Blogging

8 Alasan Mengapa Tidak Semua Orang Mampu Menghasilkan Uang Melalui Blog Mereka

Menghasilkan uang melalui blog, memang sangat menyenangkan. Anda akan merasa bahwa tulisan demi tulisan yang anda tuangkan dalam blog pribadi, memiliki bobot serta karakter yang mana akan membuat anda semakin semangat dalam menulis dan menuangkan aspirasi maupun tips bermanfaat bagi bayak orang.

Sayangnya, menghasilkan uang melalui blog bukanlah perkara yang mudah, karena tidak semua orang yang mempunyai blog “beruntung” hingga mampu menghasilkan uang dari blog mereka.

Bahkan kita bisa beranggapan bahwa hanya 2 dari 10 orang saja yang mampu mengembangkan blog mereka hingga berhasil. Sedangkan 8 dari sisanya harus mengalami kegagalan total atas usahanya.

Baca Juga : Belajar Menulis Artikel SEO yang Disukai Pengunjung

Jika anda merasa bingung atau nyaris putus asa dengan blog yang tidak kunjung membuahkan hasil, maka anda perlu waspada karena bisa saja anda merupakan 8 dari 10 orang yang saya sebutkan tadi.

Oleh karena itu, dalam artikel ini kita akan coba membahas mengenai apa saja yang menyebabkan sebuah blog tidak mengalami perkembangan yang berarti. Meskipun anda sebagai pemilik merasa sudah mengelola blog tersebut semaksimal mungkin.

Artikel ini pula dapat anda jadikan sebagai bahan referensi agar kedepannya, anda tidak salah lagi dalam memilih strategi blogging agar blog yang anda kelola mampu menghasilkan uang untuk anda.

8 Alasan Mengapa Tidak Semua Orang Mampu Menghasilkan Uang Melalui Blog Mereka

Menghasilkan Uang Melalui Blog

1. Meskipun sedang mencari uang, jangan pernah menjadikannya sebagai fokus utama

Meskipun anda sedang mengelola suatu blog dikarenakan anda ingin menghasilkan uang melalui blog tersebut, tapi sangat perlu untuk diingat adalah jangan pernah menjadikan uang sebagai fokus utamanya.

Alasan utama dari hal ini, yakni dikarenakan anda seharusnya fokus untuk menyediakan konten menarik dan bermanfaat kepada para pembaca. Sehingga sangat mungkin sekali jika konten yang tersaji di blog anda akan asal-asalan. Atau lebih buruknya lagi anda hanya mengcopy paste tulisan orang lain hanya agar dapat menghasilkan uang dengan cepat dari blog yang dikelola.

Hal seperti ini sangat sering, dan buruk sekali. Jika anda tidak menyadari dan mengubah pola pikir anda dari sekarang, maka selamanya blog anda tidak akan menghasilkan.

Ada banyak sekali referensi yang menyatakan bahwa semakin banyak tulisan maka semakin besar pula kesempatan blog mampu menghasilkan uang. Hal ini memang banyak benarnya, hanya saja anda tidak boleh menelan informasi tersebut mentah-mentah.

Blog anda tidak akan menghasilkan walaupun memiliki banyak artikel di dalamnya.

Mengapa?

Tentu karena artikel berkualitaslah yang memiliki nilai jual kepada masyarakat. Maka, akan lebih tepat bila kita sedikit merubah kata-katanya, menjadi “Semakin banyak tulisan berkualitas maka semakin besar pula kesempatan blog mampu menghasilkan”.

Perhatikan tambahan kata “Berkualitas” di atas. Tentu dengan artikel yang berkualitas, maka blog anda akan mendapatkan banyak pengunjung yang mampu menunjang kepercayaan. Bagi pemilik iklan, Adsense, serta perusahaan lain yang menjalin kerjasama dengan website dan blog.

Sedangkan banyak artikel saja tidak akan cukup jika dibuat dengan asal-asalan, karena hal ini hanya akan membuat blog anda sepi karena tulisan tidak diminati masyarakat. Serta kesempatan menghasilkan uang akan semakin sempit karena sebelum memulai kerja sama, perusahaan iklan dan sebagainya akan melihat trafik kunjungan blog anda .

2. Banyak orang memilih niche tanpa mempedulikan keahliannya

Menghasilkan Uang Melalui Blog

Jika anda ingin sukses dalam mengelola blog, tentu anda perlu memperbarui dan mempublikasikan artikel baru secara rutin di blog tersebut. Lalu, apa jadinya jika anda salah dalam memilih tema atau niche tulisan dalan blog?

Mempublikasi artikel dengan rutin, secara tidak langsung “Memaksa” anda untuk dapat mengerti dan menguasai tema yang digunakan. Hal ini sudah jelas sekali bahwa anda diminta untuk memilih sebuat tema atau niche yang benar-benar anda kuasai untuk bahan tulisan dalam blog anda.

FAKTANYA

Tidak semua blogger peduli akan hal ini. Banyak sekali saya lihat komentar-komentar di grup blogger (Facebook) yang menanyakan kepada senior-senior mengenai niche apa yang bagus dan sedang naik daun saat ini.

Wah, kenyataan seperti itu tentu sangat aneh kalau menurut saya. Jika kejadiannya seperti itu, tentu saja mereka memilih hanya berdasarkan popularitas niche tersebut. Bahkan tidak mau peduli apakah niche yang sedang naik daun tersebut dikuasainya dengan baik atau tidak sama-sekali.

Orang-orang yang sembarangan dalam memilih niche inilah yang nantinya hanya akan mempublikasi artikel copas. Karena mereka memang tidak mengerti mengenai apa yang hendak mereka tulis. Dan lagi-lagi kasusnya akan seperti pada poin pertama, di mana uang malah menjadi fokus utama dalam ngeblog.

Memilih niche bukan perkara mudah, hal ini akan terus berpengaruh dalam kemajuan blog anda. Oleh karena itu anda diharapkan benar-benar memilih dan menulis berdasarkan tema atau niche yang sudah anda kuasai di dunia nyata.

Alasannya sih mudah saja, karena dengan mengerti sebuah niche, maka anda tidak akan mengalami kesulitan dalam menulis artikel untuk dipublikasikan.

3. Kurangnya konsistensi dalam pengelolaan blog

 

Blogging itu bukan hal yang mudah lho! Anda perlu konsisten dalam mengelola situs web yang anda miliki. Jika anda malas-malasan, maka keberhasilanpun akan malas menghampiri anda.

Jika anda berpikir bahwa blogging hanya perlu membuat banyak artikel, mempublikasikannya, dan menunggu penghasilan datang sendiri, maka anda sudah salah besar. Ada banyak hal yang perlu anda kelola pada suatu blog agar blog tersebut mampu berhasil.

Pertama-tama pastilah membuat konten berkualitas, hal ini harus dilakukan secara rutin bahkan jika blog anda sudah memiliki nama. Pentingnya konten diperbarui, dikarenakan konten sendiri merupakan jantung dari sebuah blog. Tidak selamanya sebuah konten mampu bertahan hingga kurun waktu yang lama (Konten juga punya waktu kadaluarsa, saat di mana kenyataan sudah berubah maka tulisan lama sudah tidak berlaku lagi).

Selain itu konsistensi dalam mengelola blog tidak hanya sekedar memperbarui konten secara berkala. Melainkan anda perlu meyakinkan bahwa SEO yang anda terapkan sudah sangat baik untuk bersaing dengan jutaan blog lain yang mengangkat niche serupa.

Oleh karenanya, anda memang perlu memberikan ekstra waktu dalam mengelola blog. Jika ingin suatu hari nanti blog tersebut memiliki nama, dan berhasil memberikan penghasilan untuk anda.

4. Kurangnya  SEO

Menghasilkan uang melalui blog

Trafik merupakan hal utama yang menentukan apakah blog anda akan berhasil atau tidak. Bayangkan saja, jika anda tidak memiliki pengunjung. Ya sudah jelas sekali tidak ada pihak manapun yang mau bekerja sama dengan anda (Apa untungnya buat mereka).

