Menghapus Error Page Not Found 404 Secara Mudah & Permanen

Loading...

Cara menghapus error kode 404 sangatlah mudah, kita bisa langsung menuju ke halaman google webmaster tools dan menghilangkan crawl error 404 secara permanen, tetapi jika terdapat banyak sekali page not found 404, kita harus melakukannya dengan sabar. Sebab dengan cara yang manual akan lebih efektif, dan tidak akan terjadi lagi error 404 atau halaman tidak di temukan.

Untuk mencegah error 404 lebih banyak lagi, kita harus lebih sering sering memeriksa halaman google webmaster tools, sekaligus memantau kesehatan blog atau situs kita.

Penyebab Crawl Error Page Not Found 404

Yang menjadi penyebab error 404 halaman tidak di temukan pada blog adalah terdapat link yang mengarah pada suata halaman yang terhapus, atau tertuju pada sebuah halaman link yang rusak (broken link) hal tersebut bisa di akibatkan karena kesalahan pengetikan yang mengarah pada sub domain blog, bisa juga di akibatkan karena menghapus halaman blog yang tidak sengaja, atau link tersebut memang sudah kadaluarsa.

Biasanya terjadi karena ada sebuah link yang di letakkan oleh seorang komentar pada sebuah blog, link tersebut sudah mati atau rusak, sehingga menimbulkan terjadinya crawl error.

Menghapus Error Page Not Found 404 Secara Mudah & Permanen
Cara Menghapus Kode 404 Di Google webmaster Tools

1. Masuk dan login ke google webmaster tools milik anda.

2. Pergi ke halaman menu di sebelah kiri,Craw – Crawl Error
Cheklist (centang) pada priority, maka akan otomatis tercentang semua filenya, kemudian klik download, pilih format google docs.

Menghapus Error Page Not Found 404 Secara Mudah & Permanen
3. Maka akan terlihat seperti gambar di bawah, silahkan buka notepad copy semua link tersebut.
Menghapus Error Page Not Found 404 Secara Mudah & Permanen
4. Sekarang buka menu halaman google index – Remove URLs.
Menghapus Error Page Not Found 404 Secara Mudah & Permanen
5. Klik pada “create a new removal request” masukkan satu link yang anda copy pada notepad tadi, terakhir klik “submit request”, lakukan satu demi satu pada link hasil copy pada note pad hingga selesai. Hal ini membutuhkan sedikit kesabaran anda jika terdapat banyak link yang error.
Menghapus Error Page Not Found 404 Secara Mudah & Permanen
6. Jika semua sudah selesai, kembali pada menu halaman Craw – Crawl Error, Cheklist (centang) pada priority dan Klik tombol Mark as fixed.
Menghapus Error Page Not Found 404 Secara Mudah & Permanen
7. Pada tahap ini anda sudah selesai,Crawl error 404 akan di proses, sekarang sudah tidak lagi tampak, seperti gambar di bawah.
Menghapus Error Page Not Found 404 Secara Mudah & Permanen
Cara mengatasi atau memperbaiki kode Error Page Not Found 404 secara manual akan lebih efektif dan bersifat permanen, sebenarnya hal ini tidak mempengaruhi rangking halaman google, tetapi kita juga harus secepatnya memperbaiki, karena akan berdampak kepada backlink atau proses backlink yang lama pada halaman yang sudah ter index oleh google.
 



Loading...

Tentang Penulis: ganisebastian

ganisebastian
Menulis dari berbagai pengalaman pribadi dan bisa dipertanggung jawabkan, jika bermanfaat bagi Anda silahkan share.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

145 comments

  1. maaf min mau tanya masih masalah error juga,kalau error nya ada di halaman missing author bagaimana cara mengatasinya,atau admin bisa lihat di halaman saya,apakah sudah bersih dan seo atau belum,sebelumnya saya ucapkan terima kasih

  2. mas sekarang kok udah beda ya, cuma “sembunyikan sementara” dan itu dipemberitahuannya hanya berlaku selama 90 hari. Jadi kalo udah 90 hari url yang dihapus akan muncul lagi.

    nah bagaimana cara supaya kehapus permanen???

    1. selain itu tool untuk “hapus konten usang” yang tersedia di search console itu maksudnya untuk apa? apa bisa digunakan untuk mengatasi url not found 404? kalau memang bisa, lebih efektif yang mana, hapus url sembunyikan sementara atau yang hapus konten usang?
      terima kasih..

