in

Apakah Diperbolehkan Mengubah Nama Pembayaran Adsense? (Hati -hati)

mengubah nama pembayaran adsense
mengubah nama pembayaran adsense

Ini yang sering menjadi perdebatan pemilik akun adsense terutama non hosted yang asal-muasalnya membeli dari orang lain, atau mendapatkan dari jasa pembuatan akun adsense yang belakangan ini masih marak. Apakah bisa kita mengganti ataupun mengubah nama pembayaran adsense atau sering disebut payee name?

Lantas bagaimana solusi yang paling tepat jika hal ini tidak diperbolehkan oleh pihak google adsense? Apakah beresiko dan berbahaya? Mari kita ulas satu-persatu.

Pasti ada rasa was-was dan takut apabila mengganti nama pembayaran adsense nanti ujung-ujungnya terkena banned. Nah, kalau takut ya jangan dirubah namanya, walaupun saya juga belum pernah mengalami kejadian banned. Kita cari solusi lain yang aman agar akun adsense tetap bisa kita gunakan.

Karena pihak google adsense sendiri melarang memindah tangankan akun adsense atau mentransfer akun adsense kepada orang lain.

Pemahaman tentang mengubah nama pembayaran adsense dan alamat pembayaran adsense

Baiklah, kita pahami dahulu keterangan yang ada di halaman bantuan adsense dibawah ini. Kita harus seksama dan benar benar paham agar tidak terjadi sesuatu hal yang tidak kita inginkan pada akun adsense kita.

  • Mengubah nama penerima pembayaran adsense

Pihak google hanya memperbolehkan mengganti atau mengubah nama penerima pembayaran, sebatas nama tersebut hanya salah eja atau membuat penyesuaian untuk perubahan seperti pernikahan, kematian, atau merger perusahaan. Dengan kata lain kita hanya memperbaiki salah eja saja, bukan mengganti nama secara total.

Lihat sumber resmi

Dan didalam keterangan link di atas negara Indonesia adalah salah satu negara yang tidak diperbolehkan mengubah nama pembayaran adsense, jadi hanya sebatas mengedit kesalahan saja. Jika ingin mengganti nama secara keseluruhan, maka Anda harus menutup akun dan mengirimkan permohonan baru dengan nama penerima pembayaran yang diinginkan.

  • Mengubah nama atau alamat pengiriman

Jika hanya ingin mengubah nama alamat pengiriman maka masih diperbolehkan. Tujuannya antara lain memastikan alamat di tulis dengan benar. Contohnya untuk pengiriman PIN adsense yang tidak sampai ke alamat, maka perubahan alamat bisa dilakukan, karena PIN adsense akan datang selama 3 kali jika alamat yang ditulis tidak sesuai.

Baca juga :Jika PIN adsense tidak datang bisa verifikasi menggunakan KTP

Solusi agar pembayaran sampai ditangan tanpa mengubah nama pembayaran adsense

Kesimpulan dari keterangan diatas adalah kita tidak bisa mengubah  nama pembayaran adsense, tetapi kita diperbolehkan mengganti alamat pembayaran. Dan pihak google sudah menerangkan dalam link bantuan adsense ini.

“Jika Anda memiliki bentuk pembayaran di akun yang membutuhkan alamat pengiriman, Anda harus memperbarui informasi ini secara terpisah dari profil penerima pembayaran Anda”

Jadi walaupun nama profil pembayaran adsense berbeda, kita bisa menerima pembayaran adsense dengan menggunakan nama orang lain. Contohnya anda akan memberikan pembayaran adsense melalui Western Union atas nama istri anda atau kepada adik anda. Asalkan nama sesuai dengan data di KTP.

Untuk lebih detail membahas masalah pembayaran dengan nama orang lain , silahkan baca artikel dibawah ini. Sudah saya persiapkan secara lengkap beserta bukti pendukung yang sangat kuat, jadi tidak perlu ragu. Dan caranya adalah menambahkan pengguna baru dalam akun adsense.

Baca : Menambahkan Pengguna Baru Di Akun Adsense (Multi User) untuk penerima pembayaran

Selain penerima pembayaran melalui Western Union, kita bisa pilih cara pembayaran melalui bank transfer atau lebih dikenal dengan wired (tranfer kawat). Semua bisa dilakukan dengan nama penerima yang berbeda. Semoga bermanfaat.

Author ganisebastian

Menulis dari berbagai pengalaman pribadi dan bisa dipertanggung jawabkan, jika bermanfaat bagi Anda silahkan share.

Komentar

Tulis Komentar
  1. selamat siang mas. jadi akun adsense saya gagal verifikasi dan ini saya baru pertama kali melakukan verifikasi. setelah saya ingat-ingat kemungkinan gagal itu akibat ada pantulan cahaya pada saat scan ktp. sekarang saya ingin mengajukan verifikasi ulang, tapi saya bingung tida ada kolom untuk upload ktp. itu bagaimana ya?
    terimakasih

  2. Mas mau tanya, saya sudah punya akun adsense cuma pengen ganti email utamanya bisa gk ya?, nah kalau saya mau membuat akun adsense baru dengan data diri dan alamat yang sama apa bisa dengan menonaktifkan akun adsense yang sebelumnya trus di ajukan lagi dengan email yang berbeda tapi dengan data diri yang sama denagn akun adsense yang sebelumnya sudah di nonaktifkan? trims.

  3. Mas saya beli akun gmail yang sudha ada ribuan subscriber…
    tapi pas saya login google adsense, untuk nama dan alamat penerima pembayaran dan pengguna saya mau edit tidak ada lambang pensilnya untuk di edit ke nama saya.

    gimana ya solusinya

  4. Selamat siang mas
    Saya mau nanya nanya nih..

    Saya kan punya channel youtube, terus saya buat akun adsense dgn nama channel youtube saya, terus namanya gak sesuai sama nama yg ada di ktp.
    Gimana ya caranya menyesuaikan nama di akun adsense sama nama yg ada di ktp

    Mohon di jawab mas, saya udah tanya sana tanya sini tapi gak ada yg jawab

    Terima kasih

  5. Mau nanya
    Kalo sudah di transfer tetapi ke pengirim tuk ganti lokasi ke negara lain bisa gak
    gimana solusinya

  6. Mas. Kalau pas daftarnya pakai ktp orang tua. Apakah bisa nanti ganti nama dan lainnya ke ktp pribadi (saya sendiri)?

  7. misi mas mau nanya.. kalo kita verifikasi identitas dengan menggunakan ktp orang tua apakah bisa ? lalu apakah harus di ganti dulu nama google adsensenya dengan nama orang tua saya? terimakasih tolong solusinya ya mas…

  8. bang..mau nanya..
    kebetulan saya sedang mengalami permasalahan seperti di artikel ini.. saya ingin mengganti nama dan akun rekening pembayaran, dr sebelumnya atas nama saya, ke nama teman saya.. karena kebetulan posisi pekerjaan sy saat ini yang agak “ketat” thdp transaksi diluar penghasilan gaji sy di kantor..
    apa benar mengganti no. rek sy ke no.rek teman sy itu dibolehkan? apa mas punya pengalaman pribadi ttg masalah ini?

    terima kasih banyak…
    semoga blognya semakin sukses..

  9. Malem pak, mau nanya kalau saya sudah po setiap bulan, namun karena pindah rumah otomatis saya pindah alamat, apakah dengan ganti nama alamat akan bisa kena baned.? Mohon pencerahanya

  10. Bang.. Mau tanya
    Akun saya dapat beli dari orang malaysia, jadi alamat Malaysia udh peri pernah po jg. Untuk pengambilan di indo apa bisa pakai WU. soalnya yg bisa di ubah cuma nama.. ambil WU klo beda negara bisa ga ya?

  11. Pagi mas gani…saya mau nanya mas, kemarin dpt email disuruh verifikasi alamat dgn mengirim identitas diri. Salah satu kalimat berbunyi nama pada profil pembayaran harus sama dengan nama tanda pengenal tsb. Nama profil pembayaran saya adalah nama channel yt saya, jadi tidak sama dgn nama di ktp. Bolehkah saya ganti nama di profil pembayaran sama dengan nama di ktp? Mohon jawabannya mas gani, terima kasih.

    • Halo, Lina.
      Iya, sebaikya nama diganti sesuai KTP terlebih dulu, untuk verifikasi alamat bisa dilakukan setelah beberapa hari, jangan langsung ya.

  12. nama di pembayaran western union saya pake nama teman, saya ganti tanggal 17.
    kok di Payment Receipt ngga ada nama penerima western union ya mas?
    adanya nama & alamat akun saya..
    kira2 bisa ngga teman saya yg ngambil?

  13. Mas, maaf mau tanya. Saya kemarin baru request pin verifikasi alamat di adsense. Namun ada notif peringatan juga yg bunyinya pembayaran anda saat ini ditangguhkan, diperlukan tindakan untuk mencairkan pembayaran. Sy disuruh verivikasi identitas. Namun setelah saya ikuti dan verifikasi ada keterangan nama profil pembayaran dan nama di identitas tdk sama. Memang dlu nama adsense sy hnya Radhinal M trus diktp Radhinal Mochtar, itu solusinya bagaimana? Mohon pencerahan mas

  14. mas Gani….apa bisa nama akun deda dengan nama di KTP untuk dapat pin dari google adsense…?? MAKASI……

      • halo mas Gani….tanya lagi mas…kalo bikin alamat diakun baru dan alamat yang lama,apa boleh mas….soalnya akun yang lama disable. MAKASI…..

        • Boleh gan… kita bisa menggunakan alamat yang sama pada adsense yang baru, tetapi dengan catatan akun adsense lama harus di tutup atau disable kemudian mendaftar adsense baru menggunakan email yang berbeda.

  15. Sangat mantap sekali artikelnya mas, jelas dan penuh dengan ilmu yang bisa saya simak, semoga bermanfaat

  16. Artikelnya bermanfaat dan berkualitas sekali mas.
    Btw, kalau sudah 88% ambang batas pembayaran lalu sy mau ganti rekening bank beda misal jadi bca atau cimb niaga (karena rek sebelumnya mandiri tidak aktif lagi), amankah?
    Fyi rek bca milik an istri (profil adsense), rek cimb niaga dan mandiri milik an saya. Alamat ktp sama, dan sudah pernah terima pin (pertama kali, bbrp bulan setelah daftar adsense) dikirim ke alamat rumah.
    Mohon bantuannya. Tks.

    • Sebelum atau sesudah menerima pembayaran, kita masih bisa mengganti nama penerima pembayaran (atas nama rekening) . Untuk Adsense terbaru, harus melakukan verifikasi rekening yang nantinya akan dikirimkan 3 digit PIN. Selengkapnya mengenai verifikasi rekening PIN bisa baca Pembayaran Adsense Dengan Transfer Bank

  17. Mas, Mau nanya Bagaimana cara mengatasi jika sudah terlanjur mengganti nama akun pembayaran adsense supaya tidak di banned? Apakah jika kita ubah ke nama yang bawa asli bisa mengembalikan nya seperti semula?

  18. Mas saya mau tanya, kalo mengganti rekening pembayaran bisa ga ya? saya denger katanya gabisa pake nama pemilik rekening yang sama. soalnya saya ada 2 akun adsense, tetapi no rekeningnya berbeda. itu baiknya diganti apa gmn ya mas? tp saya udh verifikasi bank untuk akun yg baru

  19. saya ada pertanyaan lain gan, masih terkait Adsense.
    Saya udah mendaftar adsense (domain TLD) sudah dari 3 bulan yang lalu dan sudah di approve tahap pertama, lalu beberapa lama kemudian di approve juga tahap kedua.

    masalahnya ialah, setelah saya ganti slot iklan malah iklan tidak tayang (blank), padalah di Account Information tertulis produk aktif: Content, AdMob, Penelusuran.

    saya sudah kirimkan feedback terkait hal itu, tetapi iklan tetap tak kunjung muncul.

    Mungkin mas ada solusi atau aralan apa gitu untuk masalah tersebut. Trima kasih sebelumnya mas, maaf sudah ngerumput di kolom komentar ini.

  20. Malam mas gani. Terimakasih artikelnya cukup luas menjelaskan permasalahan yang ingin saya tahu.
    Saya mau tanya ni mas. Jadi saya sebelumnya punya akun adsense youtube yang sudah pernah payout dengan transfer kawat dengan nama asli saya dan no rekening asli saya juga. Sekarang adsense itu sudah tidak menghasilkan dolar lagi karena di blokir. 🙁
    Jadi saya membuat akun youtube dan akun adsense yang baru dengan nama ayah saya. Pertanyaan saya mas Gani, apakah penghasilan akun saya yang sekarang ini bisa masuk ke rekening saya yang sebelumnya yang sudah pernah payout? atau memang harus di payout ke rekening ayah saya tersebut?
    Mohon penjelasannya mas.
    Terimakasih mas Gani & Klikmania.

    • Bisa menggunakan nama rekening yang berbeda mas, Artinya bisa menggunakan nama rekening yang dulu. Asalkan nomor rekeningnya di verifikasi

      • Wah. Fast respon as always mas Gani. Makasih mas Gani. Semoga ane payout secepatnya. 🙂

        Tx Klikmania

      • Jadi mas kalau nama pengguna adsense dengan nama akun rekening berarti masih bisa payout ya? Soalnya saya gak punya rekening, jadi rencananya mau payout pake rekening ortu saya, itu bisa kan mas?

    • Mau tanya mas, saya punya akun adsense udah pin udah po, kalo ganti alamat di profil pembayaran apa jadi masalah ke depannya? Trimakasih.

  21. mas saya dapat pesan pin anda sudah kami kirim tunggu paling lama 3 sampai 4 minggu,tapi belum sampai juga,alamat sudah pas knp ya ko belum sampai,mohon solusinya tanks

  22. Terima kasih info yg bermanfaat bang.
    Ingin bertanya, untuk payment adsense via western union yang berstatus “issued” terkendala last-name (nama yang satu kata, jadi first dan last di isi sama).

    Saat pencairan di POS tidak bisa, karena beda nama identitas asli (KTP, satu kata), dan last name disarankan pihak p os dirubah menjadi “No Last Name”.

    Pertanyaan :
    Jika kita sudah melakukan update nama penerima WU apakah kita harus menunggu sampai “ditangguhkan” otomatis (menunggu 60 hari) atau ada harus lapor2 pihak adsense gitu yah bang ? makasih skali lg.

    • Ya betul mas, uang yang terkirim dalam western Union harus menunggu 60 hari, setelah itu baru dikembalikan dan dikreditkan kembali ke akun AdSense .

      • gan, jika dana di WU sudah melebihi 60 hari (21 Juni – September) akan tetapi Status masih tetap “Issued” dan dana belum kembali ke akun (dikreditkan kembali) adakah yang pernah mengalami gan ? trimakasih

        • Kalau status issue, berarti dana akan dikembalikan.
          Pembayaran akan diberikan ketika status Adsense tidak dalam penangguhan.

  23. Terima kasih info yg bermanfaat bang.
    Ingin bertanya, untuk payment adsense via western union yang berstatus “issued” terkendala last name (nama yang satu kata, jadi last name di isi sama).

    Saat pencairan di POS tidak bisa, karena beda nama identitas asli (KTP, satu kata), dan last name disarankan pihak POS dirubah menjadi “No Last Name”.

    Pertanyaan :
    Jika kita sudah melakukan update nama penerima WU di adsense apakah kita harus menunggu sampai “ditangguhkan” otomatis (menunggu 60 hari) atau ada harus lapor2 pihak adsense gitu yah bang ? makasih skali lg.

  24. Mas mau tanya … klo pembayaran WU tuh pas ngisi nama di kertas itu harus sesuai nama di adsense ga sih..?

  25. mas saya mau nanya kalau nama di google + atau nama dari gmail beda dengan nama pembayaran adsense, apakah tidak apa apa ?

  26. saya dapet email kayak gini mas ” Pembayaran Anda ditangguhkan
    Baru-baru ini, Anda telah menangguhkan pembayaran untuk Google AdSense. Untuk menghapus penangguhan tersebut, atau membuat perubahan lain pada setelan pembayaran, lihat jadwal pembayaran Anda. ”
    gara garanya saya merubah nama panggilan di akun pembayaran yang tadinya bernama Google Adsense, trus saya rubah menjadi nama saya sendiri, trus langsung dapet email seperti di atas mas..karna saya was was akhirnya saya kembalikan ke nama seperti semula Google Adsense..kira2 aman gak ya mas soalnya sudah mencapai ambang pembayaran dan sebentar lagi payout dan akun saya sudah terverifikasi pin alamat nya. saya mohon pencerahannya mas.trimakasih

    • sama kasusnya kayak sama gan,, sekarang punya agaan gimana,, apakah ada kendala setelah mengganti kembali namnya google adsense

  27. mas mw tanya klw nama di akun adsense pake nama ARIF tapi pembayaran di rekening atas nama budi apakah bisa mas beda nama seperti itu?

  28. mas klw nama di akun adsense misalkan arif tapi pake rekening atas nama budi jd intinya nama di akun adsense sama nama penerima pembayaran beda apakah bisa?

  29. Jadi, intinya itu gmnaa gan,,semisal saya beli akun ads.non host kan atas nma org lain krn dr awal dftr juga pake nama dia,,udh gt dia kan jauh ya krn kita beli dr online,,apa itu pengaruh sma adsense kita,apa ada kemungkinan adsense kita kena banned atau ditutup,,atau gmnaa,
    Atau mlh nantinya hasil alias pembayarannya malah masuk ke akun org yg pertma bukannya masuk ke saya,,hehhe
    Mohon penjelasannya min

  30. mas, waktu saya daftar GA, saya pakai nama : muhammad syaban (ini nama channel saya). nama di ktp : muhamad sa’ban. saya lupa memasukan nama sesui ktp. apa kejadian kesalahan memasukan nama ini, msih bisa dirubah namanya sesuai nama di ktp ?

  31. mas, mohon dibantu, tadi saya dapat email dari GA, katanya begini mas: Check your recent payment
    We sent a payment for your MUCTAR ………………… earnings on Feb 18, 2017.
    If you haven’t received your payment within 5 business days from the date of this email, please contact your bank for more details.
    To check your recent payment:
    APAKAH INI SUDAH PASTI AKAN MENERIMA PEMBAYARAN ADSENSE MAS??? TADI SAYA CEK KE ATM SAYA, BELUM ADA MASUK MAS… JADI TAKUT GK GAJIAN… SOALNYA UDAH DARI BULAN DESEMBER SAYA BELUM GAJIAN MAS…
    BARU 3 HARI KEMARIN VERIFIKASI PIN ALAMAT DAN BANK…

  32. MOHON SOLUSI MAS,

    Saya Punya Kejadian Persis seperti diatas,
    Dulu beli akun GA dari orang mas, karena keteledoran lupa ganti nama dan alamat pengiriman PIN,
    Pas penghasilan 130 ribu, tiba2 PIN Terkirim sendiri ke alamat pemilik yang pertama. Padahal saya gak ada kontak lagi dengan pemilik yang pertama.

    Ini Menuju Permintaan PIN Ke 2 Saya ubah dengan nama dan alamat saya sendiri mas, menurut mas apa akun saya menunggu banned aja dari pihak Google.?

    Terima Kasih Sebelumnya mas Atas Partisipasinya

    • HAlo mas, nama masih bisa diganti dalam masa pengiriman PIN, tapi jangan diganti lagi dalam waktu dekat.

      • Terima Kasih Mas, Atas Informasinya

        Jadi Tidak Ada kendala kedepannya mas, untuk pengiriman Pin ke 2 dengan nama dan alamat yang berbeda, dengan Pin pertama ?

      • Mas kalo adsense youtube sy yg dlu prnh ke banned. Kan mnggunakan nma dan alamat sy juga no rwkning sy. Trs skrg sy mw dftar lg dgn nma dan almat yang berbeda bisa Tp dengan no rwkening sy yang pernah ke banned apkh bsa? Nuhun mas penjelasanya. Mhon pencerahannya.

        • Nomor rekening sebaiknya gunakan yang baru, sebab setiap nomor rekening untuk pembayaran Adsense harus melalui verifikasi terlebih dahulu untuk menerima pembayaran.

  33. Numpang nanya dong mas,.
    Saya baru bikin akun youtube dan akun adsensenya juga baru diterima nih dan belum pernah menerima pembayaran tentunya.
    Jadi kemaren saya mengubah nama yg di setelan pribadi menjadi nama adik saya (sebelumnya nama saya), soalnya ternyata pada menu payment menggunakan nama dia.
    Gimana itu kira2 mas apakah saya bisa di banned kah?

  34. masih bingung ini mas….tolong pencerahannya.
    Kalau di bagian atas komentar saya baca “akun adsense” bisa diganti nama, TANPA MENYEBUT sebatas salah eja. jadi saya menangkapnya
    Nama Awal Daftar Adsense : Budi Apa. dengan alamat asal
    Nama Stlh Diganti: Andik Di Mana. dengan alamat asli
    Kemudian yang saya tangkap lagi nama pembayaran boleh beda dengan profil pemilik adsense, Jadi
    Nama Pemilik Adsense: Andik Di Mana (yang punya akun)
    Nama Pembayaran: Pipit Kapan (yang berhak menerima pembayaran)

    Apakah benar seperti itu?

    Kemudian di komentar bagian bawah, dijelaskan Penggantian nama SEBATAS SALAH EJA mengganti nama total tidak boleh. dan juga bila akun adsense atas nama keponakan yang menerima pembayaran juga keponakan.
    yang saya tangkap seperti ini:
    Nama Awal daftar : Keponakan Mengapa
    Nama Setelah Diganti: Kapoenakan Mengafa
    Untuk Pembayaran
    Pemilik Akun : Kapoenakan Mengafa
    Penerima Pembayaran: Kapoenakan Mengafa (harus ini tidak boleh yang lain)

    Tolong Penjelasannya?

    Pertanyaan Terakhir, bila terpaksa membeli akun adsense bagaimana caranya agar pembayaran adsense bisa kita terima? Untuk yg jasa pemesanan adsense mungkin bisa dengan nama kita, tapi bila adsense nya sudah jadi dan awal pendaftarannya bukan dengan nama kita, bagaimana caranya? apa yang HARUS diganti dan apa yang BOLEH diganti? agar pembayaran bisa kita terima.

  35. Mas mau nnya ni sblm nyh crta dulu..dulu sya mau bkin ktp btuh bnget trs krtu kk sya blm d prbhrui yg bru dlu kn mrah skrng putih..otomatis klo mau bkin ktp kn d gnti dlu kk nyh trs sxn kk d gntu sxn bkin ktp v mnual blm E-ktp.eh pas jdi ktp nyh ma kk bru nyh nama pnjng saya ta tertera jadi nama satu suku kata .ya udh terlanjur sya punya niat nyh kdpn d perbahrui lgi spya ada nma pnjng nyh..trs sya daptar adsense mnggunakn ktp mnual ini saya d trima .yg sya bngung bru2 ini sya hbis ngdit kk spya ada nma pnjng nyh. kk sya udah lngkap nma sya ada pnjng ny v saya blm buat Ektp msh proses ..
    Sya bngung.pa bisa .penerima pembayaran di akun adsense d gnti nma skrng yg ada nma pnjng nyh pdhl kn sya prtama daptar adsense mnggunakan ktp satu suku kta nma.klo alamt ga da yg slah cmn nma pnjng …tolong d jwab y mas..

    • Tidak masalah, yang penting alamatnya sama, untuk nama bisa diganti kok dan disesuaikan dengan KTP.
      Untuk nama penerima pembayaran juga bisa menggunakan nama lain, jadi tidak perlu dikhawatirkan 😀

  36. Ane baru aja ngebeli akun GA, tpi US, terus cara agar bisa verifikasi pin atau untuk pembayaran nantinya ke ane , solusinya gimana ya om gani? mohon pencerahannya dong ?
    terima kasih

  37. mas mau tanya kalo utk merubah nama pembayaran dn rekening setelah kita PO yg prtama apakah bisa mas? ceritanya saya mau buka rekening tabungan baru khusus buat pnbyaran adsense saat ini masih pke rekening istri…
    apa nanti jga setelah diganti ada langkah verifikasi bank jga sprti yg ptrma memasukkan 3 digit angka?

    • Maih bisa mas, tetapi jangan diganti lagi dalam waktu yang sangat dekat.
      Betul, harus melaukukan verifikasi PIN lagi, sebab menggunakan rekening baru.

  38. Mas Gani….. Saya waktu mau Merubah Nama & ALAMAT Verifikasi Pin yg ke 3…. KOK GA BISA YA MAS…. yg Berubah cuma alamat nya saja NAMA Profil nya ga berubah…. soal nya sy salah ketik NAMA waktu itu…..itu gmn ya MAS GANI solusi nya

    • Ralat Mas Gani,,,, Ternyata bisa mas gani ,,,, ternyata nama saya udah di block……………… Jadi sy pake KTP Nama orang Tua saya.

  39. Akun non hosted saya baru di approve, dua hari kemudian saya mengubah nama penerima bayaran. Kemudian saya terima email jika nama pembayaran sudah berubah. Dan sampai saat ini iklan masih tayang di blog saya, apakah akun saya bermasalah, kalau PIN memang belum dikirim Krn pendapatan masih sedikit

    • Tidak ada masalah mas, itu hanya email pemberitahuan saja, bahwa alamat penerima pembayaran sudah diganti.
      PIN akan dikirimkan setelah akaun Adsense mendapatkan saldo 10$ atau 3 bulan setelah akun Adsense disetujui.

  40. Tanya gan. Untuk nama dan alamat di profil pembayaran, saya menggunakan nama istri (untuk verifikasi pin alamat). Untuk nama rekening saya menggunakan nama saya sendiri (dalam hal ini saya yang punya rekening). Untuk nama akun adsense-nya sendiri saya menggunakan nama saya sendiri. Apakah itu diperbolehkan? Terima kasih…

  41. mas kalo alamat yang dicantumkan sesuai dengan tempat tinggal tapi ktp beda alama kira2 gmna mas?

  42. Mas gani.. saat ini saya dapat pemberitahuan pervikasi PIN, sedangkan PIN akan datang 2-4 hari di alamat lama.. itu gmana ya mas.. saya sekarang lagi di jakarta? apa saya ganti alamat yang skarng di jakarta?

    • Ane Takut2 mo jawab,
      *ane kasi masukan sebagai penyimak,
      Jangan Ganti Alamat, Samperin aja ke Kurir Messenger Pos dan tinggalkan no.hp kepada kurir yang bertugas mengantar ke alamat rumah lama agan.
      *Pergi ke kantor Pos (Unit Pemeriksaan) daerah alamat lama rumah agan.

    • sebaiknya nama dan alamat disesuaikan dengan profil Adsense dan sama dengan KTP, apabila PIN tidak datang maka bisa verifikasi dengan scan KTP.

  43. Alhamdulillah, barusan Pagi ini udah Verifikasi Pin G.A setelah ngambil Kartu Yang dikirim Lewat Post Indonesia.
    (2 minggu interval dari pemberitahuan Cetak Pin G.A)
    *Saya Jemput Bola ke kantor Pos dan udah joinan ama Kurir Messanger nya agar tlpn saja kalo udah dateng suratnya.

    → setelah Verfik Pin G.A Maka Notif Penangguhan di akun G.A hilang, dan karena saya hanya menggunakan G.A Untuk Ytb, maka kini notifnya berganti, bunyinya sbb:
    “Google AdSense anda hanya menayangkan iklan di Ytb, utk memonetisi / mengiklankan di situs lain yang anda miliki silahkan masukkan Url situs anda.

    *Nah kebetulan kemaren sblm Verfik Pin G.A pagi tadi ane ganti nama pembayaran jadi ada 2 nama pembayaran atas nama ion pajero,
    *Setelah ane Verfik Pin G.A nama penerima Pembayaran yang pertama;
    → ion pajero berubah menjadi Google AdSense
    *Nama Yang Kedua tetap seperti nama Penggantian Pertama
    → ion pajero
    – Sebelumnya nama pembayaran ada 2 juga, kek gini Skemanya:
    ↓↓↓↓↓↓↓↓↓↓↓↓↓↓↓↓↓
    Ion Pajero
    Ion Pajero

    Setelah Verfik Pin G.A 2 nama pembayaran pada kolom tsb berganti jadi kek gini Skemanya :
    ↓↓↓↓↓↓↓↓↓↓↓↓↓↓↓↓↓↓↓
    Google AdSense
    Ion Pajero

    *setelah saya Coba klik ke laman penggantian nama pembayaran, yang bisa diedit hanya nama Google AdSense aja

    *Saya Harus Gimana Bang, sebelumnya Cuma ada satu nama Pembayaran atas Nama Ion Pajero, mamun stelah diganti jadi ada 2 nama Ion Pajero yang sekarang berubah jadi
    ↓↓↓↓↓↓↓↓↓↓↓↓↓↓↓↓↓↓↓↓

    Google AdSense
    Ion Pajero

    *please solusinya..!!

    • Namanya google Adsense Ion Pajero ? 😀
      Yang penting sudah diverifikasi alamatnya mas, untuk nama penerima pembayaran bisa diganti lagi dalam waktu 3- 7 hari.
      Selain itu nama penerima pembayaran (untuk rekening Bank) bisa gunakan nama dan rekening lain kok, asalkan nomor rekeningnya diverifikasi.

      • Bang, gag tau kenapa akutuh seneng banget hari ne. Bang Gani,
        *maaf oot Aku mau nyabut gmail diblog aku, mau ganti gmail baru. bisakan yah? soalnya aku mau pake G.A yang beda khusus Blogspot aku..

        *thank’s ud respon, cuma pertanyaan aku yg di postingan KlikManiadotnet tentang Content id belum direspon, aku nunggu Bang udah 2 minggu kalo gag salah blm direspon.

        *Ditunggu Bang

      • Rek.Bank Ud diVerfik juga Bang, jadi 22 nya udah diVerfik.
        *Alamat Udah Verfik td Pagi, dan Rek.Bank ud Verfik 1 Minggu yang Lalu,
        → Skrg tinggal Galau nunggu Earn Ytb yang akan ke import di G.A Data Pays Out, soalnya., hahaha..Gaji Ane bagi ane sangat Gede di Oktber ini hahaha..Alhamdulillah 20 × lipat minimum P.O nyah..
        *Alhamdulillah..

      • Nimbrung tanya gan… q dh nencapai ambang pembayaran , rekening pembayaran makai punya istri, dah menurutq semua udah ok…. surat pin dr google jg dh datang dan dah aq verif ,ok !!
        Nah giliran nunggu kiriman dari google kok yg tiga digit gak datang datang ya gan? Apa yang salah..? Aq dh masukin dua kali no rekening yg pertama dah dua bulanan yg kedua satu minggu lebih….tapi kok tetep gak datang…
        Apa kesalahan nama adsense dengan namaq …no rekening nama istri? Apakah karena email pada nama penerima pembayaran sama dengan email yg email pokok( yg dipakai adsense??
        Mohon pencerahannya gan….
        Sekarang channel q dh dinon aktifkan ma pihak google katanya kesalahan Payment…
        Makasih sebelumnya…

        • Kesalahan payment?
          3 digit dikrimkan melalui rekening bank mas, jadi neceknya pada buku tabungan (print out)
          Untuk nama pembayaran bisa menggunakan nama yang berbeda. yang terpenting nomor rekenignya sudah terverifikasi mas.

  44. Malam mas..mau nanya..
    Pertama dulu bikin akun youtube april 2015. Jarang upload sich..paling beberapa bulan sekali saya upload.. Paa tau adsense di youtube, jadi tertarik.. Dulu saya make alamat rumah mertua, sekarang saya pindah kontrakan dan ktp masih alamat lama..rumahnya uda di jual. Sekarang semua data saya ubah termasuk nama chanel, alamat dan data diri (saya make data dan alamat temen). Saya belum dapet surat pin dari google. Apakah aman atau ada pencerahan dari mas? Terimakasih

    • Halo mas Joharmansyah.
      Bisa mas, selama PIN Adsense belum diverifikasi.
      Pastikan saja nama dan alamat akun Adsense yangmenggunakan milik teman sesuai dengan KTP, Scan saja KTP-nya untuk jaga-jaga apabila PIN tidak datang sampai 3 kali pengiriman. Nantinya bisa verifikasi PIN menggunakan scan KTP.

      • terima kasih mas.. agak legaan sayanya…
        oya mas, cara verifikasi PIN menggunakan scan KTP gimana ya mas?

  45. Mas saya mau tanya,

    Kan awalnya saya bikin admob dengan nama dan alamat asal-asal nah saat sudah sampai 130.000 saya baru sadar kalau request pin otomatis dan alhasil yang ter-request it ke nama dan alamat yang asal-asal.

    terus saya ke pengaturan dan menganti Nama , Alamat Dan Nomor Handphone saya dan rencna saya mau tunggu Reqeust Pin k – 2

    nah jadi pertanyaan saya, apakah itu aman mas?

  46. mau nanya mas… jadi beberapa bln yng lalu uang di akun adsense sy udah cukup buat verifikasi… dan secara otomatis surat pinnya dikirim oleh google… tapi nggak dateng2… sy simpulkan alamat sy kurang jelas… trus alamat sy ganti dengan yng lebih jelas dan begitu juga nama saya ganti dengan nama bapak saya, berhubung nama bapak saya lebih dikenal di daerah sy jadi sy pikir akan lebih gampang dicarinya….dan saat ini masih nunggu datangnya si surat.. pertanyaan saya apakah akun sy beresiko kena banned? karena nama di akun sy saya ganti dgn nama bpk sy?

    • Seharusnya disesuaikan dengan nama profil yang tertulis di akun Adsense dan sesuai dengan KTP. Apabila PIN gagal dikirimkan bisa verifikasi dengan KTP, (asalkan nama profil Adsense sesuai dengan yang ada di KTP)

  47. Mas jadi galau ini. Saya sudah terlanjur menambahkan administrator baru dan mengganti nama profil dan nama penerima pembayaran. Takut di banned ni mas akun adsense saya. Kira2 apa yang harus di lakukan ya mas ? Terima kasih

      • Wah cepat banget responnya mas terima kasih.
        oh iya, itu kontak penagihannya juga saya ubah mas sesuai nama profil. apakah masih tetap aman mas ?
        ngomong2 perbedaan kontak penagihan dengan Profil penerima pembayaran apa ya mas ? hihi maklum masih newbie.

        • 1. Kontak penagihan hanya berisikan email dan nomor telepon saja, apabila sewaktu-waktu dibutuhkan pihak Adsense untuk menghubungi kita,
          2. Profil penerima pembayaran adalah nama yang memiliki akun Adsense dan
          3. Nama penerima pembayaran adalah orang yang menerima pembayaran,bisa dengan pembayaran rekening yang memiliki nomor rekening ataupun identitas seperti KTP untuk menerima pembayaran melalui Western Union.

      • sama mas ..aku juga dah terlanjur ganti nama pembayaran.

  48. Mau tanya mas sbastian sya punya 3 prtanyaan (maaf sangat merepotkan). 1) Kalau dari kedua metode klaim pmbayaran mnggunakan scan Ktp/pin apa ada prbedaan tingkat kesulitannya? 2) ini masalah yg buat sya masih ragu, Ktp sya msh Ktp biasa/non Eletric, apa itu bsa dipakai utk smentara? 3) Dan untuk alamat, saya buat alamt sesuai Ktp Atau buat lngsung sesuai tmpat tinggal baru saya (Tapi tidak sama dgn diKtp) sewaktu pembuatan akun? Terimakasih, sukses selalu

    • Halo mas khai.
      1. Bukan claim pembayaran, tetapi sebelumnya memang ada verifikasi PIN yang dikirimkan ke alamat rumah melalui Pos. Tanpa verifikasi PIN maka pembayaran tidak akan bisa dicairkan. Dan apabila PIN tidak sampai alamat bisa verifikasi dengan menggunakan Scan KTP, selngkapnya bisa baca disini : PIN Google Adsense Tidak DaTang? Bisa Verifikasi Dengan KTP

      2. Untuk sementara bisa digunakan mas, asalkan alamat sesuai dengan akun Adsense yang sudah dibuat.
      3. Bisa lihat di Link yang saya berikan tadi mas, kita bisa merubahnya sampai 3 kali sewaktu pengiriman PIN tidak sampai tujuan.

  49. Mas mau tanya..
    Misal kn kita daftar adsense trus kn ada kolom isian penerima pembayaran.
    Nah klo waktu pembayaran ke rekening bank bkn milik penerima pembayaran gmna mas?? (Soalnya penerima ga punya rekening bank)

  50. ass.
    begini mas, kan nama saya ASRI, tetapi seperti yang kita ketahui bahwa pihak adsense menganjurkan untuk memasukkan nama asli dan lengkap, tetapi yang jadi masalahnya nama saya telalu simple, jadi bagaimana solusinya? apa saya harus potong kambing? serius mas.. gimana solusinya?

  51. bang …… sy pernah melakukan perubahan nama penerima paymen , dan nama lama sy sdh berganti dgn nama yg baru , apa berarti sdh di setujuikah perubahan tsb ? thanks …………………

    • Biasanya akan menerima email tentang perubahan nama waktu itu juga mas, coba cek mailnya..jika sudah, berati sudah disetujui.

  52. mau nanya dong, cara biar memenuhi ambang pembayaran gimana ya? apa harus nunggu sebulan dulu?

  53. mau tanya mas, seumpama kita mau merubah alamatnya saja gimana, kebetulan saya kan pindah domosili karena ikut istri, kalau nama sih masih tetap,terimakasih

  54. Kok saya gabisa ngubah metode pembayarannya ya?

  55. artikel nya bagus dan sangat update, semoga makin sukses
    di tunggu artikel selanjutnya

  56. punya saya sudah di kirim PINnya, tp belum nyampe rumah, nah pas dicek ulang ternyata alamatnya kurang provinsi. apa bisa dirubah ya alamatnya, nanti misal sebelum verifikasi PIN?

  57. jadi tidak apa2 ya mas, klau menggunakan metode pembayaran bank transfer…nama akun adsense dengan nama pemilik rek bank berbeda ??

      • Klw nama penerima pembayaran akun adsense saya dengan akun adsense teman saya sama….boleh gak ??

        • Satu nama penerima pembayaran hanya bisa digunakan untuk satu akun adsense mas @Arif afriyoni
          Kecuali satunya menerima pembayaran lewat rekening bank dan satu lagi melalui western union, pakai satu nama tidak menjadi masalah.
          Ini berlaku untuk penerima pembayaran, bukan untuk nama profil pembayaran.

          • klw pembayarannya lewat rekening bank…tp bank ny berbeda…contohnya 1 bank bni 1 bank bri tp namanya sama…bisa kan mas ?

  58. kalau pengalaman ane tahun 2013, kalau mau merubah nama menurut ktp sendiri akun adsense mesti deactive dulu trus daftar ulang karena dulu pihak adsense menyarankan seperti itu, awalnya sih takut kalau kalau gak diterima lagi, wa nekad aja deactive tuh akun, tapi kayak nya pihak adsense sudah tau, jdi langsung keterima dan ane langsung scan KTP dan kirim ke pihak adsense.

    • Wah, riskan kalau deactive mas @joe satria
      Karena untuk pendaftaran baru otomatis mengganti identitas baru juga, termasuk email baru.

      Riskan, karena untuk memperoleh adsense full approved sekarang sulit 😀
      Tapi ada beberapa kasus mengganti nama adsense aman-aman saja dengan catatan belum pernah mencantumkan nama penerima pembayaran.

      • itu dulu sih Mas, kalau sekarang mungkin tambah ketat, dulu az wa bikin blog ampe 10x baru keterima, susahnya minta ampun, salahnya bermacam-macam, nge edit ratusan post biar keterima, ane gak ganti email baru karena mungkin pihak adsense sudah tau kalau kita pernah ngedaftar dan akun kita gak pernah bermasalah..tapi itu gak usah di tiru kalau teman teman yang lain mau mengubah nama dengan deactive akun adsensenya, karena itu kenekatan wa az..

        • Wah, banyak banget blognya sampai 10 😀
          Untuk negara Indonesia daftar adsense semakin sulit mungkin karena calon publisher indonesia terlalu banyak. Dan hanya blog yang berkriteria khusus yang di pilih TIM adsense. Itu hanya perkiraan saya 😀

          • iya bos, ampe 10x bikin blog dengan bermacam macam niche, mungkin pihak adsense nya sudah bosan karena yang daftar itu itu az orangnya makanya ane diterima 😀
            Moga sukses terus Mas, Salam

      • agak masuk cerita nih , mas gani jika kita menutp akun adsense yang bermasalah dan berhasil membuat adsense baru apakah saluran saluran youtube yang reputsinya baik bisa dikaitkan dengan akun ga yang baru apakah tidak bermasalah email saluran emaillama yang tadinya bekas terhubung ke akun adsensi yang sudah di tutup karena bemasalah?
        ..

        • Tidak jadi masalah mas, bisa juga berpindah akun Adsense kok selama nama dan alamat yang digunakan berbeda.

    • mas joe satria kalau kartu payoneer apa juga mesti deactive dulu terus buat akun payoneer master card lagi, kalau kartunya sudah diaktifkan tapi tidak dipakai beberapa bulan, apakah boleh buat lagi…?.
      toloong di balas ke alamat email ini : [email protected] mohon bimbingannya…mas joe satrio

  59. Artikel di atas itu konteksnya sesudah verfikasi PIN atau belum Mas…walaupun akun kita blm verfikasi PIN spa tetap tdk boleh mengganti Nama atau alamat pembayaran??

    • Sebelum atau sesudah menerima PIN tetap diperbolehkan mengganti nama, Sebatas nama tersebut hanya salah eja. Kalau mengganti total tetap tidak diperbolehkan.

      Untuk alamat bisa kita ganti, agar memudahkan petugas Pos menjangkau dan menemukan alamat dengan benar dalam pengiriman PIN adsense.

  60. info yang sangat bermanfaat mas. Kasus ini pernah terjadi pada rekan saya. Dia mencoba mengganti nama akun yang ternyata diatasnamakan pada keponakannya. Katanya repot ketika pas mau ambil, mesti atas nama keponakannya. SAlam

    • Ya yang ambil mestinya keponakannya, karena di atas namakan keponakannya. Disertai bukti identitas diri (KTP)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…

0