Sedangkan trafik yang paling diminati adalah trafik yang benar-benar unik. Atau dalam kata lain orang membaca artikel anda berdasarkan hasil pencarian di mesin pencari seperti Google. Bukan merupakan sebuah paksaan (Sebar link ke teman agar artikel di baca dan mendapatkan trafik kunjungan).

Jika seperti ini maka sudah jelas sekali bahwa anda dituntut untuk membuat blog anda semakin menarik. Bukan hanya bagi manusia tetapi bagi robot-robot mesin pencari yang bertugas untuk mengindex halaman web anda. Selain itu juga menampilkannya sebagai urutan nomor atas di halaman mesin pencari.

Supaya artikel anda muncul di halaman pertama mesin pencari, maka sudah jelas bahwa tidak hanya artikel yang berkualitas. Melainkan optimasi SEO yang baik juga harus diperhatikan! Anda dapat mempelajari berbagai macam tips SEO terbaru pada blog ini, karena tips di blog ini cukup lengkap dibandingkan dengan yang lain.

5. Kurangnya promosi, atau mungkin cara promosi yang salah

Jika anda ingin menghasilkan uang melalui blog, tentu anda perlu menarik trafik pengunjung yang banyak. Kebanyakan orang hanya mempublikasikan artikel dengan rutin tanpa pernah melakukan promosi. Padahal promosi situs blog sangat penting dilakukan dalam upaya menarik jumlah pengunjung yang besar.

Jika anda tidak memproduksikan blog anda, maka siapa yang akan tahu keberadaan blog anda di dunia maya?

Sama seperti bisnis pada umumnya, di mana produk A dapat mengalahkan eksistensi produk B yang justru memiliki kualitas lebih baik ketimbang produk A. Kurangnya eksistensi tersebut bisa dikarenakan bermacam-macam faktor, salah satunya yakni promosi.

ATAU

Anda sudah melakukan promosi tapi tidak kunjung membuahkan hasil?

Hal seperti itu wajar saja. Yap, sangat wajar jika teknik promosi yang anda lakukan tidak benar dan malah berujung buruk bagi kelangsungan situs blog.

Rata-rata blogger baru mempublikasikan blog mereka dengan cara yang sangat-sangat buruk. Yakni dengan menyebar link secara membabi buta serta dengan kegiatan spam yang menurut mereka wajar untuk dilakukan.

Padahal, kegiatan promosi seperti itu hanya akan membawa dampak buruk bagi blog. Dan yang paling kacau jika tindakan tersebut menyebabkan diblokirnya blog anda dikarenakan terindikasi sebagai situs dengan kegiatan spam.

Makanya, anda haruslah mencari teknik promosi melalui referensi yang sudah sangat terpercaya. Anda dapat membaca teknik promosi terbaru dan terjitu di halaman Wikipedia, maupun Wikihow, atau di blog KlikMania ini. Sudah terangkum beberapa artikel mengenai Strategi Promosi Blog yang ditulis oleh banyak orang yang di antaranya sudah sukses dalam melakukan teknik promosi dengan cara yang mereka tuliskan.

6. Blog tidak nyaman untuk dikunjungi

Menghasilkan Uang Melalui Blog

Tentu jika ingin menghasilkan uang melalui blog, anda perlu menarik pengunjung sebanyak-banyaknya. Sedangkan salah-satu faktor dari kurangnya pengunjung blog, yakni dikarenakan blog anda tidak nyaman untuk dikunjungi.

Bayangkan saja, pengguna internet yang awalnya tertarik untuk membaca tulisan anda, secara tiba-tiba meninggalkan blog tersebut tanpa membacanya hingga selesai.

Apa yang terjadi?

Hal itu terjai karena blog anda tidak nyaman! Tidak nyaman mungkin bisa dikarenakan desain yang buruk, penempatan tata letak yang tidak benar, penulisan dengan font yang membuat sakit mata, serta penempatan iklan yang menggangu kenyamanan pembaca artikel.

Kebanyakan orang (Bahkan saya sendiri) akan menutup tab browser jika menemukan blog dengan iklan yang membabi buta. Mereka seakan tidak mempedulikan pembaca blognya, dan hanya fokus terhadap uang yang bisa mereka dapatkan dari iklan. Padahal pedapatan mereka sangat bergantung oleh banyak tidaknya pengunjung blog mereka.

Oleh karena itu, sangat di sarankan untuk menata blog sedemikian nyamannya agar pengunjung blog betah berlama-lama membaca artikel yang anda sajikan. Jangan memasang iklan terlalu banyak karena iklan tersebut mungkin saja menghalangi beberapa tulisan yang membuat pengunjung tidak bisa membaca dengan leluasa.

7. Terlalu mendewakan Adsense

Saya yaki semua blogger sudah mengetahui akan hal ini, atau setidaknya pernah mendengar perihal Adsense yang “katanya” mampu membawa kesuksesan bagi siapapun yang menjadi publishernya.

Akan tetapi banyak orang yang seakan terlalu mendewakan adsense, sehingga mereka menutup mata dan telinga akan hal-hal lain yang juga mampu membuat blog mereka menghasilkan uang.

Memang sah-sah saja, atau bisa jadi sangat baik karena Adsense merupakan salah-satu media publisher yang memiliki syarat paling ketat. Hal ini tentu dapat mendorong semangat untuk terus berkarya dalam membuat sesuatu yang baru di blog yang dimiliki.

Namun, anda masih bisa menghasilkan uang melalui blog meskipun tanpa Adsense. Karena pada dasarnya Adsense itu hanyalah 1 dari 1000 cara menuju Roma.  Anda masih bisa mengikuti program Afiliasi, memasang iklan PPC, atau bahkan menjual produk sendiri seperti e-book atau produk fashion di blog yang anda kelola.

Yang perlu anda ingat adalah : Ada banyak jalan menuju Roma.

8. Atau bisa jadi blog tidak menghasilkan uang karena memang tidak memiliki nilai jual sama sekali

Menghasilkan Uang Melalui Blog

Jika anda nyaris putus asa karena blog tidak kunjung menghasilkan uang, sepertinya anda perlu mengkoreksi apa yang salah pada blog anda. Karena bisa jadi blog anda memang tidak memiliki nilai jual sama-sekali sehingga sampai kapanpun anda memang tidak bisa merasakan penghasilan dari blog tersebut.

Apa maksudnya tidak memiliki nilai jual?

Kembali ke pokoknya : yakni konten, bisa jadi konten anda tidak memiliki nilai jual sama sekali yang menyebabkan blog anda tidak kunjung menghasilkan uang untuk anda.

Konten yang saya maksud sangat beragam. Mungkin bisa dari konten copas, konten kadaluarsa, atau bahkan konten yang memang tidak penting sama sekali (Seperti blog diary).

Jika anda adalah salah satu penulis blog diary, sepertinya anda akan sulit untuk mendapatkan uang dari blog tersebut. Hal ini dikarenakan (Mohon maaf) diary yang anda tulis mungkin saja tidak ada manfaatnya untuk orang lain, bahkan mereka saja tidak mengenal anda.

Kecuali jika anda adalah seorang publik figur yang kegiatan sehari-harinya mampu menimbulkan rasa penasaran bagi masyarakat.

Oleh karena itu, belajarlah membuat blog yang memiliki daya jual serta daya saing, agar cita-cita anda menghasilkan uang melalui blog tidak menjadi sekedar cita-cita dan angan-angan saja.

Baca Juga : 5 Tips ini Sangat Ampuh dalam Memaksimalkan Blog Personal

Sekian artikel saya yang membahas mengenai alasan mengapa tidak semua orang mampu menghasilkan uang melalui blog ini. Tulisan saya ini dibuat dengan tujuan dan maksud agar kita semua sama-sama belajar untuk mampu menciptakan blog yang memiliki kualitas serta kuantitas untuk ketatnya persaingan dunia maya. Semoga bermanfaat untuk anda semua.


Loading...
Baca selengkapnya

Saya suka menulis jika ditemani segelas kopi.

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close