      1. Ada dua plihan, pilih saja hapus konten usang. Maka tidak akan muncul kembali.
        Apabila tidak ingin repot, sebenarnya bisa buat halaman custom redirect 404..jadi halaman yang tidak ditemukan akan dialihkan ke homepage atau halaman tertentu. Apabila pakai WordPress bisa gunakan plugin redirect 404.

  3. Thanks artikelnya komplit bgt, masalah sy kenapa link url error yg ada di. Webmaster saya kok judulnya asing dan bukan link url blog saya, sepertinya link url orang lain. Dan itu bnyk sekali link errornya nongol tiap hari, kenp ya mas? Tolong dbantu. Thanks

  4. trimakasih banyak tips nya……….gan.sangat bermanfaat.
    moga sukses selalu……….

    jangan lupa…..gan,main-main ke blog saya yah,di…….
    minizona884

  5. Halo Mas, terimakasih bgt buat tutorialnya. Tapi ini saya msh ada masalah. Ngikutin step 1 utk buka webmaster, ga ada tulisan “Crawl”. Yg ada malah ditanyain ownership di salah satu website. Gimana ya mas buat langkah selanjutnya? Nuhun mas 🙂

  6. PENJELASANNYA MANTAP BANGAT… LENGKAP BANGAT…

    GUE PUNYA MASALAH.. ARTIKEL BLOG YANG HILANG TIBA-TIBA DARI PENCARIAN GOOGLE.. MUNGKIN ERROR 404 SALAH SATU PENYEBABNYA…

    TERIMA KASIH.. ARTIKEL ABANG SUDAH MEMBANTU BANGAT…

    SUKSES SELALU..

    1. di remove url dari webmaster tool tulisanya temporaly remove url: Remove URLs
      Temporarily remove URLs that you own from search results. To remove content permanently, you must remove or update the source page

  7. Sepertinya bukan hanya error 404 yang bisa di atasi dengan cara di atas mas, sebab saya juga sering menemukan crawl error jenis lain pada webmaster tools, salah satunya error kode 400. So….Sukses buat mas….

  8. ternyata emang cape mantau link error, terus untuk link yg kita tinggalkan di blog/web fb, google+ orang lain gimana min setelah kita ganti url nya kan error. apa nanti bakal ada efek samping juga buat web kita

    1. kalau mengganti URL sebaiknya lakukan redirect ke arah link yang baru saja dibuat, jadi halaman tetap akan ditemukan mas bayu.
      untuk Eror page 404 yang bukan berasal dari link utama tidak akan berpengaruh pada peringkat situs,.

  9. pagi mas gani,,

    Saya sudah mengikuti cara diatas, kenapa URL yang eror selalu muncul kembali. Bagaimana cara mengatasi masalah seperti itu mas?

      1. iya memang mas.

        Jadi gini mas, saya ada eror 404 URL nya example.com/s nah saya hapus eror tersebut dengan cara seperti pada artikel ini 2 hari kemudian URL tersebut hilang sudah dihapus tidak ada erorr lagi sudah bersih..

        Nah seminggu kemudian URL yang sama example.com/s muncul lagi.. Saya lakukan penghapusan kembali eh kemudian malah muncul lagi.. Bagaimana tuh mas cara FIX yang seperti itu?

        1. Tinggal dicentang semua dan tekan tombol fix mas, lakukan beberpa kali pada URL yang pernah di hapus..itu hanya bekas record cache google saja mas, untuk URL nya sudah tidak ada.

  10. Mas gani, saya mau tanya.
    Salah satu artikel saya dijadikan referensi oleh situs lain, dan link situs artikel tersebut seperti ini www(.)contohsaja(.)com/2006/10/cara-dan-contoh-saja (.)html pada artikelnya, sedangkan link yang sebenarnya adalah www(.)contohsaja(.)com/2016/10/cara-dan-contoh-saja (.)html sehingga terjadi kesalahan rayapan 404. Letak kesalahannya terdapat pada tahun postingan yang ia ketik pada artikelnya.

    1. Apakah harus saya redirect url link tersebut ? karena bisa menjadi backlink natural.
    2. Bagaimana caranya kalau bisa di redirect ? saya menggunakan cms blogger.

    Terimakasih atas waktu dan jawabannya mas 🙂

    1. 1. Tidak perlu redirect. karena URL aslinya memang terjai kesalahan penulisan olllleh pihak yang menautkan.
      2. Hubungi pihak yang menautkan link, atau bisa jadi sebagai komentator lain dan kasih pemberitahuan apabila link yang ditautkan rusak.

      1. kejadiannya muncul lagi yang crawl error nya gan, setelah ada keterangan expired. Berarti ini temporary dong, bukan permanen. mohon pencerahannya.. belum ketemu caranya biar permanen, udah browsing pun ketemu caranya yang lewat webmaster saja. mana lagi review adsense lagi -_-

  11. Makasih tutorialnya kang.
    Awalnya dulu waktu ganti theme pengen remove url cuma malas, hari ini ada kesempatan, butuh waktu sekitar sejam untuk remove url manual 200 link, sampai bosan rasanya.

    Sayang ngga ada feature bulk. Kebayang kalau blog besar ada error 1000 page bisa butuh waktu lama banget.

    Sebenernya ngga diremove juga ngga apa2 ya? atau ngaruh om? ranking alexa saya anjlok turun 10jt om dari 700rb.

  12. barusan aja kena not found 404, padahal baru banget lihat website saya mas dan makasih infonya utk saya perbaiki di google webmaster semoga cepat sembuh ini web saya

  13. mas, saya sudah sukses melakukan tutorial di atas
    tapi setiap hari selalu timbul lagi link2 error lain nya

    bagaimana mengatasinya?
    apakah saya harus menganti template?
    atau bagaimana?

    terimakasih sebelumnya

  14. Mas, saya pas ingin ngehapus url, enggak ada. disupport google yang ada hanya
    1. Sembunyikan laman dari hasil penelusuran untuk sementara dan hapus dari cache:
    2. Hapus laman dari cache saja
    3. Hapus direktori sementara

    keteranganya gak ada hapus url permanen. itu gimana ya mas

  15. Mas Gani Sebastian saya mendapatkan lebih 200 error 404 not found dari Google Search Console. Bingung mau memperbaikinya. Alhamdulillah dapat bimbingan dari artikel Mas Gani. Maklum masih gamang mengoperasikan website.
    Akan saya coba seperti langkah-langkah yang dibimbing oelh Mas Gani melalui tulisan ini.
    Terima kasih banyak.

  16. Yang saya ada 40 url mas yang error. Tapi udah saya hapus satu persatu. Kalau pengalaman mas sendiri, berapa hari semua url yang error terhapus semua mas??

      1. Oohh.. gitu ya mas. Cukup lama juga ya mas sampai 2 minggu. Ga masalah lah, yang penting terhapus yang errornya.. hehehe.. jadi kalau muncul lagi, tinggal pilih semua dan klik Mark As Fixed itu ya mas?

      1. tapi sekarang sudah beda ya mas, hanya ada tombol hapus sementara di webmaster untuk menghapus kesalahan perayapan. apakah cara diatas masih berlaku mas? terimaksih

  17. Terima kasih gan infonya, ternyata punya saya banyak banget erornya dan alhamdulilah setelah tau sekarang saya sudah perbaiki semua, makasih gan sekali lagi infonya gan…

  18. Blog saya http://areesukan.blogspot.com amat kerap mempamerkan error 404 dan saya amat malu bila kawan-kawan klik tidak jumpa bloq saya dan saya sudah usaha berbagai cara…saya akan mencuba cara yg diajar tuan Gani….mudah mudahan akan berhasil insyallah doakan. Tkasih tuan $$

  19. Terima kasih mas sangat membantu khususnya waktu saya daftar AdSense gara-gara link not found permohonan saya sempat ditolak, semoga permohonan yang kedua bisa lancar amiiiin.

    1. kalau menghilangkan secara permanen dari alat hapus url bagaimana .kalau url masih terkadang masih di rayapi,pengaruh atau tidak terhadap pendaftaran adsense

  20. Aku sudah klik Google Indeks => Hapus URL pada web master, tapi kok nggak ada perintah “Buat permintaan penghapusan”, yang ada malah ini : “Hapus URL yang Anda miliki dari hasil penelusuran untuk sementara. Untuk menghapus konten secara permanen, Anda harus menghapus dan memperbarui laman sumber. Informasi selengkapnya.” Lalu ada tombol “Sembunyikan Sementara”. Gimana tuh mas?

  21. dulu saya juga pake cara seperti itu, tiap 2 hari sekali intip gugel seacrh console, mana tau ada message error,warning atau pesan apa dari mbah gugel

    cek >> copy >> remove URL, proses berulang yang melelahkan

    setelah itu saya pake plugin aja, “404 to 301”, jadi jika ada halaman/gambar/link yang not found akan di direct ke halaman beranda/artikel tertentu, dan tidak ada lagi pesan error 404 di Google Search Console