Internet

9 Hal yang Perlu Dilakukan untuk Menikmati Liburan di Tempat Baru

Seberapa sering kamu dapat kesempatan liburan ke tempat baru? Dan saat kesempatan itu tiba, apakah kamu benar-benar menikmati liburan itu? Saat pulang kembali ke rumah, pernahkah kamu berkata, “harusnya kulakukan itu”, “kuharap ada yang mengingatkanku melakukannya” atau “kenapa aku tidak mencobanya?”

Mungkin kamu orang yang teliti dan biasa membuat rencana liburan yang sangat rinci, tapi ada saja momen atau hal yang membuatmu merasa “harusnya kulakukan”. Untuk bisa menikmati liburan sepenuhnya dan menghindari penyesalan, maka lakukanlah sembilan hal ini saat liburan di tempat baru:

  1. Nikmati saat-saat pertama kamu tiba di tujuan

    menikmati liburan

Setelah menghabiskan berjam-jam atau bahkan berhari-hari diperjalanan, tiba di tempat tujuan pastinya adalah saat yang paling dinantikan. Nikmatilah saat-saat pertama begitu kamu tiba ditempat tujuan. Apalagi kalau tempat tujuannya adalah tempat yang baru pertama kali kamu datangi. Tempat baru tidak akan terasa baru lagi kalau kamu sudah terbiasa, jadi nikmatilah selagi bisa.

  1. Pelajari bahasa lokal

Saran ini bukan hanya untuk mereka yang suka liburan ke luar negeri. Ada ratusan bahasa daerah di Indonesia, jadi untuk kamu yang suka liburan ke berbagai daerah di Indonesia juga perlu belajar bahasa daerah mereka.

Setidaknya kalimat-kalimat sederhana, seperti: “tempat ini ada di mana?”, “ini berapa harganya?”, atau “di mana saya bisa makan enak?”. Lalu ungkapan-ungkapan yang harus bisa: “apa kabar?”, “senang bertemu denganmu,” dan “terima kasih” dalam bahasa daerah yang kamu datangi.

Mempelajari bahasa lokal penting untuk mengenal lebih baik kebudayaan lokal dari tempat yang kamu datangi, juga penting untuk menunjukkan keramahanmu pada penduduk lokal.

  1. Jadi penduduk lokal sementara

Kalau punya kesempatan menikmati liburan ke luar daerah, luar propinsi, apalagi ke luar negeri, jadilah penduduk lokal sementara di sana. Jelajahi tempat yang kau datangi, datangi sebanyak mungkin tempat menarik yang ada di sana.

Tinggalkan mobil pribadi dan gunakan transportasi umum, bergaul dengan penduduk lokal, makanlah di restoran atau warung yang direkomendasikan oleh penduduk lokal (biasanya mereka tahu tempat makan yang murah tapi enak). Dan kalau ingin beli souvenir atau oleh-oleh, belilah di pasar tradisional bukan di toko oleh-oleh. Ada lebih banyak pilihan di pasar tradisional, dan harganya pasti lebih murah.

Loading...
  1. Menjauh dari sosial media (selama liburan)

Jauh-jauh liburan, mengeluarkan banyak uang dan waktu, tapi tetap dipakai untuk update status, kirim email, atau sms-an. Kalau gitu kenapa liburan? Mending diam di rumah aja. Menjauhlah dari sosial media, dan nikmatilah hari-harimu selama liburan. Update status, posting foto selfie, dan kirim email bisa nunggu sampai pulang liburan.

  1. Dapatkan teman baru

Datang ke tempat baru, melakukan hal baru, kenapa tidak bisa dapat teman baru? Setidaknya, dapatkan kenalan baru. Tidak semua orang bisa dapat pacar atau jodoh sewaktu liburan (seperti di film dan sinetron), tapi kamu bisa berkenalan dengan pemilik restoran tempatmu makan, orang yang membantumu saat tersesat, atau pedagang yang kamu temui di pasar tradisional. Kenapa tidak?

