Tekno

8 Tips Menghemat Kuota Internet Pada Smartphone

Produk smartphone semakin mengalami perkembangan fitur yang semakin canggih. Koneksivitas internetpun sangat diperlukan untuk menunjang fitur tersebut, sehingga menghemat kuota internet menjadi jalan terbaik yang dapat kita tempuh.

Smartphone bukanlah sebuah perangkat yang dirancang hanya untuk melakukan sms dan panggilan saja. Melainkan sudah dilengkapi dengan fitur seperti sosial media, game, browser, dan masih banyak lagi yang tentunya memerlukan koneksi internet untuk menjalankannya. Bayangkan saja jika smartphone mahal dengan fitur canggih tidak anda daftarkan paket kuota internet, hal tersebut mungkin akan seperti “makan lauk tanpa nasi”.

Hanya saja untuk smartphone yang ada sekarang ini rata-rata memerlukan koneksivitas yang cukup berlebihan, hal tersebut ditambah lagi dengan munculnya teknologi 4G LTE yang diklaim mampu memberikan layanan internet yang lebih cepat.

Namun teknologi 4G LTE memiliki kekurangan yaitu membuat paketan internet cepat terkuras habis. Oleh sebab itu, jika anda memiliki sebuah perangkat smartphone, maka andapun harus menjadi smartuser. Dengan mengetahui langkah-langkah menghemat kuota internet yang dipergunakan.

8 Tips Menghemat Kuota Internet Pada Smartphone

Menghemat Kuota Internet
Cell phone via https://pixabay.com

1# Atur batas penggunaan internet

Tips pertama untuk menghemat kuota internet, yaitu dengan memanfaatkan fitur batas penggunaan internet pada smartphone anda. Fitur tersebutpun sudah ada secara pabrikan pada smartphone anda, dan juga dalam penggunaan pun sangat mudah.

Fitur tersebut memungkinkan seorang pemilik smartphone mengatur batasan-batasan maksimal dalam penggunaan kuota internet, sesuai dengan yang diinginkan. Contohnya anda memiliki kuota internet sebesar 4 GB, dan anda melakukan pengaturan agar perangkat smartphone hanya menggunakan kuota internet hingga 2GB saja. Maka saat pemakaian kuota sudah sampai pada batasannya, perangkat smartphone akan memberikan peringatan (Warning).

Untuk mengaktifkan vitur batas penggunaan internet ini, anda dapat temukan dengan mengakses.Menu > Setting > Wireless and Network > Data Usage. (Silahkan mengatur batasan pengunaan internet sesuka hati anda).

2# Matikan auto update sistem dan aplikasi

Yang tidak kalah penting lagi untuk menghemat kuota internet adalah mematikan fungsi auto update sistem, maupun auto update aplikasi pada perangkat smartphone. Auto update pada smartphone sebenarnya memiliki cukup banyak keuntungan. Salah satunya untuk memastikan bahwa aplikasi maupun sistem yang berjalan pada perangkat smartphone kita selalu berada dalam kondisi Up2Date.

Loading...

Meskipun aplikasi dan sistem selalu diperbarui secara otomatis, auto update pada smartphone juga memiliki kekurangan yang cukup membuat risih. Yaitu membuat kuota internet cepat sekali terkuras.

Maka sangat disarankan untuk anda yang ingin menghemat kuota internet, lebih baik mematikan pilihan auto update pada perangkat smartphone milik anda.

3# Jangan terlalu sering streaming

Memang asik mendengarkan musik atau menonton video di internet tanpa perlu kawatir akan kehabisan space penyimpanan pada smartphone. Akan tetapi, sepertinya anda perlu berpikir dua kali deh jika ingin menghemat kuota internet tanpa menghilangkan kebiasaan ini. Seperti yang diketahui bahwa penggunaan data saat kita streaming lagu maupun video cukup atau sangat besar. Terlebih untuk smartphone yang telah dilengkapi dengan fitur 4G Lte.

Smartphone dengan fiitur 4G Lte akan lebih boros ketimbang smartphone lain, hal ini dikarenakan proses streaming dan buffering video atau lagu akan berjalan dengan cepat. Sehingga pamakaian kuota akan terkuras meskipun anda tidak mendengarkan atau menonton video tersebut sampai selesai.

4# Meminimalkan penggunaan data di belakang layar

Anda pastinya mengetahui tentang sosial media yang penggunaannya akhir-akhir ini kian berkembang dan berhasil membuat banyak orang tidak lagi berkomunikasi dengan sms atau teleponp. Media sosial ini terbukti sangat ampuh dalam menguras koneksi internet pada smartphone.

