirsi dan mendistribusikannya ke website Klik Mania.

Tips Menggunakan Smartphone Android untuk Transaksi Online

menggunakan smartphone

Karena Android yang Anda miliki difungsikan sebagai sarana bisnis. Maka aktifitas transfer pemesanan atau penerimaan pembayaran dari konsumen pasti akan sering dilakukan.

Tips : Agar Android canggih milik Anda dapat digunakan dengan mudah untuk segala macam transaksi, maka tidak ada salahnya Anda melengkapi ponsel Android Anda dengan aplikasi resmi dari pihak perbankan. Satu-satunya keuntungan penggunaan aplikasi perbankan mobile ini adalah, kemudahan melakukan transaksi kapanpun dimanapun Anda berada.

Saat ini beberapa bank terbaik di Indonesia sudah menyediakan aplikasi mobile yang dapat digunakan secara gratis oleh seluruh nasabahnya. Salah dua contohnya adalah BRI Mobile dan BCA Mobile. Masing-masing aplikasi mobile banking tersebut menawarkan lebih dari dua fitur canggih yang dipastikan akan memudahkan Anda untuk melakukan transaksi dengan lebih cepat, aman, dan nyaman.

Tips Memakai Android untuk Pelayanan Konsumen

menggunakan smartphone

Salah satu kecanggihan yang disuguhkan oleh smartphone berbasis Android adalah, memungkinkan penggunanya untuk menginstal berbagai macam aplikasi chatting populer. Selain tetap dengan fungsi utamanya menjalin komunikasi dan silaturahmi. Jika digunakan untuk keperluan bisnis, maka aplikasi chatting tentu dapat Anda gunakan sebagai media support untuk memberikan pelayanan prima kepada seluruh konsumen terbaik Anda.

Ada banyak pilihan aplikasi chatting yang bisa dipilih untuk diinstal secara gratis pada perangkat Android Anda yang Anda gunakan saat ini. Selain aplikasi populer terbaik seperti BBM dan WhatsApp, saya juga merekomendasikan Anda untuk mencoba aplikasi [email protected] Mengapa ?, karena Layanan [email protected] memang dirancang secara khusus untuk kalangan pelaku bisnis, khususnya pelaku bisnis kelas mikro hingga menengah guna meningkatkan kualitas pemasarannya dalam format digital.

Baca : Cara Membuat Official Account Line [[email protected]]

[email protected] memiliki banyak keunggulan yang dapat dimanfaatkan oleh para pemilik dagangan, mulai dari pemilik toko online, restoran, organisasi, klinik kecantikan sampai pekerja paruh waktu. Yang paling utama adalah integrasi dengan LINE, dimana kontak yang telah tersimpan di dalam akun LINE akan secara otomatis tersimpan dalam akun [email protected]

Selanjutnya, pengguna [email protected] dapat mengirim pesan broadcast ke seluruh konsumen yang ada di dalam daftar kontaknya, lengkap dengan fungsi auto-reply dimana balasan dapat diberikan secara otomatis, termasuk yang berdasarkan kata kunci tertentu. Aplikasi ini memungkinkan Anda untuk mendistribusikan kupon maupun kampanye promosi secara langsung.

Aplikasi [email protected] juga didukung dengan fitur Timeline, sehingga Anda dapat membuat status atau informasi terbaru yang ingin disampaikan dalam format yang apik. Tersedia pula fitur statistik agar pengguna [email protected] dapat mengelola akunnya dengan lebih optimal. (dailysosial.id)

Baca : Line Marketing : 10 Rahasia Jualan Online Di [email protected]

Manfaatkan Fitur Google Maps

menggunakan smartphone

Salah satu manfaat yang bisa langsung dirasakan oleh pengguna Android dengan adanya fitur peta digital ini adalah, mempermudah menemukan lokasi dan mengetahui rute perjalanan.

Dalam bisnis online ada kalanya Anda bertemu dengan calon konsumen Anda yang berada diluar lokasi Anda berada. Nah agar pertemuan bisnis dapat berlangsung tepat waktu, tidak ada salahnya Anda menggunakan fitur Google Maps.

Dalam Google Maps, terdapat fitur yang bernama Driving Direction. Ini merupakan fitur panduan yang sudah dilengkapi dengan bantuan suara, untuk memperlancar perjalanan Anda menuju lokasi yang akan didatangi.

Caranya cukup mudah, Anda cukup memastikan GPS Android smartphone Anda aktif, lalu buka fitur Google Maps, ketik lokasi Anda saat ini, dan ketik alamat tujuan, selanjutnya Anda bisa memulai navigasi dengan panduan suara dengan menggunakan headset yang sudah terpasang.

Pilih Jaringan Koneksi Terbaik untuk Mempermudah Akses Internet

Selain bermodalkan perangkat smartphone canggih. Dalam menjalankan bisnis online Anda selalu wajib tersambung ke internet. Agar tidak mengalami kendala selama berbisnis karena jaringan yang lambat dan sering mengalami gangguan. Sebaiknya Anda menentukan kartu seluler (SIM card) yang menawarkan kecepatan koneksi stabil.

Baca : Alasan Mengapa Kamu Harus Beralih ke Jaringan 4G LTE

Selalu Jaga Privasi

Sebenarnya berbisnis atau bertransaksi online memiliki tingkat privasi yang cukup baik. Misalnya, Anda tidak perlu keluar rumah, sehingga kenyamanan dan keamanan dalam bertransaksi lebih terjaga. Hanya saja dalam dunia internet masalah privasi masih menjadi persoalan.

Semakin sering Anda menggunakan smartphone Android dalam berbagai kebutuhan, termasuk transaksi online. Bukan tidak mungkin informasi data diri Anda dapat dengan mudah diketahui oleh pihak pengguna internet lainnya.

Agar informasi pribadi Anda tetap aman dan tidak disalahgunakan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab yang berkeliaran di internet. Anda perlu lebih waspada saat menggunakan smartphone Android, dengan cara menerapkan beberapa tips yang berhasil saya himpun dari laman tekno.liputan6.com :

1. Pilih Aplikasi Chatting dengan Fitur Enkripsi

Sebelumnya sudah kita ketahui bersama, bahwa ponsel Android dapat diinstal dengan sejumlah aplikasi chatting. Ini adalah sebuah solusi dari kelemahan SMS yang tidak terenkripsi. Sehingga sangat mungkin pihak lain dapat melihat isi SMS, tujuan, hingga kapan SMS tersebut dikirim.

Beberapa aplikasi chatting yang tersedia untuk diinstal pada Android, saat ini sudah menawarkan fitur enkripsi. Hal ini tentu akan membuat seluruh pesan atau percakapan yang dilakukan menjadi lebih aman dari penyusup.

2. Gunakan Fitur Maps tanpa Terhubung ke Internet

Situs thenextweb menginformasikan bahwa, saat ini pengguna Maps dapat menambahkan daftar tujuan dalam satu kali navigasi. Saat ini, hampir sebagian besar pengembang aplikasi Maps untuk Android menawarkan layanan mereka secara gratis. Namun sebagian pengguna harus tetap skeptis, bahwa besar kemungkinan layanan gratis tersebut dapat melakukan pelacakan dan menyimpan lokasi yang pernah Anda kunjungi.

Oleh sebab itu, sangat disarankan agar Anda sebaiknya hanya memanfaatkan fitur offline yang ada di sebagian aplikasi tersebut. Anda cukup mengunduh satu wilayah atau negara tertentu dari aplikasi tertentu dan menggunakannya tanpa terhubung ke internet.

3. Selalu Jaga dan Lengkapi Ponsel Android dengan Password

Permasalahan keamanan perangkat dari tangan tidak bertanggung jawab mungkin akan berkurang di tahun 2017 ini. Pasalnya, saat ini sudah banyak smartphone Android baru yang sudah didukung fitur pemindai sidik jari. Fitur canggih ini benar-benar menawarkan keamanan ponsel menjadi super ketat.

Namun, tidak sedikit pelaku bisnis saat ini masih menggunakan ponsel Android yang belum didukung dengan sensor finger print. Agar ponsel Anda tetap aman, maka salah satu cara umum yang bisa Anda lakukan adalah dengan menambahkan password yang tidak dibobol. Caranya dukung ponsel Anda dengan kata kunci yang memiliki karakter atau kombinasi tak biasa.

Jangan lupa juga untuk menonaktifkan fitur penyimpanan kata-kata di keyboard virtual. Karena, sejumlah keyboard virtual ternyata menyimpan password yang ditulis oleh pengguna ketika mengakses sebuah aplikasi atau situs.

4. Hindari Berbagi Lokasi melalui Sosial Media

Meski pada dasarnya fitur berbagi lokasi pada sosial media ini memberikan manfaat untuk penggunanya. Yaitu, dapat membuat pengguna dengan mudah menginformasikan tempat yang sedang mereka datangi. Tindakan ini justru membuat privasi Anda semakin terbuka.

Apalagi jika aktifitas berbagi lokasi tersebut terlalu sering dilakukan di media sosial. Secara tidak langsung pengguna telah membagikan pola pergerakannya dan dapat dimanfaatkan oleh orang yang tak bertanggung jawab.

Nah itulah beberapa tips bagaimana memakai ponsel pintar Android yang bisa Anda terapkan untuk keperluan bisnis, dimana beberapa tips yang dikemukakan di atas disajikan berdasarkan pengalaman pribadi saya selama menggunakan smartphone Android.

Lantas, bagaimana jika ternyata ada sebagian dari pembaca saat ini yang baru saja akan menggunakan smartphone sebagai penopang bisnis, dan memiliki rencana untuk melakukan pembelian smartphone Android baru ?

Anda tidak perlu khawatir dan repot-repot berpindah ke satu website ke website yang lain. Karena, sebagai penutup, saya telah menyiapkan bebarapa smartphone Android baru terbaik yang bisa Anda pertimbangkan untuk dibeli pada tahun 2017 ini. Berikut ini pilihannya :

2 Pilihan Smartphone Android Baru untuk Bisnis Online

#1 Smartphone BlackBerry Aurora 2017

menggunakan smartphone
Blackberry aurora via https://www.technobuffalo.com

BlackBerry Aurora, menjadi salah satu smartphone berbasis Android pertama yang baru saja diperkenalkan oleh PT BB Merah Putih selaku pemegang lisensi di Jakarta, Kamis (9/3/2017). Diluncurkan pertama kali di Grand Ballroom Hotel Fairmont, Jl Asia Afrika No. 8, Jakarta. Seluruh konsumen di Indonesia sudah dapat melakukan pembelian smartphone Android ini dengan cara pre-order di sejumlah e-commerce seperti Erafone, Lazada Indonesia, Blibli.com, Elevenia, dan Alfacart.

BlackBerry Aurora adalah smartphone Android 2017 yang dirancang sepenuhnya oleh Indonesia dengan standar global dan sudah memenuhi Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN). Tersedia dalam tiga warna pilihan yaitu yaitu black, gold, dan silver. Seluruh konsumen terbaik tanah air saat ini dapat membeli smartphone dengan harga Rp. Rp 3.499.000.

Sangat direkomendasikan untuk keperluan berbisnis, BlackBerry Aurora datang dengan spesifikasi yang cukup menganggumkan. Mulai dari sistem operasi Android teranyar, kapasitas dan kualitas baterai besar tahan lama, hingga dukungan kamera terbaik untuk keperluan fotografi.

BlackBerry Aurora 2017 Detail Spesifikasi
OS Android 7.0 (Nougat)
RAM 4 GB
Kamera 13.0MP AF Dual Led flash, depan 8 MP FF, Led Flash
Baterai Li-Ion 3000 mAh
CPU Adreno 308
GPU Qualcomm Snapdragon 425 MSM8917 Quadcore 1.4GHz
SIM Dual SIM (Micro-SIM)
Bobot 178 gram
Dimensi Layar 5.5 inci HD
ROM 32 GB, MicroSD up to 64 GB

#2 Samsung Galaxy A 2017

Ditawarkan dalam tiga varian terbaik yaitu Galaxy A3, A5 dan A7 untuk seluruh generasi milineal, smartphone baru milik Samsung ini mulai menyapa seluruh konsumen di Indonesia sejak tanggal 1 Februari 2017.

Baca : Review Samsung A3 Edition yang Mewah dan Murah

Selain kinerja dapur pacu yang sudah tidak perlu diragukan lagi, yang baru yang menarik ditawarkan oleh Samsung pada produk terbaru mereka ini adalah, USB Type-C dengan kemampuan pengisian daya cepat, dukungan fitur pemindai sidik jari. Seluruh seri Galaxy A juga sudah memiliki kemampuan antiair dan antidebu.

Samsung Galaxy seri A7 Detail Spesifikasi
OS Android OS, v6.0.1 (Marshmallow)
RAM 3 GB RAM
Kamera 16 MP, f/1.9, 27mm, autofocus, LED flash
Baterai Non-removable Li-Ion 3600 mAh battery
CPU Octa-core 1.9 GHz Cortex-A53
GPU Mali-T830MP3
SIM Dual SIM (Micro-SIM)
Bobot 186 gram
Dimensi Layar 5.7 inci Super AMOLED
ROM 32 GB, MicroSD up to 256 GB

 Penutup

Itulah beberapa tips sederhana dalam menggunakan smartphone serta kecanggihan teknologi untuk keperluan bisnis, yang tidak menutup kemungkinan bisa juga Anda terapkan. Sudah seharusnya sebuah perangkat dengan bandrol harga yang lumayan fantastis yang harus dikeluarkan oleh penggunanya, juga dapat memberikan imbas untuk produktiftas pengguna agar selalu profit. Salam.


Loading...
Baca selengkapnya

Halo, salam kenal dari saya untuk seluruh pembaca Klik Mania.

Artikel terkait

One Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close