Sejarah Logo Google

Mengungkap Sejarah Logo Google yang Sangat Fenomenal

Sejarah logo Google sangat menarik untuk dibahas, mengingat raksasa teknologi itu sering bergonta-ganti logo.

Dan uniknya, setiap perubahan logo yang dibuat oleh Google tidaklah neko-neko. Mereka selalu membuat desain yang sederhana dan selalu enak dilihat.

Mengenal Sejarah Logo Google

Meski baru didirikan pada tahun 1998, ternyata Larry Page dan Sergey Brin sudah membuat logo pertama mereka dua tahun sebelumnya atau yang lebih tepatnya pada tahun 1996.

Berikut ini penampakan logo pertama dari Google:

Dan yang harus Anda ketahui adalah Larry Page dan Sergey Brin menamai web mereka dengan “BackRub.”

Namun untungnya, pada tahun 1997 nama tersebut berubah menjadi “Google” setelah mereka salah eja Googol.

1998: Logo Pertama yang Sebenarnya

Loading...

Gambar di atas adalah logo pertama yang sebenarnya semenjak BackRub berubah nama menjadi Google.

Bisa Anda lihat pada bagian belakang terdapat tanda seru, di mana tanda tersebut sangatlah identik dengan logo Yahoo.

Penambahan tanda seru pada bagian belakang tersebut nampaknya sangat wajar sekali, mengingat Yahoo merupakan perusahaan yang sangat besar pada saat itu.

Jadi, penambahan tanda seru dibuat oleh Google agar mereka bisa mencapai level Yahoo dan menjadi sebuah perusahaan besar nantinya.

Desain Logo Ruth Kedar

Pada tahun 1999, seorang teman memperkenalkan Larry Page dan Sergey Brin dengan Ruth Kedar. Ruth Kedar adalah Asisten Profesor di Universitas Stanford.

Larry Page dan Sergey Brin kemudian meminta Ruth Kedar untuk membuat prototipe desain, karena mereka tidak menyukai logo yang mereka buat sendiri.

Berikut ini beberapa desain yang dibuat oleh Kedar:

sejarah logo google

Pada akhirnya, Larry Page dan Sergey Brin memilih desain yang kedelapan. Dan desain kedelapan itu pun, akhirnya mampu bertahan dari tahun 1999 hingga 2010.

Logo 2010 dan 2015

Pada 6 Mei 2010, Google kembali mengganti logonya. Namun, perubahan kali ini tidak terlalu signifikan, karena logo baru yang mereka buat hanya menghilangkan bayangan pada logo 1999 – 2010.

Lihat:

Logo tahun 2010 yang dibuat oleh Google, akhirnya juga harus berganti lagi di tahun 2015, karena di tahun tersebut, Google merubah total penampilan logonya.

Inilah logo yang dibuat tahun 2015:

Logo yang dibuat tahun 2015 itu bertahan sampai sekarang. Dan pada saat yang sama pula, Google juga membuat berbagai macam variasi logo, di antaranya membuat logo “G” untuk situs webnya.

Dan satu hal yang bisa kita tangkap di sini adalah Google tidak bisa lepas dari pola warna biru, merah, oranye, biru, hijau, dan merah.

Itulah sejarah logo Google yang sangat menginspirasi, khususnya bagi Anda yang sedang menjalankan usaha dan Anda yang sedang bekerja sebagai desainer grafis.

Urusan logo terkadang memang membuat kepala pusing. Namun ketahuilah, semakin logo itu aneh atau lain daripada yang lain, maka logo itu akan semakin bernilai.

Baca: 8 Website Logo Maker untuk Membuat Logo Online Gratis

Jadi, apabila Anda masih bingung mencari inspirasi tentang logo, semoga artikel di atas dapat membantu Anda dalam menemukan logo terbaik.



Loading...


Bagikan

Leo Setiawan

Penulis

Komentar

    Ilham

    ( - 23:47)

    Kalo dilihat-lihat, logo google yang sekarang terkesan flat gitu mungkin saja karena mengikuti tren sekarang yang dimana-mana flat design lebih di sukai banyak orang, pendapat aja sih hehehe. Artikelnya bagus bang :).

    Dede tatang

    Dede tatang

    ( - 13:36)

    Inspiratif

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *