Kampung Rumah Tridi

Mengunjungi Kampung Rumah Tridi Kota Malang Yang Penuh Warna dan Gambar

Ingin berwisata sambil berfoto selfie atau wefie dengan latar belakang tembok penuh gambar?. Pilihan tepat adalah dengan mengunjungi Kampung Rumah Tridi. Banyak tampilan background yang bisa dipilih, seperti jika Anda ingin berfoto dengan latar belakang seperti di area hutan yang masih ada binatang buas, atau mau di lautan dengan dipenuhi ikan ganas maka di sinilah tempatnya yaitu, Kampung Rumah Tridi Kota Malang, Jawa Timur.

Lokasi tepatnya berada di kampung Tumenggungan Ledok, Kelurahan Kesatrian, Kecamatan Blimbing, Kota Malang. Ratusan rumah yang berada di sebelah utara sungai Brantas itu semua dicat gambar tiga dimensi (3D), mulai dari bagian tembok, bangunan depan, samping, dan bahkan ruang tamunya.

Sementara untuk bagian atapnya dicat warna-warni. Lokasi Kampung Rumah Tridi ini berseberangan dengan kampung warna warni, yang lebih dulu nge-hits sebagai tempat selfie pengunjung atau wisatawan.

Menikmati Tampilan Gambar di Kampung Rumah Tridi

Kampung Rumah Tridi
Lukisan 3 dimensi di kampung warna warni via.regional.kompas.com

Di kampung ini setiap harinya, banyak dikunjungi oleh ratusan wisatawan yang ingin berfoto selfie atau wefie, maupun hanya sekedar ingin berjalan-jalan saja. Untuk masuk ke Kampung Rumah Tridi ini dikenakan tarif masuk yang cukup murah yaitu Rp.2000.

Sekelompok pemuda yang berjaga di pintu gerbang kampung Tridi akan menyambut pengunjung dengan ramah. Bahkan mereka akan memberikan souvenir gantungan kunci yang bertuliskan “Kampung Tridi”, sebagai ganti tiket sebesar dua ribu tersebut.

Jika anda menggunakan sepeda motor, akan dikenakan tarif yaitu Rp.5000 untuk dua orang, termasuk biaya parkirnya. Bukan hanya murah, tapi pakai banget tentunya.

Di Kampung Rumah Tridi pengunjung akan menyusuri gang selebar sekitar ukuran dua meter, pengunjung akan banyak mendapatkan spot untuk berfoto. Tak hanya pada dinding bangunan luar rumah, bahkan pengunjung diperbolehkan masuk ke teras rumah warga yang telah dipenuhi oleh gambar-gambar tiga dimensi.

Gambar pun sangat beragam, mulai dari hewan, diantaranya hiu, ular dan masih banyak lagi, juga pemandangan alam, tokoh-tokoh film kartun banyak dijumpai di sejumlah rumah warga kampung Tridi.

Loading...

Untuk gambar tiga dimensi di kamoung Tridi ada 5 konsep. Yaitu yang bertemakan anak-anak, budaya, olahraga, remaja dan alam. Kampung Rumah Tridi Kota Malang tak terlepas dari peran seorang pemuda sebagai penggagasnya, dialah Edi Supriyanto.

Ide Awal Pembuatan Kampung Rumah Tridi

Pemuda yang akrab disapa Edi Gimbal ini memulai ide awal pembuatan kampung Tridi bermula dari ketika warga mengecat gapura bersama pada awal agustus 2016 lalu.

Saat itu, pemuda kampung menggunakan cat untuk menggambar ikan hiu dan monyet di gapura dan hasilnya pun bagus. Akhirnya warga sepakat untuk menghiasi dinding-dinding rumah mereka dengan lukisan tiga dimensi.

Sekarang ada sekitar 180-200 gambar tiga dimensi di Kampung Rumah Tridi, kampung yang terletak di tepian sungai brantas itu terdapat 300 unit rumah yang semuanya memiliki gambar yang berbeda-beda.

Dengan Keberadaan kampung tridi sekarang yang menjadi kampung bergambar mampu mengangkat perekonomian warganya. Yaitu dengan banyaknya penjual warung dan penjual souvenir.

Kampung Warna-Warni di Seberang Kampung Rumah Tridi

Kampung Rumah Tridi

Bersebelahan dengan kampung tridi atau di sebelah selatan sungai Brantas juga terlihat pemandangan yang sama, namanya Kampung warna warni. Bedanya, Kampung warna-warni tidak banyak terdapat lukisan gambar, hanya sekedar rumah-rumah yang dicat beragam warna.

Penduduk kampung ini menghiasi gang-gang atau lorong-lorong kampung dengan berbagai ornamen seperti payung, lampion dan lainnya.

Untuk tarif masuk kampung warna-warni sama seperti Kampung Rumah Tridi yaitu, Rp.2000 dan Rp.5000 untuk kendaraan bermotor, sudah termasuk biaya parkir. Dan mendapatkan souvenir juga dengan tulisan kampung warna-warni.

Di kampung ini ada sekitar 100 rumah yang dicat berbagai warna. Untuk pengunjungnya hampir sama dengan kampung Tridi, karena biasanya pengunjung akan mengunjungi keduanya.  Untuk Akhir pekan pengunjung akan meningkat hingga 500-600 orang.

Spot atau tempat yang menarik untuk berfoto sangat banyak di kampung warna-warni. Mulai dari lorong gang yang dipenuhi lampion dan payung hingga lukisan-lukisan dua dimensinya yang digambar pada dinding-dinding rumah warga.

Bagi Anda yang suka berfoto-foto ria, terasa kurang jika belum berkunjung ke tempat wisata ini yaitu Kampung Warna-Warni dan Kampung Rumah Tridi Kota Malang.

Referensi lain :

Berkunjung Di Rumah Kampung Adat Bena Flores Nusa Tenggara Timur


Loading...

Bagikan

Avatar

Penulis

Bercita-cita menjadi penyebar warta dan penebar informasi bermanfaat bagi sesama, asal dari batang, jateng. Menjadi penulis adalah impian sekaligus sebagai hobi, salam kenal

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *