Dunia Internet

10 Hal Ini Sangat Ampuh dalam Menghemat Pengeluaran Anda

Menghemat pengeluaran adalah sebuah teknik yang dapat diterapkan jika seseorang ingin hidup dengan selalu berkecukupan. Terutama, menghemat pengeluaran menjadi sesuatu yang sangat penting untuk mereka yang bekerja dengan upah/gaji yang terbilang pas-pasan.

Jika gaji anda masih terbilang pas-pasan, tentu berhemat menjadi jalan terbaik yang dapat anda lakukan. Dengan berhemat, diharapkan gaji yang anda terima dapat mencukupi biaya kehidupan dalam sebulan. Tentu lebih baik lagi jika mendapatkan sisa yang dapat dipakai untuk membeli keinginan-keinginan lain.

Sering kali secara tidak sadar, kita menggunakan uang untuk membeli keinginan-keinginan yang sebenarnya tidak diperlukan. Tidak pandainya mengelola pengeluaran, menyebabkan uang yang didapatkan lebih sering dipergunakan untuk berbelanja keinginan. Ketimbang dipergunakan untuk memenuhi kebutuhan.

…Terus, bagaimana cara ampuh untuk menghemat pengeluaran kita?

Di sini, kita akan membahas 10 cara yang dapat dipraktekkan untuk menghemat pengeluaran sehari-hari. Jika anda mampu menjalankan seluruh teknik menghemat uang ini, maka bukan tidak mungkin apabila suatu saat anda akan mendapat keuntungan. Dari kebiasaan menabung dan berhemat yang sudah anda asah sejak sekarang ini.

10 Cara dalam Menghemat Pengeluaran

Menghemat Pengeluaran

1# Utamakan kebutuhan dibanding keinginan

Hal yang paling mendasar dalam menghemat pengeluaran atau menghemat gaji yang didapatkan, yaitu dengan menentukan terlebih dahulu apa yang menjadi keinginan serta kebutuhan anda.

Setelah anda selesai menentukan mana yang termasuk kebutuhan dan keinginan, barulah anda berusaha untuk memenuhi apa yang menjadi kebutuhan hidup anda.

Loading...

Seperti yang sudah saya tulis di atas, bahwa kebanyakan orang justru lebih mementingkan keinginan dibandingkan memenuhi kebutuhan mereka. Padahal, hal seperti itu hanya akan membuat pengeluaran anda semakin boros dan tidak beraturan. Sehingga gaji yang anda dapatkan akan terasa selalu kurang, kurang, dan kurang.

Dalam menentukannya, anda perlu menimbang-nimbang antara Need or Want, yaitu apa saja keperluan hidup yang wajib/perlu anda beli. Dan mana yang termasuk barang-barang keinginan yang sebetulnya jika tidak dibelipun tidak akan berpengaruh untuk kehidupan anda.

Barang-barang yang termasuk kedalam kebutuhan, bisa berupa : sembako, kebutuhan rumah tangga lain, serta bensin/penunjang transportasi. Sedangkan untuk barang-barang yang termasuk keinginan, mungkin akan berbeda tergantung siapa orangnya. Oleh karena itu, anda perlu menimbang-nimbang apa saja yang termasuk kebutuhan, dan penting untuk mengutamakan kebutuhan tersebut dibanding keinginan yang dimiliki.

Memenuhi kebutuhan dibanding keinginan, bukan berarti anda tidak boleh membeli keinginan-keinginan anda. Tentu kita tidak menampik bahwa membeli keinginan yang diidam-idamkan merupakan salah-satu dari tujuan kita bekerja. Oleh karena itu anda tetap dapat membeli sesuatu yang menjadi keinginan setelah mengedepankan kebutuhan dalam hidup.

Maksudnya, setelah anda memenuhi seluruh kebutuhan hidup (Anggapan untuk jangka waktu sebulan), barulah anda dapat membeli apa yang menjadi keinginan sejak lama (Mungkin pakaian, atau makanan enak di restoran). Hal tersebut juga tergantung dari pintar-pintarnya anda membeli kebutuhan agar mendapatkan uang sisa yang cukup untuk biaya tidak terduga sebelum mendapatkan gaji di bulan berikutnya.

2# Hemat dalam penggunaan listrik

Menghemat Pengeluaran

Listrik untuk sekarang ini, sudah seperti kebutuhan pokok yang benar-benar pokok. Kalimat tersebut bukan tanpa alasan, pasalnya seluruh teknologi yang kita miliki selalu memerlukan listrik untuk mendukung penggunaannya.

Televisi, ponsel, kulkas, mesin cuci, kipas angin/AC, komputer, dsb yang merupakan teknologi utama yang sering dipergunakan juga membutuhkan listrik untuk membuatnya dapat berfungsi dengan baik.  Secara tidak langsung menuntut anda untuk menggunakan listrik secara optimal dan teratur, tujuannya ya tidak lain tak bukan untuk menghemat pengeluaran.

Pastinya kita tahu bahwa biaya listrik itu tidaklah murah, sehingga menghidupkan Televisi pada saat tidur bukanlah hal yang tepat untuk dilakukan. Hal ini justru menyebabkan membengkaknya biaya listrik sehingga pengeluaran anda semakin tidak teratur. Usahakanlah untuk menghidupkan barang-barang yang memerlukan listrik, hanya ketika anda ingin menggunakan barang tersebut.

…Jika anda ingin lebih berhemat dalam penggunaan listrik, mungkin cara ini dapat membantu anda.

#Beralih ke pulsa listrik

Beralih dengan menggunakan pulsa listrik sepertinya cukup membantu anda dalam menghemat pengeluaran dalam membayar tagihan listrik.

Bahkan untuk saat ini, penggunaan pulsa listrik sepertinya semakin meningkat dan lebih disukai oleh masyarakat. Hal ini dikarenakan dengan menggunakan pulsa listrik, kita dapat memperkirakan berapa biaya yang harus dikeluarkan dalam sebulan.

Atau dalam kata lain, pengeluaran semakin hemat karena listrik akan padam dengan sendirinya sesuai dengan jumlah pulsa yang di isi ulang.

#Ganti jenis lampu di rumah anda

Saat ini sudah banyak produsen lampu yang memproduksi lampu jenis Light Emitting Dioda atau LED. Lampu dengan jenis/tipe LED sudah diakui jika memiliki kualitas warna yang lebih terang. Tidak menimbulkan panas berlebihan, lebih tahan lama, serta lebih hemat energi.

Dengan hadirnya jenis lampu seperti ini, tidak ada salahnya jika anda mengganti penggunaan lampu di rumah dengan menggunakan lampu dengan jenis/tipe LED. Jenis lampu LED yang lebih hemat energi, secara otomatis akan membatu anda menghemat pengeluaran listrik. Namun tetap mendapatkan lampu yang mampu memancarkan cahaya yang terang seperti pada lampu dengan daya listrik yang besar.

Akan tetapi, harga lampu dengan jenis LED masih terbilang cukup mahal. Sehingga anda dapat membelinya dengan memperhitungkan diskon yang diberikan oleh pihak toko. Atau bisa juga membelinya langsung karena pengeluaran yang besar untuk membeli lampu tersebut hanya akan anda keluarkan sekali saja. Mengingat lampu LED merupakan lampu yang hemat energi serta mampu bertahan dalam jangka  waktu yang lama.

#Gunakan AC hemat energi dan gunakan secara optimal

Beberapa daerah di Indonesia memiliki suhu udara yang terbilang cukup panas, bahkan di daerah tempat saya tinggal juga mengalami hal yang serupa. Sehingga untuk sebagian orang, membeli dan mempergunakan pengingin udara/AC merupakan hal yang sangat wajib untuk dilakukan.

Sebetulnya menggunakan AC itu sah-sah saja. Tetapi untuk menghemat pengeluaran untuk biaya listrik, pastikanlah anda menggunakan AC yang memiliki fitur hemat energi. Contohnya seperti AC 1PK yang bisa menghabiskan listrik sekitar 700Watt tanpa fitur hemat energi. Sementara untuk AC yang telah dilengkapi dengan fitur hemat energi mampu mengkonsumsi hanya 200Watt saja.

Selain itu, pastikan juga untuk mempergunakan pendingin udara/AC tersebut hanya pada saat benar-benar diperlukan (Cuaca benar-benar panas, serta anda sedang berada di rumah). Jangan menghidupkan AC jika anda sedang tidak ada di rumah, meskipun tujuannya agar kamar sudah dingin pada saat ada kembali (Itu hanya akan membuat anda semakin boros).

Atau, untuk membuat AC anda semakin hemat lagi, anda bisa memanfaatkan fungsi timer pada AC tersebut jika anda menggunakannya pada saat tidur. Dengan begitu tagihan listrik akan semakin kecil, dan anda dapat menghemat pengeluaran dari gaji yang anda dapatkan.

#Kalau bisa cuci sendiri mengapa harus menggunakan mesin cuci

Jika anda ingin menghemat biaya listrik, maka anda dapat mencobanya dengan memanfaatkan keahlian ketimbang mesin dan teknologi yang membuat penggunanya semakin manja dan boros.

Salah-satunya adalah mencuci, padahal kita masih memiliki waktu dan tenaga untuk mencuci sendiri. Tetapi kebanyakan orang lebih memilih menggunakan mesin cuci untuk meringankan bebannya dalan menghadapi pakaian kotor yang menumpuk.

Penggunaan mesin cuci bukanlah sesuatu yang murah, pasalnya mesin cuci membutuhkan konsumsi listrik yang tidak sedikit jumlahnya. Jika anda bukanlah orang yang super duper sibuk, mungkin belajar mencuci dapat membantu anda dalam menghemat listrik dan pengeluaran bulanan.

Atau jika anda bukanlah orang yang memiliki banyak waktu untuk mencuci sendiri, penggunaan mesin cuci boleh saja direkomendasikan. Tetapi selalu ingat untuk mengeringkan pakaian tersebut secara manual (Tidak dengan mesin pengering).

Indonesia merupakan negara yang kaya akan sinar matahari, bahkan cuacanya cenderung panas, hal tersebut sangat cocok untuk mengeringkan pakaian dengan cara dijemur. Ketimbang menggunakan mesin pengering yang sebetulnya dirancang untuk orang yang tinggal di daerah minim sinar matahari.

#Cabut perabotan listrik yang sedang tidak dipergunakan

Pastinya anda pernah meninggalkan peralatan listrik yang tidak terpakai tetap tertancap pada stop kontak, entah itu karena terburu-buru atau mungkin sengaja karena memang sudah terbiasa.

Peralatan yang biasanya ditinggalkan seperti ini biasanya seperti komputer, televisi dan laptop. Kebanyak orang memilih untuk tidak mematikannya meskipun mereka tidak menggunakannya (Contoh : nonton tv sambil tidur). Kebiasaan seperti itu justru menyebabkan penggunaan listrik semakin bertambah, serta membuat biaya listrik semakin membengkak.

Selain untuk mengatasi biaya listrik yang semakin membengkak, menghemat listrik dengan mencabut/mematikannya saat tidak dipergunakan juga dapat membantu untuk mengurangi resiko kebakaran yang diakibatkan oleh korsleting arus listrik. Jadi, cara ini memang sangat disarankan untuk siapa saja ya.

Hal ini merupakan cara yang benar-benar efisien dalam memperkecil biaya listrik yang harus dikeluarkan untuk tiap bulannya.

Anda juga dapat lebih berhemat karena pengeluaran yang tadinya untuk melunasi tagihan listrik. Bisa dipergunakan untuk memebuhi kebutuhan lain, atau malah bisa dipergunakan untuk membeli sesuatu yang anda inginkan.

3# Selalu membawa bekal saat bepergian

Menghemat Pengeluaran

Mungkin beberapa di antara kalian merasa malu untuk membawa bekal pada saat bepergian, terutama pada saat pergi ke kantor, atau kampus. Rasa malu tersebut, biasanya di latar belakangi oleh takut jika di ejek oleh teman karena masih membawa bekal dan terkesan seperti anak kecil saja.

Padahal membawa bekal bisa sangat membantu untuk meminimalkan pengeluaran anda selama bepergian, bekerja, maupun pada saat menempuh pendidikan di kampus. Tidak perlu malu, karena mereka yang suka menghina biasanya berasal dari kalangan “Pemalak orang tua” yang tidak tahu susahnya mencari uang untuk hidup.

Atau kalau anda tetap malu dan gengsi untuk membawa bekal makanan, selalu menyempatkan diri untuk sarapan dan membawa air mineral saja sudah cukup . Membawa air mineral dari rumah pastinya tidak akan membuat anda malu. Selain itu air mineral merupakan sesuatu yang sangat diperlukan untuk menjaga keseimbgangan tubuh, ketimbang setiap hari anda membeli di luar ya lebih baik membawa sendiri.

4# Disiplin dalam menabung

Menghemat Pengeluaran

Tips menghemat pengeluaran ini mungkin sedikit klasik, pasalnya sejak kita kecilpun kita sudah mengetahui bahwa menabung merupakan cerminan dari penghematan uang. Serta sejak kecil pula kita sudah diajarkan untuk terbiasa menyisihkan dan menabung uang jajan yang kita miliki.

Meskipun pegetahuan akan menabung sudah sejak kecil ditanamkan kepada kita, tapi tidak sedikit orang yang belum bisa disiplin terhadap kegiatan menabung tersebut. Banyak orang (Mungkin termasuk saya sendiri) tidak bisa sabar dalam menabung, dan mengakibatkan tabungan tersebut tidak pernah terisi penuh (Tabung – korek – tabung – korek).

Hal seperti itu, mungkin diakibatkan oleh kegiatan menabung tanpa memiliki tujuan yang jelas. Oleh karenanya menabung harus dibarengi juga dengan target untuk apa uang tabungan tersebut dipergunakan. Saya sendiri pernah menabung selama 3bulan untuk membeli sebuah komputer baru. Dan jelas saja bahwa tabungan tersebut terasa cepat bertambah oleh karena kedisiplinan saya yang mendamba-dambakan komputer baru pada saat itu.

Sungguh berbeda jika saya menabung tetapi tidak memiliki sesuatu yang ingin saya beli, mungkin tabungan saya akan selalu saya korek jika kepepet butuh uang.

Meski tidak semua orang seperti saya, tapi kedisiplinan dalam menabung untuk menghemat uang haruslah diterapkan sejak dini. Terlebih untuk anda yang hidup sendiri dengan gaji yang masih terbilang ngepas. Dengan selalu menyisihkan uang untuk ditabung, tentu suatu hari nanti uang tabungan tersebut akan sangat berguna untuk anda.

5# Membeli barang-barang Investasi

Menghemat Pengeluaran

Dalam beberapa keadaan, mungkin anda berkesempatan mendapatkan uang yang cukup banyak (Dapat hadiah, bonus dsb). Tapi dalam satu sisi anda menyadari bahwa anda merupakan pribadi yang tidak mampu berhemat jika memegang banyak uang.

Cara yang sangat jitu dalam menghadapi kasus seperti di atas, yaitu dengan menggunakan uang yang anda miliki untuk dipergunakan membeli barang-barang yang dapat dipergunakan untuk Investasi jangka panjang. Barang-barang tersebut meliputi perhiasan yang terbuat dari emas, atau bisa juga dipergunakan untuk membeli tanah dan sawah. Pokoknya apa yang anda beli saat itu bisa dijual kembali dengan harga yang tetap bahkan cenderung lebih mahal.

Dengan berinvestasi emas contohnya, mungkin anda dapat tampil gaya tanpa menghilangkan tujuan dari hidup hemat. Karena perhiasan yang anda pergunakan untuk tampil gaya tersebut dapat dijual kembali dengan harga yang mungkin lebih mahal dari saat anda membelinya.

6# Hindari transaksi berlebih dengan kartu kredit

Menghemat Pengeluaran

Kartu kredit memang merupakan sebuah ceriminan dari kemajuan teknologi. Dengan munculnya kartu kredit anda dapat membeli barang yang diinginkan walaupun sedang tidak memiliki uang tunai. Sistem kerjanya sih sama seperti kredit pada umumnya. Hanya anda tidak perlu ribet dan pusing soal survey (Karena survey sudah dilakukan oleh pihak bank pada saat anda mengajukan pembuatan kartu kredit pada bank terkait).

Tapi jangan bangga dulu jika anda berbelanja dengan kartu kredit, mungkin cukup menolong sih karena tetap dapat belanja meskipun sedang tidak punya uang. Tapi kalau di hitung-hitung harga dari produk yang dibeli justru akan lebih mahal ketimbang jika anda membelinya secara tunai.

Jika ingin bertransaksi mungkin menggunakan kartu debit akan lebih baik ketimbang menggunakan kartu kredit. Hal ini karena uang yang ada pada kartu debitlah yang menentukan barang mana yang bisa anda dapatkan. Berbeda dengan kartu kredit yang memiliki limit (Anggap 20JT) maka anda tetap dapat berbelanja asalkan di bawah 20JT dengan konsekuensi harus melunasi tagihan sesuai dengan tempo yang telah ditentukan.

Kartu kredit justru dapat bermanfaat jika dipergunakan untuk menambah modal wirausaha. Dengan limit yang diberikan anda dapat menggunakannya untuk membeli kebutuhan-kebutuhan yang bermanfaat untuk masa depan, serta tidak perlu takut untuk melunasi tagihan-tagian tersebut. Hal yang berbeda jika anda menggunakan kartu kredit hanya untuk foya-foya dan terkesan pamer, duh nanti anda bakalan nyesel deh.

7# Menerapkan pola hidup sederhana

Menghemat Pengeluaran

Selanjutnya yaitu menerapkan pola hidup sederhana dalam setiap aspek kehidupan. Meskipun anda saat ini adalah orang yang mampu berpenghasilan 100juta setiap bulannya bukan berarti bahwa anda dapat pensiun dengan memiliki banyak uang.

Gaji besar yang anda dapatkan akan menjadi sia-sia apabila anda tidak bisa menerapkan pola hidup sederhana untuk menghemat pengeluaran. Pola hidup sederhana dapat dilakukan dari hal yang terkecil terlebih dahulu.

…Beberapa pola hidup sederhana yang mungkin dapat anda lakukan, yaitu :

#Berpenampilan biasa tapi rapi

Hal pertama dalam membangun pola hidup sederhana, yakni dengan mencoba untuk berpenampilan biasa/sederhana tetapi tetap terlihat rapi. Kebanyakan orang merasa gengsi dan memilih untuk membeli pakaian yang harganya sangat mahal untuk dikenakan, padahal hal tersebut hanyalah sebuah pemborosan.

Tidak masalah bila pakaian anda tidak mencolok dalam pergaulan, dan lebih terkesan sedehana. Asalkan menggunakan pakaian yang nyaman dan rapi saja sudah cukup untuk memulai pola hidup sederhana untuk menghemat pengeluaran.

Selain dalam hal berpakaian, perhiasan dan aksesoris seperti jam tangan dan gelang juga tidak perlu selalu yang bermerek mahal. Karena aksesoris seperti itu justru tidak memiliki harga jual yang terlalu tinggi, kecuali jika anda menunjang dengan aksesoris. Seperti emas yang mampu dijadikan sebagai barang perhiasan dan juga untuk berinvestasi dengan harga jual yang semakin melambung tinggi.

#Tidak memilih-milih dalam soal makanan

Hal kedua yang dapat dilakukan untuk memulai pola hidup sederhana, yaitu dengan tidak memilih-milih atau tidak gengsi dengan makanan dan minuman yang dikonsumsi.

Contoh saja, mungkin anda memang memiliki gaji yang besar sehingga anda lebih suka untuk makan di tempat-tempat yang mahal. Bukankah hal tersebut lambat-laun justru akan merugikan anda. Bayangkan saja jika anda harus pensiun dengan sedikit uang karena masa muda anda selalu berfoya-foya.

Oleh karenanya, makan di tempat yang sederhana tetapi higienis merupakan cara yang sangat ampuh dalam menghemat pengeluaran, meskipun anda merasa mampu untuk makan di tempat yang mahal. Yaa.. sesekali bolehlah makan di teman yang mahal, tapi bukankah hal tersebut tidak perlu dilakukan setiap hari. Bukankah menabung lebih baik untuk masa depan anda.

Berpola hidup hemat dan sederhana sangat diperlukan untuk membangun masa depan yang baik. Jangan sampai anda pensiun dengan tidak memiliki bekal apa-apa yang menyebabkan masa tua anda mengalami kesengsaraan dan penyesalan. Menerapkan pola hidup sederhana justru akan membantu anda dalam melewati masa tua dengan memiliki banyak uang, dan bisa merasakan hasil dari pekerjaan anda ketika masih muda dulu.

8# Jangan lupakan peran uang receh

Menghemat Pengeluaran

Munkin beberapa di antara kalian banyak yang tidak menghargai kehadiran dan fungsi dari uang receh. Padahal sama-sama mata uang yang sah, tetapi sering dianggap sepele.

Kebanyakan orang merasa uang receh terlalu sedikit, bahkan memilih untuk meninggalkan dan membuangnya atau mensedekahkannya kepada orang lain. Okelah, kalau dibuat sedekah mungkin bagus banget, tapi kalau dibuang kan sayang yah…

Sebenarnya uang receh itu sangat berarti loh, asalkan uang receh tersebut sudah terkempul dalam jumlah yang banyak. Ngumpulinnyapun tidak terlalu susah kok, bahkan sewaktu hangout bareng temen, pastinya mereka dengan rela hati memberikan uang receh yang mereka anggap tidak berguna itu.

Anda dapat mengumpulkan uang receh yang sebagian orang menganggapnya tidak berguna ke dalam suatu wadah, tidak perlu dipikirkan cukup dengan menabung-menabung dan menabung saja. Lama kelamaan wadah tersebut akan penuh dengan uang receh dan siap di bawa ke bank untuk menjadikannya sebagai uang kertas.

9# Jangan terlalu sering berhutang

Menghemat Pengeluaran

Berhutang memang enak, sama seperti menggunakan kartu kredit yang juga enak, ngga punya uang tapi bisa dapet barang bagus.

Eitssss…. TUNGGU!

Enak memang di awal, saat anda tidak punya uang dan bisa mendapatkan barang yang diidamkan dengan berhutang memang merupakan sebuah kepuasan tersendiri. Tapi, bukankah tidak salah jika anda mengundur waktu dengan menunggu tanggal gajian untuk membeli barang yang diinginkan itu.

Berhutang hanya enak di awal, untuk sebagian orang berhutang dapat menimbulkan beban psikologis yang tidak baik untuk kesehatan. Anda akan cenderung stress, dan pusing serta merasa terbebani apabila tidak mampu melunasi hutang yang sudah diberikan waktu tempo pelunasan.

Oleh karenanya, biasakan juga menjalankan pola hidup yang sederhana untuk meminimalkan keinginan untuk membeli barang yang tidak mampu dibeli. Menabung lebih baik daripada berhutang dan berhutang lebih banyak menimbulkan kerugian ketimbang keuntungan.

10# Menerapkan pola hidup sehat

Menghemat Pengeluaran

Agak mirip dengan pola hidup sederhana, tapi dalam poin kesepuluh ini kita akan membahas mengenai menghemat pengeluarang dengan cara menerapkan pola hidup yang sehat.

Pola hidup sehat bisa didapatkan dengan menkonsumsi makanan yang sehat, rajin berolah raga fisik dan pikiran, serta mengurangi kebiasaan buruk seperti merokok dan minum minuman keras.

…Lah hubungannya apa sama hidup hemat?

Nah, jika kebiasaan anda buruk seperti makan sembarangan, merokok dsb, hal tersebut hanya akan membuat anda resiko/rentan terhadap penyakit. Dengan reskio terkena penyakit seperti ini, tentu saja anda membutuhkan biaya yang mahal untuk berobat atau sekedar biaya check up.

Bukankah lebih baik uang tersebut dipergunakan untuk membeli produk makanan yang higienis, serta rajin berolahraga untuk menjaga kesehatan. Menghemat pengeluaran dan uang bisa dimulai dari apapun yang biasa anda lakukan.

Baca Juga : 10 Ide Bisnis yang Cocok untuk Ibu Rumah Tangga

Itulah 10 cara yang dapat dilakukan untuk menghemat pengeluaran, saya sendiri telah mempraktekkan beberapa di antaranya yang memang terbukti dalam menghemat pengluaran saya yang bergaji pas-pasan ini. Dengan menerapkan pola hidup hemat, diharapkan di masa depan kita hidup dengan masa tua yang baik, serta jangan sampai membebani orang lain. Semoga sukses mencoba 10 cara di atas.



Loading...

Tags
Baca selengkapnya