Hal ini tentu saja disebabkan oleh aplikasi sosial media yang selalu bekerja di belakang layar. Agar nantinya dapat memberikan sebuah notifikasi langsung kepada pengguna smartphone.

Ada cara yang sangat mudah dan ampuh untuk membuat aplikasi tidak bekerja di belakang layar, terutama untuk aplikasi-aplikasi yang membutuhkan koneksi internet. cara mematikan jalannya aplikasi tersebut yakni dengan masuk ke menu Setting > Data usage > Restric background data > OK.

Cara tersebut sangat ampuh untuk menghemat penggunaan kuota internet yang terdapat pada smartphone. Tetapi dengan resiko anda akan terlambat menerima notifikasi atau bahkan tidak ada notifikasi sama sekali pada saat seseorang menghubungi anda.

5# Gunakan browser yang ringan dan lebih efisien

Tips ke lima dalam menghemat kuota internet yakni dengan mengubah jenis browser yang anda pergunakan pada smartphone. Jika sebelumnya anda menggunakan browser A, maka sekarang saatnya anda beralih menggunakan browser B yang penggunaan datanya jauh lebih kecil.

Saya berikan contoh saja, untuk saat ini ada banyak sekali browser yang dapat dipergunakan pada smartphone. Akan tetapi kebutuhan anda dalam menggunakan browser yakni hanya sebagai media baca-baca saja, maka saatnya anda beralih untuk menggunakan browser yang lebih ringan dalam penggunaannya, serta lebih irit kuota.

Rekomendasi browser yang cocok digunakan untuk anda yang sedang berhemat kuota internet adalah UC Mini, atau bisa juga menggunakan Opera browser.

6# Matikan sinkronisasi yang tidak diperlukan

Untuk anda pengguna smartphone android, pasti sudah tahu bahwa Google telah menyediakan layanan yang tersinkronisasi secara otomatis dengan perangkat smartphone android yang anda gunakan. Layanan sinkronisasi dapat anda rasakan setelah melakukan login akun Google, yang berarti telah aktif sejak pertama kali perangkat smartphone dipergunakan.

Bahkan dari beberapa layanan yang diberikan oleh Google, tidak semua layanan tersebut dibutuhkan oleh pengguna. Oleh karenanya anda dapat mematikan layanan sinkronasi tersebut untuk membantu menghemat kuota internet yang terdapat pada perangkat smartphone anda.

7# Gunakan sebuah aplikasi tambahan dari pihak ke tiga

Tips selanjutnya adalah anda dapat mencoba untuk menggunakan bantuan dari aplikasi pihak ke tiga. Anda dapat mendownload aplikasi yang berguna untuk mengoptimalkan penggunaan baterai dan juga penggunaan kuota data.

Sebetulnya fitur seperti ini sudah saya rasakan secara default pada fitur power saved milik Asus Zenfone, sedangkan untuk smartphone lain mungkin dapat mencoba aplikasi yang bernama Juice Defender, dengan aplikasi seperti ini anda dapat melakukan beberapa pengoptimalan.

Salah satunya dengan menyetel agar penggunaan data internet dimatikan jika layar smpartphone dalam keadaan mati.

8# Jika ingin hemat gunakanlah WiFi

Jika semua cara di atas telah anda lakukan, namun belum juga merasa puas akan hasil yang didapatkan. Maka cara terakhir yang dapat anda tempuh untuk menghemat kuota internet yaitu dengan menghubungkan perangkat smartphone dengan sumber hotspot yang ada.

Untuk cara yang terakhir ini, akan lebih baik lagi jikad dipergunakan di tempat-tempat yang memberikan akses WiFi secara gratis, seperti rumah makan, tempat umum, atau di swalayan.

Dengan menggunakan WiFi anda dapat berselancar di dunia maya tanpa perlu merasa kawatir akan kehabisan kuota internet, karena memang sumbernya bukan berasal dari smartphone anda.

Baca Juga : Yuk, Ketahui Macam-macam Processor Pada Smartphone

Itulah beberapa tips dan langkah-langkah yang dapat dipraktekkan untuk menghemat penggunaan kuota internet. Kuota internet memang sangat perlu untuk digunakan dengan hemat.

Bukan hanya karena smartphone membutuhkan koneksivitas internet untuk menunjukkan fungsinya secara powerfull saja, melainkan hemat kuota internet berarti sama dengan menghemat pengeluaran biaya smartphone a.k.a hemat duit.



Loading...

Tags
Baca selengkapnya

Saya suka menulis jika ditemani segelas kopi.

Artikel terkait

2 Comments

  1. Terimakasih banyak mas. . semoga blog ini bermanfaat untuk mas dan semua orang yang berkunjung kemari 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *