2 Cara Jitu Menghemat Kuota Internet di Android

Menghemat Kuota Internet di Android – Seperti yang diketahui bahwa handphone yang kita miliki khususnya smartphone yang semakin canggih tak lepas dari yang namanya kuota internet. Mengapa demikian? Karena banyak yang berpendapat bahwa smartphone android tanpa kuota seperti hidup tanpa cinta.

Kebutuhan kuota internet sangat diperlukan bahkan menjadi salah satu hal yang wajib dimiliki. Namun, masalah yang sering ditemui adalah Kuota Internetku kok cepat habis, padahal aku baru isi?

Nah, yang akan menjadi pokok persoalan yang akan saya bahas kali ini adalah 2 cara jitu menghemat kuota internet di Android yang mudah-mudahan bermanfaat bagi teman-teman karena ini juga salah satu masalah yang pernah saya temui pada saat penggunaan kuota sangat boros.

2 Cara Jitu Menghemat Kuota Internet di Android

Mematikan Apps Update secara otomatis di Google Playstore
Hal yang pertama yang harus anda perhatikan adalah kondisi dari pengaturan Google Play Store, karena seperti yang diketahui bahwa Google Play Store ini adalah salah satu tempat mengunduh, memasang bahkan mengupdate aplikasi-aplikasi yang terpasang pada smartphone anda.

Pastikan untuk mematikan atau jangan perbarui aplikasi secara Otomatis, dan berikut caranya :

  • Buka Aplikasi Google Play Store di Smartphone
  • Kemudian pilih menu navigasi yang terdapat di sebelah kiri smartphone dan klik “Setelan”.
  • Setelah masuk ke Menu Setelan akan muncul beberapa pilihan dan beberapa menu yang dicentang.
  • Masuk ke “Perbarui aplikasi secara otomatis” dan pilih “Jangan perbarui aplikasi secara otomatis”. Agar aplikasi yang terpasang pada smartphone anda tidak diperbarui secara otomatis ketika anda terhubung ke internet.
  • Untuk memastikan, “Uncheck” atau tidak mencentang pada bagian “Pembaruan aplikasi tersedia” dan “Aplikasi diperbarui secara otomatis”.

Dan berikut hasil akhir untuk memastikan bahwa pengaturan di Google Play Store tidak akan memperbarui aplikasi secara otomatis, guna menghemat kuota internet anda. dan berikut Tampilan selengkapnya :
2 Cara Jitu Menghemat Kuota Internet di Android

Mematikan Windows Update pada PC atau Laptop

Mematikan atau menonaktifkan Windows Update pada PC atau Laptop, jika anda sedang menggunakan Hotspot pada dari Smartphone. Karena saya adalah salah satu pengguna hotspot portable dari smartphone alias mendapatkan koneksi internet untuk laptop dari smartphone android dan pengguna OS Windows.

Menonaktifkan Windows Update terkadang sering lupa, padahal ini akan berpengaruh besar pada kuota yang digunakan.

Loading...

Karena pernah waktu pertama kali dengan kuota 5 GB habis dalam jangka waktu sekitar 3 hari, padahal saya hanya browsing biasa-biasa saja. Nah, setelah saya menyadari hal tersebut dan kemudian browsing di Mbah Google ternyata salah satu yang memakan kuota internet adalah Windows Update.

Untuk mematikan windows update pada Laptop cukup mudah, caranya hampir sama pada OS Windows 7 atau Windows 8

  • Klik tombol start pada Sebelah kiri bawah anda dan masuk ke “Control Panel”.
  • Nah, dari sana masuk ke menu “System & Security” dan pilih “Windows Update”.
  • Disebelah kiri terdapat pilihan yang bisa anda pilih dan Klik “change setting” untuk mengatur windows update pada PC atau Laptop anda.
  • Ganti pilihan pada select “Windows updates automatically (recomended) dengan memilih “Never checks for updates (not recomended)” untuk mematikan windows update secara otomatis.

Dan tampilan akhirnya menjadi seperti dibawah ini :

Menghemat Kuota Internet di Android

Nah, itulah masalah yang saya alami dan jika dari teman-teman mempunyai solusi yang lain untuk menghemat kuota internet silahkan berkomentar untuk menambah pengetahuan saya. Semoga bermanfaat!

Referensi lain : Inilah Bahaya Mengisi Baterai Smartphone Semalaman


Loading...

Bagikan

Avatar

Penulis

Berupaya menjadi orang yang bermanfaat khususnya bagi orang tua dan tentunya para pembaca setia Klikmania.Net

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *