Tutorial Blog

Update : Cara Menghilangkan Tanggal Posting Di WordPress Dari Pencarian Google (Berhasil)

Anda sudah yakin, pas membuka artikel ini tidak menemukan tanggal, bulan dan tahun di halaman google? Betul sekali, karena saya menghilangkan tanggal posting di blog ini sekaligus tidak memunculkannya di halaman pencarian goole. Apakah ini tidak melanggar aturan atau tidak sesuai dengan standar mutu webmaster? Saya rasa tidak, sebab artikel google yang ada di “bantuan google” semuanya tanpa tanggal posting. Anda juga bisa menemukan halaman dari wikipedia yang ada di pencarian google, semua menyembunyikan tanggal posting.

Baiklah, kita akan bereksperimen menghilangkan tanggal posting di wordpress (sebelumnya saya menggunakan flatform blogger dan bermigrasi ke wordpress) . Intinya sama saja antara blogger dan wordpress, kita hanya perlu melakukan sedikit seting agar tanggal di posting tidak muncul atau tampil. Baik di semua halaman blog maupun dari hasil pencarian google.

Baca : Menghilangkan Tanggal Posting Blog Dari Mesin Pencari Google (blogger)

Manfaat menyembuyikan dan menghilangkan tanggal dari mesin pencari

Kalau saya pribadi menghilangkan tanggal posting karena artikel blog ini bersifat tutorial. Bisa di gunakan kapan saja, walaupun tahun berganti tahun, artikel ini akan terlihat baru di mesin pencarian terutama google. Dengan begitu pengunjung tidak akan bisa membedakan antara artikel baru dan artikel yang sudah di posting beberapa tahun yang lalu. Denagn begitu, artikel tetap berpotensi untuk di buka atau dikunjungi.

Apa dampak menyembuyikan atau menghilangkan tanggal posting blog?

Dampak yang akan terjadi hanya terdapat di pngaturan google webmaster, karena akan terlihat eror pada bagian search Appearance > Structure data. Seperti yang tampak pada gambar di bawah ini.

menghilangkan tanggal posting
Eroor structure data

Apakah ini mempunyai efek samping yang serius? Menurut saya tidak,  hal ini wajar karena structure tanggal yang terdapat di bagian template sengaja untuk di hilangkan. Eror ini akan bertambah dengan semakin bertambahnya jumlah posting. Jadi sekali lagi pikirkanlah kembali untuk menghilangkan tanggal posting di blog anda sebelum melakukan tutorial ini.

Loading...

Cara pertama

  • Masuk ke dashboard wordpress > Settings > General
  • Pada bagian date format, ganti menjadi custom (sesuaikan) dan hilangkan angkanya seperti gambar di bawah.
menyembunyikan tanggal posting
Setting pada format tanggal

Setelah selesai simpan perubahan.

  • Masih pada dash board wordpress > Appearance > Theme option > Blog settings
  • Posisikan date pada keadaan disable, seperti gambar di bawah.
  • Setelah selesai simpan perubahan.
menyembunyikan tanggal posting
seting pada appearance

Bagi yang menggunakan plugin wordpress SEO by yoast, pastikan bahwa pada setingan Titles & Metas > Post types  tampilkan tanggal di pratampil snippet tidak di centang, seperti gambar di bawah.

menghilangkan tanggal posting
Setting di yoast plugin

Cara kedua

Untuk menghilangkan tanggal posting, baik di halaman artikel maupun di halaman komentar bisa dilakukan tanpa ribet dengan bantuan sebuah plugin WP Author, Date and Meta Remover , lakukan instalasi seperti biasa. Jika sudah selesai aktifkan plugin.

Proses menghilangkan tanggal posting blog ini bisa kita lihat langsung pada artikel dan bagian komentar. Semua tanggal, bulan dan tahun sudah berhasil disembunyikan. Tapi untuk hasil search engine, kita membutuhkan proses waktu paling tidak sampai dengan 1 minggu atau bahkan bisa lebih.

Jadi kita harus sabar menunggu, karena proses ini dilakukan oleh mesin pencari untuk meng – crawl ulang beberapa artikel kita. Pada kasus tertentu (yang sudah mempunyai banyak artikel) akan membutuhkan waktu yang lebih lama lagi. Saya sudah uji coba dengan blog ini, dan terbukti tanggal posting blog berhasil di sembunyikan pada hasil mesin pencarian, terutama google. Selamat bereksperimen, semoga bermanfaat.



Loading...

Baca selengkapnya

Menulis dari berbagai pengalaman pribadi dan bisa dipertanggung jawabkan, jika bermanfaat bagi Anda silahkan share.

Artikel terkait

42 Comments

  1. mas Gani, kalo tanggal posting sudah di hilngkan gitu ntar di tampilan statistik visitor bakalan ikut error gak?

  2. Akhirnya setelah ngubek2 google nemu juga yang tutorialnya berhasil.. akhirnya saya berhasil dengan cara pakai plugin WP Author, Date and Meta Remover. .

    terima kasih..

  3. mas mau nanya, kalo gabungin plugin seo yoast, ama all in one tools seo kira-kira bentrok gak apa hanya pilih salah satu, tolong dong sarannya

  4. Mas, untuk plugin WP Author, Date and Meta Remover kalau sudah digunakan dan diaktifasi, apakah tanggal dll muncul lagi saat plugin tersebut didisable / dihapus?

    1. Halo mas Gideon..
      saat plugin tersebut didisable / dihapus maka tanggal juga akan muncul kembali, bahkan di pencarian Google.

  5. terima kasih informasi nya gan sangat membantu sekali,Untuk cara ini ane pakai plugins yang agan saranin di atas,,semoga bisa berhasil dan sukses,,salaam

  6. Saya sudah menerapkan cara diatas dengan benar dan bahkan menginstal 2 plugin seklgus yaitu WP Author, Date and Meta Remover dan date exclusion SEO dan sudah juga memasang html pada editor PHP…

    setelah menunggu kurang lebih sebulan bahkan lebih, gak kunjung hilang tanggalnya…itu ada masalah apa ya?, apakah gak boleh instal 2 plugin dengan type yang sama bersamaan atau gimana?

    Salam

  7. Mas, sudah sukses, tetapi kita saya search di google artikel saya. Link masih menggunakan tanggal dan bulan (ok, membutuhkan waktu).

    Masalahnya ketika saya klik artikel saya, “Halaman tidak ditemukan”, dan ketika saya apus tanggal dan bulan dilinknya artike saya dapat diakses.

    Bagaimana solusinya ya?

    Terimakasih

  8. Makasih tutorialnya mas. Kemarin saya muter2 di Yoast, ga ketemu. Tapi yakin dulu pernah ngeliat opsi tersebut. ternyata udah sedikit beda tampilannya. Akhirnya searching dan ketemu blog ini deh, 😀

  9. Kayaknya menghilangkan tanggal posting lebih bagus lagi pada web dengan halaman statis yah? yang jarang ada penambahan artikel

  10. Kami coba di blog kami ya Kang. Semoga kami bisa. Maklum newbie Kang…

    Terimakasih

  11. Terima kasih atas info maju terus mas, semoga selalu memberikan yang terbaik untuk para menulis artikel dunia maya.

  12. Halo Mas Gani, salam kenal …
    Mohon pencerahan ni Mas. Saya sudah menerapkan tutorial ini dan berhasil. Tapi ada satu lagi yang mengganggu pemandangan ni Mas. Pada komentar, terdapat tulisan PUKUL/JAM tidak bisa hilang. Adakah solusinya Mas? Terima kasih sebelumnya.

  13. mas ganisebastian. Saya mau tanya bagaimana cara menghilangkan tahun dan bulan postingan di address bar?
    contohnya seperti ini:
    https://www.klikmania.net/ 2017/03/menghilangkan-tanggal-posting/

    Mohon pencerahannya terima kasih

  14. Mas gani, jika kita menghilangkan tanggal postingan seperti pada artikel ini, nanti dapat menyebabkan error “hilang update” di Webmaster apa tidak ya mas ?

    1. Kalau itu jelas akan terjadi eror diwebmaster mas Rudhi, tetapi tidak akan berpengaruh pada peringkat blog, jadi aman-aman saja.

  15. Mas Gani, saya sudah instal plugin WP Author, Date and Meta Remover sama jg sudah Pada bagian date format, ganti menjadi custom dan hilangkan angkanya. Tapi kog di postingan masih tertera Tanggal dan Jam nya mas?