Semakin banyak tempat yang kamu datangi, semakin banyak orang yang kamu kenal, maka mungkin kamu bisa punya teman dari seluruh Indonesia atau bahkan teman dari seluruh dunia. Tapi, ada hal yang harus kamu ingat saat kenalan: hati-hati. Gunakan intuisimu dan pilihlah kenalan dengan bijak.

  1. Foto selfie yang akan kamu kenang

Foto adalah salah satu cara terbaik untuk menyimpan kenangan. Entah menggunakan smartphone atau kamera DSLR, ambillah foto dirimu sendiri, foto orang-orang yang kamu temui, foto tempat-tempat yang kamu datangi, foto makanan yang kamu makan, atau foto apapun yang menarik perhatianmu dan yang ingin kamu kenang selamanya.

  1. Bawa jurnal, diary, atau notebook

Cara lain untuk menyimpan kenangan adalah dengan menuliskannya. Memang tidak semua orang suka menulis, tapi untuk kamu yang suka menulis, maka bawalah jurnal, diary atau notebook. Tulislah semua hal yang berkesan (baik dan buruk) untukmu, termasuk nama orang-orang yang kamu temui di sana, atau alamat tempat yang kamu datangi. Semua kesan yang kamu dapat selama liburan bisa jadi akan kamu rindukan beberapa tahun kemudian.

  1. Cobalah hal baru untuk menikmati liburan

Kalau sehari-hari kamu biasa menjalani rutinitas yang sama dengan aturan yang sama, maka liburan adalah saat di mana kamu bisa melepaskan semua beban rutinitas. Liburan adalah saat di mana kamu keluar dari zona nyaman, dan melakukan hal-hal baru yang tidak bisa kamu lakukan di rumah. Maka nikmatilah.

Tantanglah dirimu untuk melakukan hal yang tidak biasa kamu lakukan atau untuk melakukan hal yang selama ini kamu takutkan, seperti bungee jumping, makan makanan ekstrem, atau datangi tempat diluar rencana liburanmu. Selama kamu mampu melakukannya, kenapa tidak dicoba?

  1. Spontan dan bersiaplah untuk hal yang tidak terduga

Bisa jadi kamu sudah membuat rencana liburan yang rinci untuk bisa menikmati liburan yang kamu idamkan, tapi hey, kita tidak pernah bisa 100% menentukan apa yang akan terjadi. Ini bisa berarti baik juga bisa berarti buruk.

Contoh baiknya: tersesat di tempat yang lebih baik, dapat diskon promo di restoran, dapat cashback kejutan saat belanja oleh-oleh, atau mungkin bertemu lelaki/perempuan idaman yang kemudian jadi jodoh (ngarep…). Contoh buruknya: jalanan rusak, cuaca buruk, makanan yang tidak enak, dan bertemu dengan orang yang menyebalkan.

Apapun itu, cara terbaik untuk menghadapi hal-hal yang tidak terduga: jadilah spontan dan tetap berpikir positif. Hal-hal buruk yang terjadi tanpa diduga itu bisa jadi kenangan yang akan kamu tertawakan bersama keluarga dan temanmu setelah kamu kembali dari liburan, bahkan hingga bertahun-tahun kemudian.

Baca juga : Etika Makan di Dunia: Traveler Perlu Tahu Supaya Tidak Membuat Malu

Menerapkan sembilan hal tersebut akan membuat liburan semakin menyenangkan dan layak dikenang selamanya. Apa kamu punya tips lain untuk menikmati liburan di tempat baru?



Loading...

Tags
Baca selengkapnya

Reha Wijaya

Hobi fotografi, tapi sehari-hari menghabiskan waktu di depan komputer.

Artikel terkait

One Comment

  1. Sangat informatif dan sangat penting untuk diingat sehingga kita dapat memaksimalkan manfaat dari traveling yang kita lakukan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *